0

 “Seberapa penting sih memasang Google Analytics dan Google Search Console di sebuah blog?”

Ya, dulu aku sempat bertanya-tanya tentang manfaat dua fasillitas milik Google ini. Seiring waktu akhirnya aku menyadari bahwa keduanya punya peran penting dalam membantu mengaudit website kita. Sehingga kinerja web kita pun akan lebih optimal dan mampu menjangkau target yang diinginkan. Terutama di mesin pencari Google.

Sayangnya,  aku baru memasang Google Analytics dan Google Search Console di blog sekitar 5 bulan yan lalu. namun aku belum begitu paham cara membaca dan memanfaatkan kedua tools ini dengan maksimal. aku hanya paham bagaimana mengetahui jumlah pageview blog, artikel mana yang banyak dikunjungi, perangkat yang digunakan pengunjung, intinya hal-hal yang sangat dasar sekali.

Alhamdulillah pada bulan Juni ini aku bisa ikut kelas SEO yang diselenggarakan grup BRT Network. Rasanya benar-benar senang karena tim mentornya punya ilmu amazing. Tak hanya itu, kelas ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. MasyaAllah, semoga Allah balas dengan kebaikan atas setiap ilmu yang diberikan pada kami, dan Allah berkahi selalu hidup para mentor yang terdiri dari mas Punto Wicaksono (Pewe), Mbak Monica Anggen, teh Gilang, Mas Aldhi, dan mas Priyo Harjiyono.

Tepat tanggal 19 Juni 2021 lalu adalah sesi kelas SEO yang membahas tentang “ Audit Web dan Cara Menggnakan Tools Audit”, dengan pemateri mas Priyo Harjiyono, yang membahas tentang bagaimana cara membaca dan menggunakan Google Analytics dan Google Search Console.


pentingnya-google-analytics-dan-google-search-console

Apa sih Google Analytics Itu?

Google Analytics adalah fasilitas milik Google yang dapat membantu menganalisa bagaimana kinerja sebuah website, seperti trafik web, jumlah pengunjung, usia, jangkauan, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan Google Analytics ini, maka pemilik web akan lebih mudah dalam memaksimalkan website tersebut untuk menjangkau lebih banyak lagi pengunjung, yaitu dengan membuat lebih banyak konten baik yang sesuai kebutuhan pasar.

Untuk mengetahui semua itu, kita bisa langsung melihatnya di fitur-fitur data yang ada pada Google Analytics, diantaranya realtime, demografi, audiens, akuisisi, perilaku, dll.

Nah dari materi yang dipaparkan mas Priyo, akhirnya aku tahu manfaat beberapa fitur penting yang ada di Google Analytics.  Berikut aku rangkum beberapa yang telah dijelaskan di kelas sabtu pekan lalu.

Realtime

Pada menu ini kita bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung yang membuka web kita. Caranya yaitu dengan masuk ke menu Overview yang ada d dalam Realtime. Di halaman Overview ini kita bisa melihat beberapa hasil data yang menunjukkan pageview permenit, top location, top keywords, jumlah pengunjung yang membuka blog kita secara realtime, hingga device yang digunakan pengunjung ketika mengakses blog.


pentingnya-google-analytics

Demografi Audiens

Di fitur data ini kita bisa mengetahui siapa saja pengunjung blog, dari mana asal mereka, dan tema apa yang paling banyak diminati dari blog kita. bagaimana cara melihatnya? Kita bisa langsung klik Audience, kemudian masuk ke Overview. Di sini akan terlihat data berupa jumlah pengguna baru, jumlah tayang halaman, demografi, jumlah sesi, jumlah pengguna, hingga jenis perangkat yang digunakan pengunjung.

Behaviour (Perilaku)

Nah, fitur ini menurutku keren banget. Karena lewat data yang ada di perilaku dalam Google Anlytics, kita bisa tahu bagaimana audiens dalam merespon halaman yang mereka kunjungi, bahkan kita bisa tahu siapa saja para pengunjung setia di blog kita.

Di menu ini kita juga bisa masuk ke site content, yaitu data yang menunjukkan halaman populer di blog kita. sehingga kita jadi tahu mana artikel yan banyak diminati olleh pengunjung blog kita. untuk melihatnya pilih menu Behaviour-Site Content-All Pages. Selain itu ada juga Site Speed, yang akan menunjukkan kecepatan website yang kita miliki.

Akuisisi

Dari data Akuisis ini kita bisa mengetahui dari mana sumber trafik ke blog kita. apakah melakukan pencarian langsung atau organic search, apakah melalui media sosial, atau kunjungan secara langsung. Semua data ini bisa kita dapatkan dengan masuk ke menu Acquisition-All Traffic

Bagaimana dengan Google Search Console?

Google Search Console merupakan fasilitas gratis dari Google, yang dapat membantu pemilik website dalam memantau, memecahkan permasalahan pada web, dan mengetahui sejauh mana kira-kira performa dari sebuah web di mesin pencari Google.

Pada dashboard Google Search Console akan tampil beberapa menu yang bisa dipakai sebagai acuan data pemilik web untuk bisa lebih meningkatkan performa blognya.

Di dalam menu pada dashboard Google Search Console ini kita bisa mengetahui berapa kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet. Nanti google lah yang akan mengarahkan pengguna masuk ke dalam blog kita melalui hasil temuan dari kata kunci tadi. Kalau dari penjelasan mas Priyo, hal ini adalah hasil dari artikel yang terindeks oleh mesin pencari Google.


pentingnya-google-search-console

Jadi makin paham kalau penggunaan kata kunci itu memang sangat penting sekali dalam sebuah artikel yang akan diterbitkan di blog. Alhamdulillah mas Priyo juga berbagi ilmunya pada kami bagaimana cara untuk mencari keyword, yaitu bisa dengan menggunakan ubersuggest atau keyword surfer.

Dari tools pencari kata kunci itu kita bisa menemukan kata kunci apa yang banyak dicari leh para pengguna internet. Sehingga kita pun akan lebih mudah untuk menulis jenis artikel apa yang akkan diterbitkan di blog. Dengan begitu, Tulsan kita pun akan berpotensi lebih banyak dibaca.

Overall, aku bersyukur banget bisa belajar bareng di kelas SEO yang diadakan oleh tim mentor BRT Network ini. meskipun masih perlu perjuangan panjang buatku pribadi untuk lebih menguasai ilmu yang sudah diberikan, tapi setidaknya aku bisa mulai berbenah dengan berbekal ilmu luar biasa ini.

Posting Komentar

 
Top