0

 

"Good food choices are good investments for our body and health”

Kesehatan adalah aset paling berharga bagi tubuh. Karenaya aku pribadi termasuk yang picky eater, nggak mau sembarangan mengkonsumsi makanan. Terlebih di zaman sekarang yang apapun serba instan termasuk soal makanan.

Jika kita abai, bukan tidak mungkin bukan rasa enak masakan dan perut kenyang yang didapat. Tetapi ancaman kesehatan.

Sejak menyadari bahwa tubuh ini berhak mendapatkan makanan sehat, perlahan-lahan mulai menerapkan pola hidup sehat tanpa MSG dan instant food. 

Awalnya agak sulit untuk menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan tanpa MSG atau tanpa micin. Tetapi tidak ada yang sia-sia jika kita berkeinginan kuat.

Hidup Sehat tanpa MSG

Dalam menyiapkan menu masakan bagi keluarga, aku selalu memilih olahan yang sehat dan menyehatkan. Tidak mudah memang, karena mengubah kebiasaan yang lama sebelum kenal hidup sehat itu butuh proses.

Apalagi saat ini dimanjakan dengan fasilitas kemajuan digital, di mana untuk urusan makan bisa tinggal pesan sambil rebahan. Kita tidak perlu lagi repot-repot belanja ke pasar, kotor-kotoran di dapur, ulek bumbu, dan kecipratan minyak. 

Tapi kalau dipikir-pikir, pengeluaran makin bengkak kalau beli makanan online terus. Sesekali sih it’s okay. Apalagi kalau lagi ada promo atau diskon besar. At least sebagai reward diri yang sudah lelah dengan rutinitas harian, ya kan? hehehe.

Beberapa hari pengen banget makan ayam goreng. Setelah melalui perdebatan dengan diri sendiri, akhirnya kuputuskan untuk buat sendiri. Kebetulan beberapa hari ini kerjaan lagi nggak banyak.

Dari pada beli online terus, yang sekarang harganya lebih mahal karena imbas naiknya harga minyak, BBM, dan kebutuhan pokok lainnya, jadi ayo masak enak sendiri sembari kembali mengisi perut dengan menu masakan sehat.

Mengenal tentang MSG

Pernahkah kamu dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung MSG dan disarankan menggunakan alternatif penyedap rasa non MSG, yang berasal dari bahan-bahan alami saja? 

Pemakaian MSG sebagai penyedap rasa makanan memang banyak didebatkan. Terutama mereka yang memilih gaya hidup sehat. 

Memang apa sih MSG itu dan mengapa banyak yang mencoba menghindari penambah cita rasa makanan ini? 

MSG merupakan kependekan dari monosodium glutamate, yakni penyedap rasa artifisial atau buatan, yang dapat meningkatkan rasa gurih pada makanan.

Penyedap makanan ini terbuat dari asam glutamat, yakni asam amino yang merupakan bagian dari protein yang bisa didapatkan dari sumber hewani dan nabati.

Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika, , MSG disebut aman diginakan. Namun tetap banyak kontroversi di baliknya. Karena penggunaan MSG dianggap berbahaya bagi otak.

Dilansir dari Healthline, MSG dapat memengaruhi proses perangsangan sel saraf, sehingga dapat berakibat adanya stimulasi sel saraf yang berlebihan. Namun tidak ada bukti kuat mengenai anggapan tersebut.

Karena belum terbukti secara ilmiah inilah, sampai kini masih banyak orang yang menggunakan MSG dalam olahan masakannya. Banyak juga yang beranggapan bahwa penyedap makanan ini aman selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. 

Kumpulan Resep Masakan Sehat tanpa MSG

Aku paling suka makan ayam goreng yang diolah dengan tepung bumbu. Nah, untungnya di rumah ada stok kobe tepung bumbu yang memang biasanya kugunakan untuk membuat aneka gorengan, mulai ayam, telur, tahu, dan tempe. Aku pilih tepung kobe ini karena memang cita rasanya cocok di lidah. Ayam goreng pun jadi nikmat. 



