5
Bersama Tapis blogger dan Umar Labib
Foto: Tapis Blogger


Bandarlampung - Tapis Blogger Gathering 3: Belajar foto dan video editing lewat android - Pernah ga sih sobat semua merasa penasaran dengan beberapa video atau foto yang diupload seseorang di mefia sosial? Terutama berkaitam dengan ke-amazingan saat foto atau video di-view? Aplikasi apa yang dipakai dan bagaimana caranya? Kalau aku memang tipikal orang yang curious banget dengan hal-hal positif. So, aku coba utak-atik sendiri foto dan video yang ada. Sayangnya hasilnya biasa saja. Bahkan aku tidak bisa berkata "Wow" dengan hasil editannya.

Alhamdulillah, rasa penasaran pun terjawab seiring digelarnya Gathering Tapis Blogger 3, pada Ahad 25 Februari 2018 di Nibra's House Lampung. Gathering yang kali ini juga diperuntukkan untuk umum, mengajak semua peserta untuk belajar dan praktek langsung foto serta video editing lewat android, dengan menghadirkan seorang penikmat design dan editing foto/video, Umar Labib. Hal ini merupakan wujud kepedulian Tapis Blogger dalam meningkatkan skill anggota, agar semakin profesional dan berkualitas dalam dunia blogging. Selain itu, gathering yang juga bekerja sama dengan distributor resmi Nibra's House Lampung, memberikan kami kesempatan berharga untuk mendengar langsung kisah sang owner, mbak Yanti, dalam membangun Nibra's House Lampung hingga meraih sukses.


Sambutan mbak Naqiyyah Syam


Acara dibuka dengan sambutan oleh mbak Naqiyyah Syam, founder Tapis Blogger. Pada sesi pertama, gathering diisi dengan berbagi kisah dan pengalaman luar biasa mbak Yanti membangun dan mempertahankan jaringan bisnis Nibra's House Lampung. Sharing bersama mbak Yanti ini berhasil membuat pesrta melted, tak terkecuali saya. Bahkan mbak Yanti pun tak mampu menahan matanya yang mulai berkaca-kaca, terutama dibagian kisah saat beliau benar-benar terpuruk dengan bisnisnya, dimana banyak hal tidak menyenangkan yang harus dialaminya, seperti: fitnah, celaan, hingga banyak yang menjauhinya. Namun ia berhasil bangkit dengan dukungan penuh sang suami dan tentunya penyerahan diri seutuhnya pada Allah.


owner Nibras's House Lampung

"Mimpi itu tidak berbahaya. Bahkan mimpi itu bisa mengalirkan energi positif. Teruslah berpikir dan bertindak positif untuk mendapatkam hasil yang baik."

Usai sesi yang mengharu biru bersama mbak Yanti, acara dilanjutkan dengan sesi utama, yakni pelatihan foto dan video editing via android oleh Umar Labib. Sebelumnya kami sudah diinfokan untuk men-download serta menginstal dua aplikasi foto dan video editing, yang akan digunakan pada pelatihan, yakni KineMaster dan Viva Video Pro. Jujur aku baru tahu ada aplikasi android se-simple ini. Tapi hasilnya tak kalah keren dengan editing via PC.

Semua peserta yang hadir tampak serius dan antusias menikmati setiap pemaparan yang diiringi dengan demo foto dan video editing oleh Umar. Menurut Umar, biasanya yang kerap menjadi masalah dalam pengambilan video adalah ketidaksesuaian antara objek rekaman dengan video itu sendiri. Sedangkan untuk pengambilan gambar, usahakan mengambil angle sebaik mungkin.


Materi video dan foto editing oleh Umar Labib

Dalam pelatihan ini aku jadi tahu mengapa kualitas video atau gambar kurang maksimal. Hal ini karena aku tidak paham teknik pengambilan gambar yang tepat. Biasanya saat pengambilan gambar video, kita cenderung menggerakkan tangan untuk menangkap setiap momen saat merekam. Ternyata kebiasaan ini merupakan cara yang kurang tepat. Lantas yang benar bagaimana? Nah itulah untungnya meluangkan waktu untuk hadir di acara keren yang difasilitasi komunitas Tapis Blogger. 

"Saat mengambil gambar, yang bergerak itu badannya. Bukan tangannya. Jika memang harus berjalan, posisikan tangan sedemikian rupa agar tidak bergerak. Caranya apit kedua tangan menempel dekat ketiak. Dan jangan terburu-buru." (Umar Labib)


Para pemenang Lomba video dan foto 

Para peserta yang hadir di Gathering Tapis Blogger 3 ini juga diberi kesempatan untuk praktek langsung setelah materi dan hasilnya dilombakan. Setiap peserta wajib mengikuti lomba yang hasil karyanya di-post di akun Instagram masing-masing. Setelah melalui diskusi, akhirnya dewan juri memutuskan siapa-siapa saja yang berhak menjadi juara lomba foto dan video ini. Sekitar pukul 13:20 setelah ishoma, juri pun mengumumkan para pemenang lomba IG.


Penyerahan hadiah oleh dewan juri dan panitia gathering

Kategori lomba video diraih oleh pemilik akun @merykusyeni, @asc_ari, dan @felaaziza. Sedangkan untuk kategori foto, dimenangkan akun @dwiseptiarina, @desylisthianaa, dan @novrian_hakiki23. Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah dari Nibra's House Lampung. Usai penyerahan hadiah, kami pun tak melewatkan salah satu momen wajib setiap penutupan gathering, yaitu sesi foto bersama, untuk mengabadikan kebersamaan yang insyaAllah penuh ilmu, berkah, dan kehangatan persaudaraan anggota Tapis Blogger. 

Posting Komentar

  1. Alhamdulillah ya, keren banget ilmu dari Umar Labib, kapan-kapan praktik lagi biar bisa bikin video labih bagus.

    BalasHapus
  2. Ilmu mengedit videonya bermanfaat sekali. Sekarang jadi paham cara membuat video yang bagus dan menarik.

    BalasHapus
  3. Pengen ikutan kalau ada kelas kayak gini lagi. Biar makin kece bikin videnya. Jadi Vblog ehhehe

    BalasHapus
  4. Sekarang emang jamannya smartphone for all, semuanya pake smartphoe, emang lebih simpel dan menyingkat waktu mengedit foto atau video lewat android. Sayang hp ku belum mampu buat edit2 foto, spkenya bekun upgrade. Heeee

    BalasHapus

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top