6

 

Cara hilangkan stres dan tetap produktif

Menghadapi rutinitas harian yang padat membuatku butuh menyegarkan pikiran dan tubuh, agar bisa kembali bersemangat dalam menggapai setiap impian, dan menuntaskan setiap tanggung jawab yang diamanahkan padaku.

Salah satu cara yang kerap kulakukan untuk mengembalikan semangat menjalani peran yang ditakdirkan untukku adalah, dengan melakukan perjalanan (traveling) ke tempat-tempat wisata bernuansa alam alami.

Mengapa aku lebih suka traveling menjelajahi alam?

Karena, alam mampu memberikan kedamaian, menentramkan jiwa, menghilangkan rasa lelah, hingga menyembuhkan diri dari berbagai tekanan dunia.

Manfaat Traveling

Pertama, traveling dapat membantu menghilangkan stres akibat padatnya aktivitas harian, yang membuat tubuh serta pikiran tidak cukup mendapatkan hak istirahatnya.


Traveling ke Puncak Lawang Sumatera Barat


Kedua, traveling bisa membangkitkan semangat hidup, karena selama melakukan perjalanan, hati akan dipenuhi rasa bahagia dan pikiran terbebas dari aktivitas kerja yang menguras energi serta pikiran.

Ketiga, traveling dapat meningkatkan produktivitas dalam berkarya di bidang yang kita tekuni. Hal ini lantaran adanya semangat baru yang telah kembali terinstal usai mengunjungi tempat-tempat menyenangkan.

Keempat, traveling dapat membuat kualitas hidup lebih baik dan lebih sehat, karena imunitas tubuh jadi lebih stabil, pikiran bahagia, dan kondisi mental jauh dari stres.

Sayangnya, tidak setiap waktu traveling ini bisa kulakukan karena kondisi tertentu. Sehingga, aku harus menerapkan alternatif lain yang bisa membantu tubuh dan pikiran tidak mudah stress, di mana pastinya akan berdampak pada produktivitasku berkarya sebagai blogger, content creator, dan guru bagi murid-muridku.

Lantas, apa sih yang kulakukan saat dihadapkan pada kejenuhan aktivitas, yang tiba-tiba membuat semangatku berkarya memudar?

Main Game Online

Main game adalah salah satu caraku menghilangkan stres agar tetap bisa menjaga produktivitas dalam bekarya.

Ternyata, dari bermain game ini, ada beberapa manfaat positif yang kudapatkan, yakni:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Menurut sebuah penelitian di Harvard University, bermain game bisa meningkatkan daya ingat. Hal ini tercipta melalui teknik bermain game yang harus kita perhatikan agar bisa menang.

2. Menghilangkan Stres

Game memang membutuhkan otak untuk tetap bekerja, namun dalam hal ini kita tidak dibebani dengan tuntuatan. Jenis game santai serta mudah dalam penyelesaian misinya bisa membuat kita bahagia, sehingga stres pun bisa dihindari.

3. Jadi Terbiasa Berpikir Cepat

Dari game yang dimainkan, secara tidak langsung akan melatih otak kita terbiasa berpikir cepat, terutama dalam membuat keputusan dengan kehati-hatian.

4. Dapat Melatih Emosi

Dalam bermain game, kita dituntut untuk bisa mengelola emosi agar bisa memenangkan permainan dengan sempurna.

Nah, salah satu game yang kerap kumainkan di kala buntu atau kehilangan semangat di tengah pekerjaan adalah game online yang disediakan di situs Solitaire.org.

Bukankah ini game zaman dulu? Ya, Solitaire adalah game zaman dulu yang identik dengan permainan menyusun kartu mulai kartu AS hingga King.

Mengapa Pilih Main Game Online di Solitaire.org?

Solitaire.org ini sangat mudah diakses dan tidak berbayar alias gratis. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet stabil dan kuota data yang cukup.


solitaire.org


Menariknya lagi, untuk bisa masuk dan memainkan game ini tidak perlu mengunduh, karena kita bisa mengaksesnya melalui website di browser. Selain itu, kita juga tidak harus punya gadget dengan spesifikasi mumpuni untuk bisa main game di sini.

