0

 

Asyik ya jadi blogger bisa dapet penghasilan dan banyak endorsean. Gimana sih caranya jadi content creator biar dapet cuan? Ungkapan ini dilontarkan beberapa teman yang kerap melihat unggahan review atau promo produk dan jasa di media sosialku.



Era digital memang banyak membuka peluang bagi kita semua untuk mendapatkan income tambahan hingga sumber penghasilan utama. Hal ini tentunya bisa didapat jika kita mampu dengan bijak memanfaatkan media sosial dengan baik.

Bagaimana cara agar kita bisa memanfaatkan media sosial dengan bijak hingga mampu memberikan penghasilan? 

Nah, kebetulan hal ini dikupas tuntas saat momen Milad Tapis Blogger ke-6 yang diselenggarakan pada Minggu, 4 September 2022 lalu di Klik Cafe.

Serunya Milad Tapis Blogger ke-6 

Alhamdulillah, semua karena Allah akhirnya bisa mengikuti Milad Tapis Blogger ke-6 setelah lama tak berkumpul offline dengan teman-teman blogger Lampung lainnya. 


Photo by Heni Puspita

Dalam Milad Tapis Blogger ke-6 ini, tema utama yang diusung adalah tentang “Menjadi Blogger dan Content Creator Sukses di Era Digital.”

Acara yang digelar Komunitas Blogger Lampung ini diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai profesi, ada pelajar, mahasiswa, blogger, content creator, jurnalis, fotographer, penulis, hingga ibu rumah tangga.

Kegiatan offline dalam rangka Milad Tapis Blogger ke-6 ini dibuka langsung dan sangat diapresiasi oleh Rika Kemala S.Pd., M.Pd selaku Sub-koordinator Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung. 

Dalam sambutannya, Rika mengajak para influencer, youtuber, dan blogger Lampung untuk turut mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lampung dengan memanfaatkan media sosialnya.

“Dalam dua tahun ini Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung juga gencar mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif melalui medsos, serta mengajak teman-teman influncer, youtuber, dan blogger untuk ikut mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Lampung di medsos masing-masing,” kata Rika.

Setelah sambutan dari Rika, Founder Tapis Blogger Naqiyyah Syam bersama co-founder Tapis Blogger, Fitri Restiana dan Heni Puspita memotong tumpeng jajanan pasar. Selanjutnya, sebagai rasa syukur di Milad ke-6 ini, diundang pula perwakilan dari panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan dengan memberikan bingkisan.


Photo by Heni Puspita

Setelah pembukaan dan potong tumpeng serta sesi foto-foto untuk merekam momen yang penuh suka cita dalam kegiatan Milad Tapis Blogger ke-6, acara inti pun dimulai, yakni talkshow membahas tema yang diusung dalam Milad ini.



Talkshow Milad Tapis Blogger ke-6 Bertajuk Menjadi Blogger dan Content Creator Sukses di Era Digital

Talkshow dalam Milad Tapis Blogger ke-6 ini terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi pertama dengan tema kepenulisan SEO dan Mereview Produk bersama Editor Seputar Lampung, Ririn Handayani dan Founder Tapis Blogger, Naqiyyah Syam.

Kemudian sesi kedua diisi dengan tips membuat konten kreatif bersama Admin IG @selampung, Kak Zack dan Content Creator Kanal YouTube dari anggota tapis Blogger, Jarwo Songha.

Lalu pada sesi ketiga, acara dilanjutkan dengan mengupas tentang UMKM dan pemanfaatan internet untuk pemasaran produk dengan narasumber dari Smartfren dan Owner Thasyaethnic, Nur Aini.

Pada sesi pertama, Naqiyyah Syam mengajak peserta yang hadir untuk memanfaatkan fasilitas media digital dengan membuat konten kreatif dan bermanfaat. Terlebih saat ini platform media sosial sangat digemari dan bisa jadi peluang untuk menghasilkan karya yang bermanfaat serta mengundang benefit tentunya.


Photo by Heni Puspita

“Mari majukan literasi digital di Lampung dengan membagikan kebaikan tentang Lampung baik tulisan, video, atau microblog,” kata Naqiyyah.

Naqiyyah juga sangat berharap bahwa dengan adanya acara ini bisa menjadi trigger para peserta yang hadir untuk menjadi blogger dan content creator yang sukses di era digital. 

