0

Ramadhan adalah salah satu nikmat terbesar yang Allah berikan bagi hamba-hamba-Nya. Berkesempatan berjumpa kembali dengan bulan suci ini merupakan sebuah anugerah luar biasa. Karena itu artinya kita masih diberi kesempatan untuk meraih kebaikan-kebaikan serta keistimewaan yang disajikan Ramadhan. Dan sajian tersebutlah yang nanti akan menjadi pundi-pundi bekal di akhirat kelak. Namun hal ini tentu saja harus disertai dengan niat ikhlas hanya karena Allah semata.

Menjakankan puasa tentu aksn sedikit mengubah jadwal dan kebiasaan harian. Tapi bukan berarti puasa membuat kita melakukan aktivitas yang biasanya maksimal jadi setengah-setengah, atau malah tidak dilakukan. Karena tak jarang masih ada yang terlihat seolah puasa jadi alasan untuk tidak produktif seperti biasanya. Misalnya dengan mengatakan, "Aku sedang puasa. Lemas sekali. Jadi malas mau melakukan sesuatu." Atau "Aku sedang berpuasa, malas mau kemana-mana."

Sobat, puasa tidak seharusnya menjadikan kita pribadi lemah dan malas, hanya karena sedang menunda waktu makan dan minum. Produktivitas tidak ditentukan oleh puasa atau tidaknya kita. Ada banyak aktivitas positif yang bisa dilakukan untuk mengisi bulan Ramadhan. Sehingga puasa yang kita jalani pun bukan sekadar perkara menahan lapar dan haus saja. Jadikan bulan puasa sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri baik ketaatan maupun hal positif lainnya.

Kegiatan Positif Selama Ramadhan

1. Tilawah Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah mukjizat paling agung yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai kitab suci paling mulia, Al-Qur'an menyimpan banyak sekali berkah dan rahmat yang akan terus mengalir bagi siapapun yang hatinya selalu dekat dengan Al-Qur'an. Bahkan tiap hurufnya memiliki nilai kebaikan luar bisa.

Dari Abdullah bin Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca satu huruf Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Namun aluf satu,lam satu, mim satu." (HR. At-Tirmidzi)


Membaca Al-Qur'an adalah wajib. Maka hendaknya kalam Allah ini bisa menjadi sebuah kebutuhan yang tak pernah terlewatkan. Terutama di bulan Ramadhan, dimana segala amal ibadah akan dibalas pahal berlipat oleh Allah tabarokallah. Tidak hanya itu, membersamai Al-Qur'an akan membuat kita lebih dekat dengan Allah, serta hati lebih tenang. Dan kelak Al-Qur'an akan menjadi salah satu sahabat sejati yang akan menolong kita dengan syafaatnya. 

Diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahili ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Qur'an. Sebab ia akan datang sebagai pemberi syafaat pada pengembannya kelak di hari kiamat." (HR. Muslim)

2. Membaca Buku Bermanfaat

Membaca merupakan kegiatan positif dengan segudang manfaat. Dengan membaca, maka pikiran kita akan terbuka dan otak pun menjadi lebih produktif. Pilihlah buku-buku bacaan yang akan meningkatkan kemampuan berpikir dan menambah pengetahuan bernilai. 


Sobat bisa tentukan buku bertema apa yang ingin diselesaikan selama Ramadhan. Misalnya program satu buku satu pekan tentang kisah teladan para Nabi dan sahabatnya. Atau juga buku-buku yang membahas tentang Islam dan hal terkait lainnya. Buku yang baik adalah buku yang memiliki nutrisi baik bagi otak. 

3. Meringankan Kaki Ke Majelis Ilmu

Menuntut ilmu merupakan hal yang wajib. Terlebih jika hal itu berkaitan dengan ilmu agama. Nah, di bulan Ramadhan ini sangat bertabur dengan berbagai kegiatan seminar keagamaan atau pun kajian-kajian para ustadz dan ustadzah. Inilah kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang ilmu agama, yaitu dengan mendatangi kajian-kajian ilmu di masjid-masjid atau tempat khusus. Dari pada waktu menunggu berbuka dihabiskan dengan tidur, nonton televisi, atau hang out bersama teman, lebih baik penuhi hak hati untuk lebih mengenal Dien Islam secara kaffah. Selain itu, sobat juga akan mendapat banyak berkah jika berniat menuntut ilmu karena Allah semata. Karena majelis ilmu itu dinaungi malaikat. 



Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian melewati taman surga hendaklah duduk di situ. Istirahatlah di situ. Para sahabat pun bertanya, " Ya Rasul, apakah taman surga itu? Rasulullah SAW menjawab, "majelis ilmu." Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Barangsiapa yang duduk bersama para ulama, maka dia duduk bersamaku. Dan barangsiapa yang duduk bersamaku, seakan-akan dia duduk bersama Allah." ( HR. At-Tabrani)

4. Berbagi dan Mempererat Ukhuwah

Kegiatan positif lainnya untuk mengisi waktu Ramadhan adalah dengan berkumpul bersama dalam kebermanfaatan. Misalnya saling berbagi ilmu atau mengadakan kegiatsn sosial yang sangat bermanfaat bagi orang banyak. Kumpul bersama ini juga akan semakin mempererat ukhuwah Islamiyah.


5. Menulis

Menulis merupakan salah satu media efektif untuk menyuarakan ide dan mengabadikan ilmu. Karenanya tulislah segala yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang. Nah momen Ramadhan ini juga sangat baik dimanfaatkan untuk menebar kebaikan melalui karya tulis. Jadi teruslah menulis. Meskipun tulisan itu mungkin tidak dibaca banyak orang atau mendapat like ribuan, tetapi percayalah bahwa apa yang sobat tulis akan menemukan penggemarnya kelak. Jadi teruslah menulis untuk kebaikan. 

Jadikan momentum Ramadhan untuk melakukan berbagai aktivitas bermanfaat. Karena Ramadhan hadir untuk menjadikan diri kita sebagai pribadi lebih baik. Bukan yang mudah menyerah karena sedang menahan lapar dan haus. 







Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top