Untuk masakan kali ini, aku  menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Tepung tanpa mengandung MSG, tetapi mampu membuat cita rasa makanan jadi enak dan pastinya sehat.

Nah, penasaran bagaimana membuat kreasi menu masakan ayam goreng enak tanpa MSG dengan menggunakan tepung Kobe Serbaguna Premium (KSP) ini? Berikut ulasan lengkap kumpulan resepnya.

Kumpulan Resep Masakan Sehat tanpa MSG dengan bahan utama ayam goreng kali ini kudapatkan resep sehatnya dari dapur kobe. 

1. Ayam Kunyit Crispy

Source: Dapur Kobe

Bahan:

- Minyak goreng secukupnya

- 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200 gr)

- 350 ml air

- 1/2 ekor ayam (potong 6)

- 1/3 sendok makan bubuk kunyit

Cara Membuat:

1. Rendam ayam dalam air

2. Siapkan wadah, campurkan tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dengan bubuk kunyit, aduk rata

3. Balurkan ayam ke dalam tepung kering hingga terbalur rata. Cubit-cubit dengan ujung jari.

4. Goreng ayam dalam minyak panas terendam dengan api sedang hingga kuning kecoklatan

5. Angkat dan sajikan

Resep Ayam Kunyit Crispy ini memang beda dengan adanya sentuhan kunyit, di mana rempah dapur ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. 

Cita rasa ayam kunyit crispy ini pun tak kalah dengan ayam di restoran cepat saji. Menurut, hidangan makanan ini layak dinikmati bersama keluarga. Terlebih cara masaknya sangat mudah dan praktis. 

2. Ayam Dadu Crispy (Chicken Poprock)

Source: Dapur Kobe

Bahan:

- 300 gram dada ayam fillet

- 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

- 350 ml air

- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Potong dada ayam bentuk dadu (ukuran sesuaikan dengan selera). Kemudian cuci bersih dan sisihkan.

2. Ambil mangkuk. Buat adonan basah dengan mencampurkan Kobe Tepung Serbaguna Premium dan air. Aduk rata. Masukkan ayam ke dalam adonan basah.

3. Panaskan minyak yang cukup dalam wajan. Ambil ayam dan goreng hingga kuning kecoklatan.

4. Angkat dan sajikan.

Simpel banget kan buat resep masakan sehat ayam goreng ini? Waktunya tidak lebih dari 30 menit untuk bisa menikmati ayam goreng lezat ini. Teman-teman bisa tambahkan saus sambal untuk menyantapnya. Hmmmm…yummy.

3. Ayam Crispy Gandum

Source: Dapur Kobe

Bahan:

- 200 gram ayam dada fillet

- air secukupnya

- 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

- Minyak goreng secukupnya

- Margarin secukupnya

- 2 siung bawang putih (cincang)

- 50 gram bawang bombay (cincang kasar)

- 1 sachet Saus Tiram Selera

- 50 gram gandum (sangrai)

- 1 sachet BonCabe level 15, rasa Original (opsional)

- 1 sachet BonCabe level 3, rasa Nori (opsional)

Cara Membuat:

1. Bersihkan ayam, potong-potong dan rendam dalam air.

2. Ambil ayam dan baluri dengan Kobe Tepung Serbaguna Premium. Goreng hingga kuning kecokelatan.

3. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan Saus Tiram Selera, air dan gandum. Aduk rata.

4. Jika ingin pedas, masukkan ayam, tambahkan BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Aduk sampai rata. Jika tidak, skip saja ya, Mom.

5. Angkat dan Ayam Crispy Gandum siap disajikan.

Cita rasa ayam crispy gandum ini benar-benar bikin nagih. Perpaduan tepung kobe dengan gandum membuat rasanya makin lezat. Teman-teman pasti suka rasa gurih pedas dengan tekstur yang renyah dari olahan ayam ini. 

Rasa pedasnya memang unik karena bumbunya diracik dengan paduan BonCabe level 15 dan BonCabe Nori. Tapi jika teman-teman ingin menyajikannya untuk si kecil, bisa skip penambah rasa pedasnya. 

