16

Green Jobs: Karir Menjanjikan Generasi Milenial Untuk Indonesia Lebih Bersih

“Kapan pandemi ini berakhir?” Sebuah ungkapan akan rasa resah dan gelisah ini kerap kudengar akhir-akhir ini. Ya, tanpa terasa sudah hampir satu tahun kita berhadapan dan berjuang dengan pandemi Covid-19. Isunya, pola hidup dan kebersihan masyarakat menjadi salah satu faktor pemicu. Karenanya pemerintah pun mengeluarkan kebijakan new normal demi mengupayakan agar masyarakat hidup bersih serta sehat.


peluang-karir-green-jobs

Covid-19 memang telah banyak merenggut kenyamanan kita selama ini. Namun di satu sisi, virus ini telah memberikan efek cukup baik bagi lingkungan di sekitar kita. Salah satunya adalah dengan membaiknya kualitas udara. Karena berhentinya sebagian besar aktivitas industri membuat tingkat polusi udara berkurang. Jadi memang selalu ada hikmah ya teman-teman atas setiap peristiwa. 

Hidup bersih dan sehat memang sudah sepatutnya terus kita terapkan. Sehingga kualitas hidup kita pun makin baik. Namun hal tersebut akan sulit didapatkan jika kondisi lingkungan di sekitar kita masih kotor dan terabaikan.  

Oleh karenanya, Indonesia juga sebenarnya sudah lama mengupayakan dan berusaha membentuk lingkup hidup berbasis ramah lingkungan, agar kita semua dapat hidup lebih nyaman. Apalagi dunia pun sudah lama menghadapi masalah terkait isu lingkungan yang sampai saat ini sangat mengkhawatirkan, diantaranya global warming, perubahan iklim, makin berkurangnya sumber daya alam, dan makin menurunnya kualitas lingkungan hidup.


green-jobs-merespon-kerusakan-lingkungan
Aktivitas manusia penyebab kerusakan lingkungan


Banyaknya masalah serius terkait lingkungan dan keberlangsunan hidup di bumi, telah memunculkan berbagai solusi dan kebijakan untuk diterapkan demi melestarikan lingkungan. Tidak hanya pemerintah, bahkan banyak pihak seperti kalangan akademisi, pecinta lingkungan, dan swasta, terus berupaya menciptakan program peduli lingkungan. Misalnya dengan adanya green plastic bag, green city, go green, dan lainnya. 

Nah, gerakan hijau ini tidak hanya tentang hal yang bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga bisa berupa hal yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah melalui green jobs. 


Apa Sih Green Jobs Itu?

Green Jobs adalah sebuah istilah yang merujuk pada berbagai jenis pekerjaan yang layak serta ramah lingkungan, atau yang berbasis pada pembangunan berkelanjutan. Menurut International Labour Organization (ILO) Green Jobs merupakan upaya transformasi ekonomi, tempat kerja, perusahaan, dan tenaga kerja menjadi sebuah pekerjaan yang layak, berkelanjutan, serta rendah karbon. 

Green Jobs hadir sebagai respon atas menurunnya kualitas lingkungan dan banyaknya eksploitasi terhadap lingkungan. Sebagaimana yang kita saksikan saat ini, betapa banyak terjadi kerusakan lingkungan alam, hutan-hutan ditebangi, sampah menggunung, sumber daya alam terus tergerus, dan masih banyak lagi. Bumi benar-benar sedang sekarat akibat perilaku manusia.



Baru-baru ini pun Indonesia dihantam banyak bencana, yang diantaranya disebabkan oleh ketidakpedulian kita terhadap lingkungan. Kalimantan banjir besar. Padahal dulu wilayahnya dikelilingi hutan yang luas. Namun kini kawasan hutan Kalimantan diketahui telah banyak yang tereksploitasi.  

Melihat kondisi lingkungan dan efek jangka panjangnya bagi kehidupan, tentu pekerjaan hijau ini akan sangat berkontribusi pada upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan. Bisa dikatakan ini adalah win win solution, dimana ekonomi berjalan baik dan lingkungan tetap terjaga kelestariannya.


green-economy-green-jobs
Ekonomi hijau menciptakan pekerjaan
Source: Materi Coaction Indonesia

 

Sayangnya masih banyak yang belum paham tentang Green Jobs. Kebanyakan orang beranggapan bahwa pekerjaan hijau ini adalah pekerjaan yang hanya berhubungan dengan lingkungan dan pelestariannya. Bahkan ada yang beropini Green Jobs adalah bidang pekerjaan kurang prestise, bergaji rendah, dan untuk aktivis lingkungan saja. 

