8
Squad Tapis Blogger



Gathering tapis Blogger 4 Bersama ACT Lampung, Dari Public Speaking Hingga Nurani Untuk Ghouta - Gathering Tapis Blogger Part 4 ... yah, acaranya berbarengan dengan jadwal short travelling-ku ke Jakarta. Celetukku saat membaca info di di Group WhatsApp Anggota Tapis Blogger. Short trip ini nggak mungkin ku-cancel. Di satu sisi aku juga nggak mau ketinggalan event bulanan Tapis Blogger yang pastinya selalu bermuatan ilmu dan hal bermanfaat. Moreover guest star kali ini salah satu orang beken Lampung, kak Indra Pradya (MC Profesional Lampung), yang akan berbagi materi seputar Public Speaking.


Well, aku konfirmasi ke adikku di Jakarta dan me-reschedule jadwal keberangkatan yang tadinya aku harus berangkat hari Kamis, diubah berangkat hari Jum’at malam selepas acara Gathering Tapis Blogger 4. Dengan harus ikhlas tidak jadi transit ke Depok dan Bogor.

Temu bulanan komunitas Tapis Blogger kali ini menggandeng ACT Lampung sebagai media partner dan MC kondang Lampung, Indra Pradya sebagai pemateri utama. Tidak seperti Gathering biasanya yang kerap menjadikan hari Ahad sebagai momen favorit berkumpulnya para anggota Tapis Blogger, kali ini event bulanan Tapis Blogger dihelat pada hari Jum’at siang (16 Maret 2018) di kantor ACT Lampung, yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No 73E Pahoman, Bandarlampung. Materi yang diusung adalah seputar ilmu Public Speaking dan mengangkat isu tentang peristiwa kemanusiaan di Ghouta.  


Sambutan Ketua Tapis Blogger,
Naqiyyah Syam

Acara yang dimulai pukul 14:00 ini dibuka oleh MC Yoga Pratama, yang dianjutkan sambutan dari founder dan ketua Tapis Blogger mbak Naqiyyah Syam. Memang ada yang beda dari event kali ini. biasanya Gathering dibalut konsep serius. Namun kali ini suasnanya lebih santai. Dan kedepannya akan banyak gebrakan-gebrakan baru dan pastinya seru akan terus digelar Komunitas Tapis Blogger.


Mengenal ACT Lebih Dekat

Setelah sambutan mbak Naqi, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh mbak Dian, perwakilan ACT Lampung, yang mengenalkan tentang ACT. Kami disuguhkan sebuah tayangan video yang menampilkan keadaan memprihatinkan di Ghouta. Tayangan ini berhasil membisukan seisi ruang gathering yang diiringi rasa pilu, marah, sedih, dan berbagai rasa yang mengoyak-ngoyak hati kami semua. Dua bola mata ini pun tak tahan untuk terus beradu tatap dengan tayangan video. Ya Allah, maafkanlah kami di sini yang saat ini hanya bisa menyaksikan nasib malang saudara-saudara kami di sana. Ya Allah tolong lindungi dan menangkan mereka atas kaum kuffar terkutuk. Stop Suriah memerah darah. Selamatkan Ghouta.




Berkenalan dengan ACT LAmpung

ACT merupakan sebuah organisasi kemanusiaan berskala global dengan visi membangun sebuah peradaban global yang lebih baik. Lembaga yang memfokuskan kerja pada bidang kemanusiaan dan sosial ini resmi berdiri di bawah payung hukum pada tanggal 21 April 2005. Dan sejak itu telah banyak kiprah dan kontribusinya bagi kehidupan baik di tanah air maupun belahan dunia lain.

Untuk ACT Lampung sendiri kiprahnya juga tak kalah amazing. Pergerakannya sangat cepat dalam lingkup kemanusiaan dan semua hal terkait rasa kedermawanan. Meskipun ACT Lampung bisa dibilang masih sangat muda. Karena baru buka pada tanggal 6 November 2017. Apapun program kepedulian akan langsung ditanggapi oleh ACT. Bahkan aksi mereka sudah banyak menyentuh mereka yang membutuhkan rasa kedermawanan. Diantara program ACT Lampung yaitu wakaf, kurban, pembinaan di lapas wanita, seminar dan pemeriksaan papsmear, peduli bencana alam, rumah umat, donasi bazar amal, dan masih banyak lagi.

Sungguh luar biasa apa yang dilakukan ACT dalam menggalang rasa kemanusiaan. Bagi teman-teman yang berniat menyalurkan donasi atau bantuan dalam bentuk apapun, silahkan salurkan lewat list donaasi berikut.

