2

Source: www.tamanbotanisukorambi.com

7 Hal Menarik yang Harus Kulakukan Saat ke Taman Botani Sukorambi – Bagiku travelling itu bukan hanya sekadar kegiatan jalan-jalan seru untuk memanjakan diri, setelah disibukkan dengan rutinitas padat yang cukup melelahkan jiwa dan pikiran. Tetapi travelling adalah saat dimana aku punya kesempatan untuk menjejakkan kaki di berbagai lokasi, mempelajari kebudayaan, keberagaman, keunikan, dan tentunya menikmati keindahan alam yang Allah hadirkan, baik alami maupun buah kreativitas manusia.

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata menarik, yang terbentang dari ujung Pulau Sumatra hingga ke Pulau Irian Jaya. Salah satunya adalah provinsi Jawa Timur, yang cukup banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat musim liburan tiba. Nah kebetulan sekali aku belum pernah menjejakkan kaki di provinsi ini. Rasa penasaran pun menggerakkan jemari untuk menelusuri berbagai informasi destinasi wisata di Jawa Timur. Hingga sampailah pada salah satu destinasi wisata Jember, yang langsung menarik perhatianku, yaitu Taman Botani Sukorambi Jember.

Taman? Ah pasti tidak ada bedanya dengan taman-taman pada umumnya. Mungkin sobat Jejak akan berpikiran seperti itu saat mendengar nama objek wisata di kota yang dikenal sebagai kota suwar-suwir ini. Tetapi setelah aku membaca banyak referensi, ternyata Taman Botani Sukorambi ini memiliki keistimewaan tersendiri. Objek wisata yang terletak di jalan Mujahir, Sukorambi, Jawa Timur ini tidak hanya menawarkan wisatawan dengan keindahan tempat sebagai sarana rekreasi. Tetapi Taman Botani Sukorambi juga merupakan sebuah taman edukasi, yang dapat memberikan pengunjung pengalaman liburan yang istimewa.

Dengan konsep yang menarik itulah Taman Botani Sukorambi ini layak menjadi daftar destinasi wisata Jember yang harus kukunjungi saat liburan berikutnya. Ada banyak hal yang dapat menambah pengalaman berharga liburan jika aku berwisata ke tempat ini. Apalagi aku memang termasuk petualang yang suka mengeksplor setiap tempat yang dikunjungi. Lantas apa yang akan aku lakukan ketika akan berkunjung ke Taman Botani Sukorambi? Dari informasi yang kuperoleh tentang objek wisata ini, maka ada 7 hal menarik yang akan kulakukan di taman rekreasi dan edukasi ini.




7 Hal Menarik Untuk Dilakukan Ketika ke Taman Botani Sukorambi

1.      Berenang
Sebagai pecinta air, tentunya area kolam renang yang ada di Taman Botani Sukorambi ini akan menjadi salah satu aktivitas menyenangkan untuk dilakukan saat berkunjung ke sini. Terlebih kolam renang di taman ini juga di desain menarik, yang menghadirkan nuansa alam di sekitarnya. Terdapat banyak pepohonan hijau yang menyejukkan pandangan mengeliligi area kolam. Tak hanya itu, adanya semburan air dari dasar kolamnya akan membuat aktivitas berenang di Taman Botani Sukorambi ini semakin seru.



Source: www.tamanbotanisukorambi.com

Menurut informasi yang kudapatkan, ada empat kolam renang di Taman Botani Sukorambi dengan tingkat kedalaman berbeda sesuai usia. Nah, bagi anak-anak, ada kolam renang berwarna-warni, yaitu kolam pelangi yang pastinya akan membuat anak-anak senang berenang di sini. Wah cocok sekali jika aku mengajak seluruh keluarga untuk berwisata ke sini.

2.      Mengenal Aneka Satwa
Melihat aktivitas aneka satwa dan bisa berjarak lebih dekat dengan mereka merupakan hal yang menyenangkan. Tingkah laku mereka adalah salah satu wujud kebahagiaan tersendiri bagiku. Di Taman Botani Sukorambi ini terdapat sebuah wahana untuk menyaksikan aktivitas aneka kelinci, yaitu Bunny and Friend Village (Kampung Kelinci). Wah pasti lucu-lucu sekali kelinci di sini. Tidak sabar rasanya ingin bercengkerama dengan hewan lucu ini.


