43

Strategi Meningkatkan Peluang Bisnis Online 

“Serius kamu mau jualan? Bukannya selama ini alergi diajak ke pasar jagain toko?” Jawab Ibu dengan ekspresi agak terkejut, ketika aku mengutarakan niat ingin membantu menjual barang dagangannya, dengan merintis bisnis online. Ya, dari bibir ini memang sempat terucap, bahwa aku tidak akan mau dan tidak akan tertarik untuk berniaga dalam bidang apapun.  


strategi-dalam-bisnis-online

Alergi ke pasar? Tentu saja tidak. Karena sampai saat ini aku masih suka ke pasar untuk membeli kebutuhan harian dan jajan beberapa suguhan tradisional, seperti cenil, geblek, dan kue lupis. Aku hanya enggan jika harus duduk di toko orangtua, dan kemudian berhadapan dengan pelanggan. 

Dulu aku sempat kesal melihat sikap beberapa pelanggan toko yang tidak ber-attitude. Pembeli memang raja dan harus diistimewakan. Aku pun setuju dengan hal ini. Karena bisa saja mereka akan mendatangkan pelanggan-pelanggan lainnya kelak. Tapi seharusnya dalam bertransaksi, kita tetap menjaga tingkah laku yang baik. Lantas apa yang membuatku tiba-tiba ingin memulai usaha di bidang penjualan online

Mengapa Tertarik Bisnis Online?

Terhitung sudah 10 bulan lembaga pendidikan tempatku bekerja menonaktifkan sebagian besar karyawan. Awalnya biasa saja. Namun ketidakpastian akhir dari pandemi Covid-19 yang meneror dunia, membuat masa libur kian panjang. Aku pun mulai gelisah karena tabungan utama mulai diganggu sejak sumber pemasukan utama terhenti. 

Pandemi memang telah banyak mengubah kehidupan. Banyak yang kehilangan pekerjaan, perekonomian makin lesu, dan kebiasaan sosialisasi tidak lagi seperti biasanya. Menariknya eksistensi bisnis di bidang e-commerce mengalami peningkatan dan profit luar biasa. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan primer masyarakat dalam bertransaksi untuk mengurangi kontak fisik. 

Keberadaan usaha yang berbasis teknologi informasi (online) di era pandemi makin dibutuhkan. Apalagi saat ini memang lebih aman untuk tetap di rumah dalam berkegiatan apapun. 

Selain itu, peluang berbagai usaha yang mengandalkan teknologi digital makin terbuka lebar, mengingat beberapa aktivitas utama seperti bekerja, belajar, dan beribadah yang dijalankan di rumah. 

Hal ini pulalah yang dimanfaatkan banyak orang agar tetap bisa berpenghasilan di masa pandemi. Terbukti banyak yang mulai berbisnis online di bidang jual beli, baik makanan, pakaian, perabotan, dan sebagainya. 

Dan aku yang dulu pernah bilang tidak mau bergelut di dunia jual beli pun akhirnya mulai melirik bidang usaha ini. Karena dari yang kulihat, meski kondisi ekonomi sedang lemah, animo berbelanja online masyarakat tidak pernah surut. Buktinya harbolnas kian digandrungi. “Bukankah ini peluang untuk tetap berpenghasilan di saat pandemi?” pikirku saat itu.

Seketika aku pun teringat kembali dengan perkataan Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam, “Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki.” (HR. Imam Ahmad)

Jadi, bismillah aku pun mantap ingin mulai merintis bisnis online dengan memanfaatkan barang dagangan orangtua dulu. Namun menjamurnya usaha ini pasti membuat persaingan makin ketat. Bukan tidak mungkin usaha yang baru dirintis akan gulung tikar di usia relatif singkat. Hal inilah yang jadi perhatianku saat ini. Jadi harus ada strategi.


produk-untuk-bisnis-online
Beberapa produk untuk jualan onlineku
Dok.pribadi

Aku pun mulai mencari tahu dan mempelajari apa yang harus dilakukan, agar bisnis online di bidang pakaian ini bisa bertahan di masa pandemi, bahkan berkembang pesat nantinya. Sehingga kelak aku pun bisa membedayakan orang lain juga. Aku membaca buku dan kadang ikut seminar bisnis. Selain itu, aku pun mencoba mempelajari kiat sukses para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya. 

