12


Lebih Produktif Bersama ASUS ZenFone Max M2 (ZB633KL) – Bagi masyarakat era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan smartphone tidak lagi hanya sekadar alat komunikasi, yang berfungsi untuk mempermudah hubungan dengan kerabat atau kenalan jauh saja. Tetapi smartphone juga merupakan media penting dalam menunjang berbagai aktivitas. Tak heran jika saat ini smartphone telah masuk ke dalam ranah kebutuhan primer masyarakat, layaknya kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan. Hal ini dapat dilihat dari permintaan dan minat akan smartphone yang terus menunjukkan peningkatan signifikan dari berbagai kalangan masyarakat.

Dengan sebuah smartphone, kita dapat dengan mudah menuntaskan berbagai urusan dengan cepat dan praktis; tanpa menyita banyak waktu dan tenaga. Karena dengan hanya tersambung dengan layanan internet, smartphone mampu membantu kita menjalankan berbagai aktivitas, seperti berbelanja, bayar tagihan, transfer uang, mengakses berita, blogging, menulis, hingga untuk bermain game di saat jenuh atau butuh hiburan.

Aku pun termasuk salah satu yang sangat mengandalkan smartphone dalam berbagai aktivitas dimanapun. Tak hanya untuk menunjang urusan pekerjaanku sebagai tenaga pendidik dan trainer sebuah lembaga bahasa asing di Bandarlampung saja. Tetapi smartphone adalah andalanku untuk berbagai aktivitas. Terlebih aku sangat suka travelling, blogging, dan aktivitas lainnya yang memang banyak memerlukan sebuah smartphone di tangan. Bisa dikatakan bahwa smartphone adalah teman setia yang wajib hadir kapanpun, dimanapun, dan dalam situasi apapun. Tanpanya mungkin aku bisa mati gaya.


Smartphone yang saat ini kugunakan sudah menemaniku selama kurang lebih tiga setengah tahun, dalam berbagai aktivitas dan kesempatan. Mulai dari urusan pekerjaan, blogging, browsing, nonton film, edit foto dan video, sarana belajar, dan masih banyak lagi. Bahkan smartphone ini telah setia menjadi teman dalam setiap momen travelling-ku. Dan telah banyak momen berharga yang kami lalui bersama, baik suka maupun duka. Smartphone ini benar-benar telah berjasa dalam berbagai urusanku. Sayangnya beberapa kendala memaksaku harus segera move on darinya.

Alasan Ganti Smartphone

Kinerja smartphone-ku akhir-akhir ini mulai mengalami kemunduran. Tidak seperti tahun-tahun pertama kebersamaan kami. Ia mulai lambat merespon perintah, baterainya mudah lowbat, ruang penyimpanan tak mau lagi menerima pendatang baru, bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak compatible dengan tipe smartphone-ku. Sedih. Pasti. Bagaimana tidak? Dialah yang selama ini menemani dan membantuku dalam memudahkan berbagai urusan. Namun di satu sisi aku pun sadar, bahwa seperti halnya manusia, dia juga punya masanya. Terlebih industri smartphone berkembang sangat cepat dan pesat, yang membuatnya tak bisa terus survive dengan maksimal.

Pada dasarnya aku bukanlah tipe yang mudah gonta-ganti smartphone. Namun penurunan kinerja smartphone yang akhir-akhir ini kualami tentu sangat menghambat aktivitas dan produktivitasku sebagai content writer dan blogger. Terutama di saat-saat yang butuh kecepatan, seperti browsing, download, blogging, dan lainnya. Untuk itulah aku sangat membutuhkan smartphone baru, yang dapat menunjang produktivitas dan aktivitasku. Tidak harus yang budget besar, cukup smartphone dengan spesifikasi yang kubutuhkan. Lantas apa kriteria yang paling kuperhatikan saat ingin membeli smartphone?

Kriteria Saat ingin Membeli Smartphone Baru

Ø Prosesor
Prosesor adalah otak inti yang menentukan kecepatan dan kinerja sebuah smartphone. Untuk itu hal wajib pertama yang harus kuperhatikan adalah prosesor yang digunakan. Karena jika prosesornya kurang bagus, maka smartphone akan mudah lag saat menjalankan aplikasi, meski masih dalam kondisi baru sekalipun. Setidaknya aku harus pilih smartphone yang sudah menggunakan prosesor dengan merk terkenal, misalnya Qualcomm Snapdragon.

Ø Baterai
Baterai ibarat nyawa bagi smartphone. Untuk itu aku perlu memilih smartphone dengan kapasitas besar.

Ø Sistem Operasi
Semakin bagus sistem operasi smartphone, maka semakin berpengaruh pada kinerja smartphone. Untuk itu aku harus memilih smartphone dengan sistem operasi terbaru.

Ø Layar
Aku ingin smartphone dengan layar beresolusi tinggi, seperti Full HD, sehingga lebih nyaman dan puas saat dipakai nonton video atau melihat hasil foto.

Ø Memori Internal
Ruang penyimpanan besar akan memaksimalkan setiap aktivitas dan dokumentasiku. Untuk itu aku butuh smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar.

