3

 

5 game online edukatif seru bagi anak-anak


Main game online terus, kapan belajarnya? Makanya, anak-anak jangan dibiarkan pegang handphone (hp), jadi ya begitu, waktunya hanya habis buat main game online.

Seperti itulah kira-kira ucapan yang dilontarkan kebanyakan orang ketika melihat anak-anak bermain game online.

Menurut mereka, main game online itu adalah kegiatan wasting time yang useless dan dapat membuat anak-anak lupa belajar hingga berpotensi jadi anak malas dan bodoh.

Jika dilihat, saat ini memang kebanyakan anak-anak suka bermain game online hingga lupa waktu. Terlebih telah banyak juga tersedia game gratis yang bisa diakses dengan hanya bermodalkan kuota internet.

Tak heran jika stigma bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu menatap layar gadget untuk bermain game seharian adalah contoh anak malas. Mungkin anggapan negatif ini juga dilatarbelakangi bahwa game identik dengan hiburan.

Namun, seiring berkembangnya zaman dan pesatnya kemajuan teknologi digital, fungsi game saat ini bukan hanya sekadar untuk hiburan, tetapi lebih dari itu. Bahkan seseorang yang mahir dalam bermain game online bisa meraih kesuksesan dan masa depan cerah. 

Manfaat Main Game Online

Game memang hiburan, namun di balik itu, ada manfaat luar biasa yang bisa didapat dari bermain game online. Apa saja? Berikut manfaatnya:


manfaat main game


1. Menangkal Stres dan Depresi

Sebuah studi mengatakan, bermain game bisa memperbaiki suasana hati, sensitivitas refleks, dan keterampilan sosial.

Orang yang gemar bermain game, maka otaknya akan lebih aktif. Hal inilah yang membantunya terhindar dari gangguan mental.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Bermain game bisa bantu meningkatkan kecerdasan. Hal ini lantaran fokus/konsentrasi seseorang akan lebih terlatih. Sehingga, daya kerja otak pun akan lebih optimal.

Selain itu, bermain game dapat merangsang saraf motoric, karena saat bermain game diperlukan kemampuan audio-visual yang baik. Hal inilah yang merangsang kinerja sel-sel saraf kita.

Jika kinerja sel sarafnya baik, maka kemampuan dan konsentrasi juga akan lebih tinggi.

3. Mengasah Kreativitas

Seiring kemajuan dunia teknologi, membuat permainan game online pun semakin variatif. Hal ini membuat permainan makin seru dan tentu saja para pemain game terus tertantang kreativitasnya untuk bisa memecahkan permainan agar memenangkannya.

Kendati memberi banyak manfaat positif, namun kita juga tetap harus ingat bahwa bermain game harus sesuai porsinya, jangan berlebihan, hingga menyebabkan kecanduan. Karena bagaimanapun, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, meski ia adalah hal yang positif sekalipun.

Nah, berbicara tentang game online yang bisa membawa dampak positif, ternyata ada loh sebuah situs yang menyediakan game online edukatif seru dengan berbagai macam pilihan.

Tak hanya itu, situs ini juga menyediakan game-game yang bisa dimainkan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak dan menariknya lagi, kita tidak perlu membayar untuk bisa memainkan semua game yang ada di sini.

Bermain Game di Plays.org, Situs Game Online Populer

Plays.org merupakan salah satu situs game populer yang banyak digemari oleh para gamers karena menyediakan banyak pilihan game menarik dan berbagai kelebihan lainnya.


main game di plays.org


Salah satu hal menarik bermain di Plays.org adalah, kita tidak perlu repot registrasi akun ataupun men-download aplikasi khusus sebagaimana platform permainan online lainnya.

Plays.org dapat dengan mudah diakses melalui browser selama kita punya kuota internet cukup dan jaringan yang stabil, maka kita bisa main game online di situs populer ini sepuasnya.

Aku pribadi sangat suka main di situs ini, dari sekian banyak game di plays.org, kali ini aku mau membahas game online edukatif di plays.org yang cocok dimainkan anak-anak untuk meningkatkan kecerdasan otak dan daya kreativitasnya.

Game Online Edukatif di Plays.org

Bermain sambil belajar itu lebih seru, terlebih jika bermainnya bisa memberi banyak manfaat positif. sehingga bukan hanya hiburan yang didapat, tapi bisa lebih dari itu.

