51

Pengalaman Merawat Kucing Terkena FLUTD

Tiga minggu yang lalu aku benar-benar panik dan bingung. Hari itu, sepulang liburan dari Palembang, kulihat kucingku Birong (Eyong) tidak seperti biasanya. Ia tampak tidak bersemangat, tidak mau makan atau minum.  Diajak bermain pun tidak tertarik. Kuperiksa suhu tubuhnya normal. Sempat terpikir apa dia ngambek karena kutinggal beberapa hari. Hingga akhirnya kutemukan jawaban saat melihat ke box kotorannya. Ada darah.


Penyakit-flutd-kucing
Birong (Eyong)

Aku pun mulai cemas. Segera kucari tahu di komunitas pecinta kucing yang kuikuti. Akupun bertanya pada temanku yang dokter hewan di Jogja. Dari gejala dan ciri-cirinya, mereka menyimpulkan Eyong terkena penyakit infeksi saluran kemih, atau yang biasa disebut dengan FLUTD (Feline Lower Urinary Tract Disease).

Semua menyarankanku untuk segera membawa Eyong ke dokter hewan. Karena ditakutkan kondisinya makin parah. Dan penyakit ini memang tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak segera ditangani, maka akan sangat mengancam nyawa si kucing. 

Aku pun makin bingung dan gelisah. Masalahnya hari itu adalah hari ahad. Dan tidak ada dokter hewan yang buka praktek di kotaku. Aku bertanya pada teman-teman, mungkin ada yang tahu dokter hewan yang bisa didatangi hari itu. Alhamdulillah, ada satu dokter, dan satu-satunya yang buka praktek di hari ahad. Namun lokasi rumahnya lumayan jauh dari tempatku, sekitar 1,5 jam.

Aku langsung menghubungi sang dokter setelah mendapatkan nomor teleponnya dari temanku. Sayangnya aku harus kecewa. Karena kebetulan hari itu di depan rumah dokter tersebut sedang ada hajatan. Dan beliau mengatakan tidak bisa menangani kucingku.


Ya Allah, kakiku lemas dan kesedihan mulai menguasai diri. Sungguh tidak tega melihat keadaaan Eyong saat itu. Dan yang jelas aku belum sanggup kalau harus kehilangannya. Kenangan kehilangan katty pun teringat kembali.

Malamnya kondisi Eyong makin terlihat mengkhawatirkan. Ia sudah tidak sanggup mengangkat tubuhnya. Kudekati dan kuusap tubuhnya. Namun betapa terkejutnya aku ketika Eyong berteriak cukup keras saat itu. Ya, ia mulai tampak kesakitan. Di situ akupun tanpa sadar larut dalam kesedihan yang amat sangat. Buliran bening dari dua bola mata tak kuasa kubendung. Ya, Allah… aku tidak ingin kehilangannya. Tolong sembuhkan Eyong ya Allah. 

Aku tidak bisa menunggu saja. aku harus melakukan sesuatu. Bermodal kuota internet, aku pun sibuk mencari tahu lebih banyak informasi tentang FLUTD pada kucing. Berharap ada sesuatu yang bisa kudapatkan untuk memberikan pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang FLUTD 

Menurut Wikipedia, FLUTD kucing atau penyakit saluran bawah pada kucing adalah, penyakit yang menyebabkan gangguan saluran kemih pada kucing, yang biasanya banyak menyerang kucing-kucing jantan. Dulu penyakit ini lebih dikenal dengan nama FUS (Feline Urologic Syndrome).


Mengatasi-flutd-pada-kucing

Pada dasarnya kucing jantan dan betina sama-sama beresiko terkena penyakit ini. Hanya potensinya memang cenderung lebih rentan untuk kucing jantan. Hal ini terjadi karena ukuran uretra kucing jantan lebih kecil dibandingan dengan uretra pada kucing betina. Inilah yang membuat mudah terjadinya sumbatan pada saluran urin kucing jantan.

Faktor Penyebab Saluran Kemih Pada Kucing

Sistem saluran kemih pada kucing bisa mengalami peradangan, atau bisa juga mengalami penumpukan mineral pada bagian kandung kemihnya. Mineral inilah yang kemudian dapat berubah menjadi kristal-kristal, yang pada akhirnya bisa menjadi “batu.”