Untuk itu sangat diperlukan keterlibatan secara menyeluruh dari pemerintah, perusahaan, para pekerja, aktivis, dan bahkan teman-teman blogger, agar promosi tentang pentingnya lapangan pekerjaaan yang juga memiliki orientasi terhadap lingkungan ini dapat terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat, terutama para generasi milenial saat ini paham apa, bagaimana, mengapa, dan akan seperti apa hasil dari bidang pekerjaan hijau ini. 

Lantas Apa Ciri-Ciri Green Jobs?

Green Jobs tidak mengharuskan atau diperuntukkan bagi mereka yang lulusan pertanian, ilmu kehutanan, kesehatan lingkungan, atau yang sejenis. Buat teman-teman yang lulusan teknik, ilmu murni, ekonomi, sastra, atau apapun jurusannya, tetap bisa dan punya peluang yang sama untuk bekerja di bidang ini. Yang penting teman-teman punya gaya hidup ramah lingkungan, peduli sesama, dan punya bekal tentang energi baru dan terbarukan. 

Dalam pelaksanaannya, pekerjaan ramah lingkungan ini meliputi beberapa aspek, yaitu:

  1. Perlindungan dan perbaikan akan ekosistem

  2. Meningkatkan efisiensi energi dan penggunaan raw material

  3. Membatasi emisi gas efek rumah kaca

  4. Meminimalisir sampah dan polusi

  5. Mendukung adaptasi terhadap efek perubahan iklim

Bagaimana? Menakjubkan ya jika kita bisa mengembangkan diri bekerja pada sektor Green Jobs ini. Terlebih kita juga bisa ikut berkontribusi untuk negara dalam upaya melestarikan alam.

Peluang Karir Green Jobs Bagi Generasi Milenial

Sampai saat ini dunia masih terus berjuang menghadapai pandemi Covid-19. Tak ada yang bisa memastikan kapan pertarungan ini akan usai. Sementara kita pun dihadapkan pada masalah perekonomian yang makin melemah. Banyak yang telah tumbang, namun tak sedikit juga yang akhirnya bangkit, hingga menciptakan terobosan baru dalam bertahan di tengah pandemi. 

Secara tidak langsung, kondisi pandemi ini tidak hanya membuka pikiran banyak orang tentang pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan, tetapi juga mengambil peluang dalam sektor perekonomian dengan menerapkan prinsip kerja ramah lingkungan, seperti ecopreneur, organic food preneur, dan lainnya. 

Situasi pandemi, perubahan iklim, pemanasan global, dan berbagai isu kerusakan alam lainnya yang tak kunjung menemukan titik akhirnya, tentu akan membuat berbagai pilihan pekerjaan berbasis ramah lingkungan (green jobs) akan menjadi prioritas yang tepat, baik untuk masa kini maupun ke depannya. Dan tentu akan semakin banyak peluang karir bagi para pecinta lingkungan. 

Tanpa kita sadari, sebenarnya di sekitar kita pun sudah ada beberapa sektor usaha yang menerapkan Green Jobs, baik perusahaan skala besar maupun UMKM. diantara contoh perusahaan besar yang telah lama mengaplikasikan prinsip ramah liingkungan adalah IKEA, The Body Shop, Unilever, dan lainnya. Untuk skala UMKM pun pasti kita juga sudah sering melihat pemilik usaha yang mengedepankan material ramah lingkungan untuk produknya.


contoh-pekerjaan-green-jobs
Contoh sektor Green Jobs
Source: Materi coaction Indonesia

Hal ini menunjukkan bahwa berkarir di sektor kerja ramah lingkungan memberikan peluang baik bagi masa depan. Karena telah banyak perusahaan besar yang mengedepankan konsep ramah lingkungan. 

Jadi jelas, Green Jobs tidak melulu tentang berkecimpung di bidang pertanian atau usaha pelestarian lingkungan, seperti yang kita pikirkan selama ini. Tapi di sini kita pun bisa berkarir menjadi akuntan, manager, teknisi, insyinyur, dan berbagai profesi lainnya dengan konsep ramah lingkungan. Bahkan bidang pekerjaan dengan konsep ini akan jauh lebih maju dan bertahan. Tak salah jika karir Green Jobs memang menjanjikan bagi masa depan.

