14

 

“Menabunglah untuk mencapai semua keinginan-keinginanmu di masa mendatang”

Sebait kalimat itu hingga kini menjadi motivasi buatku untuk senantiasa menyisihkan sebagian penghasilan yang kudapat. Bahkan kegiatan menabung ini sudah mulai kulakukan sejak pertama kali menerima uang saku dari orang tua.



Kebetulan aku memang berasal dari keluarga sederhana, yang mengandalkan kerja keras agar bisa bertahan hidup. Itulah mengapa orangtuaku selalu mengajarkan untuk membiasakan hidup hemat sejak dini.

Hal ini dilakukan agar aku tidak bingung jika suatu saat membutuhkan dana mendesak. Terutama karena kami sadar, sebagai orang yang bukan keluarga konglomerat, tentu akan sangat sulit untuk meminjam atau meminta bantuan orang lain. Pasti akan selalu ada saja alasan klise untuk tidak memberi kami pinjaman.

Kejadian-kejadian seperti ini bahkan kami alami ketika meminjam kepada sanak saudara yang lebih mampu jauh di atas kami. Namun, hasilnya selalu nihil. Alasan mereka, sedang tidak ada uang atau uangnya akan dipakai untuk suatu keperluan.

Menikmati Hasil Tabungan untuk Pertama Kali

Sebuah pepatah bijak mengatakan, sedikit demi sedikit lama-lama menajdi bukit. Ya, aku akui pepatah ini memang ada benarnya. Karena aku pribadi pun telah merasakannya hingga kini. 

Aku memang tidak bisa menabung dalam jumlah besar, karena uang saku yang kudapat juga tidak besar. Namun, aku yakin bahwa suatu saat uang yang kusisihkan ini bisa bermanfaat bagiku kelak. 

Saat duduk di bangku kuliah, rata-rata semua teman sudah memiliki handphone. Bisa ditebak, hanya aku yang saat itu masih belum memiliki benda gepeng yang banyak digunakan untuk komunikasi tersebut. Dan ternyata, benda pipih itu sangat kubutuhkan saat itu dalam menjembatani beberapa aktivitas kampus dan hubungan dengan dosen dan teman-teman.

Akhirnya, kuutarakan kepada orangtua bahwa aku sedang butuh handphone. Untungnya, mereka pun mendukung untuk membelikannya. Sayang saat itu dana yang dimiliki orangtua belum cukup untuk memenuhi kebutuhanku, karena harus membayar uang sekolah adik-adik.

Alhamdulillah saat itu ketika aku mengecek jumlah tabungan yang kusimpan, sudah bisa untuk membeli sebuah handphone. Namun, kuputuskan untuk membeli yang second saja agar tabunganku tidak terkuras habis hanya untuk sebuah barang.

Menabung Lebih Cerdas dan Nyaman

Seiring waktu, terutama setelah mulai memasuki dunia kerja, jumlah uang yang bisa kutabung jadi lebih banyak dari sebelumnya. Alhamdulillah, akhirnya sekarang sudah punya penghasilan sendiri dan bahkan bisa membantu keluarga.

Namun, aku tidak bisa jika meneruskan cara menabung seperti dulu, di mana uang yang kusisihkan dimasukkan ke celengan kaleng. Aku butuh tempat menabung yang lebih nyaman, aman, dan terpecaya.

Setelah mencari tahu dan membaca beberapa referensi, aku pun tertarik dengan salah satu media menabung bernama Jenius. Awalnya agak ragu, karena jujur aku belum begitu memahami sistem menabung di sini, dan baru mengenal nama ini. 


caraku-siapkan-dana-bersama-jenius
Caraku siapkan dana dengan Aplikasi Menabung Jenius
Foto diambil dari laman jenius.com

Selama ini aku hanya tahu nama-nama bank milik negara atau bank yang sudah lama hadir di Indonesia. Kemungkinan lain karena selama ini aku pun tidak pernah berurusan dengan bank, jadi tidak tahu ada Jenius.

Mulailah aku mencari tahu lebih banyak tentang Jenius, yang ternyata bisa membantu mengakomodir segala kebutuhan finansial hingga bisa wujudkan impian dengan segala keunggulannya . 

Berikut beberapa poin yang membuatku memilih menabung di Jenius.

1. Biaya perbankan yang tidak membebani

Biasanya setiap bank itu ada kebijakan  biaya jika menabung, misalnya biaya administrasi, pembuatan kartu perdana, nominal setoran awal, dan jumlah nominal saldo minimum. 

Nah, yang membuatku sangat tertarik, untuk berlangganan akun jenius milik PT Bank BTPN ini ringan, hanya R10.000 per bulannya. 

Terlebih aku juga nggak perlu cemas masalah saldo awal dan saldo minimal. Karena Jenius siap menerima berapapun jumlah setoran yang kita miliki. Ini cocok banget denganku yang tidak bisa memberikan setoran awal dalam jumlah besar. 

2. Tidak ada biaya tambahan saat tarik tunai dan transfer 

Jenius memfasilitasi nasabahnya untuk tarik tunai gratis di semua ATM yang ditemukan. Wow, it’s amazing, right?  Tarik tunai gratis ini bisa dilakukan hingga 25 kali setiap bulan di ATM manapun. 