Kumpulan Kristal yang telah menjadi satu tadi akan mengiritasi saluran kemih, yang dapat mengakibatkan urin sulit dikeluarkan. Tak heran jika kucing yang menderita penyakit ini akan susah buang air kecil, bahkan mereka tidak dapat mengeluarkannya sama sekali. 

Selain itu, penyakit saluran kemih pada kucing juga bisa disebabkan faktor lainnya, yaitu:

  • Zat-zat makanan yang terkandung di dalam makanan, terutama dry food (protein tidak seimbang, magnesium, kalsium,dll)

  • PH urin kucing tidak seimbang

  • Stress (sedang birahi, atau bisa juga stress dengan kondisi lingkungan sekitarnya)

  • Obesitas

  • Infeksi bakteri, kurang minum, faktor usia, dll

Selain itu, menurut sumber yang kubaca, rata-rata kucing yang mengalami gangguan pada saluran kemihnya kebanyakan karena diberi pakan kering (dry food) saja. Yang jadi masalah bukan hanya pakan keringnya, tetapi jenis pakan dan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan kucing itu. 

Dry food yang tidak tepat berpotensi mengganggu kinerja saluran urin. Terlebih jika tidak diimbangi dengan asupan makanan lain, misalnya wet food atau raw food. Faktor-faktor ini pada akhirnya akan memicu FLUTD.

Informasi ini seakan menamparku. Aku mulai tersadar bahwa ternyata selama ini aku kurang memerhatikan jenis pakan untuk kucing-kucingku. Aku terlalu mengandalkan dry food sebagai makanan utama mereka. Sedangkan untuk wet food dan raw food, hanya kuberikan sesekali saja. ditambah pakan kering yang bahkan kerap kubeli satu karung (20 kg) itu tidak cukup baik untuk mendukung sistem urinary kucing.

Gejala Masalah Saluran Kemih Pada Kucing

Kucing yang mengalami masalah pada saluran kemihnya akan menunjukkan perilaku tidak biasa saat buang air kecil. Biasanya kucing akan berada dalam posisi buang air kecil yang lebih lama. Hal ini karena ia berusaha mengeluarkan urin, tetapi tidak kunjung bisa dikeluarkan. Makanya kadang kita akan melihat kucing mencoba berkali-kali buang air kecil. Dan ia akan lebih sering menjilati area genitalnya. 


Waspada-flutd-pada-kucing
Eyong sebelum sakit

Gejala lainnya yang ditunjukkan adalah ekspresi tegang saat buang air kecil. Tak jarang kucing pun akan menunjukkan rasa sakit saat melakukan buang air kecil tersebut. Misalnya ia mengerang (mengeong). Jika ia berhasil mengeluarkan urin, itupun dalam jumlah sedikit, dan urin tadi biasanya berwarna merah karena adanya darah di dalam urin. Selain itu kucing juga akan kehilangan nafsu makan. 

Cara Mengobati FLUTD Pada Kucing

Jika kucing menunjukkan gejala-gejala yang telah disebutan di atas, maka segera bawa kucing ke dokter hewan. Terlebih jika kucing kesulitan buang air kecil dan ada darah pada urinnya. Dokter akan mengidentifikasi penyebabnya. Sehingga kucing akan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Dari hasil konsultasi dengan vet, grup pecinta kucing, dan hasil membaca berbagai sumber, kucing yang menderita FLUTD harus dipasang kateter, yaitu sebuah alat berbentuk tabung kecil fleksibel, yang biasanya digunakan pasien untuk membantu dalam mengosongkan kandung kemih. Selain itu dokter akan meresepkan obat yang bisa membantu penyembuhan kucing. 

Caraku menyembuhkan Kucing Terkena FLUTD Tanpa Ke Dokter 

Aku tidak bisa menunggu dokter buka praktek di hari kerja untuk mengobati Eyong. Aku pun terus mencari informasi kesana kemari. Dan di grup pecinta kucing mereka menyarankanku untuk memberikan obat kejihbeling, sebagai pertolongan pertama sebelum ke dokter besok. 


Obat-kejihbeling-untuk-kucing
Sisa obat kejihbeling saat mengobati Eyong

Agak sulit memasukkan obat ke mulut eyong. Karena dia sedang tidak nafsu makan. Jadi dengan terpaksa aku membungkus badannya dengan handuk, meminta tolong ayah dan ibu membuka mulutnya dan memasukkan obat.  

