24


Pentingnya Membuat Sebuah Resolusi Bagi Seorang Blogger - Time flies so fast. Ya, tanpa terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Tinggal beberapa hari lagi tahun 2021 akan tiba. Namun sudakah kita meninggalkan jejak-jejak terbaik sepanjang tahun 2020? Atau masih adakah harapan yang sampai saat ini belum juga terealisasi?


Pergantian tahun bukan hanya tentang momentum tahun baru dengan segala perniknya. Namun pergantian tahun punya makna tersendiri bagi sebagian orang dengan mimpi dan harapannya. Nah, terkait tahun yang baru ini, banyak orang yang kerap menuliskan resolusi akan hal-hal yang ingin diraih di tahun yang akan datang. 

Aku pribadi termasuk orang yang suka membuat resolusi di setiap menjelang pergantian tahun. Selain membuat resolusi, biasanya aku juga mengevaluasi terkait hal-hal yang belum tercapai di tahun sebelumnya. Dan jika masih ada yang belum sempat terwujud, harapan itu akan aku masukkan kembali ke daftar resolusi di tahun yang baru. Tentunya aku pun telah mempelajari  apa yang menjadi sebab akibat belum tercapai.

Mengapa aku perlu membuat resolusi? Apa dampaknya bagiku? Well, dengan adanya resolusi, akan mempermudah dalam mencapai target yang ingin kuraih. Selain itu akupun akan lebih fokus dalam prioritas-prioritas yang harus kuselesaikan terlebih dahulu. Jadi resolusi ini ibarat panduan yang mengarahkanku ke jalur yang tepat. Dia juga berfungsi sebagai reminder dikala aku kehilangan semagat. 

Saat menjelang tahun 2020, aku banyak menuliskan resolusi terkait dunia blogging yang sedang kutekuni. Diantaranya aku ingin bisa lebih paham ilmu nge-blog, ingin dapat job dari blog lebih banyak lagi,ingin sukses nge-blog, ingin menghidupkan blog traveling-ku, ingin menang lomba-lomba blog, dan ingin pasang adsense. Alhamdulillah beberapa diantaranya telah tercapai di tahun 2020. Ternyata sebuah resolusi bisa memberi dampak positif juga ya buat kita.  


Namun aku masih harus berjuang lagi untuk beberapa yang belum bisa dimaksimalkan di resolusi tahun 2020 ini, seperti pasang adsense, mengurus blog traveling, dan paham sampai ke akar-akarnya tentang SEO. 

Mengapa Resolusi penting Bagi Seorang Blogger? 

Punya Target Yang Lebih Jelas

Setiap orang pastinya punya target yang ingin dicapai dalam hidupnya. Misalnya ingin lolos beasiswa, ingin menikah, ingin beli rumah, ingin jadi blogger profesional, dan lain-lain. Nah, dengan membuat resolusi, maka akan membuat kita lebih mudah mewujudkan apa yang ingin kita capai. Kita lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. 

Jika ingin menjadi seorang blogger profesional, tentu kita harus melakukan hal-hal yang berhubungan dengan dunia blogging. Seperti contohnya ikut kelas blogging agar memperkaya ilmu, mengasah kemampuan, dan meng-upgrade kemampuan diri di dunia blogging itu sendiri. 

Selain itu, tentunya kita akan lebih giat berusaha agar resolusi yang telah kita tuliskan bisa segera terealisasi. Tapi jangan lupa, iringi setiap usaha dengan doa dan jangan pernah beri kesempatan pada rasa malas untuk hinggap meski sejenak. Karena usaha tanpa doa atau pun doa tanpa usaha tidak akan memberikan hasil terbaik. Dan malas adalah pengganggu yang sangat berbahaya dalam tercapainya suatu impian. So, ikhtiar, doa, dan semangat adalah wajib. 

