0

 

Ganjar Pranowo


Siapa sih yang tak kenal dengan nama Ganjar Pranowo, seorang politikus yang sukses memimpin Jawa Tengah pada masa jabatannya selama dua periode, 2013-2023. Terlebih saat ini ia pun mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat Calon Presiden (Capres) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Jelang Pesta demokrasi Indonesia itu, banyak masyarakat yang sangat penasaran dengan sosok masing-masing Capres, tak terkecuali tentang profil Ganjar Pranowo yang selama ini dikenal sebagai Gubernur Jawa Tengah dengan segala keunikannya.

Sebagai informasi, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, mantan orang nomor satu di Jawa Tengah ini menggandeng Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Namun, tahukan Anda bahwa di balik sosoknya yang dikenal tegas saat memimpin, ternyata ada fakta-fakta tentang Ganjar Pranowo yang jarang diketahui publik.

Apa sajakah fakta tentang Capres pada Pilpres 2024 ini?

5 Fakta Unik tentang Profil Ganjar Pranowo

1. Kisah Sedih di Balik Pemberian Nama Ganjar Pranowo

Melansir laman resmi ganjarpranowo.com, yang memuat lengkap profil Ganjar Pranowo, ternyata nama yang diberikan orangtuanya saat ia lahir bukanlah sebagaimana nama yang kini dikenal masyarakat.

Saat lahir, sang ayah memberi nama “Ganjar Sungkowo”.

Alasan di balik pemberian nama adalah karena saat sang ibu mengandungnya, saat itu keadaan ekonomi keluarga Ganjar sedang di masa sulit. Tak hanya itu, ibunya juga kerap mengalami hal-hal yang membuat sedih, salah satunya pernah terjatuh saat masih hamil.

Adapun arti dari nama yang terdiri dari dua kata itu adalah, “Ganjar” artinya hadiah dari Tuhan dan “Sungkowo” (Sungkawa), yang artinya adalah kesedihan. Jadi keseluruhan arti namanya adalah ganjaran (hadiah) dari Tuhan atas kesedihan.


Ganjar Pranowo bersama keluarga tercinta


“Katanya nama belakang ini berhubungan dengan keadaan ketika ibu mengandungku. Saat itu keluarga kami sedang banyak dirundung kesusahan,” kata Ganjar, sebagaimana yang dikutip dari laman resminya yang mengulas tentang profil Ganjar Pranowo

Ganjar menyandang nama itu hingga ia mulai memasuki usia sekolah. Nah, saat masuk sekolah inilah sang orangtua berinisiatif mengganti nama belakang anaknya dengan “Pranowo” yang artinya hati yang terang.

Saat itu ayahnya khawatir jika Ganjar tetap memakai nama Sunkowo, kesedihan hingga kesulitan akan mengiringi langkah masa depannya kelak.

2. Berjualan Bensin Pinggir Jalan

Jelang lulus SMA pada 1980, Ganjar pernah berjualan bensin di pinggir jalan demi membantu keuangan keluarganya, lantaran sang ayah telah masuk usia pensiun.

Selama di Kutoarjo, Ganjar dan kakaknya yang nomor 3 adalah anak lelaki penyokong usaha ibunya, yang saat itu dagang kelontongan. Sang kakak bertanggung jawab untuk belanja keperluan warung, sedangkan Ganjar bertanggung jawab untuk belanja bensin dan mengurusi penjualannya.

Setiap selesai shalat Subuh, ia akan kulakan bensin di pom bensin Andong. Kemudian memindahkan bensin itu ke dalam kemasan-kemasan botol literan. Ia juga yang melayani dan menuangkan bensin ke tangki motor pembeli.

“Bagiku menyapu, mengisi botol bensin, dan menemani ibu membeli barang di pasar adalah sesuatu yang menyenangkan,” ungkapnya.

3. Hobi Melakukan Aksi Demo

Saat kuliah, Ganjar termasuk mahasiswa yang aktif dalam menyuarakan pendapat melalui aksi demo.

Ganjar terlihat kerap ikut aksi turun ke jalan, berunjuk rasa dalam menentang ketidakadilan, baik tentang isu-isu lokal maupun nasional.


Ganjar Pranowo sedang berorasi


Salah satunya yang pernah ia protes kala itu adalah masalah proyek Waduk Kedung Ombo, yang dibangun di perbatasan 3 Kabupaten di Jawa Tengah, yakni Grobogan, Sragen, dan Boyolali.

“Tanpa pengalaman sebelumnya, kuikuti aksi ini. Aku hanya berpikir bahwa bila kita berjuang di jalan yang benar, pencerahan pasti akan datang,” kata Ganjar.

4. Hobi Gowes Sepeda

Pria yang lahir di Karanganyar pada 28 Oktober 1968 ini sangat hobi menggowes sepeda. Ia selalu berkeliling di Kota Semarang dengan sepedanya pada setiap Jumát, Sabtu, dan Minggu.


Ganjar Pranowo hobi bersepeda


Saking hobinya, ia juga pernah mengikuti balap sepeda internasional, seperti Gran Fondo New York Indonesia yang digelar di Lombok. Hobi ini pun hingga kini masih ia lakoni bersama sang istri, yang kebetulan juga punya hobi yang sama.

5. Suka Musik Rock

Ganjar sangat suka musik beraliran rock sejak ia duduk di bangku SMA. Bahkan hingga ia masuk dunia kampus, hobi musik yang tergolong keras ini makin mengakar di dalam dirinya.

Untuk mengekspresikan hobinya itu, Ganjar membiarkan rambutnya tergerai panjang alias gondrong layaknya anggota band rock asal Inggris, Led Zeppelin, yang memang pada masa itu sedang populer.

Ganjar saat itu mengidolakan gitaris band rock kelas dunia ternama yang bernama Yngwie Malmsteen.

6. Pandai Memasak

Dari ulasan tentang profil Ganjar Pranowo, salah satu fakta tentangnya yang tegolong unik adalah bahwa ia cukup lihai memasak.

Ganjar sudah jadi anak rantau sejak ia duduk di bangku sekolah menengah atas. Sebagaimana diketahui, anak rantau adalah mereka yang ditempa untuk bisa mandiri dalam segala hal, termasuk memasak.

Nah, salah satu yang kerap dilakukan Ganjar sebagai anak rantau adalah memasak. Tak heran jika akhirnya ia pun jadi pandai di bidang mengolah makanan ini.

Adapun menu yang jadi andalan dan sering dimasaknya adalah oseng-oseng kacang, sayur daun bayam, dan terong penyet.

Itulah profil Ganjar Pranowo dengan sederet fakta unik tentangnya yang jarang diketahui masyarakat.


Sumber tulisan: ganjarpranowo.com

Sumber foto: Instagram @ganjarpranowo

Posting Komentar

 
Top