Selang sekitar 5 menit, keluar cairan darah kental yang cukup banyak dari saluran pembuangan kucingku. Cairan itu terus keluar, meski posisi tubuh Eyong berbaring. Karena dia memang sudah sangat lemas. Selama kurang lebih satu jam, aku terus memantau urin yang keluar dari tubuhnya. 

Ahamdulillah urin itu perlahan tidak lagi berwarna merah darah. Sudah mulai mendekati bening. Aku pun sangat senang dan bersyukur sekali. Dan alhamdulillah seorang teman mengirimkan link video youtube tentang perjuangan seseorang menyembuhkan kucingnya dari FLUTD. 

Pemilik kucing itu memutuskan merawat sendiri kucingnya yang sakit infeksi kandung kemih. Namun ia tetap membawa ke dokter untuk pemasangan kateternya saja. Karena kucingnaya tidak bisa buang air kecil. Untuk obat-obatan dan cara penanganan, tetap memakai resep dokter yang pernah didapatkannya dulu saat kucingnya yang lain terkena penyakit ini. 

Melihat perkembangan Eyong akibat kejihbeling, aku merasa kalau Eyong tidak perlu dibawa ke vet. Karena Eyong sudah bisa buang air kecil. Jadi kuputuskan untuk membeli obat-obatan yang diperlukan sesuai resep dokter saja. 


Resep-obat-flutd-untuk-kucing

Sayangnya hari itu aku tidak bisa mendapatkan Cystaid Plus dan Antibiotik Amoxilin Syrup. Padahal aku sudah berkeliling ke banyak apotek. Barangnya kosong. Yang bisa kudapatkan hanya Royal Canin S/O yang khusus untuk treatment urin. Akhirnya kubeli RC yang dry food dan wet food. 


Royal-canin-untuk-obati-flutd
Pakan khusus pengobatan sistem urin kucing

Sampai dirumah, Eyong sudah terlihat agak segar. Ia pun langsung menghampiriku ketika aku memanggilnya. Saat kubuka RC wet food, ia tampak menginginkannya. Alhadulillah Eyong sudah mau makan. Dan ia pun sudah mau minum juga saat itu. Sejak saat itu, aku mulai rajin membuat raw food dan lebih memerhatikan asupan makanan untuk kucing-kucingku. Aku senang sekarang Eyong alhamdulillah sudah sembuh total. Terima kasih yaa Allah. 



Dari pengalaman ini aku belajar, bahwa sangat perlu memerhatikan gaya hidup dan makanan si kucing. Tak hanya itu, kebersihan di sekitar kucing pun harus diperhatikan, mulai dari tempat makan, tempat minum, tempat buang kotoran, dan yang lainnya. Dengan perawatan yang baik dan tepat, maka kucing kesayangan kita akan lebih sehat, tidak mudah terserang penyakit. bukan hanya FLUTD, tapi penyakit lainnya.  


Posting Komentar

  1. Alhamdulillah, untungnya ada grup pecinta kucing yang bisa ditanyai saat dokter hewan gak bisa dikunjungi ya.

    BalasHapus
  2. Aku dulu merawat kucing pas kecil sampai SMP. Dari satu jadi banyak eheheh, tapi kucing liar yang ambil di pasar sih. Kalau yang keturunan begini belum pernah heheh. Makasih mbak, buat inforasinya.

    BalasHapus
  3. wah kucing bisa mengalami FLUTD juga ya...buat pertolongan pertama pake obatnya manusia juga ya.. Semoga gak mengalami lagi yaa sehat-sehat katty...

    BalasHapus
  4. Ya Allah..
    Sedih sekali melihat yang tersayang sedang sakit.
    Aku ikutan nangis bacanya..ga tega lihat Eyong lemas.

    Semoga lekas sehat dan gembira ya...sayang.

    BalasHapus
  5. Setelah bisa pipis apakah la gsung lancar? Pernah perhatikan kebiasaan kucing kalo pipis itu suaranya tersendat atau lancar sampe akhir? Kucing saya sudah bisa pipis tidak kesakitan lagi tapi masih blm lancar sampe akhir.. apakah eyong juga gitu? Mohon dijawab yaa.. .makasaih..

