9


Memiliki kulit cantik dan sehat adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Karena kulit yang cantik dan sehat tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri. Tetapi juga rasa aman dan nyaman bagi tubuh dan jiwa. Untuk itulah sangat perlu sekali bagi kita untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap cantik serta sehat. 

Salah satu cara merawat kulit adalah dengan menggunakan produk kecantikan, yang tidak hanya membuat wajah terlihat cantik berseri, tetapi juga mampu menutrisi dan menyehatkan kulit. Bagi saya pribadi, penggunaan produk kosmetik (kecantikan) pada wajah adalah cara untuk memproteksi kulit dari gangguan radikal bebas, perubahan cuaca dan suhu, efek dehidrasi, serta zat lainnya yang bisa mengganggu kesehatan kulit. 

Kulit yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan banyak keluhan, misalnya jerawat, kusam, kering, hingga munculnya bintik-bintik hitam di area wajah. So, jangan malas merawat kulit kalau tidak ingin uring-uringan nantinya. 

Saat ini sangat banyak ragam pilihan produk kecantikan yang menjanjikan keunggulannya masing-masing. Namun tidak semua produk terjamin kualitas dan keamanannya. Di sinilah pentingnya kita untuk cerdas dalam memilih produk yang terjamin kualitas dan keamanannya. Hal ini bisa dilihat dari terdaftar atau tidaknya produk tersebut di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain itu, sangat penting juga memperhatikan standar kehalalan produk kecantikan. Karena sebagai seorang Muslimah yang berusaha terus berada pada koridor agama, bagi saya halal adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Karenanya urgensi produk kecantikan halal adalah mutlak. 


Kecantikan itu bukan hanya tentang produk
yang dipakai, tetapi juga tentang nilai kehalalannya, agar kecantikan lahiriah sejalan dengan kecantikan batiniyah. 

Alhamdulillah sejak hadirnya Wardah di Indonesia, saya tidak perlu khawatir lagi terkait kualitas, keamanan, serta kehalalan produk kecantikan yang ingin saya pakai. Karena sejak awal wardah telah berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk kecantikan halal bagi perempuan Muslim di tanah air. Produk wardah telah tersertifikasi oleh LPOM MUI. That’s why I love Wardah everlasting. 

Sabtu, 8 Agustus 2020 saya berkesempatan mengikuti Kulwap Wardah berkolaborasi dengan Tapis Blogger. MasyaAllah, senang sekali bisa mengikuti diskusi bersama wardah yang bertema “Cantik dan Sehat di Era Pandemi”. 



Diskusi ini menghadirkan Beauty Promotor Wardah Kosmetik, mba Dwi Fadilla, dan Demand Creation officer, mba Vira Bellani Pratiwi. Kulwap seru dan bertabur ilmu ini dimoderatori oleh mba Naqiyyah Syam yang merupakan founder Tapis Blogger. Dan serunya lagi akan ada hadiah cantik dari Wardah dan Tapis Blogger bagi peserta. 

Dalam kesempatan ini mba Dwi Fadilla memaparkan bahwa wardah akan secara rutin berbagi informasi yang terkait dengan: Sharing kesehatan kulit; konsultasi make up & skincare; tips & triks ber-make up; memilih skincare; promo produk; produk baru; dan quiz setiap bulannya dengan hadiah menarik. Selain itu, Wardah juga menyediakan sesi konsultasi tentang kesehatan kulit dan wajah. Wahhh…senangnya. 

Produk wardah ini pasti sudah tidak asing lagi, kan? Karena brand kosmetik lokal ini telah memiliki cabang di seluruh Indonesia hingga ke Malaysia. Dan Wardah telah menjadi favorit banyak perempuan, terutama Muslim, karena produk Wardah itu halal mulai dari bahan baku, sistem pengolahan, pengemasan, hingga pendistribusiannya. Ditambah cara pembuatannya yang cruelty free. 



Dalam sesi pemaparan, mba Fadilla menjelaskan pentingnya untuk mengenali jenis kulit sebelum memilih produk skincare, agar nantinya tidak salah memilih produk yang cocok dengan kulit kita. Berikut cara mengenali jenis kulit dari mba Fadilla:

Kulit Normal, biasanya tekstur kulit halus, kenyal dan pori-pori kecil. Kulit normal bisa menggunakan produk apapun dari wardah dan pastinya bisa memilih pelembab dan perlindungan lewat jenis produk wardah itu sendiri. 