Resolusi Adalah Reminder

Terkadang kita pasti punya rasa jenuh atau malas. Sehingga membuat kita menjadi orang yang tidak produktif. Biasanya seorang blogger itu identik dengan konten. Namun karena rasa malas, akhirnya tidak memproduksi konten. Jika dibiarkan, maka berkemungkinan blog tidak akan ada  update dalam jangka waktu lama. 

Nah, dengan adanya resolusi, at least akan menjadi pengingat kita akan target yang ingin kita raih. Resolusi akan membangunkan kita jika sewaktu-waktu kita mulai malas, enggan bergerak, atau mungkin sudah mulai menyerah terhadap target yang ingin diwujudkan. 

Resolusi akan membawa kita kembali pada jalur yang harusnya kita tempuh. Sehingga kita bisa segera sampai pada tujuan yang diinginkan. So, dengan resolusi kita terpacu untuk terus melangkah kedepan. Karena ia mengajarkan kita untuk tetap fokus pada target yang telah tertulis di dalamnya. Kita pun diajarkan tentang rasa tanggung jawab terhadap apa-apa yang telah kita tetapkan dalam resolusi itu sendiri. 

Resolusi Adalah Pemantau Perkembangan

Resolusi yang kita buat ibarat pengawas. Jadi dengan resolusi, kita pun tahu apa saja yang sudah kita lakukan untuk mencapai target. Kita juga tahu kira-kira apa saja yang sudah berhasil terwujud dan apa yang belum terwujud. Sehingga kita pun lebih mudah mengetahu sampai dimana perkembangan kita dalam mewujudkan segala target. Hal ini pun akan membuat kita lebih konsentrasi pada setiap pencapaian yang ingin diwujudkan. 

Evaluasi dan Penghargaan Diri

Terkadang apa yang kita inginkan bisa saja tidak terwujud. Bisa jadi karena kurangnya usaha atau doa. Atau memang kita yang masih harus belajar lagi dan lagi. Dengan adanya resolusi ini, maka kita akan lebih mudah melihat dan mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita. Dan darinya kita belajar untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

Jika tahun ini kita belum bisa mewujudkan sebuah harapan, mungkin kita bisa membuatnya nyata di tahun berikutnya. Di sinilah pentingnya kita menghargai setiap perjuangan dan proses yang telah kita lalui. Setiap usaha yang sudah kita lakukan adalah yang terbaik yang telah kita usahakan, untuk merealisasikan impian tersebut. 

Jadi jangan berkecil hati atau merasa diri kita tidak kompeten. Yakinlah tidak ada usaha yang sia-sia. Belajarlah untuk selalu mengapresiasi diri sendiri dan yang terpenting, berprasangka baik saja pada-Nya. Mungkin di tahun berikutnya kita bisa menjadi lebih baik lagi. 


Resolusiku di dunia blogging Untuk Tahun 2021

  1. Lebih mahir ilmu SEO

  2. Memenangkan blog competitions yang telah ditargetkan

  3. Mengelola blog traveling

  4. Pasang adsense

  5. Makin banyak dapat job blogger

  6. Produktif nge-blog

  7. Umroh hasil nge-blog

  8. Bertemu blogger-blogger yang menjadi inspirasiku


Artikel ini diikutsertakan dalam minggu tema komunitas Indonesian Content Creator

Posting Komentar

  1. wah, rajin sekali selalu bikin resolusi setipa tahun mbak Rika. mantul niih. Semoga perlahan tapi pasti semua tercapai dan prosesnya dimudahkan ya mbak, aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Allahumma aamiin. Doa yg sama nuat mbak ya

      Hapus
  2. Bener banget mba. Dari resolusi itu semua langkah lebih terarah dan hiduo jadi punya goal ya. Aku jadi terinspirasi dari resolusi 2021. Bisa umroh dari hasil ngeblog. Aku juga pengen banget. Semoga kita bisa bertatap muka juga sesama blogger. Aamiin

    BalasHapus
  3. semoga resolusi bawaan tahun lalu seperti Adsense bisa diwujudkan di tahun ini ya Mbak, dan khususu di tahun ini dikasih kemampuan untuk memanage waktu mengelola blog kedua tentang travelling

