4
 


RCO Batch 3 telah resmi dimulai teehitung sejak tanggal 1 April 2018. Kelas ini masih tetap mengusung visi dan misi yang sama dengan batch sebelumnya, yaitu membangun reading habit.

Reading Challenge ODOP (RCO) merupakan salah satu kelas unggulan yang dibuka oleh komunitas One Day One Post, sebagai wadah berkumpulnya anggota ODOP yang ingin menghidupkan aktivitas membaca. Menariknya, RCO bukanlah sekadar tempat yang menampung para pecinta buku atau membaca saja. Tetapi RCO juga merupakan tempat dimana, para bookworm ditempa agar kegiatan membacanya tidak seperti angin lewat, atau hanya sebagai penggugur kewajiban sebagai penghuni RCO. Di sini para peserta ditantang untuk membaca setiap hari, dengan minimal jumlah halaman wajib, serta mengeksplor hasil membacanya lewat tantangan-tantangan menulis yang diberikan para PJ RCO. 

Aku sendiri telah ikut bergabung dengan RCO sejak kemunculan perdananya. Dan mengapa aku masih setia mengikuti kelas RCO hingga kini? Berikut 3 alasan kuat yang membuatku tanpa ragu lagi meng-klik tulisan "Join Group" saat RCO Batch 3 diluncurkan.

1. Mengeksekusi Koleksi Buku dan E-Book

Aku senang membeli buku-buku ber-genre Non Fiksi. Bagiku buku merupakan salah satu jajanan favorit. Meskipun tidak setiap buku yang ingin kumiliki bisa dibeli, karena menyangkut kapasitas isi dompet. 




Kekhilafanku membeli buku biasanya terjadi saat ada bazar buku atau diskon besar-besaran. Bahkan buku yang bukan termasuk kategori bacaanku pun turut dibeli. Prinsipnya, selagi harganya murah meriah. Selain itu aku juga suka men-download E-Book (terutama saat ada free wifi), atau memungut E-Book yang dibagikan oleh beberapa teman-teman di group-group yang kuikuti. 

Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan kekhilafan untuk segera melahap isi buku atau E-Book yang ada. Bahkan ada beberapa buku yang masih terbungkus rapih plastiknya. Ya, aku selalu beralasan belum ada waktu untuk membacanya. Karena merasa too busy atau mungkin lebih tepatnya sok sibuk dengan my daily activities. Alhasil koleksi bacaan menumpuk tanpa kepastian kapan akan dieksekusi. 




2. Ada Hadiah Menarik

Hadiah adalah salah satu rayuan jitu yang ampuh memikat kebanyakan orang. Nah di RCO yang akan berlangsung selama 40 hari ini, panitia menyebutkan ada hadiah menarik, bagi peserta yang lulus setiap level dan menyelesaikan tantangan; dengan prestasi terbaik tentunya; tidak absen atau telat laporan, menyelesaikan tugas tantangan di blog, dan pencapaian halaman terbanyak. 

3. Membiasakan Membaca Beragam Tema

Aku termasuk yang suka memilih-milih buku yang ingin dibaca. Dengan bergabung di RCO, like it or not, aku pun harus patuh aturan untuk membaca tema buku yang disuguhkan. However, hal ini justru menjadi sebuah keuntungan. Karena it helps me to broaden my knowledge. 

Semoga teman-teman di RCO Batch 3 dapat bertahan hingga level terakhir. Tidak ada lagi yang dituntun keluar kelas, atau kalah sebelum berjuang. Dam semoga keistiqomahan membaca tetap terpelihara meski program RCO berakhir. 

"Reading means that you give the best vitamin for your brain. Just love your books, open them, read them, and get valuable knowledge from them. Then you'll conquer the world for sure."


Note: Foto-foto merupakan koleksi pribadi penulis.

Posting Komentar

  1. Aamiin. Tapi kayaknya ada yg udah gak lulus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak udah beberapa yang tumbang. Senoga kita tetap bertahan di RCO. Tantangannya makin challenging. Harus survive sampai final.

      Hapus
  2. Semoga kita lulus bareng-bareng mbak Rika..😃

    BalasHapus
  3. aamiin...semangat semangat semuanya

    BalasHapus

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top