18
Dok. Instagram @Pariwisata_Lampung

Jika berbicara tentang bulan Agustus, pastinya tak akan lepas dari yang namanya hari kemerdekaan bangsa Indonesia, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Namun bagi masyarakat Lampung, Agustus tidak hanya tentang hari raya besar bangsa Indoonesia, tetapi agustus juga menjadi pengingat akan peristiwa letusan dahsyat Gunung Krakatau yang meletus pada tanggal 26 Agustus 1883.

Letusan Gunung Krakatau saat itu sangat dahsyat, hingga berdampak besar pada iklim global. Bahkan matahari sempat bersinar redup satu tahun lamanya setelah letusan. Dan untuk mengenang peristiwa bersejarah yang sempat mengguncang dunia tersebut, maka Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Krakatau Festival.

Apa Sih KrakatauFestival Itu?


Selain untuk mengenang peristiwa letusan Gunung Krakatau, awalnya festival ini juga dimaksudkan untuk memperjelas bahwa Gunung Krakatau adalah milik Lampung. Karena status kepemilikan Krakatau dulu sempat tidak jelas, apakah milik Provinsi Jawa Barat atau Lampung. Selanjutnya festival yang menjadi core event dari Dinas kepariwisataan Lampung ini juga merupakan media untuk menjaga dan melestarikan seni budaya daerah Lampung, sekaligus media untuk mempromosikan potensi dan semua keajaiban yang dimiliki Lampung itu sendiri. Target sasarannya tidak hanya masyarakat lokal, tapi kegiatan ini diharapkan mampu menarik wisatawan nusantara hingga mancanegara.

Lampung tidak hanya tentang gajahnya atau kopinya yang melegenda. Tetapi Lampung juga punya begitu banyak pesona yang menakjubkan, mulai dari kuliner, budaya, tradisi, dan alamnya. Bahkan Gunung Krakatau yang dulu meluluhlantakkan bumi, dan kini menjadi salah satu ikon mendunia dari Lampung pun, menawarkan pesona yang mampu membius para pelancong yang datang berkunjung. Ya, wilayah di sekitar Gunung Krakatau adalah destinasi wisata favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Ada pesona gunung api, pantai berpasir putih, pulau-pulau eksotis, terumbu karang, wisata bawah laut, hingga kehidupan masyarakat sekitar pun menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dan tahun ini gelaran kebudayaan istimewa Lampung Krakatau Festival yang telah menginjak usia ke-29, kembali hadir dengan penuh kemeriahan. Festival kebudayaan terbesar masyarakat Lampung ini, akan mengajak kita pada kenangan akan peristiwa Krakatau di masa silam, sekaligus mengenal lebih dekat khasanah kekayaan kebudayaan dan pariwisata dari seluruh penjuru Lampung.

Lampung Krakatau Festival 2019


LampungKrakatau Festival 2019 mengusung tema “Urban Etnik”, yang memadukan antara unsur tradisi tradisional dan modern. Event kebudayaan unggulan Provinsi Lampung yang ke-29 ini masuk sebagai bagian dari 100 calendar of event 2019 Kementrian Pariwisata RI. Tak hanya itu, Lampung Krakatau Festival 2019 (LKF 2019) adalah event budaya terbaik berdasarkan markplus.inc. Karena branding kuat Krakatau beserta pesonanya telah dikenal secara global. Maka pantaslah jika Krakatau disebut sebagai bagian dari pariwisata Lampung yang sangat sempurna bagi wisatawan.

Melalui LKF 2019 kita akan dimanjakan dengan suguhan berbagai keajaiban dan pesona Lampung keseluruhan. Dengan kata lain, festival besar ini adalah sebuah paket lengkap untuk dapat menikmati Lampung, mulai dari kekayaan budaya, kuliner, tradisi, produk lokal, hingga pesona alamnya yang menawan. Dari event ini Pemerintah Provinsi Lampung berharap dapat meningkatkan peran budaya dalam peningkatan pariwisata, serta pengembangan pariwisata yang berdampak positif bagi pengembangan ekonomi daerah Lampung hingga nasional.

Source: Pariwisata Lampung

LKF 2019 berlangsung selama tiga hari berturut-turut (23-25 Agustus 2019) yang berpusat di kota Bandarlampung dan Kabupaten Lampung Selatan. Festival ini menampilkan empat kegiatan utama, yaitu Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai, Expo Krakatau Lampung, Trip Krakatau, dan Karnaval Budaya dan Tapis Lampung.