Produk : Lightening series, White Secret Series, Perfect Bright Series, Renew Series, dan Crystallure

Kulit Kering, biasanya lebih mudah cracky karna berkerut dan kering. Kulit kering bisa menggunakan produk yang mengandung Aloe Vera agar dapat memberikan Kelembaban extract dan memberikan efek menenangkan pada wajah.

Produk : Nature Daily, Lightening, White Secret, Renew, Perfect Bright, Crystallure

Kulit Kombinasi, biasanya berminyak di area T-Zone dan kering di area lainnya. Kulit kombinasi bisa menggunakan produk yang mengandung oil control. 

Produk:  Bisa menggunakan jenis apapun dari wardah

Kulit Berminyak, biasanya pori-pori besar, rentan berminyak dan berjerawat. Kulit berminyak bisa menggunakan produk yang ada kandungan Witch Hazel.

Produk : Nature Daily


Selain membahas tentang skincare bagi wajah, mba Fadilla juga mengenalkan pada kami produk baru Wardah yang sangat wajib dimiliki, apalagi di masa pandemi ini, yang membuat kita khawatir saat menyentuh benda di tempat umum atau berdekatan dengan orang lain. 

Wardah telah mengeluarkan Hand Sanitizer yang tidak cuma berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri, tetapi juga memberikan kelembaban ekstrak pada tangan dengan kandungan Aloe Vera Extractnya, yaitu Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Wash dan Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel. Wahhh…solusi banget buat saya yang hobi traveling. Karena  Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel ini juga tersedia dengan berbagai ukuran yang Travel Friendly


Source: akun  instagtam@wardahbeauty.lampung

Menurut keterangan mba Fadilla, Untuk hand gel bisa digunakan rutin setelah memegang benda apapun. Karena kita tidak pernah tahu kuman apa saja yang sudah menempel di tangan. Dengan Hand sanitizer dari Wardah tentunya perasaan was-was jadi hilang.

Sejak kenal Wardah saya sudah sulit berpaling ke yang lain. Soalnya produk Wardah sangat friendly di wajah. Meskipun kulit saya tidak langsung berubah jadi putih. Karena yang terpenting bukanlah menjadi putih. Bersama wardah kulitku jadi lebih cerah dan jauh dari keluhan. Menurutku salah satu kelebihan Wardah adalah menjaga warna alami kulit kita tanpa memutihkan instantly. And so far, saya sangat puas dengan produk Wardah. 



Dari Kulwap keren ini, dapat kulihat bahwa peserta sangat antusias sekali. Hal ini Nampak dari banyaknya pertanyaan dari peserta yang ingin lebih tahu dan paham masalah skincare dan kesehatan kulitnya. 


Sesi Tanya Jawab Peserta Bersama mba Fadilla

  1. Armeika : Apakah wardah ini cocok dipakai untuk semua jenis kulit? Sebab, saya dulu pakai produk wardah ini untuk make-up nya. Tapi koq gak nempel dikulit. Mohon pencerahan nya


Jawab : Halo ibu armeika

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk produk wardah alhamdulilah cocok untuk semua jenis kulit namun untuk ibu bisa memilih produk sesuai dengan jenis kulitnya agar bisa menjadi solusi di wajah. Karna kalo tidak memilih sesuai jenis kulit maka tidak ada perubahan di masalah kulit yang ibu alami. 


Nah kalo soal make up agar lebih menempel sebelum ber-make up bisa menggunakan primer, booster, atau face mist terlebih dahulu dan juga untuk aplikasi per step. Jadi kalo untuk pembersihan tekniknya di rotasi dan dipijat pada area wajah. Untuk pelembaban dan complexion tekniknya bisa di tap-tap mengikuti bulu halus pada wajah.


  1. Desy: Saya punya tipe kulit kombinasi dan rada sensitif nih, Kak. Sampe sekarang belum bisa menemukan produk wajah yang cocok. Tapi produk Wardah favoritku matte lip creamnya. Harga terjangkau, mudah dipake dan dibawa, dan banyak varian juga. Saya mau tanya, produk Wardah yang cocok untuk kulit kombinasi apa ya Kak?


Jawab: Halo ibu desy

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk kulit kombinasi bisa menggunakan Wardah C-defense Series yang produknya warna orange juga ada kandungan vit c yang dapat melembabkan, menyehatkan serta melindungi kulit dari radikal bebas


  1. Novia: Kalau mengatasi kulit kering itu gimana kak tipsnya? Soalnya kalau cuaca yang cenderung panas banget jadi kulit mudah crack gitu?


