5



Apakah kamu suka membaca? Atau sudah bergelar sebagai seorang bookworm (kutu buku)? Bagi para penikmat buku, aktivitas membaca adalah sesuatu yang menyenangkan. Bahkan menjadi rutinitas yang wajib ditunaikan. Namun di sisi lain, ada juga kelompok orang yang menganggap membaca sebagai kegiatan yang membosankan. Padahal ada berjuta manfaat yang dapat dipanen jika kita mau membiasakan diri dengan sebuah buku. 

Apakah kamu suka menulis? Ingin jadi penulis? Nah untuk bisa jadi seorang penulis keren itu harus cinta membaca. Mengapa? Karena membaca dan menulis adalah dua hal yang saling berkaitan erat. Menulis tanpa didukung dengan sumber bacaan, maka tidak akan pernah menghasilkan tulisan-tulisan bergizi. Karena membaca itu merupakan jembatan bagi seorang penulis dalam menuangkan setiap ide dan pemikirannya. Banyak membaca berarti mempunyai banyak bekal untuk mempertajam dan meningkatkan kualitas tulisan.

Berbicara tentang membaca, di komunitas One Day One Post (ODOP), yang penghuninya merupakan sekumpulan blogger, penulis pemula, dan profesional, ada sebuah kelas bernama Reading Challenge ODOP ( RCO). Kelas ini memfasilitasi para odopers untuk menggiatkan dan menjaga reading habit. Kebiasaan yang dibangun disini bukan hanya sekadar keberhasilan melumat lembaran demi lembaran halaman buku. Tetapi ada hal lainya yang ditawarkan RCO bagi siapapun yang berani bertualang selam dua bulan di RCO. buku bacaan pun tidak terpaku pada buku fisik. tetapi juga diperbolehkan buku elektronik.

Keistimewaan RCO:

1. Amazing Reading Habit

Menciptakan reading habit itu susah-susah gampang. Meskipun kita mengaku sebagai pecinta buku, bukan berarti bisa senantiasa menjaga konsistensi membaca yang rutin dan berkelanjutan. Padatnya aktivitas terkadang membuatku enggan membaca buku di rak. Bahkan meski hanya menyentuhnya saja. Namun sejak bergabung dengan RCO, kebiasaan membacaku jadi lebih terorganisir dengan baik.

Kini tiap hari rasanya ada yang kurang jika belum membaca. Karena kebiasaan di RCO yang sudah merasuk ke dalam pikiran. Tak hanya itu, buku-buku yang belum sempat dibaca, bahkan ada yang masih dibungkus plastik, akhirnya menjadi lebih bermanfaat saat memenuhi tantangan di kelas RCO. Thanks RCO.

2. Get Broaden Knowledge

Sudah tidak diragukan lagi bahwa dalam setiap buku, tersimpan banyak ilmu dan pengetahuan. Di RCO kami tidak hanya diwajibkan memenuhi tantangan membaca. Tetapi juga tantangan tema buku yang duwajibkan selesai dalam jangka waktu tertentu. Jika gagal, of course you'll kick out of the class.




Beberapa tema buku wajib yang ditawarkan RCO itu kerap membuat para peserta kelimpungan. Tetutama bagi yang tidak pernah membaca tema buku tertentu. Misalnya aku yang cenderung picky reader. Tetapi demi menjadi siswa baik di kelas RCO dan bisa lulus sempurna, aku pun melatih diri dengan keras agar tak menyerah membaca tema yang tak kusukai. Alhamdulillah, kebiasaan yang sudah sejak awal terbentuk di RCO  sangat mempermudah untuk menyelesaikan tema tertentu tanpa halangan.

Beragam tema buku mulai dari politik, kesehatan, sejarah, fiksi, puisi, biografi, hingga yang berbahasa asing telah memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan. Ini adalah hal luar biasa. Jika selama ini tidak paham dunia politik, akhirnya bisa sedikit tercerahkan setelah membaca menu buku wajib dari RCO.

3. Get Better understanding

Selain membaca, RCO juga mewajibkan anggotanya untuk menuliskan review buku hingga menuliskan kisah lain dengan tema atau gaya yang sama seperti bahan bacaan yang dibaca. Tantangan yang satu ini benar-benar seru. Kita dilatih untuk memahami intisari bacaan. Sehingga hasil membaca itu tidak hilang begitu saja seiring selesai membacanya.

Selain keistimewaan tersebut di atas, Salah satu hal yang menarik adalah sistem pelaporan RCO, dimana para pelapor tidak hanya melaporkan buku yang dibaca beserta jumlah halamannya, tetapi juga dilengkapi dengan kutipan dari buku yang dianggap paling menarik bagi pembaca. Kutipan-kutipan dari berbagai jenis buku yang dibaca peserta ini memberikan manfaat tersendiri bagi kami yang tidak membaca buku tersebut.

Saat ini RCO telah memasuki level terakhir. Aku berharap ini tidak menjadi akhir kebiasaan membaca. Program yang dirancang RCO sudah cukup amazing dan bermanfaat dalam melatih ketekunan membaca yang bukan sekadar membaca. Tetapi membaca yang bermuatan gizi. Semoga program RCO dapat terus berlanjut dengan tantangan membaca yang lebih gregetan dan menantang tentunya.

terima kasih RCO, dan terutama sekali kepada para PJ yang telah dengan sabar dan penuh dedikasi merekap setiap laporan kami. terima kasih juga atas kemudahannya memfasilitasi tema buku dengan membagikan bermacam-macam e-book. Sehingga kami tidak  kebingungan mendapatkan buku untuk tema-tema wajib.
.
ayo sobat kita ambil buku di rak, buka bukunya, kemudian baca bukunya, dan dapatkan ilmunya. 

Posting Komentar

  1. Mantap deh kesannya. Semoga makin bersemangat baca.

    BalasHapus
  2. Lengkapnya mba rikaa... yuk baca buku.

    BalasHapus
  3. Mungkin saya harusnya ikut kelas ini ya. Soalnya kalau baca buku,apalagi tema buku yg tidak saya sukai pasti cepat mengantuk 😋

    BalasHapus

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top