13
Photo by: www.indonesia.travel.com

Tanah Papua tanah yang kaya
Surga kecil jatuh ke bumi
Seluas tanah sebanyak madu
Adalah harta harapan
Lirik lagu berjudul “Tanah Papua” yang dibawakan Edo Kondologit itu membuatku semakin penasaran tentang pesona alam dan segala kekhasan yang dimiliki pulau bagian timur Indonesia, Papua. 
Apalagi sejak temanku, Mia Selvina, memperlihatkan padaku secara langsung keindahan alam Papua, melalui video-video serta foto-foto yang dikirimkannya saat berkunjung ke Papua. Rasanya hasrat ingin menjelajah tanah berjuluk mutiara hitam itu makin bergejolak. Ah…semoga saja kelak ada rezeki dan Allah mengizinkanku berkunjung ke surga kecil yang jatuh ke bumi bernama Papua. 


Temanku Mia saat di Papua
Source: Dok. Mia Selvina
Dulu aku beranggapan bahwa Papua itu adalah wilayah yang rawan, banyak konflik, dan didominasi oleh hutan-hutan lebat. Tak hanya itu, aku pun berpikir bahwa orang Papua itu  kurang welcome dengan pendatang, sebagaimana stigma yang pernah kudengar dari beberapa orang. Lebih-lebih ongkos ke Papua itu lumayan mahal bagiku, jadi tak pernah sedikitpun terbesit ingin mengunjunginya. 
Namun sejak destinasi wisata Raja Ampat di Papua Barat mulai populer, anggapan itu perlahan luntur. Dan temanku pun mengatakan bahwa masyarakat Papua itu sangat ramah dan cinta damai. Mungkin bisa dibilang, di Papualah akan terasa makna dari semboyan Bhineka Tunggal Ika. Aku jadi suka searching tentang wisata menarik di Papua. Who knows I can be there later.
Kini Papua bagiku adalah sebuah pulau dengan keelokan alam yang sangat mempesona dan menyegarkan mata.  Bahkan hal ini bisa kurasakan setiap melihat gambar-gambar berbagai destinasi wisata Papua di internet. 


Sekilas Tentang Papua 
Mungkin masih banyak dari kita, yang belum paham tentang Papua, tentang keunikannya, tentang budayanya yang unik, tentang masyarakatnya yang cinta damai, tentang kulinernya yang enak, atau pun tentang keindahan Papua lainnya.

Source: instagram econusa
Tak kenal maka tak sayang. Ungkapan ini ada benarnya juga. Karena lokasi Papua yang cukup jauh hal lainnya, membuat kita tidak sepenuhnya mengenal tentangnya. Nah berikut kurangkum tentang  Papua dari berbagai referensi yang kubaca.
Papua sejatinya memang bukan hanya tentang Raja Ampat. Tapi Papua punya lebih dari itu. Papua lebih colourful dan kita patut bangga punya Papua. 
Papua terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Barat. Penduduk Papua sendiri tidak hanya orang Papua asli. Papua terdiri dari banyak suku, rata-rata mereka pendatang dari pulai lain di Indonesia. Sehingga bahasa pengantar yang dipakai pun cukup beragam. Selain Bahasa Indonesia, setidaknya ada 268 bahasa daerah. Ituah mengapa para peneliti Eropa menyebut Papua “Laboratorium Bahasa”
Salah satu suku yang paling terkeenal adalah Asmat, yang mampu menghasilkan ukiran kayu khas indah dan unik. 
Suku Asmat Papua
Source: romadece.org
Selain itu, Papua juga memiliki kekayaan alam luar biasa, bukan hanya dari sumber daya alam melimpah saja, tetapi juga keindahan alamnya sangat mempesona. Di tanah Papua juga  hidup beragam fauna dan flora endemik yang tidak ditemui di tempat lain di dunia. sebut saja diantaranya cenderawasih, kura-kura reimani, kasuari kerdil, anggrek hitam, dan lainnya. Inilah salah satu yang juga menjadikan Papua begitu unik. 
Papua juga punya adat istiadat, kebiasaaan, dan budaya yang mengagumkan. sebut saja tarian Papua yang selalu bernuansa semangat; pakaian adat dan rumah adat yang unik; kebiasaan masyarakat, misalnya iki palek (potong jari), sebagai simbol kebersamaan; hingga hukum adat yang sangat dipatuhi masyarakat, misalnya aturan untuk tidak menangkapikan dengan jarring atau potasium.
Penetapan zona laut dan hutan sebagai SDA
Source: instagram econusa

