0

 

ASUS ROG Phone 8


Bekerja sebagai content creator bidang pengolah data dan artikel di salah satu portal berita terkemuka di tanah air, menuntutku untuk bisa bekerja maksimal juga profesional. Terlebih di jam-jam prime time, di mana sejumlah artikel trafiknya sedang melonjak di Google Trends serta Google Analytics (GA).

Dalam menghadapi kondisi seperti ini, di mana konten bertema sama sudah banyak ditulis oleh media kompetitor, maka kecepatan, kegesitan, dan kepiawaian menyajikan konten berbeda serta unik adalah kunci keberhasilan sebuah artikel yang tayang bisa merebut trafik.

“Untuk semua tim CC (content creator) segera buat konten yang trafiknya sedang naik di pencarian dan GA. Munculkan keunikan konten dan usahakan gunakan foto atau video yang relevan yang beda dari kompetitor,” kata tim redaksi.

Ya, kelayakan sebuah konten artikel di mata Google bukan hanya dilihat dari isi yang original dan unik, tetapi juga foto atau video yang disematkan.

Hal penting yang ditekankan adalah, hindari foto yang punya hak cipta atau dari fotografer profesional. Karena bisa kena google policy hingga penuntutan dari pihak pemilik foto, yang kadang nominal yang harus dibayar bisa membuat langit seakan runtuh.

Oleh karena itu, kami di media ini lebih ditekankan untuk bisa menghasilkan konten foto atau video hasil sendiri atau bisa juga mengkreasikan foto atau video non berbayar, seperti dari Pixabay atau Freepik agar lebih unik dan disukai mesin pencari.

Kisahku Bersama Smartphone saat di Luar Ruangan

Jujur, terkadang aku pribadi suka dilema jika berhadapan dengan situasi ini. Bukan soal artikelnya, tetapi materi foto atau videonya. Mengapa? Karena meskipun laptop terbilang cukup mendukung menyelesaikan tugas pekerjaan, namun perangkat ponsel (smartphone) yang kerap digunakan menangkap momen penting di luar lapangan masih punya kekurangan.

Misalnya, saat sedang merekam di luar ruangan atau saat sedang dalam perjalanan, salah satu contohnya saat sedang liputan dibukanya kembali Pantai Kedu Warna, Kalianda, Lampung Selatan pada 23 Desember 2020 usai porak-poranda akibat tsunami selat sunda akhir 2018.


Liputan di Pantai Kedu Warna


Ternyata suara rekaman saat wawancara di pantai yang populer dengan sunsetnya yang indah itu tidak begitu jelas, karena suara angin rupanya ikut masuk. Dicoba edit menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store dengan cara unmute clip audio, ternyata semua suara yang ada dibisukan. Di sinilah aku merasa sedih dan sedikit uring-uringan.

Bagaimana tidak, berharap bisa menyuguhkan konten terbaik yang tidak bisa di copy paste media kompetitor karena merupakan hasil wawancara langsung dengan narasumber, tapi sesi wawancara benar-benar tidak begitu jelas, lantaran kondisi angin di Kedu Warna memang begitu kencangnya, belum lagi ada deburan ombak yang cukup intens.

Masalah lainnya, saat sedang di luar, yang terkadang ada saja kerjaan yang harus segera diselesaikan atau sekadar cari data untuk nantinya tinggal diolah di rumah.

Sayangnya, menggunakan ponsel milikku di luar ruangan memang tidak semudah itu. Karena saat diluar, sungguh sulit melihat tampilan layar terlebih jika sinar matahari sedang cerah-cerahnya. Meski ponsel sudah dicoba ditutupi, tapi tetap tidak maksimal. Intinya aku harus masuk ke dalam ruangan agar bisa dengan jelas melihat tampilan layar smartphone.

Selain itu, ponselku ini juga kerap jadi incaran para keponakan saat main ke rumah. Apa lagi kalau bukan untuk main game.

Nah mereka kadang suka mengunduh game-game online tanpa sepengetahuanku. Alhasil, ini jugalah yang membuat ponsel milikku pernah tiba-tiba me-restart sendiri.

