16
Al Qur'an
The Healing Book
Foto: pribadi

Judul: Al qur’an The Healing Book
Penulis: Ir. Abduldaem Al-Kaheel
Penerjemah: M. Lili Nur Aulia
Penerbit: Tarbawi Press
Tebal: 198 halaman
Cetakan kedua, Februari 2011
Harga: Rp37.000

Sinopsis Buku

Buku ini berisi tentang mukjizat dan keistimewaan Al Qur’an yang mempunyai pengaruh sangat signifikan terhadap tubuh manusia. Buku ini diawali dengan pengantar yang menekankan perlunya seorang Muslim beriman untuk menanamkan keyakinan kuat bahwa kitab suci Al Qur’an memiliki keistimewaan luar biasa bagi penyembuhan penyakit fisik dan batin. Hal ini melihat kenyataan masih banyaknya orang yang tidak paham dengan energy penyembuh yang dihasilkan Al Qur’an. Kebanyakan masih beranggapan bahwa kalamullah tersebut diturunkan sebagai sumber hukum dan pedoman hidup kaum Muslimin.

Kemudian penulis juga menyampaikan pengalamannya bersama Al Qur’an di setiap detik kehidupannya. Beliau telah membuktikan bahwa kebersamaan dengan Al Qur’anul karim telah memberikan dampak besar dalam hidupnya. Tidak hanya disembuhkan dari berbagai penyakit yang menyerang, tetapi juga mendapatkan ketenangan batin serta menyelesikan berbagai persoalan yang dihadapi dengan mudahnya. Semua itu hanya karena rutin membaca dan mendengarkan tilawah Al Qur’an. MasyaAllah tabarokallah.

Di dalam buku ini dijabarkan secara terperinci tentang bagaimana Al Qur’an menjadi penyembuh (syifaa) bagi orang sakit, bahkan pasien-pasien yang tengah menderita sakit kronis sekalipun. Fakta-fakta mukjizat Al Qur’an ini telah berhasil memukau banyak orang, tak terkecuali para ahli medis dari berbagai belahan dunia. selama ini banyak ilmuwan yang meneliti tentang metode penyembuhan dengan menggunnakan getaran gelombang suara. Hal ini karena merujuk pada sistem kerja sel yang berdasarkan gelombang seperti alfa, beta, dan gamma. Dan Al Qur’an merupakan media paling baik dalam melakukan penyembuhan melalui getaran gelombang suara, yaitu dengan terus- menerus memperdengarkan bacaan tilawah Al Qur’an.

Pernyataan para ilmuwan dalam buku ini semakin menguatkan bahwa suara tilawah dari Al Qur’an merupakan energy positif yang mampu membantu pasien sakit berat sekalipun untuk mendapatkan kesembuhan. Tentunya hal ini dengan syarat adanya keyakinan kuat bahwa Allah akan memberikan kesembuhan seiring kedekatannya dengan kalamullah tersebut.

“Ilmuwan menegaskan bahwa jantung dipengaruhi oleh frekkuensi suara, kami yakin bahwa sebaik-baik pengobatan untuk jantung adalah menddengarkan bacaan ayat-ayat Allah swt setiap hari,minimal satu jam. Inilah yang disampaikan oleh Al Qur’anul karim: “Ketahuilah sesungguhnya dengan berdzikir kepada Allah jantung menjadi tenang.” (QS. Ar-Rad:28)…..(hal:29)

Penyembuhan penyakit dengan mendengarkan suara tilawah Al Qur’an dikenal juga dengan istilah ruqyah syar’iyah. Di dalam A Qur’an terdapat ayat-ayat yang mampu menjadi pengobat berbagai jenis penyakit. misalnya QS Yunus: 58 sebagai solusi untuk mengobati penyakit skizofrenia, depresi, dan kelesuan. Lantas mengapa dengan hanya membacakan atau mendengarkan bacaan ayat Al Qur’an dapat menyembuhkan penyakit?


