0



Enam Hari Yang mengguncang Dunia

Bab 1: Jalan Menuju Peperangan
Tahun 1967, Timur Tengah kembali bergejolak ketika Presiden Nasser dari Mesir mengusir pasukan PBB yang telah menjaga perbatasan antara Mesir-Israel, sejak berakhirnya Perang Suez tahun 1957. Mesir mengirim sejumlah pasukan ke perbatasn Sinai untuk mengusir pasukan PBB. Tindakan ini mendapat dukungan penuh bangsa Arab, yang merasa ini adalah waktu terbaik untuk menyingkirkan Israel dari tanah Palestina. Namun ternyata keadaan malah semakin kacau karena ternyata Israel telah menyiapkan segala kemungkinan dengan matang.

Bab 2: Supremasi Di Udara
Israel sadar betul bahwa negaranya yang kecil pasti akan sangat kesulitan untuk bertahan, jika sewaktu-waktu mendapat serangan udara dari bangsa Arab yang jelas-jelas mempunyai kekuatan penuh dan besar. Untuk itu mereka membuat rencana bagaimana caranya memporak-porandakan pangkalan udara musuh tanpa kesulitan. Maka mereka pun menyusun rencana dengan melakukan penyerangan di pagi hari, dimana waktu ini para pilot Mesir masih santai menikmati sarapan. Jadi mereka tidak siap saat ada serangan. Dan radar pantau saat jam-jam ini pun belum diaktifkan.

Bab 3: Bencana Di Sinai
Sinai menjadi tempat dimana perang selama enam hari yang bertubi-tubi diantara pihak Mesir dan Israel berlangsung. Banyak korban jiwa dari kedua belah pihak yang tewas dan luka-luka.


Bab 4: Merebut Kota Zion
Peperangan terus berlangsung tanpa henti. Yerusalerm yang menjadi kota suci tiga agama menjadi tempat ajang pertempuran tersengit. Masing-masing pihak ingin menguasai yerusalem. Israel berhasil merebut Yerusalem timur yang kemudian menyatukan kota itu dengan Yerusalem Barat dan menjadikannya sebagai Ibukota negaranya.

Bab 5: Jatuhnya Golan
Mata-mata yang dikirim Israel, eli Cohen, yang merupakan mata-mata terbesar dalam sejarah Spionase, berhasil memberikan keuntungan signifikan atas keberhasilan pihak Israel menduduki dataran tinggi Golan. Dia berhasil mencuri data-data dari Suriah. Meskipun pada saat pengiriman data ia tertangkap basah dan akhirnya dihukum mati.

Bab 6: Pertempuran Di Laut
Israel memang meraih kemenangan cemerlang di udara atas Mesir serta Semenanjung Sinai, Tepi Barat, dan Dataran Tinggi Golan. Tetapi di lautan, angkatan laut Israel tidak mampu mencapai hasil memuaskan.

Bab 7: Penutup
Perang selama enam hari telah dimenangkan pihak Israel. Yang dampak perang singkat itu telah mengakibatkan kekacauan luar biasa. Dan bahkan dampak perang itu masih teras hingga kini

Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top