Awalnya sempat marah dan melarang Afta dan Reky untuk main game, apalagi kalua pakai smartphone milikku, BIG NO.

Namun, ini bukan kebijakan baik, karena tidak selamanya main game itu sia-sia atau tidak memberi manfaat. Tak kupungkiri bahwa aku paham bahwa main game bisa berdampak positif, buktinya banyak anak Indonesia yang sukses sebagai gamer hingga kancah dunia dan telah mengharumkan nama bangsa.

Ervin Larva, seorang konten kreator dan game streamer yang fokus pada game PUBG, di mana pada 2021 ia berhasil menjadi Juara dalam Creator Battle Tournament dari tim Dolphin dan meraih juara tiga sebagai wakil Indonesia dalam ajang Asia Creator Games 2022.

Nizar ‘Microboy’ Lugatio, seorang pro player PUBG Mobile, yang telah menghasilkan pendapatan sebesar US$ 117.825 atau sekitar Rp1,6 miliar.

Lalu ada Fauzan “ZAN”, pemain PUBG Mobile yang berhasil mencapai rank Conqueror dan menjadi satu-satunya pemain Indoensia yang masuk dalam daftar 10 pemain dengan rank tertinggi di server Asia.

Aku pun ingin Afta dan Reky bisa sukses seperti mereka hingga mengharumkan nama Indonesia dari hobi bermain game.

Kabar baiknya, masalah-masalah ini mulai soal main game di ponsel tanpa takut restart bagi duo keponakanku hingga urusan pekerjaanku sebagai konten kreator bisa diatasi dengan begitu mudahnya jika aku bisa punya smartphone canggih seperti ASUS ROG Phone 8 yang akan segera hadir di Indonesia.

Bismillah, semoga aku bisa memilikinya, insyaAllah. Karena smartphone canggih sekelas ASUS ROG Phone 8 pasti harganya tidak murah buatku. Generasi sebelumnya saja, ASUS ROG Phone 7 dibanderol dengan harga bekisar antara Rp10 jutaaan hingga Rp18 jutaan.

Keunggulan ASUS ROG Phone 8

Tak Hanya Sekadar Ponsel Gaming

ASUS Republic of Gamers (ROG) Phone 8 adalah ponsel gaming yang lebih dari sekadar smartphone canggih saat ini, karena memiliki performa yang tak terkendali dan tanpa kompomi untuk setiap aktivitas yang dijalankan, baik main game, nonton film, hingga urusan yang berhubungan dengan dunia konten kreator. Pokoknya tak tertandingi deh.


ASUS ROG Phone 8 ponsel gaming terbaik


Seri terbaru dari ROG Phone 8 ini menjadi penanda perjalanan revolusioner pada teknologi mobile gaming ini.

ROG Phone 8 hadir dengan desain lebih slim, lebih ringan, dan dengan bezel yang jauh lebih tipis. Sehingga bagi para gamers, ponsel ini tak hanya asyik dan bisa diandalkan saat main game. Tetapi juga sebagai pelengkap gaya hidup masa kini.

Menariknya lagi, selain para gamers, berbagai berprofesi lainnya misalnya para streamer, content creator, videographer, YouTuber, dan banyak lagi profesi lainnya, juga bisa mengandalkannya, karena teknologi dan fitur-fitur yang ada di ponsel ini  sangat bisa diandalkan dan menjawab semua kebutuhan atau berbagai keperluan.


ASUS ROG Phone 8
Ilustrasi dahsyatnya performa ASUS ROG Phone 8


Lantas, apa saja sih fitur pendukungnya sehingga bisa disebut ponsel gaming canggih bahkan sangat mendukung bagi para konten kreator?

Didukung Prosesor yang Mumpuni

Prosesor memiliki peran penting dalam menentukan kinerja dan performa sebuah perangkat, karena ia adalah otak utama pada perangkat ponsel.