    BalasHapus
  6. Kucing jantan kampung punya saya awalnya begitu susah kencing dan gak nafsu makan. Sampai saya menyadari klo itu adalah masalah. Lalu keesokan paginya saya menemuka dia tergolek lemas dengan kemaluan yg terus megeluarkan air bercampur darah. Jadi berwarna pink. Saya panik..dan langsung mencari solusinya di internet maklum gak punya dana untuk ke vet. Dg byk masukan dari beberpa artikel saya memutuskan memeberikan antibiotik amoxcilin 10 mg/bb. Masalahnya saya g punya timbangan. Ok..g punya byk waktu harus segera menyembuhkanya. 500 mg amoxilin saya bagi 15 lalu saya haluskan. Dan untuk radang pada kejantananya saya beridexametason dg perbandingan sama. Alhamdulillah pendarahanya udah gak lagi. Ini ngefeknya setelah 2 jam minum oba.si openg udah mau makan dan minum. Tp kejantananya malah selalu ngeluarin air seni. Ngecrit..kaya kran yg bocor alus. Sampe ekornya basah. Tp dia selalu ngejilatin ekornya. Bersih2 terus. Sampe saat ini dia msh mau makan dan minum tp msh jg ngeluarin air seni. Kaya g ada klepnya gt. Aq jd sedih gimana ya biar dia g ngompol gt terus kasian openg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi kak, itu dexamethasone nya bisa dijelasin lebih rinci? cara kakak pake nya gimana? berapa kalo sehari? obatnya itu dalam bentuk pill ya kak? Mohon dijawab yaa kak, Kucing saya juga lagi sakit 😭

      Hapus
    2. Aku nggak pakai dexamethason kak. Pakai kejih beking. Caranya aku cairin dengan air, terus aku minumin ke kucingnya pake pipet. Biar mudah, kudu ada yg oegangin kucingnya. Dosisnya sehari satu kapsul itu untuk 2 kali. Liat usia kucingnya jg. Kalau kucingku sdh 1,5 tahun

      Hapus
    3. Kak Dila, kucingku jg skrg sdg mengalami sakit yg sama, keluar air seninya terus menerus sampai basah. Gimana kak sdh ketemu cara mengobatinya? Semoga dijawab yaa... Krn aku sedih bgt lihatnya. Terimakasig

      Hapus
    4. Kak dila, gimana kucingnya sdh sembuh?
      Kucingku jg sama kak, keluar air seni trus menerus sampai pada basah, kalau boleh tahu pengobatannya pakai apa kak supaya ga ngompol2 lg... Semoga dijawab ya kak, krn aku sedih plus bingung ngobatinnya...
      Terimakasih kak

      Hapus
    5. Hallo, Kak Chevi kalau pipis terus aku nggak paham kak. Karena bukan dokter hewan. Coba konsultasi ke dokter hewannya kak, biar lebih tepat tindakannya.

      Hapus
    6. Permisk mba mau tanya itu amoxilin dan cystaid nya diminum selang berapa jam yaa? Terima kasih

      Hapus
  7. Itu dosis kejibeling yg dikasih brp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kejih belingnya aku cairin dengan air, terus aku minumin ke kucingnya pake pipet. Biar mudah, kudu ada yg pegangin kucingnya. Dosisnya sehari satu kapsul itu untuk 2 kali. Liat usia kucingnya jg. Kalau kucingku sdh 1,5 tahun

      Hapus
    2. Sehari 1 kapsul selama 2 hari kak ?

      Hapus
  8. Kucing saya juga sakit seperti itu, sudah 3 minggu. Setlh d bawa ke dokter dan ganti pakan RC urinary Alhamdulillah bs pipis, tp pipisnya sembarangan dan kadang seperti susah untuk d keluarkan. Barusan juga muntah. jadi bingung harus bagaimana kasihan si mpuus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kasih kejih beling, atau cystaid kak. Bisa minta resep ke dokter kl cystaid.. Ntar dikasih amoxylin sirup jg

      Hapus
  9. gimana cara ngasih obat cystaid ke kucingnya? apa dicampur ke makanan atau dicampur air? tolong dijawab ya soalnya kucing ku lagi kena flutd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Campur ke makanan bisa kak. Tp kl dia lagi nggak nafsu makan, bisa cairin di air dan kasih pakai pipet

      Hapus
  10. kak maaf, gimana ya cara ngasih obat cystaid ke kucingnya? tolong dijawab ya soalnya kucing ku lagi kena flutd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Campur ke makanan bisa kak. Tp kl dia lagi nggak nafsu makan, bisa cairin di air dan kasih pakai pipet.

