0


Ramadhan bukan hanya sekadar momentum tentang menjalankan ibadah puasa dan memperbanyak amalan solih. Tetapi Ramadhan adalah tentang banyak hal yang sangat dinanti. Salah satunya adalah momen berkumpul bersama mempererat silahturahmi. Terutama dengan mereka yang sulit ditemui, keluarga atau sahabat jauh, atau dengan orang-orang tertentu. Ajang silahturahmi atau kumpul bersama di bulan Ramadhan dikenal dengan sebutan "Bukber" (buka bersama).

Bukber memang sudah jadi tradisi sepanjang hadirnya bulan suci Ramadhan. Ajang ini seakan menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan Ramadhan. Bahkan jauh hari sebelum memasuki bulan penuh berkah ini, banyak orang, keluarga, atau pun komunitas yang telah merencanakan agenda untuk bukber.

Ajang bukber memang sangat baik. Terlebih jika diniatkan untuk memperkokoh jalinan ukhuwah Islamiyah. Rosulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang senang dilapangkan rizkinya, dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silahturahmi.

Di samping itu bukber juga bisa jadi media untuk saling berbagi kebaikan, menggerakkan hati yang lain untuk sedikit berbagi melalui sumbangan amal yang dikumpulkan dari para peserta bukber. Nah agar bukbermu nggak sia-sia dan mampu memberi kesan kebersamaan yang indah, kehangatan, dan tentunya ridho Allah, ada beberapa tips yang bisa menghindarkan bukbermu dari yang namanya "sekadar ngumpul dan makan bareng". Yuk disimak ulasan di bawah.

Tips Bukber Barokah

1. Niat

Mantapkan hati tentang apa tujuan bukber. Apakah hanya sekadar momen makan bersama. Atau malah ajang show off? Semoga bukan ini niatnya ya sahabat Muslimah. Tapi tetap saja kita harus luruskan niat bahwa momen bukber yang akan diikuti adalah wadah untuk menjalin kedekatan dengan mereka yang hadir.

2. Siapkan budget

Bukber biasanya digelar di cafe, restoran, atau rumah seseorang. Dan tentunya untuk bisa hadir setiap orang akan diminta untuk membayar sejumlah nominal Rupiah, demi kelancaran acara. Selain itu biasanya akan ada penggalangan dana saat acara bukber selesai. Jadi sebaiknya persiapkan dana untuk bukber dari jauh hari. Sehingga tidak mengganggu pengeluaran yang lainnya.

3. No Gadget

Saat ini gadget merupakan benda yang paling sukses mengalihkan perhatian siapapun. Benda gepeng ini faktor yang kerap membuat orang terlihat anti sosial. Nah agar momen bukber ini lebih hangat, ada baiknya abaikan sejenak segala urusan dengan si benda gepeng. Masa buka bersama tapi setiap yang hadir malah sibuk membersamai si ponsel? It's weird, right? So, lebih baik manfaatkan momen bukbernya untuk membangun kedekatan. Saling sapa dan berbagi dalam obrolan bermanfaat.

4. Ibadah Jama'ah

Seringkali ajang bukber membuat orang lupa atau menunda waktu untuk menunaikan ibadah. Padahal inti dari Ramadhan adalah tentang peningkatan kualitas ibadah. Nah ada baiknya bukber dimanfaatkan untuk sholat dan tarawih berjamaah. Jadi jangan keasikan ngobrol saja, ya? :)

5. Sodaqoh
Bulan baik yang penuh berkah dan maghfirah adalah momen terbaik untuk melakukan amalan baik. Karena Allah menjanjikan balasan berlipat bagi siapapun yang ikhlas lillahi ta'ala. So, setelah selesai bukber ada baiknya mengumpulkan sedikit rezeki untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Demikianlah sedikit tips bukber barokah. Semoga amalan dan ibadah puasa kita di Ramadhan ini mendapat ridho-Nya. Dan semoga kita semua menjadi insan taqwa yang senantiasa istiqomah dalam melakukan kebaikan meski Ramadhan berlalu.

#OneDayOnePost
#Ramadhan2018
#Day2
#RWCODOP2018

Posting Komentar

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top