Jawab: Halo kak Novia

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk kulit kering kak novia bisa menggunakan produk yang sudah ada kandungan Aloe Vera Extractnya. Kalo dari wardah bisa menggunakan Wardah Nature Daily Aloe Vera Series


  1. Marina: Mba Dwi Fadilla  aku kan biasa pake lightening bb cream yang shade light sama lightening liquid concealer shade beige. Nah kalo untuk foundation cocoknya apa ya? Yang di series lightening liquid foundation.


Jawab: Halo kak Marina

Terimakasih atas pertanyaannya. Pasti kulit kak Marina cerah ya? Nah untuk foundation jika menggunakan Wardah Exclusive Foundation bisa pilih shade 01 light beige untuk hasilnya lebih cerah dan 03 sandy beige untuk hasil yang natural.


  1. Armaika : Kalau make-up nya crack itu kenapa ya?  Terus gimana mengatasinya?


Jawab: Halo ibu amerika

Terimakasih atas pertanyaannya. Kalau wajah crack bisa di antisipasi dengan cara aplikasinya di tap-tap, sampai teksturnya halus di bagian wajah dan di pastikan foundation atau compelxionnya merata, lalu bisa ke tahap selanjutnya karena biasanya cracky bisa terjadi akibat proses pemakaian complexion yang kurang merata sehingga hasilnya tidak maksimal.


  1. Endang : Saya pemilik jerawat yang parah. Dulu pernah memakai produk wardah varian paket acne sampai 5 bulanan kalo produknya habis saya beli lagi, awal pakai bagus & lumayan berkurang jerawatnya, tapi pas bulan ke- 5 tumbuh jerawat lumayan banyak & wajahku gatal-gatal, karena itu saya hentikan pemakaiannya. Itu penyebabnya apa ya kak? Mohon pencerahannya & produk wardah apa yang bisa menyamarkan bopeng kak?


Jawab: Halo bu Endang

Terimakasih atas pertanyaannya. Nah jika produk yang ibu gunakan awalnya biasanya cocok lalu di beberapa bulan kemudian jadi tidak cocok, nah penyebabnya bisa dari faktor lain ibu, bisa dari pola makan, tidur sampai mungkin pembersihan yang kurang maksimal. Karna tidak cocoknya produk bisa terjadi setelah pertama kali pakai produk ibu.


Nah untuk melihat lagi cocok atau tidaknya produk tersebut di wajah ibu bisa mencobakam terlebih dahulu pelembabnya di bagian belakang kuping jika terasa panas dan gatal, bisa dipastikan bahwa produk itu tidak cocok untuk jenis kulit ibu, tapi kalo tidak ada reaksi berarti produknya cocok.


  1. Dira : Kalau nggak suka pakai bedak itu solusinya gimana ya mba?


Jawab: Halo kak Dira

Terimakasih atas pertanyaannya. Kalo kakak tidak suka menggunakan bedak namun ingin hasil yang cerah seperti menggunakan bedak, kakak bisa menggunakan series dari perfect bright. Kearna dapat mencerahkan seketika di wajah atau bisa menggunakan Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion,e karna hasilnya yang cover dan natural glow.


  1. Marina : Tips dong gimana cara pakai concealer di bawah mata. aku pake concealer di bawah mata sering crack. Sama kalau pakai booster dari crystallure apakah bisa memperkecil pori-pori di wajah ya, soalnya aku lagi pakai di varian white secret ini.


Jawab: Halo kak Marina

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk concealer tipsnya adalah teknik dari aplikasinya bisa di tap tap saja. Jangan digeser ya kak karena penggunaan concealer dengan cara digeser bisa menyebabkan teksturnya jadi kurang awet dan untuk takaran concealernya juga tidak perlu terlalu banyak, secukupnya saja. Untuk booster sangat bisa banget kak menutupi pori-pori di wajah apalagi booster dari Crystallure dapat melembabkan serta mencerahkan wajah.


  1. Emy: Salam kenal, saya Emmy Herlina. Sebenarnya termasuk baru memakai Wardah, itupun baru sebatas krim muka, bedak, cleansing dan tonernya. Yang mau saya tanyakan, apakah kandungan Wardah bebas dari zat kimia berbahaya? Terutama mercury? Dan saya penasaran pingin nyoba lipsticknya. Tidak bikin kering kan ya? Karena bibir saya termasuk mudah kering. Berbeda dengan kulit wajah yang termasuk berminyak.