Selain itu, masyarakat Papua juga sangat peduli dengan alamnya. Terlebih mereka juga sangat bergantung hidup dari alam. Karenanya hutan sangat penting bagi Papua. Masyarakat Papua sangat menjaga alam dan lingkungan. Dan sepertinya kita harus belajar banyak bagaimana menjaga alam dari masyarakat asli Papua ini.  
Papua, Destinasi Wisata Hijau di Ujung Timur Indonesia
Papua adalah bukti bahwa Indonesia itu tidak kalah indah dari negara-negara tujuan wisata favorit. Karena Papua punya segudang keindahan, baik dari segi tempat wisata, alam yang mempesona hingga budaya yang eksotik. Hal utama yang menjadi daya tarik wisatawan selain tempat indah, adalah suasana alam yang sejuk dan asri, bukan? 


Source: bengkulutoday.com editted by me
Nah di Papua banyak sekali tempat yang akan membuat kita jatuh hati, betah, dan ingin berlama-lama menikmati pesonanya. Papua itu ibaratnya hamparan hijau yang menyegarkan. Tak berlebihan juga rasanya jika menyebut Papua destinasi wisata hijau yang memukau. 
Papua dikelilingi banyak pulau mempesona, hutan hijau yang masih alami, pegunungan dengan pemandangan alam yang eksotis, lautan biru berair jernih dengan terumbu karang yang tetap terjaga alami. 
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini hutan Papua adalah hutan hujan tropis harapan, yang masih tersisa di Indonesia, sejak semakin berkurangnya kawasan hutan wilayah Sumatra dan Kalimantan. Hutan Papua adalah rumah bagi keanekaragaman hayati serta lumbung kehidupan bagi masyarakat adat setempat. Hutan adalah kehidupan ibaratnya.


Source: instagram econusa
Hutan papua memiliki peran krusial bukan hanya bagi masyarakat Papua, tetapi juga Indonesia keseluruhan hingga dunia. Karena tutupan hutannya mampu menjadi penyelamat suhu dunia. Hijaunya Papua adalah nafasnya nusantara. Artinya jika hutan terus dieksploitasi, sama artinya membunuh kehidupan, terkhusus masyarakat adat Papua. 
Nah mengingat betapa pentingnya keberadan hutan Papua, sudah selayaknya kita turut menjaga dan melestarikannya. Caranya? Terus sebarkan pesan positif tentang hutan Papua. Dan jika berencana berlibur ke papua, jadilah wisatawan baik. Misalnya tidak buang sampah sembarangan, tidak menggunakan plastik sekali pakai. Karena apa? Hal ini sangat menyakiti lingkungan dan bisa membuat alam rusak. 
Aku jadi ingat istilah zamrud katulistiwa pada pelajaran geografi dulu di sekolah. Dulu aku bingung dengan istilah itu.Mengapa Indonesia disebut sebagai zamrud katulistiwa? Ternyata inilah salah satu alasannya. Ya, Papua yang hijau dengan segudang keelokan alamnya adalah bak permata indah berwarna hijau di ujung timur Indonesia. 
Salah satu destinasi wisata alam memukau yang kerap membuatku baper adalah Raja Ampat. Sampai-sampai aku berpikir Papua yang indah hanya Raja Ampat selain puncak jaya wijaya. Namun dari hasil penelusuran berbalut harapan alam mengamini doaku untuk bisa ke Papua, kutemukan ternyata Papua punya banyak tempat wisata indah. 
Tempat di Papua yang Ingin Kukunjungi
Raja Ampat
Lautan lepas beserta jajaran pulau karang yang berbaris rapih, seolah sedang bersiap menyambut kawanan lumba-lumba yang datang menghampiri. Langit nan biru pun tampak begitu cerah manaungi indahnya riak ombak yang mengibas hamparan pasir putih. Udara pun bertiup lembut penuh kesejukan, mengibaskan indahnya hamparan hutan di sekelilingnya. Para burung camar beterbangan dengan indah penuh keceriaan, para ikan cantik di dasar laut jernih seolah menjadi pemanis yang alami. Semua bersatu padu membentuk nuansa alam yang mempesona. 