Di website ini juga tersedia banyak jenis permainan, yang menurutku sangat cocok dimainkan berbagai usia, mulai anak-anak bahkan hingga orang tua.

Kendati jenis permainannya sederhana, di mana kita tidak harus berpikir ektra keras, tetapi game yang disajikan Solitaire.org ini bernilai manfaat, terutama untuk melatih otak hingga meningkatkan daya ingat.

Website Solitaire.og juga menyediakan banyak sekali jenis pemainan yang bisa dimainkan secara gratis, bukan hanya menyusun kartu, tetapi jenis permainan menarik lainnya seperti Hidden Object, Logic Puzzles, hingga Match 3.

4 Game Favoritku di Website Solitaire

1. Classic Solitaire Card

Dari semua permainan yang ada di website ini, Classic Solitaire Card adalah favoritku. Karena permainan inilah yang dulu kerap kumainkan dan mudah kutaklukkan.

Dalam permainan ini kita harus menyusun kartu secara berurutan, yakni mulai dari kartu AS, diikuti kartu dengan angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan terakhir kartu King.


solitaire classic card

solitaire classic card


Meskipun mudah, Classic Solitaire Card ini tetap butuh konsentrasi, strategi, dan kecermatan dalam menyusun.

Senangnya itu saat semua kartu telah tersusun dan melihat mereka saling berlarian menuju ke tempatnya masing-masing, yang artinya kita telah berhasil memenangkan permainan.

2. Letter Scramble

Letter Scramble adalah game menyusun huruf hingga memiliki arti. Tantangannya, kita harus bisa berpikir cepat terkait kata yang mungkin dari huruf-huruf yang tersebar seraya berkejaran dengan waktu.


letter scramble


letter scramble


Permainan ini cukup seru dan membuat saya ingin main lagi dan lagi hingga ke level selanjutnya yang lebih menantang.

3. Letter Logic

Letter Logic ini mirip seperti permainan teka-teki silang. Di sini kita harus menebak kata yang di dalam daftar ada di baris atau kolom yang mana. Posisi kata-kata ini bisa horizontal, vertikal ataupun silang.

Oleh karena itu, kita perlu cermat dalam mencari di mana kata-kata itu tersusun pada kotak yang ditampilkan.


letter logic


4. Hidden Objek

Hidden Objek adalah permainan yang mengajak kita untuk menemukan beberapa objek yang tersembunyi di sebuah lokasi.

Untuk memudahkan dalam pencarian, kita bisa menggeser kursor dan memperbesar area pencarian.

Di sini, aku jadi merasa seperti detektif Conan Edogawa yang sedang mencari dan mengumpul barang bukti suatu kasus.


hidden object

hidden object


Itulah caraku hilangkan stress dan bisa tetap peroduktif berkarya selain traveling dengan tanpa mengeluarkan budget mahal.

Nah, kalau teman-teman paling suka game yang mana nih di Solitaire.org?

Posting Komentar

  1. Emang seru main games bikin happy walau di rumah aja. Aku juga suka nih main games online di Solitaire.og

    BalasHapus
  2. Main game emang seru sih, bagus juga buat perkembangan otak kalau waktunya ga berlebihan. Cuma emang harus sadar kapan berhenti, biar ga kecanduan

    BalasHapus
  3. Wah... suamiku banget, healing dia adalah rebahan sama main game online. Kalo aku tetap memilih traveling untuk menghilangkan stres, tapi ya itu mesti keluar budget.. hehe

    BalasHapus
  4. Wah solitaire ini gane legend banget deh. Udah dimainkan sejak komputer masih pentium wkwk. Jadi inget jaman masih bocil huhu

    BalasHapus
  5. Game sejak zaman saya masih sekolah sampai jadi emak2...masih releate ya Mb

    BalasHapus
  6. Duh lama nih gak ngegame nih.. biasa healing saya sih ngegame tp skrg udah jarang banget.. dulu kalo ngegame heboh banget sm temen2.

    BalasHapus

 
Top