Ø Harga
Harga harus sesuai dengan spesifikasi yang kubutuhkan. Dan terutama sesuai dengan isi dompet.

Namun di tengah maraknya kemunculan berbagai tipe smartphone canggih, membuatku sedikit bingung menentukan pilihan. Apalagi rata-rata smartphone berkualitas dan kekinian dibandrol dengan harga mahal. Di sini benar-benar berlaku istilah “Ada uang, ada kualitas. Hal ini seakan membuat harapanku pupus untuk memiliki smartphone baru.


Namun kegalauanku segera ditepis dengan kabar peluncuran smartphone terbaru oleh ASUS. Baru-baru ini perusahaan ASUS merilis produk smartphone gaming terbaru yang disebut-sebut sebagai smartphone kelas menengah dengan kualitas terbaik, yaitu ZenFone Max M2, yang didukung berbagai fitur terbaru.

Mengapa Harus Asus ZenFone Max M2

ZenFone Max M2 merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset snapdragon 632 besutan Qualcomm, memiliki kapasitas baterai besar 4000 mAh, layar lebar, RAM besar, dan desain cantik yang kekinian. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pencari smartphone baru sepertiku. Terutama para pecinta game. Karena smartphone terbaru ASUS ini juga diakui sebagai smartphone gaming keren dengan hastagnya #NextGenerationGaming.


Dan kabarnya smartphone ini hanya dibandrol dengan harga dibawah 3 juta. Langsung berbinar deh dengan smartphone ini. Tak hanya keren dan sesuai kebutuhan masa kini, tetapi harganya juga cocok buatku. Tapi kan ini smartphone gaming? Ya, smartphone gaming yang keren. Karena smartphone ini juga sangat cocok untuk menemani dan mendukung berbagai aktivitasku. Jika untuk bermain game saja kinerjanya sangat baik, apalagi buat aktivitas lain. Dan sudah pasti ASUS ZenFone Max M2 ini sesuai sekali dengan kriteria smartphone sesuai kebutuhanku, bahkan melebihi ekspektasiku. Senangnya tuh maksimal banget.

Keunggulan ASUS ZenFone Max M2 (ZB633KL)

Ø Performa
Biasanya smartphone gaming memiliki spesifikasi prosesor tinggi yang membuat baterai mudah collapes. Tetapi untuk ZenFone Max M2 ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 632, yang merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625, yang terkenal punya performa tinggi tetapi mampu menghemat daya dan tidak panas tentunya. Terlebih sistem operasi yang digunakan adalah pure Android Oreo 8.0 yang pastinya sangat ringan dipakai main game seharian.

Dengan sistem operasi Android murni ini, maka kinerja ZenFone Max M2 menjadi lebih stabil dan juga cepat. Kita juga bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus. Karena smartphone ini mampu mengatur performa dengan lebih cerdas. Jika main game saja performanya apik, apalagi untuk aktivitas sehari-hari lainnya.


Dengan ZenFone Max M2 tentu aku tidak perlu cemas lagi saat harus bergerak cepat menangkap momen berharga atau sedang menjalankan aplikasi yang kubutuhkan. Bye bye loading yang kerap buat aku uring-uringan. Semoga aku bisa segera memiliki ZenFone Max M2. Aamiin.


Menariknya lagi, ZenFone Max M2 ini memiliki kapasitas RAM (Random Acess Memory) yang besar, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB.  Wow, aku tidak perlu bête lagi saat ingin menyimpan atau men-download foto maupun video. Dan pastinya tidak perlu buru-buru memindahkan semua ke laptop.

Ø Baterai
ZenFone Max M2 dilengkapi baterai berkapasitas 4000 mAh. Sehingga smartphone ini bisa bertahan 3 hari dalam keadaan standby dan pemakaian normal, dan mampu bertahan selama 22 jam saat dipakai untuk bermain game ataupun berselancar di dunia maya. Keren sekali. Dengan ZenFone Max M2 ini, tentunya aku tidak perlu lagi menambah beban tas dengan bobot power bank, tidak perlu lagi bingung cari colokan saat berada di luar, tidak perlu lagi meng-on dan meng-off kan koneksi internet hanya karena untuk menghemat baterai, dan tidak perlu lagi sibuk pinjam charger saat smartphone lowbat dan lupa membawa perangkat pengisi dayanya. Amazing sekali, bukan? 

Ø Layar
ZenFone Max M2 memiliki layar yang sangat lebar, yakni 6.13 inci dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixsel (19:9 HD+). Dengan tampilan layar berasio lebar ini, tentunya akan sangat menyenangkan saat dipakai gaming, nonton film, menikmati video, ataupun melihat hasil jepretan kamera.

Ø Kamera
Smartphone ini dilengkapi dua kamera, yaitu kamera depan dan belakang. Kamera yang disematkan sudah berteknologi AI (Artificial Intellegence), yang dapat mengenali 13 objek saat pengambilan foto. Sehingga hasil fotonya lebih bagus. Kamera belakang memiliki resolusi 13MP dan 2MP dengan aperture f/1.8, yang dapat menghasilkan foto lebih jelas dan detail. Untuk suasana minim cahaya pun kamera ini masih mampu menghasilkan gambar ciamik. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi teknologi Electronic Image Stabilization (EIS), untuk menghasilkan gambar dan video yang tidak blur dan stabil.
 