Source: pesona-travel.com
Itulah setidaknya deskripsi keindahan Raja Ampat yang saat ini baru bisa kunikmati melalui video dan foto di internet. Bahkan temanku ingin bisa ke Papua lagi. Ini bukti bahwa Papua benar-benar mengagumkan, bukan?

Ya, Raja Ampat memang sangat mempesona. Tak heran banyak wisatawan tertarik mengunjunginya. Dan pesonanya itu pun membuatku sangat ingin menjelajah Raja Ampat. 
Raja Ampat adalah sebuah Kabupaten yang berada di Papua Barat. Objek wisata ini menawarkan banyak pesona alam yang mengagumkan, diantaranya gugusan pulau di sekitar Raja Ampat dan keindahan biota lautnya. Tak heran banyak yang rela merogoh dana lebih untuk bisa tiba di Raja Ampat. Karena di sana akan ditemukan sebuah surga wisata dan surga petualangan yang menakjubkan. 
Salah satu yang menjadi ikon Raja Ampat adalah wayag, yaitu barisan batuan karang berselimut warna hijau di tengah birunya lautan. Can you imagine? It’s so beautiful, right? 
Danau Sentani
Keinginanku ke Danau Sentani ini muncul saat temanku, Mia, menunjukkan dokumentasi perjalanannya ke tempat ini. Tempatnya benar-benar indah dan eksotis. Aku pun semakin tertarik ke Papua. Danau ini merupakan danau paling populer dan terbesar di Papua. di tengah danau ada 22 pulau. 

Gugusan 22 pulau di Danau Sentani
Source: travellink-indonesia.com
Danau yang terletak di kota Jayapura ini sangat luar biasa indah. Salah satu keindahannya adalah adanya padang sabana hijau di sekelilingnya. Wah, pasti segar sekali menikmati pemandangan di sini. Dan pasti sunset di sini juga indah. 
Nah dari referensi yang kubaca, di Danau Sentani setiap tahunnya di bulan Juni diadakan Festival Danau Sentani, yang menampilkan berbagai pameran budaya Sentani, mulai dari tarian, pentas seni, hingga kerajinan rakyat dan fosil satwa endemik. 
Taman Nasional Teluk Cenderawasih


Source:backpackerajakarta.com
Taman Nasional seluas 1.453.500 hektar ini adalah kawasan konservasi laut paling besar dan paling luas di Indonesia. Di tempat ini ada 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska. Tak hanya itu, taman ini juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang indah. Saat menyelam kita kadang akan ditemani oleh sekawanan lumba-lumba, kura-kura, atau pun penyu. Wahhhh…pasti seru sekali, ya. Ya Allah ingin sekali menyelam bersama hewan-hewan lucu itu sambil menikmati indahnya alam di sini. InsyaAllah one day later. 
Bukit Teletubbies
Dari penuturan temanku, bukit yang terletak di Sentani ini sangat indah. Pemandangannya hampir sama seperti di Raja Ampat katanya. Di sini terdapat hamparan rumput hijau dengan bukit yang berundak-undak. Ketinggannya 75 mdpl. Jadi tidak terlalu tinggi dan tidak buat ngos-ngosan saat mendaki. Namun pemandangan dari atas sangat indah. Bagiku yang suka mendaki untuk menikmati sunset, tempat ini sepertinya cocok sekali.


Video keindahan bukit teletubbies
Source: dok.Mia Selvina

Pulau Misool
Pulau ini merupakan salah satu pulau yang mengelilingi Raja Ampat. Deretan pantainya sangat indah, berpadu dengan jernihnya air serta hamparan pasir putih. Inilah sebuah panorama alam yang mempesona, yang mampu menyegarkan tatapan mata. 
Dari sebuah artikel yang diterbitkan econusa di kumparan.com, Pulau Misool ke depannya akan dijadikan kawasan geopark. Pulau ini memiliki kekayaan berupa potensi landscape geologi unik, tak hanya di atas lautnya saja, tetapi juga bawah lautnya. 
Pulau Misool adalah surga kecil di ujung selatan Raja Ampat, dengan gugusan pantai dan karang menakjubkan; gua-gua indah; peninggalan purbakala;dan lokasi olahraga kayaking. 


