2


Semua pasti sepakat jika buku disebut sebagai gudang ilmu. Karena dalam sebuah buku tersimpan banyak ilmu dan pengetahuan yang luar biasa. Segala hal yang ingin kita ketahui bisa dengan mudah didapatkan, dengan hanya menyelami lembar demi lembar sebuah buku. Lantas mengapa masih banyak orang yang kurang memanfaatkan keberadaan sebuah buku? Padahal sudah jelas bahwa buku mempunyai jawaban atas segala hal.

Terabaikannya buku adalah bukan karena ia tak penting. Tetapi minat membaca yang minimlah masalahnya. Banyak orang cenderung lebih suka menggali informasi melalui televisi atau mendengarkan pemaparan orang lain dibanding dari buku. Padahal membaca punya pengaruh yang lebih significan untuk wawasan dan pengetahuan kita. Selain mendapatkan penjabaran yang jelas dan detail, membaca akan membentuk pola pikir menjadi lebih kreatif dan positif. 

Berbagai upaya telah digalakkan agar tumbuh minat baca pada masyarakat. Salah satunya dengan memberikan satu hari istimewa pada buku untuk diperingati. Ya, hari ini, 17 Mei 2017 adalah hari yang diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Dengan adanya peringatan ini diharapkan mampu menggugah semangat setiap orang untuk mencintai buku dan membaca.

Buku memiliki kekayaan ilmu yang luar biasa, yang dengannya kita bisa mengetahui apapun tanpa harus terlibat di dalamnya, termasuk mengetahui tentang kejadian-kejadian masa lampau, tanpa harus menggunakan mesin waktu. Bahkan melalui buku kita bisa berkeliling dunia dengan hanya mengeluarkan dana minim. 

Jadi sangat merugilah jika kita tidak menanamkan minat baca dalam diri. Terlebih sebagai umat Muslim yang pasti tau wahyu pertama yang diturunkan pada Rosulullah, yakni tentang perintah membaca dalam surah Al-'Alaq. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membaca. Tak heran orang sehebat Mohammad Hatta berkata, "Aku rela dipenjara asalkan dengan buku. Karena dengan buku aku bebas."

Masyarakat yang cinta membaca adalah aset kemajuan suatu bangsa. Marilah kita tanamkan minat baca sejak dini pada generasi ini agar semakin tinggi peradaban negeri ini. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal yang baik. Mari kita giatkan kecintaan pada buku. 

Selamat Hari Buku Nasional


#OneDayOnePost
#HariBukuNasional


Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top