2

Tanpa terasa Ramadhan telah semakin dekat dengan penghujungnya. Tibalah saatnya untuk berpisah dengan sang bulan mulia. Ya Allah begitu cepat waktu berlalu. Rasanya diri ini masih tidak percaya bahwa sang Ramadhan yang penuh naungan rahmat serta berkah-Mu akan segera berlalu. Sungguh sedih hati ini mendapatkan Ramadhan akan segera meninggalkan kami semua umat Muslim. Ya, tentunya bagi setiap Muslim yang di hatinya ada iman, pasti momen perpisahan ini adalah sebuah kesedihan. Tetesan air mata pasti meluncur tanpa perintah di saat mengetahui bahwa Ramadhan akan segera pergi. 

Ya Rabb apakah diri ini masih pantas bersuka cita menyambut hari kemenangan, hari raya Idul Fitri. Sedangkan aku masih bimbang apakah amaliyah Ramadhanku telah cukup sempurna atau tidak. Apakah semua amalanku di bulan suci seperti sholat (wajib dan sunnah), puasa, sedekah, tilawah, dan amalan sholih lainnya layak mendapat rahmat-Mu? Ya Rabb, ampunilah segala kekurangan hamba. 

Ya Allah ya Rabbi, sungguh hamba tidak ingin amaliyah Ramadhan itu sia-sia. Namun terkadang hamba masih sulit mengalahkan emosi tatkala diuji lewat mereka yang berusaha mengganggu. Meskipun pada akhirnya hamba mampu meredamnya. Ya Rabb yang maha pengasih lagi maha penyayang, hamba tidak ingin ibadah Ramadhan ini seperti apa yang dilukiskan Rasulullah SAW, berpuasa tapi tidak mendapat apa-apa kecuali rasa lapar, haus dan lelah saja. 

Ya Allah yang maha agung, hamba hanyalah manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, dan hamba sadar tiada tempat berharap yang paling baik selain bersandar hanya pada-Mu. Karena Engkaulah Sang Maha Pengabul segala harap dan doa setiap hamba-Mu yang meminta. Engkau tidak pernah ingkar dengan janji-janji-Mu. Karena itu ya Rabb, di penghujung Ramadhan ini hanya do'alah yang mampu kupanjatkan.

Ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, hamba sangat berharap, janganlah Engkau jadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terakhir bagi hamba. Berilah hamba kesempatan untuk bertemu dengannya kembali, dalam keadaan terbaik. Seandainya masih ada dosa dan khilaf yang belum terampuni, maka ampunilah ya Rabb. Bebaskanlah hamba kelak dari pedihnya siksa neraka. Teguhkanlah hati hamba untuk terus istiqomah dalam ketaatan yang semakin meningkat meskipun Ramadhan telah berlalu. Jangan Kau biarkan hamba hidup dengan kesia-siaan. 

Ya Rabb hamba sangat berharap Engkau menerima segala amal ibadah hamba walaupun banyak kurangnya. Jadikanlah amalan hamba pemberat amalan baik kelak di hari perhitungan. Ya Rabb, penuhilah hidup hamba dengan rahmat-Mu. Semoga perpisahan dengan Ramadhan ini bukan untuk selamanya. Semoga hamba bertemu kembali dengan Ramadhan dalam keadaan paling baik. Aamiin yaa mujiibas saailiin. 

Aku akan selalu merindukan kedatanganmu, wahai sang Ramadhan Mulia. 


Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top