      Hapus
  11. takaran kasih obat kejih beningnya berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan usia kak. Kl dewasa bisa kasih satu kapsul untuk 2x minum. Jd setengah kapsul sekali ngasih. Ini dicairin dg air

      Hapus
    2. Kak, bisa gak ya kita buat wet food khusus untuk kucing penderita FUS? Bila ada tlg bagi resepnya πŸ™πŸ™

      Hapus
  12. Kak kejihbelingnya beli dmn dan dosisnya segimana😭

    BalasHapus
  13. Permisi kak, mau nanya. Itu kucingnya setelah dikasih obat kejihbeling apakah ada muntah? Terus hari - hari selanjutnya, pipisnya masih ada tersendat gitu ga kak? setelah dia ngeluarin urin berdarah abis dikasi minum obat kejihbeling. Kalo boleh tau kejihbelingnya bisa beli dimana ya?? Tolong dijawab yaa kak, lagi butuh banget soalnya kucing saya juga lagi kena FLUTD ini 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nggak ada muntah. Aku usahain dia bnyk minum. Dan kasih RC yg Wet, krn yg RC dry dia ga mau. Beli di apotek kak

      Hapus
  14. Saya lupa nanya, dosis kejihbelingnya berapa ya? Tolong bantu yaa kak 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuaikan usia kak. Kl dewasa bisa kasih satu kapsul untuk 2x minum. Jd setengah kapsul sekali ngasih. Ini dicairin dg air

      Hapus
    2. kak, izin tanya, kucingnya konsumsi kejibeling berapa lama ya?

      Hapus
    3. Sekitar 3/4 hari. Tapi disambi dengan banyakin minum dan makan Royal Canin yg Urinary S/O

      Hapus
    4. oh iya kak, setelah rawat jalan dan pakai urinary s/o, sekarang pakan kucingnya pakai urinary care atau pakan biasa ya kak?

      Hapus
  15. Kak, plis bantu jawabπŸ₯Ί kucingku testisnya seperti membesar dan bewarna pink, seperti ada cairan karna selalu basah, dan juga sering dijilatinya. Apakah termasuk gejala FLUTD kak? Apakah boleh diminumkan kejibeling? Jawab ya kak, terimakasih

    BalasHapus
  16. Ka tolong jawab kucing ku lagi kena sakit begitu juga, cuma skrg" Ini lagi berobat dirumah aja, dan skrg kucing ku yg sakit lagi birahi, apa boleh ka dikawinkan? Kucing ku belum sembuh total

    BalasHapus
  17. Kak,maaf boleh info grup pecinta kucingnya kah?

    BalasHapus
  18. makasih loh ini seperti sama kasus saya 100% klop bisa sama gini. habis pulang dari bali awal januari 2022 aku mulai curiga ketika 2 minggu ini dia mondar mandir ke tempat pup. terus kemarin nya itu dia lemas akhirnya aku kasih amoxilin kemudian dia muntah wajar biar dia bugar dan tidur nyimpan tenaga karena efek obat. kemudian saya baca blog ini langsung saya beli keji beling di apotik untung sisa 1 mplek. duhh senang banget langsung saya kasih ke kucing dengan pipet kasih air. semoga besok ini membaik. minta doanya.
    jadi tgl 04/02/2022 mulai aneh lemes. Sekarang saya harus diet in kucing biar tidak over dosis bikin banyak penyakit. kasih makan 1 hari 1x kemudian kasihh air minum yang banyak

    BalasHapus
  19. Kakk, aku mau tanya .... kakak kasih kejij beling nya 1hari brp kali? Trs 1 kapsul atau di bagi dua kak? Soalnya kk blg kalau kucing kk 5 mnt kemudian lsg keluar cairan gitu ..... kok kucing saya gk gitu ya kak? Apa krn 1/2 kapsul aja saya kasih? Tolong di jwb ya kak mksh

    BalasHapus
  20. Halo, Kak
    Kucing ku juga lagi kena FLUTD saat ini. Udah ke dokter hewan juga, tapi pipis nya masih sedikit dan kadang masih warna pink, kira2 masih butuh diminumkan kejihbeling gak ya?