Sesi pertama yang dipandu oleh Fitri Restiana banyak membahas ilmu tentang kepenulisan, terutama mengenai SEO-friendly untuk membuat tulisan bisa terindeks oleh mesin pencari Google hingga bisa muncul di halaman pertama.

Ririn mengatakan, untuk bisa bersaing di mesin pencari Google, kita harus riset tema, kata kunci,  dan cari sebanyak mungkin referensi untuk membuat tulisan unik dan berbeda dari yang sudah ada. 

Intinya kita harus cerdas dalam memainkan kata kunci dan membuat artikel hingga Google akan tertarik dan menilainya sebagai suatu value yang layak tampil di muka mesin pencari tersebut.

Pada sesi kedua, sang moderator Yandigsa berbagi kisahnya bisa menghasilkan uang jutaan rupiah dari hasil menjadi content creator melalui sebuah video singkat.

Kemudian, sesi ini dilanjutkan dengan diskusi bersama content creator lainnya yang telah hadir, yakni kak Zack (dan Jarwo Songha.

Mereka berdua berbagi pengalaman dan tips bagaimana bisa konsisten membuat konten yang berkualitas. 


Photo by Heni Puspita

Jarwo mengatakan, untuk memulai menjadi content creator tidak usah memikirkan tentang kesempurnaannya dulu. Hal yang terpenting adalah langsung memulai. Karena seiring waktu, kita pun akan bisa menyempurnakan apa yang kita lakukan.

Menurut para content creator yang sukses ini, membuat konten bisa dimulai dengan cerita di sekitar kita. Kemudian jaga konsistensi untuk aktif mempostingnya. Selain itu, minta masukkan juga dari para penonton atau teman.

Sesi kedua usai, selanjutnya masuk sesi ketiga yang diisi narasumber dari Smartfren dan Tasyaethnic. Sesi ini agak sedikit berbeda dari dua sesi sebelumnya. 

Pada sesi ketiga pembahasan lebih berfokus tentang cara menghasilkan uang dari media sosial melalui produk yang mereka miliki. Nur Aini sang pemilik Tasyaethnic dan Agung dari Smartfren berbagi cara mereka mendapat penghasilan dengan memasarkan produknya melalui internet.

Pemilik Tasyaethnic, Nur Aini menceritakan mengenai usaha kain tradisional Tapis Lampung yang dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Produk yang dipasarakan Tasyaethnic ini ada dari tas, gamis, rok, kemeja batik untuk pria, hingga tempat tisu menarik bernuansa Lampung. 

Milad Tapis Blogger ke-6 Banjir Hadiah Menarik

Untuk memeriahkan Milad Tapis Blogger yang ke-6, diadakan lomba foto, video, dan blog. Masing-masing 3 pemenang akan mendapatkan uang tunai, voucher, dan hadiah hiburan.

Untuk lomba foto diumumkan selesai acara talkshow, sedangkan lomba video dan blog yang berakhir pada 11 September 2022 akan diumumkan setelah pihak juri mengkurasi karya peserta yang masuk.


Photo by Tapis Blogger

Selain itu pada saat acara ada juga hadiah untuk penanya terbaik, bingkisan untuk peserta teraktif,  hadiah bagi peserta yang daftar paling awal, dan bingkisan untuk peserta yang mem-follow IG semua sponsor. Alhamdulillah aku dapet rezeki mendapatkan sebuah bingkisan sebagai peserta yang sudah mem-follow semua akun Instagram sponsor.

Sekilas tentang Klik Cafe

Klik Cafe yang digunakan sebagai tempat diadakannya Milad Tapis Blogger ke-6 ini menurutku sebuah tempat yang nyaman untuk berkumpul atau pun sekadar menikmati menu yang disediakan.

Klik Cafe ini berada di Jl. Gele Harun No. 15 Rawa Laut, Bandarlampung. Lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan karena berada tidak jauh dari jalan utama Jenderal Sudirman.

Di sini banyak terdapat spot foto menarik untuk dijadikan konten media sosial atau mempercantik feed Instagram. Konsep café yang dibuat asri serta bernuansa agak etnik membuat kita akan merasa nyaman tentunya.

Demikian, keseruan Milad Tapis Bloggder ke-6 yang mengusung Tema Menjadi Blogger dan Content Creator Sukses di Era Digita.

Tapis Blogger, Bloggernya Orang Lampung.


Posting Komentar

 
Top