7

 

Pernah nggak teman-teman merasa jadi orang yang nggak berguna banget. Rasanya hidup buntu dan galau terus. Ya, itulah yang pernah kurasakan setahun yang lalu saat mulai gentingnya kasus pandemi Covid-19. Aku benar-benar merasa hopeless. Bagaimana tidak? Hari itu dengan terpaksa tempatku mengajar merumahkan sebagian karyawan, termasuk diriku.

Situasi pandemi yang mengharuskan murid belajar dari rumah (daring) justru membuat tempatku bekerja kehilangan banyak murid. Karena mereka lebih memprioritaskan kegiatan belajar sekolahnya. Sedang untuk aktivitas kursus ditempatku mengajar mereka hentikan selama belum ada izin untuk belajar secara tatap muka.


menuju-puncak-impian
Bersama murid-muridku 

Sebulan dua bulan aku masih bisa bertahan dan merasa baik-baik saja menjadi orang tanpa menerima gaji lagi. Namun seiring waktu…galauuu luar biasa, Terlebih usaha mencari pekerjaan baru belum juga membuahkan hasil.

Tidak punya pekerjaan, tidak ada penghasilan, malu sama keluarga, malu sama tetangga, ingin itu ingin ini tidak semudah dulu, dan ketidaknyamanan lainnya yang kurasakan saat itu, benar-benar membawaku pada titik terendah.

Hingga pada suatu hari saat sendirian di rumah, aku curhat ke Allah sambil menangis, “Ya Allah hamba kok merasa tidak berguna begini? Padahal hamba sangat yakin Engkau telah menitipkan potensi pada diri hamba. Maafkan hamba yang tidak bersyukur ini.”  Begitulah kira-kira curhatku saat itu.

Tanpa kita sadari, segala sesuatu yang hilang, pasti akan diganti dengan sesuatu yang lebih baik oleh-Nya. Kita hanya perlu meyakini bahwa apapun yang terjadi adalah atas kehendaknya. Dan keyakinan inilah yang membuatku sadar bahwa kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini bukanlah bencana. Tapi ini adalah sebuah rencana-Nya untukku melangkah menuju impian yang sebenarnya.


kata-kata-bijak

Menjadi Blogger Mumpuni dan Content Creator Media Besar

Mungkin bagi sebagian orang impianku menjadi blogger mumpuni dan content creator adalah hal yang biasa. Tapi bagiku ini bukan sekadar impian biasa. Karena hal ini berhubungan dengan pasionku sejak lama. Lho, bukannya waktu mengajar dulu sudah sering nulis di blog? Benar, tetapi saat itu kegiatan blogging hanya sekadarnya saja. Karena sebagian besar waktu tersita untuk mengajar.

Kesibukan mengajar membuatku tidak punya cukup waktu untuk lebih fokus mengurusi blog. Tak heran jika blog kurang teroptimasi dengan baik. Padahal jika ingin menjadi blogger yang profesional dan mumpuni, setidaknya punya blog yang sangat terawat, paham ilmu blogging dengan baik, terutama yang berkaitan dengan SEO dan urusan mengutak-atik blog jika ada masalah, misalnya link eror, struktur heading yang perlu berurusan dengan kode html, dll.

Dibalik setiap peristiwa, akan selalu diiringi hikmahnya.

Banyak peristiwa tak terduga yang membuat kita semua perihatin atas pendemi ini. Meskipun demikian, pandemi yang membuatku punya waktu luang lebih banyak di rumah ini ternyata memberikan hikmahnya tersendiri. Kini, aku punya kesempatan untuk lebih fokus merawat blog, meningkatkan kemampuan ilmu blogging dan segala printilan yang terkait dengannya. Aku punya cukup waktu untuk ikut kelas-kelas optimasi blog dan SEO. Lebih leluasa ikut terlibat di acara-acara blogger, menulis konten, kerjasama, campaign, dan menerima tawaran job blogger. Alhamdulillah, kini aku punya pemasukan lagi lewat kegiatan blogging dan menulis artikel. Walau tidak sebesar penghasilan saat bekerja.

Aku memang masih terus belajar dan berusaha untuk sampai di puncak impianku sebagai blogger mumpuni dan content creator di media besar nantinya (bi’idznillah). Namun apa yang kurasakan saat ini adalah sebuah nikmat yang patut kusyukuri. Karena di luar sana masih banyak yang kebingungan harus apa dan bagaimana untuk tetap survive di tengah pandemi ini.

Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang harus kudustakan? Daripada merasa insecure, lebih baik banyak bersyukur. Karena insecure atas keadaan hanya akan membuat kita sulit maju dan bahagia.

Kerja Keras Berbuah Hasil

Selama pandemi ini aku memang fokus meningkatkan kemampuan blogging dan menulis, baik otodidak maupun belajar langsung dengan para ahlinya. Lagi-lagi aku patut bersyukur. Banyak kesempatan baik yang datang menghampiri. Diantaranya tawaran menjadi content writer di media lokal dan kerjasama artikel blog berbayar. Hari-hariku pun mulai disibukkan dengan menulis.

Apakah semuanya tampak semudah itu? Tentu tidak. Karena beberapa kali aku menghadapi kendala, baik saat belajar ilmu blogging maupun di saat-saat menulis dan harus setor artikel. Kendalanya? Laptopku yang jadul ikut padam ketika aliran listrik terputus. Kadang juga suka tiba-tiba ngambek di saat sedang asyik ngeblog.

Dan aku pernah nangis saat si laptop tua mendadak lemot saat sedang share screen di kelas daring blogging. Kesal dan malu pun jadi satu. Tak hanya itu, laptopku sering lama merespon ketika aku membuka banyak tab browser. Alhasil pekerjaanku pun kadang selesai lebih lama.

Sepekan yang lalu perwakilan dari tim redaksi sebuah media berskala nasional menghubungiku. masyaAllah, ternyata jika kita terus berprasangka baik pada-Nya, segala impian itu akan dibuat mungkin.

“Rencananya pertengahan bulan depan kita akan mulai training selama satu bulan melalui zoom dari kantor pusat langsung. Diharapkan mbak Rika bisa maksimal. Karena penilaian selama training yang akan menentukan apakah mbak Rika lulus menjadi bagian dari tim kami atau tidak.”

Percakapan melalui sambungan telepon dengan redaksi media tersebut sedikit membuatku risau. Karena pelatihan akan diadakan secara daring. Aku jadi teringat momen ketika laptop nge-heng di tengah berlangsungnya zoom meeting sebuah kelas blogging dan lemotnya respon laptop saat aku diminta share screen.

Ya Allah, bagaimana jika nanti saat pelatihan laptopku bermasalah?  Ya sudahlah kuserahkan saja semua pada-Nya dan tetap memberikan yang terbaik saat pelatihan nanti.

“Maaf mbak Rika. Sepertinya pelatihan terpaksa diundur setelah idul Adha. Karena beberapa staf di kantor pusat dinyatakan positif Covid-19.”

Semoga saja mereka segera pulih dan semoga aku pun nanti bisa mengikuti pelatihan dengan optimal. Tetap harus optimis 

Sebenarnya aku bukan tidak memikirkan tentang senjata utamaku (laptop) dalam kegiatan blogging dan mewujudkan impianku menjadi content witer di media besar. Namun uang yang kusisihkan masih belum cukup jika ingin membeli laptop dengan kinerja handal dan memiliki spesifikasi yang keren.

Karena bagaimanapun,untuk menunjang kesuksesan karir di bidang yang kuimpikan ini, sangat dibutuhkan senjata tempur yang bukan hanya sekadar sebagai alat menuangkan dan menyimpan ide serta semua karya saja, tetapi juga yang mampu memaksimalkan setiap aktivitas. Ya, aku butuh laptop yang serba bisa, modern, dan nyaman dibawa kemanapun. Bismillah saja lah dan terus berusaha, semoga keinginan ini menemukan jalannya.

Nah, aku memang sudah lama ingin punya laptop ASUS. Karena aku tahu kinerja laptopnya bisa diandalkan. Apalagi soal suaranya, ASUS jagonya. Suaranya jernih dan puas deh pokoknya. Penting banget lah saat ngezoom atau nonton film. Dan pasti lebih enak menuntaskan pekerjaan sambil dengerin musik di laptop ASUS.

Jika dilihat dari kebutuhan pekerjaan di dunia yang serba digital dan cepat saat ini, dan dihubungkan dengan karir yang kuimpikan, maka kebutuhan laptop yang kuidamkan memang akan sangat menunjang nantinya. Nah, ASUS baru-baru ini memperkenalkan sebuah laptop all round yang serba bisa, layar lebih besar tapi tetap portable dan mudah dibawa-bawa, serta dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi terkini, yaitu ASUS VivoBook 15 (A516). Wow, jika aku bisa punya laptop ini, masyaAllah, pastinya akan memberikan pengalaman sangat luar biasa berkarir dan berkarya bersamanya.


laptop-asus-vivobook-15-a516

Oh iya, aku makin ingin memiliki laptop ini setelah membaca keunggulan yang diceritakan di blognya mbak Dewi Rieka. Nih, rangkuman isi artikelnya:

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Laptop dengan processor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Memilih ASUS VivoBook 15 A516 untuk Membuatku Lebih Mudah Wujudkan Impian Besar

Ruang Kerja Lebih Luas dan Hasilnya Pun Pasti Memuaskan. Mengapa?