Pesona keindahan Pulau Misool
Source: econusa.id


Bukit Jokowi 
Dari atas bukit ini kita bisa melihat hamparan pemandangan nan indah di sekelilingnya. Dari atas bukit ini juga bisa dilihat langsung jembatan populer di Papua, yaitu Jembatan Holtekamp atau Jembatan Merah kata orang Papua. Jembatan ini dibangun di atas Teluk Youtefa, dan menghubungkan kota Jayapura hingga perbatasan Papua Nugini. 
Sebagaimana suasana di atas bukit, pun di bukit ini kita bisa menikmati betapa indahnya kota ini. Dari bukit yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan Teluk Youtefa ini, kita bisa leluasa melihat alam sekitar sambil menikmati segarnya tiupan angin dan menikmati kepala muda yang disuguhkan pondok di sana. 
Bukit Jokowi
Source: dok.miaselvina

Masih banyak tempat indah lainnya yang ingin kukunjungi jika aku ke Papua, seperti Pantai Bosnik,Lembah Baliem, Pulau Rumberpon, Teluk Mayalibit, dan lainnya. Selain itu aku juga ingin bisa berinteraksi langsung dengan warga asli Papua, mendengarkan logat mereka saat berbicara dan menyaksikan stand up comedy ala Papua (mop) secara langsung. “Epenkaah? Cupen tooh!
Mencintai Papua adalah dengan mengenal Papua bukan hanya tentang objek wisatanya, tetapi juga adat istiadat, budaya, keseharian masyarakat, dan semua hal unik tentang Papua. Semoga kelak aku bisa berknjung dan mengenal saudara Papuaku lebih dekat lagi. Dan ingin kuberitahu mereka semua bahwa Papua itu indah, karena Papua adalah Indonesia. Sa ingin pi ka Papua. 
Mengenal Econusa Foundation
Econusa Foundation adalah salah satu yayasan yang peduli dan giat dalam membantu pelestarian hutan di Papua. Yayasan ini bertujuan untuk mengangkat pengelolaan SDA yang berkeadilan dan berkelanjutan, dengan memberikan berbagai inisiatif lokal. 
Yayasan Econusa ini juga menjadi jembatan komunikasi diantara para pemangku kepentingan di tanah Papua dan Maluku. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan praktik terbaik dalam perlindungan lingkungan, serta pengelolaan SDA berkeadilan dan berkelanjutan, melalui kegiatan nyata yang melibatkan masyarakat lokal. 
Selain itu, Econusa juga turut membantu dalam hal mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan dan konservasi SDA yang ditujukan kepada para pembuat kebijakan (daerah dan nasional). 

Sumber foto, video, dan artikel:
Instagram Econusa
econusa.id
hutanpapua.id
travellink-indonesia.com
Dok. Mia Selvina
www.romadece.org

www.pesona-travel.com







Posting Komentar

  1. Semoga terwujud cita-citanya ke Papua ya, jadi penasaran dengan beberapa tempat wisata yang diceritakan. Seru juga ya bisa ke Papua dan penuh keunikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa Rabb. Iya mba sama aku pun penasaran banget dengan destinasi wisata Papua. Semoga kita bisa kesana ya. Aamiin

      Hapus
  2. Mudah-mudahan wabah segera berlalu ya, jadi yang hobi traveling bisa berkunjung ke sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yaa Allah. Semoga wabah ini segera usai dan rencana2 kita buat jelajah bisa segera ditunaikan

      Hapus
  3. Papua memang cantik mbk kata sepupuku yang di sana, apalagi raja ampat sungguh mempesona. Kalau aku terpesona dengan kecantikan anggrek hitam dan kearifan lokal yang menghargai alam. Semoga surga dari timur itu selalu terjaga untuk anak cucu penerus bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah...sungguh indah Papua. Jadi makin penasaran ingin bisa berkunjung kesana. Aamiin. Semoga tanah Papua tetap terjaga keasrian dan keunikannya

      Hapus
  4. Seru sekali. Saya juga ingin berkunjung ke Papua. Semoga terwujud harapan kita :)) Kalau bisa barengan, kenapa engga ya Mba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah...aamiin. Jadi lebih seru nih kalau bisa barengan. Semoga wabah segera berlalu juga, biar bisa segera jalan2 lg

      Hapus
  5. papua memang masih sangat alami kecantikannya

    BalasHapus
  6. memang masih terjaga keadaan alam papua, semoga terwujud mbak

    BalasHapus
  7. papua memang kaya akan keindahan alam, dari dulu selalu ingin berkunjung ke raja ampat

    BalasHapus

 
Top