Jawab: Halo ibu Emmy 

Terimakasih atas pertanyaannya.Sebelumnya Terimakasih kepada ibu emmy yang sudah memilih wardah untuk menjadi skincare yang ibu gunakan. Alhamdulillah produk wardah tidak ada kandungan merkury dan hydroquinone. Karena produk yang mengandung mercury dan hydroquinone bisa berbahaya kalau di pakai untuk wajah ibu. 


Untuk lipstik dari sangat rekomendasi banget nih ibu karna walaupun ibu pakai yang hasilnya matte sekalipun akan tetap terasa lembab. Karna sudah ada vitamin E nya. Untuk lipstick ibu bisa gunakan Wardah Colorfit Velvet Lip Mousse atau Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Jika bibir ibu terasa kering sekali bisa sebelum pemakaian lipstik bisa menggunakan lipbalm terlebih dahulu.


  1. Josepsi: Mba mau nanya untuk black spot karena jerawat ada produk Wardah recommended yang bisa dicoba? Karena mengganggu penampilan banget.Makas.i


Jawab: Halo ibu Jose 

Terimakasih atas pertanyaannya. Untuk produk yang bisa digunakan yaitu Wardah Acnederm Blackhead Balm. Bisa digunakan 2 kali dalam seminggu. Booster Essence memang salah satu product heroes dari series "Crystallure" Bu, sudah banyak direview juga oleh influencer serta MUA, dan alhamdulillah hasilnya bagus, riset produk ini sudah 10 tahun jadi insyaAllah memang sudah terbukti, kandungan Gold-Peptide Crystals nya, pun 10 kali lebih banyak sehingga cocok untuk revitalisasi dan peremajaan kulit. 


Link review Booster Essence

https://www.youtube.com/watch?v=O8Lp7ui-nmc 


Tidak terasa waktunya sudah malam. Dan rasanya masih kurang buat tanya dan tahu tentang wardah dan dunia skincare ini. Tapi saya senang karena mba Fadilla mengatakan akan membuka sharing session lagi nanti. Dan dari info di grup kabarnya aka nada sharing via zoom. Oh iya… setelah kulwap ini ada beberapa teman yang beruntung mendapat hadiah dari Wardah dan Tapis Blogger juga lho, yaitu:  Penanya terpilih,

Armeike Tri  Putri  yang berhak mendapat 1 paket dari wardah, dan  2 peserta aktif  yang mendapatkan hadiah dari tapis blogger, Marina Pka pratiwi dan Josephina.

Buat teman-teman yang ingin tahu  mengenai produk Wardah dan event-event-nya, bisa follow instagramnya Wardah @wardahbeauty dan @wardahbeautylampung.


Sumber foto: Akun media sosial wardah dan dok. Pribadi




Posting Komentar

  1. Saya pengguna aktif produk WARDAH bertahun-tahun. Mulai dari kosmetik hingga perawatan. Terasa banget nyamannya di kulit. Harga produknya pun bersahabat untuk kantong (baca: dompet).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee...bener banget mba. Wardah sudah aman, berkualitas, dan ramah kantong budget lagi.

      Hapus
  2. Beberapa kali aku pernah mencoba produk2 Wardah. Formulanya ringan, enak di kulit wajah kita. Harganya juga terjangkau. Aman, halal, pokoknya hati tenang pakai Wardah. Terakhir aku pakai krim yang mengandung SPF-nya dan sunscreen juga cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang ya mba sejak ada Wardah ini. Aku pun sangat cocok dengan Wardah

      Hapus
  3. Waaah... banyak banget ilmu baru tentang kulit dan perawatannya dari sesi tanya jawab ini. Dan aduh, senangnya yang beruntung....
    Saya sudah follow semua akun medsosnya Wardah. TApi memang belum mengikuti updatenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak ilmu dari sesi diskusi ini.

      Semoga next time mba bisa juga ikutan event2 wardah lainnya ya

      Hapus
  4. Aku juga pake wardah, karena produk lokal berkualitas dan halal

    BalasHapus
  5. Wardah emang juara sih ya mba, beberapa produk yg aku pake jga dari Wardah, apalagi lip mousse nya. Suk banget

    BalasHapus

 
Top