Punya ruang kerja yang luas tentunya akan memaksimalkan kinerja kita juga. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini hadir dengan ukuran layar lebih besar, yang menawarkan pengalaman visual yang imersif. Tentunya dengan wider screen ini akan membuat pekerjaan di laptop lebih nyaman. Objek lebih jelas dan sudut pandang lebih luas. Tidak hanya itu, urusan nonton film favorit, bermain game atau sekadar melihat-lihat koleksi di galeri foto akan sangat menyenangkan berkat layar beresolusi hingga HD.

Layar NanoEdge-nya menawarkan sudut pandang 178o yang luas, dengan dilengkapi lapisan anti-glare. Sehingga momen bekerja maupun me time pun akan terasa lebih menarik.


keunggulan-asus-vivobook-15-a516

ASUS VivoBook 15 A516 juga telah didukung oleh prosesor Intel® Core™ 10th gen series dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Wah, nggak akan ada lagi tuh drama lemot meski banyak tab browser yang kubuka dan aplikasi lainnya yang sedang dijalankan.

Aku Butuh Laptop yang Ringkas dan Portable agar Produktivitas Tetap Terjaga

ASUS VivoBook 15 A516 adalah jenis laptop modern yang nyaman dibawa kemanapun. Meski ukuran layarnya besar, tapi tampilannya tetap ringkas. Kok bisa laptop 15 inch dibilang ringkas? Ini berkat kelebihan teknologi NAnoEdge display yang dimilikinya. Sehingga bezel layarnya mampu tampil tipis. Bobotnya hanya 1,8 kg dan ketebalan 19,9 mm. Jadi terbilang ringan dan tidak membebani saat dibawa bepergian.

Nggak Perlu Ada Drama Low Space, Sehingga Kerjaan Pun Aman dan Hati Pun Senang.

Punya laptop jadul dengan kapasitas ruang penyimpanan yang kecil tentu kerap membuat masalah. Harus rela hapus-hapus koleksi di laptop agar file baru yang lebih urgent bisa masuk. Atau harus uring-uringan dulu saat download file karena tidak tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan. Dan biasanya respon laptop juga akan lemot di saat-saat kapasitasnya mulai penuh.

Paling sedih kalau sedang ada urusan pekerjaan, misalnya klien yang ingin hasilnya cepat, tetapi laptop sedang tidak bersahabat. Dan aku nggak mau hal ini kembali terulang. Ya Allah aku butuh ASUS VivoBook 15 A516. Kasih aku satu. Aku janji akan memanfaatkannya dengan sangat baik untuk kebermanfaatan.


laptop-anti-lemot
Kesulitanku menyimpan file karena kapasitas penyimpanan laptop yang kecil

ASUS VivoBook 15 A516 punya desain ruang tempat penyimpanan ganda, yang memberikan kita kinerja data yang supercepat serta kapasitas penyimpanan yang besar. kita hanya perlu menginstal aplikasi di SSD untuk respondan waktu load yang lebih cepat, serta gunakan HDD untuk tempat menyiman file besar seperti koleksi film, musik dan foto.

Laptop ASUS VivoBook 15 A516 Sangat Siap Digunakan dalam Setiap Kegiatan

ASUS VivoBook 15 A516 dapat digunakan meski dalam kondisi yang gelap. Karena telah dilengkapi dengan keyboard full size dan backlit. Pada seiap tombolnya punya key travel sejauh 1,4 mm yang memudahkan dalam proses mengetik. Tak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi dengan keamanan biometric lewat fingerprint sensor. Sehingga kita dapat masuk ke dalam sistem windows 10 Home melalui Windowa Hello tanpa hars repot mengetikkan password lagi.


camera-laptop-asus-vivobook-15-a516

Keunggulan lainnya adalah adanya satu kamera yang membuatnya sangat dapat diandalkan untuk belajar dan bekerja dari rumah. bahkan kita tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk membeli software officenya karena di laptop ini sudah ada Microsoft Office Pre-Installed. Sumpah, ini laptop kok keren banget. Ingin segera memilikinya. 