Berikut beberapa contoh profesi Green Jobs yang bisa dipilih kaum milenial untuk mengembangkan diri, berkarir, sekaligusa dapat berkontribusi pada negara dan lingkungan:

  1. Urban farmer

  2. Ecopreneur

  3. Eco design architect

  4. Teknisi dan peneliti energi surya dan solar panel

  5. Urban planner

  6. Ahli hidrologi

  7. Teknisi mobil listrik

  8. Organic food preneur

  9. Waste management start up


Apa Keahlian yang Harus Dikuasi dalam Green Jobs?

Banyak yang bilang kemampuan akademik saja tidak cukup untuk dapat bersaing di dalam dunia kerja. Salah satu hal yang harus dikuasai adalah kemampuan soft skill. Apalagi Green Jobs juga terbuka luas bagi setiap orang dari berbagai latar belakang pendidikan. Persaingan dunia kerja pun makin ketat, karena generasi milenial biasanya selalu punya hal yang berbeda. Jadi apa yang dibutuhkan dalam Green Jobs?


skill-untuk-green-jobs

  1. setidaknya para generasi masa kini harus punya rasa ingin tahu, karena dari sinilah bermula berbagai ide, kreativitas, dan inovasi.

  2. Kemampuan beradaptasi terhadap segala perubahan

  3. Jiwa kepemimpinan

  4. Penguasaan teknologi

  5. Public peaking, networking, dan emotional iintelligence

Mengapa Green Jobs Bisa Menjadi Karir Menjanjikan Di Massa Depan Bagi Milenial?

Perubahan iklim berdampak pada perubahan arah industri dan sektor pekerjaan. Hal ini pun makin terlihat dengan munculnya pandemi Covid-19, dimana banyak negara mulai meninggalkan konsep ekonomi intensif karbon menuju ekonomi hijau. Sejalan dengan ini, maka lapangan kerja berbasis ramah lingkungan akan banyak tercipta dan dibutuhkan.


green-jobs-dan-perubahan-iklim
Perubahan iklim memicu perubahan industri & infrastruktur
Source: materi slide coaction Indonesia



Indonesia pun telah berkomitmen untuk terus mengkampanyekan Green Jobs, seiring dengan target Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca 29% - 41% pada 2025. Hal ini juga telah dinyatakan oleh Kementerian Energi dan Mineral beserta Kementerian Lingkungan Hidup terkait target “Clean and Green Environment.”

Iklim Berubah, Industri Berubah

Dalam seminar yang saya ikuti beberapa hari lalu bersama Koaksi Indonesia bekerja sama dengan Komunitas ISB, adanyanya teknologi yang makin berkembang berdampak pada naik dan turunnya beberapa pekerjaan. Industri 4.0 menjadi faktor pendorong signifikan terhadap perubahan industri.

 

bidang-kerja-green-jobs
Beberapa pekerjaan yang akan naik dan turun seiring perubahan industri
Source: Materi Coaction Indonesia

Di Amerika perusahaan start up yang berorientasi dan bergerak di bidang clean energy, memberikan pengaruh besar pada perekonomian. Nah, Indonesia yang dilimpahi kekayaan alam dan keanekaragaman hayati merupakan peluang besar bagi anak muda untuk mengembangkan Green Jobs bagi masa depan. Apalagi tren anak muda saat ini menunjukkan bahwa banyak dari mereka yang tertarik menggeluti dan terlibat dalam bidang pekerjaan ramah lingkungan. 

Jika potensi tersebut dapat dikembangkan dengan baik, maka kelak akan membawa perubahan besar pada sektor ekonomi. Sehingga hal ini dapat memperluas kesempatan kerja serta mengurangi angka pengangguran. 

Hal yang paling penting dengan melihat kondisi iklim serta berbagai masalah terkait lingkungan, maka sudah jelas bahwa bumi ini sangat membutuhkan peran kita semua. Pemerintah juga telah mengagendakan berbagai program dan kebijakan untuk melestarikan lingkungan. 

Selain itu, negara di dunia sangat menyandarkan harapan pada Indonesia, mengingat bahwa Indonesia adalah paru-paru dunia. Secara otomatis, akan banyak sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam berbagai posisi, untuk dapat merealisasikan upaya dan program pelestarian lingkungan. Terutama untuk sektor energi baru dan terbarukan di Indonesia.