Hasil jepretan ASUS ZenFone Max M2
Sedngkan kamera depannya, smartphone ini memiliki resolusi 8MP dengan aperture f 2.0, yang dilengkapi dengan fitur “beauty mode” dan softlight LED. Sehingga hasil foto akan terlihat makin menawan, wajah putih mulus bebas jerawat bak artis korea. Hmm…bakal rajin selfie setiap waktu dimanapun nih. Cocok sekali buat aku yang hobi fotografi.

Ø Desain
ZenFone Max M2 tersedia dalam tiga pilihan warna: space blue, midnight black, dan meteor silver. Bodinya sangat ramping dan cantik, terbuat dari logam premium dengan tebal 7.7 mm dan berat 160 gram. Sehingga sangat nyaman digenggam. Untuk bodi bagian belakang, tersemat fingerprint sensor dan dua kamera. Pada bagian sisi kanan terdapat tombol volume dan power, dan triple slot (dua slot untuk kartu sim  dengan jaringan 4G LTE, dan satu slot untuk microSD untuk penyimpanan hingga 2TB) pada bagian sisi kirinya. Sedangkan pada bagian atasnya terdapat ear jack dan speaker serta koneksi USB pada bagian bawahnya.

Ketersediaan warna
ASUS ZenFone Max M2

Ø Harga
ZenFone Max M2 dengan spesifikasi wah ini ternyata hanya dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp2.299.000 (3/32GB) dan Rp2.699.000 (4/64GB). Benar-benar cocok sekali dengan isi dompet dan kebutuhanku. Duh, ingin sekali rasanya segera bisa menggenggam ZenFone Max M2 di tahun 2019 ini.



Spesifikasi lengkap ZenFone Max M2
Nama perangkat
ASUS Zenfone Max M2
Rilis
Desember 2018
RAM dan Storage
LPDDR4 3GB RAM, 32GB ROM
LPDDR4 4GB RAM, 64GB ROM
Support up to 2TB McroSD
Size / Weight
158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24 x 3.00 x 0.30 in)
160 g (5.64 oz)
Material
Logam
Layar
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colours
Ukuran
6.26 inci (rasio layar ke bodi-80,9%)
Resolusi
720 x 1520 piksel, 19:9 (269 piksel/inci)
OS
Android 8.1 Oreo
Chipset
Qualcomm Snapdragon 632
Inti
Octa core (8 inti)
Clockspeed
4 x 1.8 GHz Kryo 250 Gold dan
4 x 1.8 GHz Kryo 250 Silver
Internal
3/32GB & 4/64GB
Eksternal
MicroSD up to 512 GB
Kamera Belakang
13MP f/1.8, PDAF2 MP, Depth sensor, LED Flash, HDR,
Panorama,
Kamera Depan
8MP f/2.1, Flash HDR 1080p @30fps
Bluetooth
4.2, A2DP, LE
GPS
A-GPS,GLONASS, BDS
USB
MicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai
4000 mAh
Audio / Microphone
5-magnet speakers with NXP 9874
Smart amplifier, Dual internal microphones with ASUS
Noise Reduction Technology
FM Receiver
Harga
Rp2.299.000 (RAM 3/32GB)
Rp2.699.000 (RAM 4/64GB)

Mantap sekali smartphone ASUS ZenFone Max M2 ini. So, buat kamu para gamers yang sedang mencari smartphone gaming baru dengan jaminan kualitas baik, tunggu apalagi? Grab it soon, guys.

Note: Informasi, video dan beberapa foto di peroleh dan diunduh dari website resmi ASUS Indonesia, dan diedit dengan menggunakan aplikasi Canva.com.

Posting Komentar

  1. Wah keren banget ini spesifikasinya. Ram 464GB hanya 2.7 jt....Penginnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ZenFone Max M2 memang keren. Cocok banget buat dukung aktivitasku.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Recommended nih bang buat tambah produktif ngeblog and nge-game juga. Pokoknya seru ngapaian aja dengan ZenFone Max M2

      Hapus
  3. wow solusi terbaik nih buat aku yg lagi nyari hp dan bingung mau pilih hp type apa, spesifikasinya mantap dan harganya terjangkau pula,aku juga pernah pakai hp asus dan memang kualitasnya mantap soul 👍

    BalasHapus
  4. Waaaa. Keren memang Asus ni. Apalagi fitur yang paling kusuka adalah jika kita foto, maka udah macam muda aja muka kita. Jerawat hilang semuaaa

    BalasHapus
  5. Hasil fotonya bagus banget. Berasa punya kamera mahal deh ^^

    BalasHapus
  6. Harganya terjangkau kualitasnya kece nih...

    BalasHapus
  7. Habis baca ulasanmu, jadi pengen ganti hp hehe.

    BalasHapus
  8. Menarik. terima kasih Mba atas infonya. Semoga nanti bisa segera ganti HP.

    BalasHapus

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top