Ada satu brand yang membuatku jatuh hati hingga enggan berpaling sampai saat ini. Produknya memang sangat berkualitas dan harganya terjangkau. Selain itu, aku sangat terkesan dengan cara mereka mengemas produk yang dipesan. Begitu rapih, eye catching,  dan terkesan mereka sangat mengistimewakan pelanggan. Di setiap produknya juga selalu ada stiker ucapan langsung dari sang pemilik. 

Jadi masalah packaging ini penting untuk menciptakan first impression ke pelanggan, agar mereka jatuh hati saat pandangan pertama. Hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pengemasan adalah melengkapi kemasan dengan logo brand, name card, kartu ucapan, resi pengiriman, atau stiker khas brand kita.

Semua itu memang simple. Kita tinggal mencetaknya saja. Namun simple bukan berarti asalan. Jadi cetaklah dengan baik sehingga terlihat lebih menarik. Nah, aku jadi teringat dengan seorang teman yang pernah merekomendasikan printer multifungsi yang berkualitas untuk berbagai keperluan, yaitu printer merek HP (Hewlett-Packard). 

Setelah menelusuri produk HP di web resminya, aku pun tertarik dengan printer multifungsi HP Deskjet Ink Advantage 2337. 


printer-untuk-bisnis-online-terbaik
Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337
Source: store.hp.com

Mengapa Memilih HP Deskjet Ink Advantage 2337

Jujur, pertimbangan pertama saat memilih printer ini adalah karena harganya paling terjangkau dari semua produk HP, yaitu sekitar Rp700.000. Dan biaya catridge-nya juga murah. Karena aku kan baru merintis, jadi harus benar-benar mengolah pengeluaran dengan baik. InsyaAllah jika bisnis ini berkembang, kemungkinan aku akan ganti printer merek HP yang lebih mahal lagi. Karena semakin maju usahaku, pasti memerlukan jenis printer dengan kemampuan yang lebih. 

Selain itu, perangkat all-in-one printer ini dapat memenuhi kebutuhan bisnisku dalam hal pencetakan, pemindaian, dan fotokopi. Sehingga sangat cocok untuk usaha yang akan kujalani ini.

 

bisnis-online-maju-dengan-printer-hp
Fungsi & Spesifikasi HP Deskjet Ink Advantage 2337

Keunggulan lainya, printer ini punya kecepatan cetak hitam sampai 7.5 ppm (7.5 lembar per detik) dan 5.5 untuk cetak berwarna. Sehigga pekerjaanku akan selesai lebih cepat tentunya. Kualitas cetakan juga cukup bagus, jelas, dan terlihat natural, karena printer ini menawarkan resolusi cetak sampai 1200 x 1200 dpi. Apalagi menggunakan catridge tintanya asli dari HP. 

Printer ini menawarkan kapasitas hingga 1000 halaman untuk dicetak. Sedangkan untuk format scannya adalah JPEG, TIFF, PDF, BMP, PNG,dengan scan area 216 x 297 mm. Tersedia port 1 Hi speed USB 2.0 guna menghubungkan kabel data dengan PC atau pun laptop. 

Tak hanya itu, printer ini juga bisa terhubung dengan ponsel pintar kita untuk mencetak. Terlebih dengan menggunakan aplikasi HP smart. Mencetak dokumen, memindai, berbagi dengan kualitas tinggi, dan fotokopi jadi makin cepat dan mudah. 

