7



17 Agustus 1945 menjadi momentum paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Akhirnya setelah perjuangan dan pengobanan tanpa lelah, para pejuang sejati tanah air mampu mempersembahkan apa yang telah lama didambakan rakyat Indonesia, yakni  kemerdekaan. Inilah tonggak awal bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajah. Dan kini 73 tahun sudah usia kemerdekaan itu, sejak sang Proklamator, Ir.Soekarno membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di khalayak publik. Namun apakah makna kemerdekaan itu masih sama seperti generasi dulu yang mendefinisikan kata merdeka sebagai rasa bebas dari kungkungan dan cengkraman penjajah? Tentu saja tidak. Generasi kini sudah tidak menghadapi aksi penindasan. Lantas apa makna kemerdekaan yang terefleksi bagi kehidupan masyarakat saat ini?

Setiap orang memandang kemerdekaan dengan opini yang beragam. Tetapi semua tetap dalam satu konsep yang sama, yaitu bebas. Nah bagi diri saya pribadi, kemerdekaan adalah wujud nikmat Allah atas bangsa Indonesia yang amat luar biasa. Karena perjuangan selelah apapun melawan penindasan penjajah, tidak akan pernah berbuah manis tanpa adanya campur tangan Tuhan. Dan sebagai bentuk rasa syukur pada sang pencipta serta rasa terima kasih tak terhingga pada para pejuang tanah air, yang perlu kita lakukan adalah menjaga dengan sepenuh hati apa yang telah diperjuangkan bangsa ini dulu.

Kita memang sudah merdeka dan tak perlu lagi menghadapi keangkuhan dan penindasan penjajah. Tetapi bukan berarti kita bersikap santai dan hanya menikmati kemerdekaan ini tanpa kontribusi bagi tanah air tercinta. Kita harus selalu ingat, bahwa kemerdekaan bumi pertiwi ini telah ditebus dengan harga yang mahal, oleh jiwa-jiwa mulia para kesatria tanah air. Apakah pantas kita menikmati  tanpa mau meneruskan perjuangan itu?  Selain itu sebagai generasi penerus yang cinta tanah air, sudah seharusnya kita terus berupaya menjaga kestabilan, keamanan, kesejahtraan, dan keharmonisan berbangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan, agar semangat perjuangan dan kemerdekaan bangsa ini tak terkikis seiring berjalannya waktu. Saya pribadi sangat menghormati jasa para pejuang kemerdekaan, baik para pahlawan maupun rakyat yang hidup pada masa itu. Bagi saya memaknai kemerdekaan dapat saya realisasikan dengan terus menyebarkan kebaikan dan kebermanfaatan bagi orang banyak, khususnya bangsa ini. Dan menulis adalah salah satu cara saya memaknainya. Karena apa? Karena lewat tulisan saya bisa bebas mengekspresikan apa yang ada di kepala, dengan tetap memerhatikan kaidah dan rambu-rambu dalam penyampaian ide dalam tulisan.

Selain iitu, bagi saya yang seorang pendidik, makna kemerdekaan juga bisa diwujudkan dengan berupaya semaksimal mungkin memenuhi cita-cita para pendiri bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 di alinea ke-4. Untuk itulah saya sangat mencintai dunia mengajar. Karena dari sini saya diberi kesempatan untuk berkontribusi memenuhi cita-cita para pendiri bangsa, yaitu mencerdaskan generasi Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan kemuliaan bangsa dan tentu saja tidak mudah ditindas oleh mereka yang ingin mengeruk keuntungan ata tanah pertiwi. MERDEKA!!!

Posting Komentar

  1. Mmmh..tulisannya menarik, masing-masing masyarakat dapat berperan sesuai dengan profesi masing-masing. Kalo saya sebagai peneliti mengisi dengan melakukan penelitian sesuai kebutuhan masyarakat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih om. Kita memang sudah bebas dari penjajah. Tapi bukan berarti tidak bisa nerperan dalam mengisi kemerdekaan. Gunakan setiap potensi untuk berkontribusi agar kemerdekaan ini tidak semu dan tetap terjaga.

      Hapus
  2. Kita ini sudah merdeka. Tugasnya tinggal mengisi kemerdekaan saja bagaimanapun caranya. Sesuai dg kemampuan. Semangat merdeka bu guru 😊

    BalasHapus
  3. Bentar saya bayangin dulu detik2 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Kita tak perlu melawan penjajah, tak perlu ikut ke medan perang. Tapi yang diperlukan negara dari Kita adalah bisa mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia Menuju Indonesia Maju

    BalasHapus
  4. Sudah seharusnya kita rayakan kemerdekaan ini dengan hal-hal bermanfaat yang makin menambah kecintaan kita pada tanah air. Kalo cuma dangdutan 3 hari 3 malem rasaku sedih lihatnya. Jadi hilang makna dan ga sebanding dengan perjuangan pahlawan kita dulu..

    BalasHapus
  5. Aku sepakat banget banyak cara kita memaknai kemerdekaan menulis juga salah satunya dan aku terus berjuang untuk menjadi penulis yang berisi kebaikan

    BalasHapus
  6. Jadi ingat Jurnal Risa episode minggu lalu,"nggak usah kalian pikirkan perjuangan kami. Yg perlu kalian pikirkan adalah gimana kalian mengisi kemerdekaan!"

    BalasHapus

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menemani Ibadah di Bulan Ramadhan

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menemani Ibadah di Bulan Ramadhan -  Di bulan Ramadhan banyak umat Muslim yang akan berlomba-lomba untuk mema...

 
Top