0

Berkomunikasi produktif tidak hanya tentang kemampuan mengolah kata-kata positif dan baik dalam hal pemilihan kata yang tepat. Tetapi komunikasi produktif itu juga harus jelas terkait apa yang sedang dibahas. Salah satunya ketika kita memberikan pujian atau kritik terhadap lawan bicara. Mungkin selama ini tanpa kita sadari bahwa kalimat pujian atau pun kritikan kita adalah sebuah ungkapan yang tidak produktif. Mengapa? Karena kita cenderung berfokus pada apa yang sudah terjadi atau dicapai sedeorang. 
Sebagai contohnya: "Alhamdulillah, kamu hebat banget. Selamat ya

Dalam kalimat tersebut mengandung ungkapan tidak produktif. Karena kalimat yang keluar tidak memberikan kejelasan tentang hal apa yang dipuji. Dalam komunikasi produktif, seseorang akan memberikan pernyataan yang jelas terkait apa yang dipuji. Jadi tidak hanya sekadar memuji. Namun harus jelas perbuatan, sikap, atau tingkah laku apa yang dipuji. Kalimat diatas akan mengandung komunikasi produktif jika diubah dengan kalimat, "Alhamdulillah. Cara kamu membawakan pidato ilmiah tadi sangat bagus. Pidato kamu hebat. Selamat ya."

Hari ini aku memuji adikku karena ia telah mampu menaklukkan kebiasaan kurang baiknya saat shopping. Boros. 
"Uni seneng Iza sudah bisa mengontrol diri waktu kita shopping tadi. Sudah nggak mudah tergoda lagi dengan iming-iming diskon. Semoga istiqomah ya, Za." Aku memujinya sepulang having fun together.
"Kan kata Uni beli barang itu karena kita butuh, bukan karena ingin ... hehehe. Jawabnya.

Honestly, I'm so happy to hear that. Aku senang karena perlahan adikku sudah mulai bisa menguasai diri untuk memprioritaskan unsur butuh dibanding rasa ingin saat berbelanja. Alhamdulillah. Komunikasi hari ini pun terjalin menyenangkan. Kami berdua benar-benar terlihat bersemangat dam cheerful saat membahasnya. Terima kasih Za, because you show me a good progress. Dan terima kasih karena membuat hari ini fun banget. Terima kasih atas apreciate jempol diiringi senyum tulus saat komunikasi tadi. All thanks to Allah. 

#Hari4
#GameLevel1
#Tantangan10H
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top