Untuk ukuran dan beratnya juga tidak makan tempat. Bobotnya mulai 3,42 kg dengan panjang 425.2 mm, lebar 304.1 mm, dan tinggi 149.1 mm. Dan menurutku warna-warna yang ditawarkan juga menarik, ada lavender, palm, dan white. Oh iya, aku dapat informasi kalau printer ini bisa dibeli di Era Supplies Indonesia atau ESI, lho.


strategi-cetak-logo-bisnis-online
Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337
Source: store.hp.com

Jadi aku sekarang sudah mantap mau menggunakan Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 untuk keperluan bisnisku. Inilah strategiku agar nanti mudah memikat pelanggan selain mengutamakan kualitas produk tentunya. Karena pelayanan dan penyajian yang menarik dari produk kita akan memberi kesan tersendiri di hati pelanggan. Doakan bisnisku lancar ya, teman-teman. 



Posting Komentar

  1. Produk printer hp 2337 nya bagus untuk penunjang jualan online atau bisnis online. Harganya menengah ke bawah cocok di kantong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, pas banget juga buat yang baru mulai bisnis

      Hapus
  2. benar banget ya mba, sekarang banyak peluang bisnis online yg bisa kita coba
    dgn printer yg mendukung spt dari HP ini bisnis bisa makin lancar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Harus bisa kita manfaatkan ya peluangnya

      Hapus
  3. saya juga pilih printer HP Deskjet, karena selain cantik, mudah dalam pengoperasiolannya
    juga ramah lingkungan
    HP sangat peduli keberlangsungan bumi, sehingga berusaha untuk nggak nyampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang penting bgt ya mbak. Pilih produk memang harus yang ramah lingkungan.

      Hapus
  4. printer hp memang andalan banget ya mba untuk mendukung bisnis kita tuh

    BalasHapus
  5. Aamiin... Ikut mendoakan semoga bisnis nya jalan dan lancar ya Mbak. Dengan adanya printer multifungsi, bisa bisnis apa aja dengan maksimal ya

    BalasHapus
  6. Mbaaaa, ikut meng-Amin-kan jalan niaga yg bakal Mba tempuh.

    Semoga berkaahh rejeki melimpah yaa. Memang kalo pakai printer yg mumpuni, bakal lebih mantabbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, aamiin. Terima kasih mba. Semoga mbak juga sukses ya

      Hapus
  7. Aamiin, semoga lancar bisnisnya ya. HP deskjet bisa membantu bisnis nih ternyata. Entah untuk cetak label, kemasan atau bahkan mencetak benda-benda yang bisa diperdagangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya mba. Jadi berasa pas banget mau bisnis ada printer ini

      Hapus
  8. Eh ini mirip punyaku di rumah, warna putih juga. Tapi kayaknya serinya bukan HP Deskjet Ink Advantage 2337 deh. Punyaku itu bisa buat nge-scan juga mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh...sudah punya produk Hp ya mba. Seneng pastinya

      Hapus
  9. Semoga dimudahkan dan dilancarkan rencana bisnis online-nya, Mbak
    Senangnya jika punya perangkat all-in-one printer seperti ini yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis dalam hal pencetakan, pemindaian, dan fotokopi. Praktis sekali HP Deskjet ya

    BalasHapus
  10. “Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90 persen pintu rezeki.” (HR. Imam Ahmad)
    Untaian kalimat yang jadi pegangan saya saat memutuskan berhenti jadi pegawai. Memang butuh penyesuaian yang gak sebentar. Terutama untuk urusan kemandirian finansial. Alhamdulillah pelan-pelan semua teratasi semenjak bikin usaha sendiri.

    Semoga usaha Mbak Rika juga berjalan dengan baik dan dimudahkan rezekinya ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Nuhun nya teh. Semoga teh Ani juga,makin sukses

      Hapus
  11. Berwirausaha by online kini tengah menjadi peluang yang cukup banyak di lirik.
    Untuk packagingnya dalam pelabelan bisa dengan alat sederhana seperti printer ini apalagi kelebihan lainnya bisa terhubung dengan smartphone

    BalasHapus
  12. aku tuh pengen punya printer tp berhubung gaptek, seringnya takut ga ngerti urusan tinta dll hihi.. susah ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kadang masih minta bantuan adikku mbak. Tapi kalau dicoba sendiri nggak susah kok. Yg penting ikuti prosedurnya aja

      Hapus
  13. Wah baru tahu nih ada printer bagus yang murah, aku juga lagi demen banget bebikinan stiker tapi untuk sendiri aja, semoga lancar dan berkah usahanya ya mbak ..