Prosesor Snapdragon 8 Gen 3


Layaknya otak manusia, prosesor akan mengendalikan dan melaksanakan berbagai tugas, termasuk mengolah data, menjalankan aplikasi, dan mengelola sumber daya. Untuk bisa menangani berbagai perintah dan tugas berat, maka ponsel harus didukung prosesor yang mumpuni, responsif, hingga punya kecepatan di atas rata-rata agar aplikasi yang dijalankan lancar.

Jadi, memilih ponsel dengan prosesor yang baik adalah sangat penting untuk pengalaman pengguna yang optimal.

Nah, ASUS ROG Phone 8 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh serta didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0.

Lebih kerennya lagi, ponsel gaming ini sudah memenuhi standar IP68. Sehingga ia adalah ponsel pertama di dunia yang tahan terhadap air dan debu, jadi pengguna bisa menggunakannya di manapun tanpa rasa khawatir.

Desain Keren

ROG Phone tampil dengan desain baru yang premium, dengan ukuran lebih tipis hingga 15 persen dari generasi sebelumnya. Tak heran jika ponsel ini tidak hanya cocok buat para gamer, tetapi juga berbagai profesi lainnya.


Tampilan ASUS ROG Phone 8


Selain itu, dilengkapi juga dengan pendingin canggih, yakni clip-on AeroActive Cooler X terbaru berukuran lebih kecil sebesar 29 persen. Efisiensi termal yang dihasilnya bisa mencapai 1,2X lebih tinggi, sehingga temperature penutup belakang bisa terjaga hingga 26°C.

Ultra-bright Display

Bagian panel layar seri ROG Phone 8 dibekali dengan AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6), yang sangat mendukung kecepatan refresh adaptif, karena sudah menggunakan teknologi LTPO.


ASUS ROG Phone 8


Jadi, sistem bisa menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis hingga 120 Hz sebagai upaya penghematan konsumsi dayanya. Panel layarnya juga bisa mengakomodasi kecepatan refresh 165 Hz saat digunakan untuk bermain game, bahkan bisa hingga 720 Hz saat melakukan respons instan.

Tingkat Kecerahan

Tingkat kecerahan dari ROG Phone 8 bisa mencapai 2500 nits. Artinya, ponsel ini bisa banget digunakan main game, nonton film secara imersif, atau sekadar scrolling saat berada di luar ruangan, bahkan saat di bawah terik sinar matahari sekalipun. Kita bisa tetap dengan jelas melihat tampilan layar tanpa harus berpindah ke dalam ruangan. Wahh…sesuai nih dengan kebutuhanku yang kadang kerap di luar ruangan untuk berbagai tugas.

Hal ini berkat dukungan Pixelworks® yang disematkan ASUS. Akurasi warna yang dihasilkannya merupakan yang terbaik di dunia dan tak tertandingi.


ASUS ROG Phone 8


AI Kamera Tingkat Pro

Ponsel canggih rata-rata punya fitur kamera paling mumpuni. ROG Phone 8 punya keunggulannya sendiri soal kamera. Ia punya kemampuan fotografi tanpa batas dengan mengusung teknologi tri-camera system.

Video yang dihasilkan fitur kamera juga keren, TOP pokoknya, sesuai ekspektasiku, karena telah dilengkapi teknologi OZO Audio, yang membuat ROG Phone 8 bisa menghilangkan suara angin, sehingga hasil rekaman bisa sangat jernih. Selain itu, ponsel ini juga bisa menangkap 3D Surround spatial audio yang ketepatannya sangat tinggi.

ROG Phone 8 menggunakan kamera sensor gambar Sony 50 MP terbaru. Hasil tangkapan kameranya sangat jernih.


Kamera ASUS ROG Phone 8


Dengan tambahan lensa sudut selebar 24 mm, ROG Phone 8 sangat bisa mengambil gambar jalanan yang dinamis.

Sementara untuk fotografi potret dan fotografi makanan, kamera ROG Phone 8 dengan mode zoom 2X yang dimilikinya mampu mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna.

Perangkat 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 juga telah ditambahkan pada sistem kamera ROG Phone 8, sehingga hasil video akan lebih bagus dan mulus, hasil foto pun akan terbebas guncangan. Yakin deh para konten kreator bakalan puas menggunakan ROG Phone 8 dalam menemani berbagai tugas pekerjaannya.

