0

 

Acara  Sundance Film Festival: Asia 2022 telah menjadi wadah bagi para filmmakers dalam menampilkan karya terbaik mereka. Kini event yang diadakan oleh Sundance Institute dan XRM Media dengan didukung oleh IDN Media ini akan digelar secara offline.


sundance-film-festival-2022

Sundance Film Festival: Asia 2022 yang digelar secara offline ini akan  dilangsungkan pada 25-28 Agustus 2022 mendatang di Jakarta. Tentunya hal ini menjadi kabar gembira bagi para penikmat film pendek dan karya sineas muda berbakat.


Dengan konsep offline ini, maka penonton pun akan bisa hadir menikmat pemutaran film, menyaksikan diskusi panel, hingga berbagai rangkaian acara menarik lainnya yang dirancang spesial bagi penikmat film pendek dan audiens Indonesia. 


Sundance Film Festival merupakan sebuah festival film independen paling besar di Amerika Serikat yang diadakan oleh Sundance Institute.


Sundance Institute merupakan organisasi non profit yang didirikan oleh aktor Robert Redford pada 1981. Organisasi ini berkomitmen dalam pertumbuhan seniman independen, di mana banyak mendukung pembuat film independen, seniman teater, dan komposeer dari seluruh dunia.


Program yang digelar merupakan program yang dibuat untuk memperkenalkan penonton pada karya baru seniman dibantu oleh Lab institute, program hibah, dan mentorship di Amerika dan negara lainnya.


Tahun lalu, acara Sundance Film Festival berhasil mendulang sukses. Ada banyak karya terbaik yang ditampilkan. Oleh karena itu, untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2022 yang disponsori oleh Argo, platform streaming dengan misi mengubah cara masyarakat menonton, membagikan, dan mengeksplorasi konten film ini kembali digelar. 


“Tak berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu, kami terus mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia,” ujar Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival. 


“Tahun lalu, kompetisi film yang kami adakan berjalan sangat sukses. Kami sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan, 10 karya terbaik di kami tampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Kami antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini,” lanjutnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Festival Director Sundance Film Festival, Tabitha Jackson terkait event ini.


“Kami sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia,” kata Tabitha.


Sementara itu, Chief Operating Officer IDN Media William Utomo mengatakan, “Kami sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film.”


Inilah kesempatan baik bagi para filmmaker untuk menunjukkan karya terbaiknya. Bagi yang ingin mengikuti Short Film Competition dari Sundance Film Festival: Asia 2022 ini, kamu bisa mendaftarkan film pendek genre apapun yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020 dengan durasi 3-20 menit. 


Untuk pendaftarannya, telah dibuka sejak 18 April hingga 31 Mei 2022 yang diperuntukkan bagi untuk Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri.


sundance-film-festival-2022

Deretan Dewan Juri yang Terlibat dalam Mengkurasi Karya Peserta


Dewan juri yang akan bertugas mengkurasi fim pendek seluruh filmmakers yang mengikuti ajang ini merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo.


Selain menilai  karya peserta, para dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah 2.000 dolar AS yang disponsori oleh Argo. 


Berikut nama para dewan juri yang terlibat:


Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival

Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 

Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival

Susanti Dewi, Head of IDN Pictures

Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo


Sebagai informasi, film pendek yang nantinya terlpilih sebagai pemenang akan berkesempatan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 pada Agustus mendatang.


Tak hanya itu, film pendek tersebut juga akan didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung serta berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.


Don’t take it so long! Ayo segera daftarkan diri bagi kamu yang punya karya film pendek pada event bergengsi ini. Kamu bisa daftarkan diri dan cek informasi lengkapnya di situs website https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau di https://filmfreeway.com/SundanceAsia.


Tentang XRM Media


XRM Media merupakan perusahaan hiburan dan teknologi yang didedikasikan guna mendukung, memproduksi, dan mendanai konten multikultural bersama dengan mitra globalnya. 


Melalui pendekatan yang bersifat inkonvensional, XRM Media memanfaatkan portofolio investasi sekaligus mengambil risiko pada prospek yang anggap menjanjikan. 


Itulah mengapa XRM Media menjadi media anti-mainstream yang mampu menghubungkan audiens global melalui cerita yang resonan dan punya berpengaruh kuat.


Tentang IDN Media


IDN Media merupakan sebuah perusahaan media platform bagi Millennial dan Gen Z di Indonesia. Media ini punya lebih dari 70 juta Monthly Active Users (MAU). Visi perusahaannya adalah mendemokratisasi berbaai informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.


Tentang Argo


Argo adalah sebuah platform streaming yang punya komitmen untuk membangun komunitas, menghubungkan para pembuat film dengan penontonnya, dan menampilkan semua jenis film pendek yang dikurasi ke dalam playlist bertema dari seluruh penjuru dunia.


Argo menjamin hak-hak komersial para pembuat film. Melalui sistem bagi hasil, Argo bertujuan untuk memastikan bahwa para pembuat film bisa memiliki kesempatan untuk sungguh-sungguh menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan juga menginspirasi film-film independen yang baru. 


Demikian informasi mengenai ajang film pendek bergengsi Sundance Film Festival: Asia 2022. Semangat terus ciptakan karya terbaik versimu dan berkompetisilah dengan sehat. Sukses selalu para filmmakers Indonesia.


Posting Komentar

 
Top