Rekening Donasi :

BNI Syariah 770000525
Bank Mandiri 1270007917428
a.n Aksi Cepat Tanggap

Konfirmasi Donasi : 0721-5607053
WA : 0878 8627 0035
Instagram : act_lampung
Twitter : ACTLampung_
FB : Aksi Cepat Tanggap Lampung
Website : www.act.id

Branch Office:
Jl. Jendral Sudirman No. 73E Pahoman Bandar Lampung 35118
Telepon : 0721 560 7053

global wakaf
BNI Syariah 66 0000 699

global zakat
BNI Syariah 999 000 854

global qurban
BNI Syariah 888 0000 372


Lebih Dekat Dengan Dunia Indra

Wah keren tuh acaranya ada bang Indra. Dia itu hebat dan orangnya rame. Pasti seru tuh acaranya. Respon seorang sahabat saat aku memberitahunya tentang gathering Tapis Blogger yang akan dihadiri Indra Pradya. Aku pun semakin penasaran untuk bisa kenal lebih dekat dan pastinya menggali banyak ilmu dari orang multi talenta seperti bang Indra, yang kesehariannya berperan sebagai MC Profesional, Travel Blogger, Trainer Public Speaking, Personality and Development Program, dan Singer. di gathering ini bang Indra berbagi kisah perjalanan selama menjadi travel blogger dan ilmu public speaking.

Sharing bersama Bang Indra


Bang Indra ini orang yang berkeyakinan kuat tentang mimpi. Kalau aku menyebutnya someone who has dream high and aim high. Dan semua itu adalah motivasinya untuk bisa meraih apa yang ia impikan. Caranya adalah dengan kerja keras dan ketekunan. Waktu di SMK Gajahmada bang Indra telah berkontribusi menyumbangkan 38 piala selama bersekolah di sana. Keren banget, kan.

Apapun yang kita lakukan masukkan “Passion” di dalamnya. No limit standard. Semua nggak ada hubungannya sama fisik, kecuali profesi model. Ujar bang Indra yang paling tidak suka ada orang yang bilang, “saya nggak bisa ini, nggak bisa itu, atau saya jelek.”

Menurut bang Indra nggak ada alasan jika ingin sukses dan mewujudkan mimpi. Kesempatan itu selalu ada asalkan kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. So, no excuse. Satu hal yang saya kagumi dari pernyataan beliau yaitu saat bang Inrda mengatakan tentang usia. Baginya tidak penting menghitung-hitung sudah usia berapa kita tiap tahunnya. Karena yang terpenting bagi seorang Indra Pradya adalah menghitung apa saja yang telah dilakukan tiap tahun. Progress apa saja yang sudah dicapai. Euww...totally agree with you, bang.




2001 saya ikut pemilihan Muli Mekhanai Lampung dan nggak diterima. Tapi belajar dari kegagalan itu. 2002 ikut lagi dan nggak menang lagi. Tapi dapat gelar atribut, namanya Pariwisata. Dari sini jadi sering dapet undangan travel. Dan gelar itu akan dikhususkan untuk jaga stand sama panitia di Jogja. Tapi sering tugas satu paket. Jaga stand, ngisi acara, dan nyanyi. Cerita bang Indra tentang pengalamanya dulu.


Awal Mula jadi Travel Blogger

Sejak 2008 bang Indra ini sudah punya blog. Tapi saat itu hanya diisi dengan curhatan. Belum dikelola dengan baik. Lama-kelamaan beliau pun merasa blog tersebut isinya terkesan alay. Mulailah dibenahi blog itu. Hingga akhirnya beliau bertemu dengan dua blogger keren, mbak Dona dan mbak Evi di tahun 2014. “Indra lo ngomong aja udah bisa buat orang terkesima. Apalagi kalau lo nulis.” Ujar mereka menyemangati bang Indra. Ucapan itu pun jadi perenungan hingga akhirnya bang Indra bangkit dan mulai menuliskan kisahnya di blog. Kisah lengkap perjalananya bisa di lihat di www.duniaindra.com .

Blog travelling itu nggak perlu detail banget. Ceritakan saja berdasarkan pengalaman kita saat travelling. Apa yang dilihat, dirasa, dan didapat. Ya tuliskan saja apa adanya. berbicaralah pada diri sendiri saat menulis.Ini yang utamanya. Yang lainnya hanya  bumbu. Tips dari bang Indra terkait tulisan travelling.

Ketekunan akan mengalahkan seorang yang cerdas sekalipun. Ya, inilah yang berhasil diterapkan bang Indra dalam meraih impian dan kesuksesannya kini. Ketekunannya di dunia blogger dan talenta yang dimilikinya telah berhasil mengantarkannya menjadi duta ke Kerala, India. Di sana beliau bergabung bersama blogger dari berbagai negara.

Ada satu tips yang dibagi bang Indra agar dirinya mudah diingat oleh panitia, yaitu “make yourself different”. Saat itu bang indra sengaja memakai ikat kepala khas Lampung agar dirinya mudah dikenali. Selain itu dia juga selalu membawa oleh-oleh khas daerah untuk dibagikan ke panitia. Alhasil tindakan kecil itu telah memberikannya banyak berkah. Saat itu dia diberikan sebuah kamar hotel yang didalamnya ada kolam renangnya. Kebayang kan gimana besarnya kamar tersebut?

Bang Indra ini bangga banget sama istrinya. Di sela sharing beliau sempat memuji istrinya, yang menurutnya banyak berkontribusi atas kesuksesannya. Kata-kata istri saya itu selalu tepat. Kalau dia bilang jangan. Ya saya nggak usah lakukan. jadi hargailah dan banggalah dengan istri kita. Apapun yang kita lakukan selalu ingat bahwa kita itu sudah terikat. Itu saja komitmennya.

