2
Source: Qlapa.com

“Wah tasnya bagus sekali. Pasti  barang impor.” Begitulah kira-kira respon teman-teman saat seorang teman kaya memakai tas mahal di acara reuni kampus. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa semua barang yang  bagus dan berkualitas itu pastilah produk luar (impor). Tak heran banyak orang yang bangga dan senang saat bisa memiliki barang-barang impor. Bahkan pedagang pun kerap mengompori pembeli dengan kata “barang impor” untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang dagangannya lebih berkualitas. Sangat disayangkan memang. Tetapi inilah fakta yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.  Padahal belum tentu yang impor, mahal, dan branded itu selalu unggul dalam segi kualitas. Masih banyak produk lokal negeri sendiri yang punya kulaitas baik dan berkelas.

Fenomena cinta produk impor ini tentu tidak bisa dianggap remeh. Karena apa? Karena perlahan-lahan keadaan ini justru akan berdampak pada perekonomian rakyat Indonesia sendiri. Bagaimana roda ekonomi bisa berputar baik jika banyak masyarakat yang lebih memilih produk impor? Bagaimana hasil kerajinan atau pun produk lokal bisa berkembang jika terabaikan di negeri sendiri? Tanpa kita sadari, ini adalah bentuk lain penjajahan terhadap perekonomian Indonesia. Dan sangat disayangkan juga karena secara tidak langsung fenomena ini hadir sebagai hasil pola pikir kita, yang selalu beranggapan bahwa produk impor itu lebih berkualitas dibandingkan produk bangsa sendiri.


Produk Handmade
Source:Qlapa.com

Era globalisasi dan berkembangnya teknologi semakin membuka jalan bagi peredaran produk impor. Kemudahan memasarkan produk melalui media internet, membuat produk impor semakin bebas menggilas eksistensi produk lokal. Terlebih saat ini banyak orang yang lebih suka belanja online. Karena belanja online dinilai lebih praktis dan mudah. Tak hanya itu, iming-iming diskon pada waktu-waktu tertentu juga menjadi daya tarik masyarakat untuk berburu belanja di online shop, market place atau pun e-commerce.

Dalam siaran pers, Selasa (27/02/2018), menurut data Google dan Temasek pada tahun 2017, pembelian produk via e-commerce di Indonesia mencapai US$10,9 miliar atau sekitar Rp146,7 triliun, meroket 41% dariangka US$5,5 miliar atau sekitar Rp74 triliun pada tahun 2015. (dikutip dari laman liputan6.com: Orang Indonesia Habiskan Rp146 Triliun Untuk Belanja Online)

Data di atas menunjukkan sebuah peningkatan yang sangat signifikan dalam hal prilaku belanja online masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, sebagian besar produk yang dijajakan di e-commerce didominasi oleh produk impor. Sekitar 93-94% adalah produk impor dan sisanya yang 6-7% adalah produk lokal. Inilah fenomena real penjajahan belanja online yang terjadi di Indonesia saat ini. mengapa penjajahan? Karena produk lokal yang seharusnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri justru ditenggelamkan oleh hadirnya produk impor. Kondisi ini tentu merugikan pasar produk lokal.

Di sisi lain, kesulitan masyarakat untuk mengakses atau menemukan produk lokal berkualitas juga merupakan kendala tergerusnya hasil kerajinan produk lokal di tanah air. Untuk itulah qlapa.com hadir sebagai jawaban atas masalah ini. tujuannya adalah tak lain untuk mengangkat dan mengekspos seccara menyeluruh produk lokal Indonesia. Sehingga produk lokal Indonesia mampu bersaing dalam pasar nasional hingga internasional.


Apa Itu Qlapa.com?

Qlapa adalah sebuah situs marketplace online yang mewadahi produk-produk hasil kerajinan tangan lokal untuk dipasarkan. Situs yang resmi berdiri pada tanggal 1 November 2015 ini menawarkan konsumen dengan ribuan produk handmade yang berasal dari pengrajin atau pun penjual lokal di seluruh Indonesia. Jadi melalui qlapa konsumen dapat membeli berbagai macam produk handmade unik dan berkualitas langsung dari pembuatnya dengan mudah. Selain itu harga yang ditawarkan di sini juga sangat terjangkau.  


Source:Qlapa.com

Qlapa Market, Usaha Qlapa Melawan Produk Impor

Kehadiran qlapa sebagai Rumahnya Produk Handmade Indonesia tentunya merupakan angin segar bagi industri kerajinan tangan Indonesia. Para pengrajin lokal di tanah air kini mempunyai tempat berjualan yang tersistem. Situs ini memudahkan produsen dan pembeli dalam setiap transaksinya. Pembeli dapat dengan mudah menemukan produk handmade berkualitas yang diinginkan. Misalnya seperti kerajinan, furniture, produk antik, pakaian, lukisan, dan produk handmade unik lainnya yang berkualitas. Bahkan pembeli juga dimudahkan untuk mengatur dan memodifikasi produk pesanan yang diinginkan. Tidak hanya itu, qlapa juga memfasilitasi produk lokal yang unik dan berkualitas untuk bisa menjangkau tidak hanya pembeli lokal, tetapi juga pembeli internasional.


Produk Handmade Qlapa.com
Source:Qlapa.com

Dengan adanya Qlapa sebagai panggung industri kerajinan tangan Indonesia berskala besar, akan semakin memudahkan produk kreatif lokal dalam mendapatkan pasar. Karena Qlapa merupakan tempat menemukan produk bernilai untuk kebutuhan: haadiah, koleksi, dan lifestyle. Inilah yang dicari pembeli. Sebuah wadah menemukan aneka produk unik dan berkualitas di satu tempat. Terlebih ada jaminan kepuasan yang ditawarkan kepada pembeli. Karena setiap produk yang dipasarkan di Qlapa adalah produk berkualitas premium. Karena pihak Qlapa melakukan seleksi sesuai standar kualitas pasar Qlapa, untuk setiap produk yang masuk di situs ini. Tak heran jika Qlapa, sebagai pendukung produk kreator lokal kini menjadi pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi.


Qlapa juga membuka peluang luas bagi para penjual atau pengrajin lokal, untuk dapat bergabung dalam panggung yang disediakan Qlapa untuk produk lokal yang unik berkualitas. Tentunya produk yang ingin dijual harus hasil kreasi sendiri. Produk yang ditawarkan penjual terlebih dahulu akan diseleksi oleh tim Qlapa. Apakah sesuai dengan standar kualitas qlapa atau tidak.


Source:Qlapa.com

Mari kita bersama bersinergi mengangkat dan menghargai produk lokal Indonesia. Mencintai hasil kreasi tangan bangsa sendiri adalah, wujud bahwa kita cinta tanah air ini dengan sepenuh hati. Buang jauh-jauh pikiran bahwa produk impor lebih baik dari produk lokal. Karena pada kenyataannya, banyak produk lokal yang tak kalah berkualitas bahkan lebih berkualitas dari produk impor.

Kemerdekaan sejati adalah saat kita terbebas dari berbagai aspek yang mengekang milik kita sendiri. Mari merdekakan produk lokal Indonesia.












Posting Komentar

  1. Salam kenal bloggers, boleh dong kunjungi blog ku https://fulfikablog.wordpress.com/2018/08/21/merdeka-di-pulau-cinta/ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kena ljuga blogger.Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top