4. Ayam Goreng Buttermilk

Source: Dapur Kobe

Ayam goreng buttermilk ini merupakan resep ayam goreng bercita rasa ayam goreng klasik khas Amerika. Teman-teman akan merasakan sensasi makan ayam goreng yang juicy di dalam dengan paduan kulit yang renyah dan gurih berbumbu.

Namun, teman-teman harus sedikit bersabar. Karena meski cara membuatnya Ayam cukup mudah, tetapi proses memasaknya butuh waktu lama dari resep-resep sebelumnya yang hanya butuh waktu tidak lebih dari 30 menit. 

Proses memasak ayam goreng buttermilk ini sekitar 150 menit, lantaran ayam harus dimarinasi dengan rendaman susu selama beberapa jam. 

Kendati cukup lama dalam proses memasaknya, semua itu akan terbayar dengan cita rasa ayam goreng berbumbu tepung kobe yang susah ditolak kalau sudah disajikan. 

Penasaran, yuk intip cara membuatnya di bawah ini. 

Bahan:

- 1/2 ekor ayam (potong menjadi 6 bagian)

- 120 ml susu cair

- 1/2 sendok makan cuka atau 2 slice potongan jeruk lemon

- 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200gr)

- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1. Ambil satu wadah. Rendam ayam dengan susu yang sudah dicampur dengan cuka atau air jeruk lemon selama 2 jam.

2. Panaskan minyak goreng dan kecilkan api. Ambil ayam dalam rendaman susu. Gulirkan ke tepung kering Kobe Tepung Serbaguna Premium dan cubit-cubit.

3. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan.

4. Angkat, tiriskan dan sajikan.

Sebenarnya masih banyak lagi resep masakan ayam goreng dan bahan makanan lainnya yang lezat tanpa bantuan MSG di dapur Kobe. Teman-teman bisa lihat langsung di Kumpulan Resep Masakan Sehat Tanpa MSG yang menyediakan banyak aneka resep masakan untuk keluarga tercinta.

Mengapa Harus Menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium?

Kobe Tepung Serbaguna Premium merupakan tepung bumbu sehat tanpa adanya kandungan MSG. Karena  memang Tepung Kobe Serbaguna Premium ini terbuat dari bahan rempah pilihan dengan aroma gurih khas bawang putih.

Perpaduan bahan di dalam tepung bumbu inilah yang membuat cita rasa gorengan menjadi lebih lezat dengan tekstur renyah. 

Oh iya, Kobe Tepung Serbaguna Premium ini merupakan tepung bumbu pertama di Indonesia tanpa MSG dan bervitamin, lho. Ini beberapa fakta yang perlu teman-teman tahu:

- Tepung bumbu tanpa MSG/tanpa micin

- Mengandung Zat Besi, Serat Pangan, Vitamin B2, Vitamin B9 dan Mineral Zinc

- Tanpa Pengawet 

- Tanpa Pewarna Buatan

- Halal

Nah, gimana? Pastinya ingin mencoba menu masak enak dan masak lezat dari dapur kobe ini, kan? Kira-kira teman-teman mau coba resep masakan yang mana dulu nih? 

Jangan lupa gunakan Kobe Tepung Serbaguna yang mudah ditemukan di pasaran untuk membuat resep masakan Indonesia yang lezat dan sehat. Karena bumbu tepung ini benar-benar non MSG dan cocok banget buat memberikan hidangan makanan penuh cinta tanpa micin.

Informasi penting buat temen-temen yang mau tepung non MSG dari Kobe ini bisa mendapatkannya dengan mudah, lho. Temen-teman bisa mendapatkan Kobe Tepung Serbaguna Premium di manapun seperti di warung, minimarket terdekat, atau di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia Kobe Official Store. 

Yuk, masak sehat dan enak dengan menggunakan Tepung Kobe Non MSG. Jangan lupa beli banyak buat stok di rumah agar nggak bingung saat mau masak. Karena pastinya bakal sering digunakan.


Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top