Rangkaian Kegiatan Lampung Krakatau Festival 2019


Perhelatan Lampung Krakatau Festival 2019 dimulai dengan menyuguhkan berbagai sajian hiburan kesenian modern, yang dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan tradisional, yang menampilkan pesona seni budaya dari seluruh Lampung. Kemudian acara dilanjutkan dengan pameran kuliner serta produk UMKM, jelajah Gunung Krakatau, dan tapis carnival. Secara keseluruhan, festival ini menyajikan sekitar 18 sub event. Rangkaian acaranya memang terbilang padat, namun tetap tersaji dengan apik dan meriah. Berikut rangkaian lengkap kegiatan dalam event Lampung Krakatau festival 2019:

1.      Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai (23-24 Agustus 2019)

Dok instagram @ pariwisata_lampung

Sai Bumi Ruwa Jurai adalah semboyan Provinsi lampung yang berarti “Satu bumi dua aliran adat budaya”. Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai merupakan acara pembuka dalam LKF 2019. Acara ini berlangsung sejak pukul 10:00 WIB di Lapangan Saburai Bandarlampung. Saat upacara pembukaan, diputar Film Pariwisata dan Foto IMA Lampung. Di acara ini pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai hiburan, seperti pertunjukan sendratari, penampilan kesenian tradisional berpadu unsur modern hasil kreativitas setiap daerah di Lampung, hingga penampilan artis dan band nasional.

2.      Krakatau Expo (23-25 Agustus 2019)

Krakatau Expo diselenggrakan di Lapangan Saburai Bandarlampung sejak pukul 10:00 WIB. Acara ini termasuk salah satu yang sayang dilewatkan. Terutama bagi para pemburu kuliner. Karena selain disuguhkan dengan berbagai hasil dari tanah Lampung dalam pameran produk UMKM, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan pertunjukan demo masak, sajian kuliner tradisional dan modern, lomba menghias 1000 cupcake, hingga sajian 5000 porsi gratis mie seruit Lampung.

3.      Trip Krakatau (24 Agustus 2019)


Dok instagram @pariwisata_lampung

Trip Krakatau adalah salah satu acara yang paling ditunggu dalam ajang LKF 2019. Karena pada kesempatan ini peserta trip bisa lebih dekat menyaksikan dan menikmati pesona alam di sekitar Krakatau. Acara ini dikemas dalam bentuk perjalanan edukasi (penjelasan dan kuliah umum tentang anak Gunung Krakatau, serta tentang mitigasi bencana). Selain itu  peserta trip juga akan diajak menjelajahi Pulau Sebesi dan menyaksikan prosesi adat di wilayah Kalianda. Trip Krakatau LKF 2019 diikuti oleh ratusan peserta (730) dari berbagai kalangan, seperti ASN, tamu khusus, media, blogger, vlogger, mahasiswa, dan masyarakat umum.

4.      Parade Permainan Anak Tradisional 924 Agustus 2019)

Di era serba digital saat ini tentu sudah sulit menemukan jenis permainan anak tradisional. Nah, di LKF 2019 pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam permainan anak tradisional nusantara, seperti gobak sodor, kuda buta, patil lele, dan upih ngisut. Acara ini digelar di Lapangan Saburai sejak pukul 10:00 WIB.




5.      Parade Budaya Lampung Culture dan Tapis Carnival (25 Agustus 2019)

Parade ini merupakan puncak LKF 2019. Dua ekor gajah dari Lampung Timur turut memeriahkan rangkaian acara puncak yang digelar di Bandarlampung ini. Parade yang dimulai pukul 14:00 WIB ini dikemas begitu meriah dengan menampilkan keanekaragaman, kekayaan, dan kemegahan melalui parade budaya Lampung dan nusantara. Selain itu ditampilkan juga berbagai busana fantasi bermotif ragam hias khas daerah Lampung.


Source: Instagram @tapisblogger

Parade ini diikuti sebagian besar Kabupaten dan kota dari penjuru Lampung. Masing-masing perwakilan daerah akan menampilkan beragam kostum unik yang menawan. Selain itu ditampilkan juga berbagai tarian tradisional yang memukau, diantaranya tari rampak pitas (Mesuji), tari gambus lunik (Lampung Barat), dan tari putri balau (Tubaba). Para peserta parade akan berjalan sekitar 3 kilometer, yang dimulai dari Lapangan Saburai, Jalan Sriwijaya, Jalan Jendral Sudirman, Tugu Adipura, Jalan Ahmad Yani, Jalan RA Kartini, Jalan Katamso, Jalan Radin Intan, Jalan Tulang Bawang, Jalan Sriwijaya, dan kembali di Lapangan Saburai. 