Alasan Al Qur’an Bisa Menyembuhkan Penyakit

1.      Adanya harmonisasi yang sempurna diantara susunan kata setiap huruf Al Qur’an
2.      Adanya keseimbangan irama dalam Al Qur’an
3.      Al Qur’an memiliki kandungan makna sangat dalam
4.      Al Qur’an merupakan kalam Allah yang tiada keraguan di dalamnya

Selain mengupas metode pengobatan dengan media Al Qur’an, di dalam buku ini juga dibahas mengenai pengobatan nonkimiawi lainnya, seperti: berpuasa, mengkonsumsi zaitu, madu,istighfar, tafakkur, asmaul husna,dan jenis pengobatan herbal lainnya. Namun metode ini tidak dijabarkan secara terperinci.

Kelebihan Buku

Buku ini sangat sarat akan ilmu pengetahuan, terutama di bidang pengobatan.selain itu buku tersusun dengan sistematika yang sangat baik. Karena setiap bab dan sub judulnya terangkai secara sistematis dan amat jelas dalam penjabarannya. Hal ini sangat membantu pembaca dalam memahami apaa yang ditulis oleh penulis. Selain itu, buku banyak diulas juga tentang penelitian-penelitian medis , sehingga saya sebagai pembaca jadi semakin yakin bahwa akan mukjizat Al Qur’an. Dan meskipun penulis sangat menekankan akan dahsyatnya melakukan pengobatan dengan metode Al qur’an, tetapi beliau juga tidak melarang untuk melakukan pengobatan dengan bantuan medis dan obat-obat yang diresepkan dokter. Karena hal itu juga merupakan bagian dari ikhtiar manusia dalam mengusahakan kesembuan. Tetapi ada baiknya sebagai seorang Muslim tidak melupakan bahwa Al Qur’an punya energy sebagai penyembuh penyakit.

Kekurangan Buku

Buku ini kurang menjelaskan secara detail tentang penyembuhan penyakit dengan media nonkimiawi lainnya, seperti tentang penyembuhan penyakit lewat puasa, istighfar, tafakkur, dll. Tetapi lebih fokus menguraikan tentang penyembuhan Al Qur’an melalui media getaran suara tilawah.




Posting Komentar

  1. Mantap nih bukunya mba Rika.. jd pengen minjem 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget bang. Ntar ya kalau kopdar ODOP aku bawain

      Hapus
  2. MaasyaAllah, percaya nggak percata aku pernah ngerasain hal yg sama juga mb. Tak coba selama beberspa bulan rutin tilawah sama denger tilawah, rasanya bawaannya tenang gitu. Eh, begitu jauh rasanya hampa. 😭😭😭 jadi pengen baca juga nih mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku pun pernah merasakannya. Saat itu hati lahi galau dan sedih banget. Kubaca Al Qur'an spai namgis. MasyaAllah tanpa kusadatu aku jadi tenang banget gitu.

      Hapus
  3. Ada pengalaman pribadi si penulisnya ya? Berarti rekomend banget Mba untuk dibaca. Because its real. Terima kasih atas resensinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Bagus bukunya. Buku ini pun semakin menfuatkan keyakinan saya bahwa Al Qur'an pumya pengaruh luar biasa bagi tubuh.

      Hapus
  4. Bagus banget bukunya mbak Rika jadi pengen baca juga

    BalasHapus
  5. Iya mbak rekomended banget buat dibaca. Pokoknya harus dibaca dan rasakan manfaatnya🙂

    BalasHapus
  6. Wah bukunya sepertinya asyik untuk dibaca. Bahasanya mudah dipahami. Membaca Al Quran menyembuhkan dan menenangkan hati. Noted, thanks for sharing mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak buku ini worthed banget buat bahan bacaan. Terlebih sudah disertai bukti-bukti tentang keajaiban Al-qur'an itu sendiri

      Hapus
  7. Masya Allah baca resensinya aja aku sudah merinding mau membaca utuh bukunya, Al Qur'an memnyembuhkan dan bikin adem hati ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun bergetar saat membaca lembar demi lembar buku ini mbak. Mukjizat Al-qur'an benar-benar luar biasa

      Hapus
  8. Kadang kita lipa dengan yang harusnya kita imani. Saat sakit, ikhtiar pertama bukan Al Qur'an, tapi berobat dengan berbagai macam cara, setelah menyok, baru deh, ingat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ummi. Buku ini jadi bahan ibroh dan perenungan juga buat aku. Terkadang aku pun suka lupa bahwa ikhtiar paling utama dalam berbagsi masalah adalah dekat dengan Allah dan Al-qur'an.

      Hapus

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top