Tips Public Speaking Indra Pradya

Public speaking adalah kemampuan berbicara di depan umum. Fokusnya adalah bagaimana agar orang paham dengan apa yang kita sampaikan. Untuk ini tentunya diperlukan beberapa ha dan teknik agar apa yang kita sampaikan itu sampai dengan tepat pada pendengar. Berikut beberapa tips yang dibagikan bang Indra saat acara Gathering Tapis Blogger .

1.      Passion
Ini adalah poin utama untuk memulai apa yang ingin kita lakukan. Karena jika kita melakukan sesuatu berdasar passion, maka kita akan semangat mengusahakannya.

2.      No limit standard
Setiap orang punya kesempatan sukses. Jadi jangan membatasi diri. Lakukan saja apa yang terbaik yang bisa dilakukan.

3.      Opportunity meet Ability
Kesempataan akan terus ada selama kita sudah mempersiapkan segalannya.

4.      Content Marketing
Semakin banyak konten akan semakin banyak dilirik. Sell yourself bukan sell your body. Ini dua hal yang berbeda. Jual kemampuan kita ke khalayak. Misalnya dengan buat video singkat untuk mempromosikan diri.

5.      Differenciator
Berbeda itu adalah hal yang penting. Karena yang berbeda itu akan mudah terlihat.

6.      Network
Bangun jaringan. Berteman dengan mereka yang bisa digali ilmunya. Dekati dan pelajari ilmunya. Ini adalah salah satu kunci sukses.


Saat sesi tanya jawab aku mengajukan pertanyaan bagaimana caranya jika tiba-tiba saat kita sedang berbicara di depan umum, tiba-tiba nge-blank. Nah kalau udah begini kan materi yang ingin kita sampaikan bisa hilang begitu aja. Alhasil bisa gugup.

fokus penonton saat kita berbicara di depan itu ada di bagian pinggang ke atas. Itu yang dilihat. Nah jika gugup uraikan gugupnya itu ke bagian lain. Misal ke arah kaki. jalan atau gerak sedikit. Lihatlah guru saat mengajar. Mereka tidak diam di satu tempat. Jawab bang Indra cara mengatasi ke-nervousan saat berbicara di depan umum.


Pemberian souvenir dari Tapis Blogger dan ACT Lampung
kepada bang Indra
Acara pun ditutup dengan pembagian hadiah kepada beberapa penanya. Wahh....senang sekali rasanya aku menjadi bagian yang berhak dapat buku sebagai hadiah karena telah bertanya tadi. Alhamdulillah. panitia pun membagikan sejumlah buku pada kami. dan aku dapat bukunya mbak Afifah Afra yang berjudul De LiefDe (Memoar Sekar Prembajon).  Terimakasih Tapis Blogger.


Para Penerima hadiah


Akhirnya menjelang magrib acara kebersamaan yang luar biasa ini usai. Acara ditutup dengan sesi foto bersama,pembagian Cerificate, dan menyantap menu hidangan yang telah disediakan ACT, yang masih tersisa. 





Demikianlah keseruanku bersama para anggota Tapis Blogger di gathering ke-4 ini. Semoga apa yang telah kami dapatkan di setiap momen kebersamaan ini bisa menjadi bekal cukup, untuk semakin bersinar di dunia blogger dan dalam peran membagi hal yang bermanfaat. Yuk, teman-teman pupuk terus semangat dan yakinlah bahwa setiap kita bisa mencapai sukses. Kuncinya yaitu dengan terus belajar, kerja keras, dan yakin dengan-Nya. Gali potensi diri. Jangan dibiarkan terpendam jauh di dalam diri. Percayalah setiap individu punya potensi yang telah dianugerahi Allah. Tinggal bagaimana cara kita menemukan dan mengembangkannya saja.

Posting Komentar

  1. Waw.. Demi gathering mb rika rela menunda jadwal travelingnya.. Mantap. Terimakasih sharingnya mb rika..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mbak Tety... heeheh. sayang melewatkan acara keren yang bertabur ilmu.

      Hapus
  2. Asik dapet bukuu, jadi pengen juga.. hihihi. Worth it ya mb.. menunda keberangkatan demi sharing kecenya Bang Indra.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheeh... iya dapet banyak berkah deh pokoknya. alhamdulillah

      Hapus
  3. Alhamdulillah acaranya lancar dan semoga berkah ilmu yang didapat ya. Doakan Tapis Blogger terus makin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. semoga tapis Blogger semakin maju dan terdepan dalam kebaikan dan kontribusinya untuk Lampung ya mbak

      Hapus
  4. Balasan
    1. love love banget deh sama Tapis blogger ya Ummi

      Hapus

Hadir Semakin Dekat, HokBen Antasari Lampung Tawarkan Keistimewaan Baru yang Wajib Dicoba

Kami di pembukaan HokBen Antasari Dok. Tapis Blogger Berbicara tentang makanan, pastinya tidak akan pernah bosan, ya sobat jejak ...

 
Top