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home dan Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel, dan Power Point) memberikan semua fungi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenaldan disukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program, dan data Anda.”

Mudahnya Menghubungkan Perangkat Karena ASUS VivoBook 15 A516 Constantly Connected

ASUS VivoBook 15 A516 ini dilengkapi dengan port USB-C® 3.2, yang didesain bisa diputar balik yang membuat menghubungkan segala perangkat semudah mungkin. Ini jugalah yang memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat4 dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama. Wow, ini yang aku mau banget.

Selain itu juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader. Sehingga kita dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor kita saat ini dengan sangat mudah.

ASUS VivoBook 15 A516 juga punya fitur yang mampu meredam guncangan E-A-R® HDD untuk memproteksi setiap data kita dari benturan. Jadi nggak perlu cemas kalau tanpa sengaja laptop kita terbentur. Memang cocok banget nih buat mendukung mimpiku di bidang karir dengan mobilitas yang tinggi.

Lebih Mudah dengan MyASUS. Mengapa?

Nah, ini nih satu lagi kelebihan yang dimiliki ASUS VivoBook 15 A516, yaitu dengan hadirnya MyASUS, sebuah aplikasi bawaan yang berperan sebagai pusat kendali laptop idamanku ini. dengan MyASUS, maka kita dapat memantau status laptop sekaligus juga melakukan troubleshooting.


myasus-aplikasi-pada-asus-vivobook-15-a516

Aplikasi ini juga memberikan fasilitas agar kita bsa memindai sistem laptop dengan mudah, menemukan permasalahannya, dan melakukan perbaikan secara otomatis. Nah, menurutku yang paling keren adalah fitur Link to MyASUS, yang memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk dapat menghubungkan smartphone dengan laptop. Hal ini tentunya akan membuat kita bisa beraktivitas dengan lebih produktif.

Selain terdapat fasilitas berbagi file instantly antar laptop dan smartphone, Link to MyASUS ini juga dapat menampillkan notifikasi maupun pesan dari ponsel pintar kita ke laptop, melakukan panggilan telepon lewat laptop, bahkan bisa menjadikan ponsel pintar tersebut sebagai layar kedua untuk laptop.  

Speechless kan dengan keunggulan yang dimiliki ASUS VivoBook 15 A516 ini?  Itulah mengapa aku sangat ingin memilikinya, agar bisa mendukungku maju menuju puncak impian tertingi. Bismillah, biidznillah, semoga niat baik ini terwujud.

Berikut teman-teman bisa lihat table spesifikasi dari ASUS VivoBook 15 A516

Spesifikasi Lengkap Laptop ASUS VivoBook 15 A516

Main Spec.

ASUS VivoBook 15 (A516)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

OS

Windows 10

Memory

Up to 8GB DDR4 RAM

Storage

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Display

15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare
15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare

Graphics

NVIDIA® MX330
Intel UHD Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,8 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Included

Software: ASUS Splendid, ASUS Tru2life Video, ASUS AudioWizard

Warranty

2 tahun garansi global


Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com


Referensi: Web asus.com

Foto Laptop ASUS VivoBook 15 A516: dok. ASUS


Posting Komentar

  1. Speknya komplit ya, mbak Rika. Aku pun jadi pingin punya. Apalagi ASUS VIVO ini nggak begitu berat ya? Hanya 1,8kg..

    BalasHapus
  2. Wah keren banget mb cerita perjalanan buat punya Asus.. usaha gak mengkhianati hasil yah.. emang laptop Asus keren banget buat mendukung kerjaan di dunia digital kita hihi.. semoga aku juga bs kebeli Asus yang baru.

    BalasHapus
  3. Masya Allah semoga tercapai ya impiannya. Memang kalau impian itu perlu banget diusahakan. Kepo dengan trainingnya, apakah udah jalan?

    BalasHapus
  4. Pilihan prosesor dan ram di sesuaikan dengan kebutuhan, ini menark banget, selain itu design yang mewah membuat makin keren serta mudah di bawa

    BalasHapus
  5. Ini lagi lomba ya kak? Produk keceh deh! Infonya sliweran nih. Good luck ya kak

    BalasHapus
  6. Aku dukung doa kaka, semangat terus menginspirasi dan berkarya untuk negeri dengan senjata andalan laptop asus ya

    BalasHapus
  7. Laptop di era kiwari emang dibutuhkan banget ya kak. Apalagi bagi seorang konten kreator atau blogger. Ya, semoga bisa terealisasi kak

    BalasHapus

 
Top