Nah, penasaran game online edukatif apa saja sih yang ada di Plays.org?

Di situs ini ada banyak sekali game online edukatif dengan berbagai pilihan. Namun kali ini aku akan membahas 5 game yang sudah kumainkan bersama para keponakanku.

1. Tom & Jerry Arts and Craft Game

Tom & Jerry Arts and Craft Game adalah sebuah permainan yang cukup mengasyikkan dan juga seru. Terlebih anak-anak umumnya suka dengan karakter film kartun Tom &Jerry.


Tom and Jerry arts and craft game


Permainan ini dapat membantu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak-anak saat mereka memilih pensil atau kuas warna untuk mewarnai media gambar yang disajikan, di mana identik dengan film kartun Tom & Jerry.

Di game ini tersedia Color Dropper, Eraser, Stamps, Crayons, Paint dan Stickers yang bisa digunakan untuk membuat gambar dan adegan yang dipilih menjadi hidup.

Menariknya, hasil karya seni anak-anak dari permainan ini bisa disimpan, dibagikan, hingga dicetak.

2. Sesame Street Big Bird dan Snuffy's Letter Dance Party Game

Sesame Street Big Bird dan Snuffy's Letter Dance Party Game adalah sebuah permainan belajar alfabet (huruf), di mana anak-anak bisa belajar bagaimana cara mengeja A, B, C, D, hingga Z.


letter game party dance


Adapun permainan ini dilakukan dengan cara menggambar setiap huruf, kemudian buka hadiahnya, dan klik pada huruf untuk membuatnya menari.

Selain belajar mengenal huruf, di sini anak-anak juga dilatih untuk mendengar pelafalan dalam alfabet.

3. Dinosaur Train Dino Dive: Water Volume Addition Game

Dinosaur Train Dino Dive: Water Volume Addition Game adalah sebuah permainan yang bertujuan membuat air bisa mencapai level tertentu yang ditentukan. Adapun caranya adalah dengan memilih dinosaurus yang tersedia untuk menyelam ke dalam jurang air.


train dino dive game


Saat memilih dinosaurus inilah tantangannya, karena anak-anak akan dilatih menentukan ukuran dino yang mana yang bisa mencapai batas air yang ditetapkan.

Permainan menyelam ini sekaligus mengenalkan anak-anak tentang konsep ukuran, volume, dan perpindahan cairan.

4. Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match Game

Daniel Tiger’s Neighborhood Barnyard Match adalah sebuah game menarik bagi anak-anak. Di sini mereka akan diajak mencocokkan gambar dengan memilih kartu-kartu dalam posisi tertutup.


matching pairs game

matching pairs game


Permainan edukatif Barnyard Match ini dapat membantu dan melatih anak dalam meningkatkan daya ingatnya.

5. Burn Matches Math Logic Puzzle Game

Burn Matches Math Logic Puzzle Game adalah permainan puzzle logika yang menantang tetapi cukup seru serta menyenangkan.

Di permainan kita diminta untuk menentukan batang korek mana yang harus dibuang atau ditambahkan agar mendapatkan hasil sesuai dengan perhitungan yang ditampilkan.


burn matches game

burn matches game


Permainan ini akan mengenalkan anak-anak pada perhitungan matematika dasar yang menyenangkan. Mereka akan diajak berpikir logis agar dapat mendapatkan hasil perhitungan yang sesuai.

Masih ada ratusan permainan edukatif lainnya di Plays.org yang bisa dijadikan media bermain sambil belajar yang menyenangkan. Ayo kunjungi situsnya melalui browser dan ajak si kecil menikmati serunya belajar sambil bermain di sini.

Posting Komentar

  1. Bosan di rumah saja, sepertinya makin seru kalau di isi dengan main games ya. Mantap deh pilihan games onlinenya.

    BalasHapus
  2. Gamenya unyu-unyu dan menantang juga buat anak-anak. Game online kebanyakan sekarang temanya menjurus kekerasan dan bikin ortu jadi resah. Lebih suka game dengan tema yang manis-manis begini.

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga ya platform main games untuk anak yang aman gini. Aku mikirnya games tuh bakal bikin anak kecanduan. Tapi kalau pintar memilih banyak juga yang mengedukasi.

    BalasHapus

 
Top