2

Sebentar lagi seluruh umat Muslim di seluruh penjuru dunia akan segera merayakan hari kemenangan, yaitu hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. Di hari yang fitri ini semuanya memamcarkan nuansa penuh suka cita. Berbagai ekspresi menyatakan kebahagiaan pun terasa dimana-mana. Nah salah satu wujud keistimewaan hari raya Idul Fitri adalah tersajinya berbagai hidangan lezat. Bahkan beberapa makanan memang hanya hadir saat hari raya tiba saja. Jadi benar-benar hari yang spesial bagi umat Muslim.

Biasanya umat Muslim akan menghidangkan berbagai santapan khas Lebaran di rumah-rumah mereka untuk menjamu tamu yang hadir. Mulai dari aneka kuliner sampai aneka kue lebaran yang nikmat. Hmmm...aku jadi tidak sabar ingin segera mencicipi hidangan khas Lebaran ini. Terlebih di lini media sosial aneka kue khas Lebaran sudah mulai berseliweran dengan bentuk yang cantik-cantik. 

Di keluarga besarku kue Lebaran yang tidak pernah absen menemani perayaan hari raya adalah kue tusuk gigi dan kue kacang tujin (sebutan kue kacang bawang bagi orang Minang). Dua jenis kue ini kami selalu membuatnya sendiri. Karena rasanya memang beda dengan buatan orang lain. Bahkan para tamu yang bersilahturahmi ke rumah mengakui bahwa dua jenis kue tersebut memiliki cita rasa lebih nikmat. Afwan sobat, bukan sombong ya. Tapi itu memang berdasarkan testimoni para tamu di rumah kami. Bahkan saudara yang datang kerap minta dibungkus kue tusuk gigi untuk dibawa pulang. Padahal mereka juga membuat kue yang sama. Kalau sobat mau merasakan nikmatnya kue tusuk gigi buatan keluargaku, yuk ditunggu silahturahminya di rumah🙂


Aku pun merasa bahwa kue tusuk gigi keluargaku punya cita rasa khas tersendiri. Karenanya kue ini wajib ada sebagai kue Lebaran. Dan aku tidak pernah bosan menikmatinya. Terkadang aku tidak sadar jika sudah menyantap banyak...hehehe.

Untuk kue seperti nastar, kastenggel, putri salju, atau pun kue basah dan kering lainnya, keluargaku lebih suka membeli. Karena yang pertama kami disibukkan urusan pekerjaan yang cukup menyita waktu. Jika pun ada waktu, rasanya enggan kalau harus berkutat membuat kue. Pastinya juga lelah. 


Biasanya kami beli jenis kue Lebaran yang kira-kira diminati banyak orang. Karena ada rasa puas dan bahagia, saat kita menyaksikan para tamu yang hadir suka dengan hidangan yang kita sajikan. Namun untuk Lebaran tahun ini kami tidak membeli kue nastar seperti biasanya. Karena aku ingin kue lain, yaitu kue kacang mente. Kue yang bertopping potongan coklat dan kacang mente ini merupakan salah satu kue favorit aku. Rasa kue ini nikmat, lembut, dan tidak membuat eneg. 

Itulah kue khas Lebaran favorit keluarga besarku. Nah kalau sobat Jejak jenis kue Lebaran apa yang paling disukai?

Posting Komentar

Zakat Sebagai Instrumen Potensial Membangun dan Memajukan Bangsa

Dok. Pribadi Zakat Sebagai Instrumen Potensial Membangun dan Memajukan Bangsa – Sebagai seorang Muslim, tentu kita semua sudah sangat ...

 
Top