Source: www.tamanbotanisukorambi.com

Selain Kampung Kelinci, Taman Botani Sukorambi juga memiliki beberapa koleksi satwa lainnya seperti ayam kalkun, ayam mutiara, angsa, merak, kuda, jalak kerbau, dan rusa.

3.      Belajar Teknik Hidroponik
Aku selalu penasaran dengan penanaman secara hidroponik. Pernah mencoba tapi tidak sukses. Nah kebetulan sekali di Taman Botani Sukorambi ini ada wahana Kebun Edukasi Hidroponik, yang memfasilitasi para pengunjung untuk lebih memahami bagaimana cara bercocok tanam dengan sistem hidroponik, mulai dari cara menanam, perawatan, hingga saat akan memanennya.

Jadi tidak akan aku sia-siakan kesempatan baik untuk mengenal teknik hidroponik di Taman Botani Sukorambi. Aku bisa berwisata sambil belajar, dengan pakar hidroponik yang ditunjuk oleh pihak Taman Botani Sukorambi. InsyaAllah sepulang berwisata aku akan lebih mudah dan berhasil mengeksekusi cara penanaman hidroponik.

4.      Naik ke Rumah Pohon
Aku sudah bisa membayangkan betapa sejuknya saat berada di rumah pohon yang ada di Taman Botani Sukorambi. Sambil menikmati kesejukkan alam, tentunya aku juga bisa menikmati keindahan sekitar area wisata ini dengan pandangan terluas dari ketinggian. Pasti sungguh menakjubkan bisa melihat Taman Botani Sukorambi dari atas rumah pohon.


Source: www.tamanbotanisukorambi.com

5.      Fotografi
Berfoto atau mengambil foto adalah aktivitas wajib saat bepergian ke suatu tempat. Terlebih ke Taman Botani Sukorambi, yang memiliki banyak spot instagramable bagi pengunjung. Mengabadikan setiap momen dalam jepretan kamera akan menjadi sangat menyenangkan tentunya. Salah satu yang paling diminati para pengunjung yaitu spot payung gantung berwarna-warni.

6.      Flying Fox
Flying fox adalah salah satu wahana menantang adrenalin yang cukup menarik. Aku ingin saat berkunjung ke Taman Botani Sukorambi bisa menikmati wahana ini. Pasti sensasi meluncur di ketinggian melewati atas kolam taman yang indah itu akan sangat menyenangkan dan penuh keseruan.

7.      Berkuda
Berkelilingi menikmati keindahan alam Taman Botani Sukorambi dengan menunggang kuda wajib kucoba. Karena sensasinya pasti lebih seru disbanding naik kendaraan atau jalan kaki. Sambil berkuda aku bisa menjelajah melihat aneka tanaman, satwa, dan berbagai keindahan yang ada di taman ini. Terlebih tarifnya juga sangat murah, yaitu Rp10.000.

Itulah 7 hal menarik yang harus kulakukan saat ke Taman Botani Sukorambi. Selain ketujuh hal di atas, di taman ini masih terdapat banyak wahana yang bisa sobat Jejak lakukan, seperti berkunjung ke taman baca, kebun bunga, kebun herbal, wahana air lainnya, atau bagi sobat yang ingin suasana agak pribadi, bisa menyewa Muslimah Private Area untuk menikmati liburan di Taman Botani Sukorambi. Selain itu di sini kita juga bisa menikmati aneka kuliner lezat khas Jember yang pastinya tak bisa ditolak oleh indra perasa. Bagaimana? Seru bukan destinasi wisata Jember yang satu ini. Itulah mengapa Jember Makin Rame setiap tahunnya oleh kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Nah bagi sobat Jejak yang ingin berkunjung juga ke Taman Botani Sukorambi, sebaiknya hindari hari Jum’at. Karena di hari itu tempat wisata yang buka mulai dari pukul 07:00-16:00 wib ini tutup. Untuk tiket masuknya sangat murah, yakni Rp12.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Cukup murah sekali untuk bisa menikmati berbagai fasilitas dan keindahan di Taman Botani Sukorambi.





Posting Komentar

Make Up Simple Natural Untuk Momen Lebaran

Hari raya Idul Fitri (Lebaran) akan tiba sebentar lagi. Di hari yang fitri ini biasanya keluarga besar akan ramai berkumpul. Setiap Musl...

 
Top