 

peluang-green-jobs-di-indonesia
Peluang Green Jobs di Indonesia
Source: Materi Coaction Indonesia

Untuk menggerakkan perekonomian yang ramah lingkungan, maka negara di dunia pun akan banyak yang memanfaatkan energi baru dan terbarukan ini. Sehingga peluang bagi pekerja ramah lingkungan akan terbuka lebar. Dengan begitu, Green Jobs akan memberikan kesempatan pada generasi muda Indonesia untuk menjadi produsen energi. Pada akhirnya Indonesia pun akan lebih mandiri nantinya. 

Apa Kontribusiku?

Aku sangat sedih melihat bumi yang makin kritis. Bencana dimana-mana. Krisis iklim dan makin buruknya kualitas lingkungan. Karena itu aku telah berkomiten untuk tidak menjadi bagian yang makin memperparah kondisi ini. 

Sampai saat ini aku telah membiasakan diri untuk memilah sampah, agar sampah tidak semua dikirim ke TPA. Sampah yang masih bisa dimanfaatkan akan diberikan pada pemulung yang lewat. Selain itu aku pun berusaha diet kantung plastik dan lebih banyak memakai barang yang ramah lingkungan. Dalam pengurangan efek GRK, aku juga membiasakan untuk mematikan lampu atau perangkat elektronik yang tidak sedang dipakai, dan menggunaka lampu hemat daya.

Itulah bentuk Green Jobs dan dukungan yang kulakukan untuk melestarikan dan merawat alam. Mari kita mulai dari diri kita untuk menjaga keberlangsungan bumi. Apapun bentuk kontribusi kita, pasti akan membawa dapak nantinya. 


Referensi: 

Materi Coaction Indonesia

https:www.greenpeace.org

Posting Komentar

  1. Saya menebak bahwa peluang karir di bidang green jobs juga cukup baik mengingat bnyk permasalahan lingkungan dewasa ini. Thanks artikelnya kak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, makanya akupyn sangat antusias juga mau pilih berkarir di green jobs. Semoga aku bisa

      Hapus
  2. Yup, aku suka produk The Body Shop karena dia merupakan brand yang mengedepankan lingkungan dan bumi selain tentang beauty. Indonesia juga punya Sensatia Botanicals yang menciptakan produk natural dan ramah lingkungan. sekarang banyak brand lokal yang berusaha untuk lebih 'green', dibandingkan sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya kak, aku juga salut banget nih dengan brand lokal kita. Sudah banyak yang peduli lingkungan dlm usahanya. Semoga brand lokal maju ya

      Hapus
  3. Keren ya kalau berkarirdi bidang green jobs
    Selain bagus untuk peningkatan kesejahteraan, juga sekaligus menjaga bumi yang sehat
    Harapn aku semoga makin banyak anak muda yang memilih profesi green job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Aku juga berharap makin banyak anak muda paham ttg green jobs dan tertarik di green jobs

      Hapus
  4. Semakin kesini kita memang butuh merubah banyak hal dan kebiasan untuk menjag kelestarian alam. Salah satunya dengan memilih green jobs ini. Informasinya lengkap banget kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Kita doakan semoga green jobs ini jadi pilihan anak muda berkarir ya. Aamiin

      Hapus
  5. saya selalu memerhatikan isu-isu terkait lingkungan, walaupun belum bisa terjun dalam dunia kerja yang berkaitan dengan green jobs, saya selalu berusaha akan apa yang saya lakukan tetap ramah terhadap lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, sayapun juga masih memulai dari diri sendiri untuk berkontribusi pada bumi.

      Hapus
  6. Meski belum seberapa hal yang tisa kita lakukan, setidaknya dengan tidak memperparah keadaan terkait rusaknya lingkungan sudah akan membantu ya...Hal kecil di keseharian demi kualitas leingkungan yang lebih baik
    Apalagi jika serius bergelut di ranah pekerjaan yang termasuk green jobs ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Dian. InsyaAllah hal kecil bisa turut berperan pada perbaikan lingkungan ys

      Hapus
  7. Banyak juga ya yang termasuk profesi di dalam green job. perlu dikembangkan ini karena berpengaruh pada kelestarian bumi.

    BalasHapus
  8. aku baru tau juga ada istilah green job dan ternyata cukup banyak juga bidangnya ya
    nggak pernah terpikir juga bayangan kerjaan di bidang ini

    BalasHapus
  9. Green job merupakan salah satu profesi menjanjikan di masa akan datang saya yakin banyak yang ikut ini untuk melestarikan bumi tercinta ini

    BalasHapus

 
Top