Sistem kamera ROG Phone 8 ini menggunakan lensa telefoto 3X, di mana bisa membuat kita mengambil gambar objek yang jaraknya jauh.

Dengan adanya tambahan OIS internal, hasil jepretan kamera ROG Phone 8 bisa jernih dan serta tajam, bahkan saat menggunakan mode Night Photography.

Nah, teknologi ASUS HyperClarity yang dimilikinya bisa mempertahankan setiap detail dalam foto tetap jelas, walau di-zoom hingga 30X. Untuk videonya, kamera telefoto dengan menggunakan EIS adaptif, bisa menghasilkan hasil rekaman yang stabil bahkan saat di-zoom 10X.

Di bagian kamera selfie, disematkan kamera ultrawide berkekuatan 32 MP. Field of View (bidang pandang) yang dimilikinya telah ditingkatkan hingga 90° dari yang awalnya 73°.

Dengan keunggulan ini, maka foto selfie rame-rame pun bias menghasilkan gambar berkualitas bagus. Sensor RGBW-nya menghasilkan jepretan foto yang bersih dari noise berlebihan, meski diambil dalam kondisi minim cahaya.

Fitur yang Disempurnakan AI

ROG Phone 8 dibekali 4 fitur AI yang ramah untuk main game. Dilengkapi Background Mode yang bisa meningkatkan pengalaman nge-game ke tingkat lebih tinggi dengan mengalihkan game ke latar belakang.

Selain itu, ada juga X Capture yang bisa menangkap momen penting. Lalu AI Grabber yang intuitif dalam menangkap teks dan fitur X Sense yang bisa meningkatkan pengalaman bermain game dengan hadirnya tips serta bantuan saat dibutuhkan.

Selain 4 fitur tersebut, ada juga Semantic Search yang didukung AI dalam menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan juga di Pengaturan.

Ada juga AI Wallpaper yang membuat kita bisa custumize wallpaper. Kemudian ada teknologi Stable Diffusion dan teknologi AI noise-cancellation, yang bisa meredam kebisingan untuk menghasilkan suara jernih seperti kristal saat kita melakukan panggilan suara, panggilan video, ataupun saat berkomunikasi di dalam game.

AniMe Vision

Keunggulan lainnya yang tak kalah menarik dari ROG Phone 8 adalah adanya logo Aura RGB Lighting dan layar Mini-LED AniMe Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition), di mana memungkinkan pengguna bisa mengekspresikan individualitas dan kreativitas.


ASUS ROG Phone 8


AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang bisa diatur secara manual.

Lebih kerennya, sesama pengguna ASUS ROG Phone 8 Pro/Pro Edition, bisa saling membuka kunci animasi rahasia, dengan cara menempelkan punggung kedua ponsel.

MasyAllah, Ini Ponsel Keren Banget pokoknya. Bismillah, aku bisa punya. Doakan ya teman-teman.

Ketersediaan dan Harga dari ROG Phone 8 Series

Para Gamers sejati pastinya nggak sabar ya kan? Aku aja yang bukan pemain game sangat menantikan kehadiran ASUS ROG Phone 8 ini, karena dia memang sekeren itu bukan hanya buat gamer, tapi juga buat konten kreator sepertiku.

Lewat kolaborasi bersama dengan PUBG Mobile, ROG menyelenggarakan event launching ROG Phone 8 bersamaan dengan 6th Anniversary atau perayaan ulang tahun ke-6 dari PUBG Mobile yang juga bertepatan dengan peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle.

Nah, akhirnya ASUS ROG Phone 8 resmi launching hari ini, 20 Maret 2024 di Indonesia. Buat yang sudah nggak sabar ingin tahu harga, ketersediaan, promo menariknya, cek update berikut ini:

·         ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp.10.999.000R

·         ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp.10.999.000

·         ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp.14.999.000

·         ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp.19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store

Offline: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Temen-temen juga bisa kunjungi medsos @asusrog.id untuk lihat tampilan ROG Phone 8 ini.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di BlogTravelerien"

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top