    Terima kasih

    BalasHapus
  21. Kejihbeling ini sama kayak yg dikonsumsi untuk manusia bukan? Kalau iya belinya di apotik ya berarti?

    BalasHapus
  22. 😒😒😒 aku telat mengetahuinya soal gejala penyakit nya, jenis makanan nya, penyebab nya smp harus spt apa, & hari ini Rabu 01 Juni 2022, tepat seminggu Jimbon ku ga bisa diselamatkan, dia ga bisa bertahan lama setelah kondisinya kembali drop kemarin lemas ga mau makan & sama sekali ga mau minum 😒😒😒😒benar2x pelajaran berharga buatku & anakku pentingnya memahami kondisi hewan peliharaan sekaligus bagaimana merawatnya yg benar ... astaghfirullahallaziim ... sedih rasanya kehilangan dia tapi bisa apa Allah lebih sayang ternyata & bersyukur sdh sempat merawatnya sejak lahir walaupun masih belum sempurna ... we missed you a lot my little baby boy Jimbon πŸ˜’πŸ’”πŸˆ

    BalasHapus
  23. kucing aku skrg jg flutd sedang dirawat..udh dipasang kateter dan udh keluar batu kristalnya..dan udh pipis..tapi kondisinya msh lemah..karna urime racun nya udh masuk kedarah kata dokter..itu bisa keluar dengan dia pipis..tapi kondisi kucing sya skrg msh drop..suhu badannya menurun..nafasnya jg sesak..skrg dibantu oksigen..semoga kuving sya bisa sembuh seperti yg lain..aku nangis terus..kasian liat kondisi nya lemah...mohon foa dari kalian semua buat kucing sya..time ...biar sehat lagi..Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak biaya ny berapa yaa? kucing saya tidak bisa kencing seharian. saya bingung harus gimana, kalau di bawa ke vet juga saya blm punya uang. karna saya masih pelajar

      Hapus
  24. Assalamualaikum kak, mau tny komunitas kucing nya apa kak? Bs di share? Sy pengen pny komunitas kucing jg, Br pny anabul hasil rescue, skrg lg susah pipis jg, bingung mau tny2 kmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya komunitas kucing ada di facebook kak

      Hapus
  25. Assalamualaikum kak, kak kucingku skg lg bermasalah y sm udh bawa ke dokter udh pasang kateter udh dilepas jg, tp kucingku msh g mau makan dan minum, udh kontrol lg ke dokter kak, apa aku pakein aja cara kk ya?soale kucingku dipasangi kateter lg 😭😭
    Smg kk pas buka blog jd bs balas ini, makasih kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam, gw bantu jawab kebetulan detik ini ngalamin juga kondisi kucing kena flutd. kucing gw kalo ga mau makan biasanya gw blenderin makanan keringnya campur wet foodnya trus gw paksa makan gw sumpel aja kaya minum obat untuk kucing bulu pendek, tapi kalo kucing bulu panjang kalo udah ga napsu makan biasanya udah penyumbatan di organ dalemnya sekalipun si kucing bisa muntahin harus ada tindakan medis ngambil yg nyumbat saluran kencingnya. alternatif gw cuma makanan basah sama kering gw blender aja supaya ada tenaga buat si kucing, masalah di cakar atau di gigit bodo amat yg penting kucing sehat

      Hapus
  26. Kucingku baru aja di lepas kateternya dan di observasi 1 hari setelah di bawa pulang masih keliatan susah pipis bagaimana ya caranya? Apakah harus di kasih keci beling?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata dokternya kucingku emg kalau habis dikateter mpusnya masih bakalan pipisnya dikit2, nanti lama2 bakal lancar, btw ini kucingku juga lagi rawat inap huhu 😭

      Hapus
    2. kak mau tanya. itu pipisnya dikit dikit dan kayak susah keluar setelah kateter brp hari ya? soalnya kucingku habis kateter jg masih susah pipis smape ngeden2 terus

      Hapus
  27. Gimana keadaan kucingnya skrg apa gak pernah kumat LG flutdnya?

    BalasHapus

 
Top