    BalasHapus
  14. Lahh printerku jg pakai hp nih kak. Paling klop buatku sih karena dia suaranya ngga berisik. Hahaha

    BalasHapus
  15. aku juga dulu waktu kuliah pakai printernya hp, hadiah menang lomba aku beli printer, hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nambah rekomendasi dari mbak Iffia nih. Thanks mbak

      Hapus
  16. Wah iya iya, ada nilai tambah jika kita ngasih "sesuatu" semacam . Stiker atau ucapan saat ada yg beli gtu. Mau cetak kan y lumayan. Idenbagus. Jualan online saat pandemi. Iya sama mbak. Semenjak cornces menyerang saya juga melirik bidamg ini

    BalasHapus
  17. Waduh, sungguh godaan yang besar, baru tahu ada printer pakai aksen warna lavender begini. Pas lagi butuh juga sebenernya, meskipun nggak jualan online (kecuali jualan produk yang nggak kepakai/salah beli), tapi sedang banyak keperluan cetak buat kerja dan sekolah anak-anak.

    BalasHapus
  18. milih printer memang penting yaaa, speknya harus yang pas dengan kebutuhan kita. semoga bisnisnya berjalan dengan lancar dan rejeki melimpah mbak rika.

    BalasHapus

  19. Mbak sama kita. Akupun lagi kembali lagi jualan online setelah vakum 2 tahun. Semangat buat kita. Aku juga lagi cari printer. Akhirnya dapet inspirasi dari siniiiiii. Tengkyuuuuu

    BalasHapus
  20. Ini bener banget mbaa.. banyak banget peluang untuk usaha online.. akupun lagi memanfaatkan peluang ini mbaa.. membuka lagi usaha jual makanan selagi pandemi ini, hehheheh

    BalasHapus
  21. Duh, aku jadi kepincut nih sama printer HP nya. Butuh juga buat di rumah. Nggak buat bisnis sih, lebih ke memudahkan PJJ bareng anak. Maklum selama PJJ sering ngeprint tugas dan materi dari sekolah, lama-lama boros juga kalau print di tempat printing ya.. :)

    BalasHapus
  22. Saya pengguna setia HP laserjet generasi lama lho kakak. Beneran simpel dan multifitu. Sekarang ada yang baru 😍😍

    BalasHapus
  23. aku juga pengguna HP sudahnlama dari tahun 2008. Kualitasnya ga perlu diragukan lagi. Selain itu juga perawatannya mudah banget lho mba

    BalasHapus
  24. Semoga bisnisnya berkembang pesat ya Mbak. Sukses dan berkah rezeki. Semoga juga bisa membuka lapangan pekerjaan nantinya aamiin. btw printer merk HP emang dari dulu terkenal. Aku ma yang laser hitam aja itu bertahun-tahun masih aman. nemenin aku skripsian hehe

    BalasHapus
  25. aku pun merasakan bahwa printer jadi sahabatku mengelola bisnis online ya mbak. printer hp memang murah meriah ya.

    BalasHapus
  26. Jadi inget printer HP punyaku yang rusak karena dijatuhin kucing mwkkw. Sepakat sih produk HP memang berkualitas. Lancar terus kak bisnis onlennya ya, makin sukses

    BalasHapus
  27. Hp desk jet jadi andalan banget nih untuk ngeprint banyak terutama yg berwarna.. kualitasnya nggak kaleng-kaleng

    BalasHapus
  28. aamiin. semoga sukses ya mbak bisnisnyaa. meski sudah nggak aktif jualan online kayak dulu kebetulan banget saya lagih cari printer. makasi ya kak infonya!

    BalasHapus

 
Top