Momentum Lampung Krakatau Festival dengan rangkaian kegiatannya merupakan bukti bahwa, Lampung memiliki banyak potensi menawan yang mampu menjadi daya tarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terlebih adanya Gunung Krakatau yang telah memiliki branding kuat di mata dunia. Tanah berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai ini adalah surga keindahan sempurna yang patut kita banggakan. 

Dok. Instagram @pariwisata_lampung

Lampung adalah surganya pantai menawan. Lampung adalah surganya beragam kuliner lezat. Di tambah lagi, Pesisir Barat adalah surganya surfing. So, masih ragu berwisata ke Lampung? Tunggu apa lagi. Ayo ke Lampung dan rasakan sensasi wisata berkesan di Provinsi Paling Barat Pulau Sumatra ini.



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Lampung Krakatau Festival 2019

Note: Foto dan video diambil dari dokumentasi media sosial @pariwisata_lampung dan @tapisblogger



Posting Komentar

  1. Ayo ke Lampung, Lampung itu kerrreeen dan menyenangkan untuk dikunjungi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, Lampung itu keren banget. Aku bangga banget jadi penduduk Lampung.

      Hapus
  2. Aduh saya selalu suka dengan acara seperti ini. Belum bisa ikutan lagi krn masih ada baby dan 2 balita. Padahal gatel banget buat lihat acara festival-festival hehehe

    BalasHapus
  3. Ahhhh, jadi rindu Lampung. Dulu, kuliahnya di sana. Hehhe. Tapi belum pernah sempat ikutan atau ngeliat langsung festival Krakatu ini.

    BalasHapus
  4. Saya suka sekali menyimak kebudayaan-kebudayaan yang ada di tanah air dan acara festival seperti ini akan mengenalkan kita pada budaya tersebut. Semoga dengan even seperti ini, kita semakin mencintai budaya negeri sendiri.

    BalasHapus
  5. Duuh kereen ya budayanya. Suka liat baju tradisionalnya ... Semoga event semacam ini dapat terus diselenggarakan ya

    BalasHapus
  6. Andai ku ada di Lampung pasti udah ke sana juga mbak. Seru banget gitu ya, menjaga kebuadayaan bangsa dengan cara yang sangat keren!

    BalasHapus
  7. Bagus nih ada festival seperti ini di Lampung. Jadi pengen ke Lampung suatu hari nanti. Selama ini cuma tahu lewat bacaan dan layar kaca, seperti via film Trinity The Naked Traveler yg pas dia jelajahi Lampung. Oia, saya suka kopi Lampung juga, lho. Enaaak :)

    BalasHapus
  8. Lampung Krakatau Festivalnya seru banget ya Mba.. Asyiknya bisa menyaksikan langsung festival meriah ini

    BalasHapus
  9. Seru banget acara ini. Ternyata di Lampung banyak juga destinasi wisata yang bisa dijadikan rekomendasi untuk dikunjungi.

    BalasHapus
  10. Keren festifalnya,, seru banget. ..
    jadi pengen ksna,, tapi sayang jauh. Smoga acara ini terus berlanjut..

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ke Lampung. Cuma, dulu pernah makan krupuk kemplang asli sana heheheee...
    Semoga lain waktu bisa ke sana

    BalasHapus
  12. Sudah lama ngga ke Lampung, keluarga besar aku ada yg tinggal di pring sewu. Kalau ada kesempatan dan rezeki mau berlibur ke lampung aah

    BalasHapus
  13. Mupeng banget ke Lamping, padahal dari Jakarta dekat...huhu ke tempat lebih jauh sudah, yang deketan belum.
    Padahal pantainya menawan. Lampung surganya beragam kuliner lezat, Pesisir Barat -nya surganya surfing...
    Wow, semoga bisa segera ke sana

    BalasHapus
  14. lihat baju adatnya kok jadi ngebayangin beratnya pakai hiasan kepala itu ya. wkwkwk

    BalasHapus
  15. wah keren banget ini mah. Jadi pengen ke Lampung lho

    BalasHapus
  16. Wah.. sayang banget saya tidak tinggal dilampung..

    BalasHapus

Hadir Semakin Dekat, HokBen Antasari Lampung Tawarkan Keistimewaan Baru yang Wajib Dicoba

Kami di pembukaan HokBen Antasari Dok. Tapis Blogger Berbicara tentang makanan, pastinya tidak akan pernah bosan, ya sobat jejak ...

 
Top