    BalasHapus
  4. keren banget Mbak rutin tiap tahun bikin resolusi dan evaluasi. Aku baru mau belajar rutin hehe. Selama ini cuma mengambang dan tidak ada evaluasi sama sekali

    BalasHapus
  5. Aamiin aamiin, semoga resolusinya tercapai ya mom. Aku juga pengen bisa umroh dan naik haji dananya dari hasil ngeblog

    BalasHapus
  6. Masyaa Allah, semoga satu per satu resolusinya tercapai ya mbak. Semangat menggapai impiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah tabaatokallah, aamiin. Thanks mbak Kiky

      Hapus
  7. halo kak Rika,
    uwow resolusinya mantap. aku doain semoga tercapai ya, terutama umroh dari hasil ngeblog. aamiin Ya Rabb.
    aku juga pengen ketemu langsung sama blogger inspirasiku, semoga pandemi segera usai ya biar kita bisa kopdar. huhuhu
    btw, adsense masih belum di approve kak? sabar ya pasti akan di approved. aku juga nunggu 6 bulan lebih sampai di approved, hehehe.
    semangat kak!!

    BalasHapus
  8. Bener sih, resolusi emang pakem agar kita on track. Seruuu ih semoga bisa umroh dari ngeblog. Aamiin. Kak Rika sapa aja sih blogger inspirasinya? :p

    BalasHapus
  9. Cakep mba Rika, semoga terwujud segera bisa umroh lewat blog hehe. Saya juga blogger baru nih, mungkin bisa dicontek resolusinya biar jadi lebih baik di 2021. Bareng2 semangat menjadikan blog lebih baik yuk, mba!

    BalasHapus
  10. wah serupa tapi tak sama mbak rika, aku pun pengen berkarya dan optimalisasi blog lagi. semangat ya semoga tercpai dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah

    BalasHapus
  11. Amiin ya Allah mba Rika, aku mendoakan semua resolusi baikmu aamiin. Umroh dari hasil ngeblog ya Allah semoga kita semua bisa berangkat ke tanah suci ya mba aamiin.

    BalasHapus
  12. Umroh hasil ngeblog. Aku aminkan kenceng nih mbaaak. Pengen jg deh umroh hasil ngeblog nih..

    Emang bener bgt, kalo punya mimpi harus jelas, memantaunya jg harus terus menerus yaa. Memantau sambil ngekoni resolusi tentunyaa. Semoga 2021 resolusi mba Rika terwujud kan. Aamiin

    BalasHapus
  13. Setuju Mbak, sejak fokus di dunia blog juga saya mulai buat target blogging. Tentunya dengan resolusi ini tujuan saya jadi lebih jelas dan terarah. Alhamdulillaah hasilnya juga sudah kelihatan Mbak. So ndak yang ndak mungkin jika Allaah sudah berkehendak. Insyaa Allaah bisa pergi umrah dari hasil blogging. Aamiin Yaa Rabb

    BalasHapus
  14. Ya Allah keren2 deh resolusi blognya, aju masih cetek bgt nih mba dalam blogging, smoga tercapai smua ya mba..aamiin

    BalasHapus
  15. Aww setuju banget mba rikka. Aku sendiri bikin resolusi memang untuk evaluasi juga sih, tahun2 sebelumnya gimana dan apa yang harus kuperbaiki untuk tahun selanjutnyaa. hehe

    BalasHapus
  16. Betul banget tu poin poin yang dibilang tentang resolusi itu. Klo nggak ada resolusi atau harapan atau rencana yang ingin dicapai, kita suka suka saja melangkah seperti aku di tahun 2020

    BalasHapus
  17. Reminder dan target yang jelas juga merupakan hal yanh membuat ku membuat resolusi mba kalau gak gitu entah nanti gimana nasib blogku

    BalasHapus
  18. Penting yah mba kalau gk ad resolusi tuh jd Blogger santai2 aja dan gak ad peningkatan

    BalasHapus

 
Top