Apakah hanya itu? Ternyata di Jenius aku juga bisa transfer ke semua rekening tanpa biaya administrasi, yang bisa kulakukan maksimal 25 kali setiap bulannya. Ini nih yang menurutku solusi banget buat yang mau transfer beda bank. 

3. Dengan Jenius, segala transaksi jadi lebih mudah

Aku bisa melakukan banyak jenis transaksi hanya dengan menggunakan aplikasi Jenius. Selain itu, dengan Kartu Debit Jenius aku juga bisa menggunakannya ketika ingin melakukan metode pembayaran di mesin EDC. Bahkan Kartu Debit Jenius milikku juga bisa dipakai untuk pembayaran transaksi saat belanja online.


kartu-debit-jenius
Foto diambil dari laman jenius.com

4. Aplikasi yang memudahkan nasabah

Dengan aplikasi Jenius, aku bisa mengatur apapun tanpa perlu repot telepon sana-sini terlebih dahulu, mulai dari limit harian, berapa dana simpanan, hingga pemblokiran kartu.

5. Bertabur promo menarik 

Umumnya bank akan mengadakan promo di momen tertentu, misalnya saat hari ulang tahun atau hari besar lainnya. Nah, di Jenius promo bagi nasabahnya nggak perlu menunggu momen spesial atau hari-hari besar. Bahkan promo di Jenius ini ada setiap hari. Memanjakan nasabahnya banget si Jenius ini. 

Untuk info promo selengkapnya, bisa langsung cek sendiri di program EveryYay dari Jenius.

6. Lembaga resmi yang dijamin LPS

Jenius merupakan bagian dari lembaga BTPN yang diawasi Bank Indonesia (BI) dan terdaftar serta diawasi juga oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Selain itu, Jenius juga telah dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sebuah lembaga independen yang akan menjamin dana nasabah di suatu bank. Jadi, nggak perlu takut buat menabung di Jenius. Karena dana yang kita simpan pasti aman hingga kembali ke tangan kita saat dibutuhkan nanti.

Pakai Jenius Pasti Aman dengan adanya Berbagai Fitur Menarik Ini 

Aplikasi tabungan Jenius ini menurutku sangat cocok dijadikan tempat menabung yang nyaman, aman, dan terencana. Di sini ada beberapa produk tabungan unggulan, yaitu FLEXI SAVER, DREAM SAVER, dan MAXI SAVER dengan bunga yang cukup kompetitif.


produk-tabungan-unggulan-jenius
Foto diambil dari laman jenius.com

Nah, buat yang ingin menabung di Jenius, aku pastiin aplikasi tabungan ini sangat aman, lho. Hal ini sudah kusurvei dan mendengar penuturan dari beberapa teman yang sudah lebih dulu menggunakannya. Mereka sepakat mengatakan bahwa Jenius aman banget. 

Mengapa Jenius AMAN? 

Untuk bisa mengakses ke dalam Aplikasi Jenius serta melakukan berbagai transaksi, Apikasi Jenius aman banget karena dibutuhkan otentifikasi 2 tingkat. Jadi, hanya pemilik akun yang bisa mengaksesnya.

Selain itu, Jenius aman juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk memastikan keamanan transaksi dan penyimpanan data seperti :

- Menggunakan teknologi keamanan dan enkripsi data terkini yang memenuhi standar kelas dunia

- Menerapkan autentikasi berlapis ( PIN, Password, CVV, OTP ) untuk memastikan data hanya bisa diakses oleh pemilik akun

- Semua kegiatan finansial Jenius diawasi oleh Bank Indonesia ( BI ) dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )

Untuk lebih menjaga keamanan,  Jenius aman juga mengimbau para nasabahnya untuk  tidak memberikan 6 digit kode OTP ( One-Time Password ), PIN, Password, alamat e-mail, nama ibu kandung, dan nomor kartu Debit Jenius kepada siapapun,termasuk pihak yang mengatasnamakan Jenius.

Apakah hanya itu saja? 

Nah, Jenius ini sangat peduli dengan kemananan dan kenyamanan nasabah untuk menabung, yaitu dengan cara melakukan penutupan akses log in melalui website ( https://2secure.jenius.co.id/ ) dan pengkinian kebijakan unlink device.  

Selain itu Jenius juga meningkatkan efisiensi waktu proses unlink device melalui Jenius Help 1500365 menjadi 2 jam ( khusus dihari kerja pukul 08.00-17.00 WIB).

Dengan adanya berbagai fitur keamanan dan terlebih sudah terdaftar di OJK dan dijamin juga oleh LPS, maka aku rasa sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung dan mempercayakan dana masa depan di Jenius. 

Jenius Dream Saver

Aku memilih menabung di Jenius dengan membuka tabungan Dream Saver. Karena jenis tabungan ini sangat cocok bagiku yang punya banyak rencana pembelanjaan atau kebutuhan melalui jalan menabung secara berkala.

Dream Saver ini membantuku wujudkan banyak keinginan, mulai dari dana untuk traveling, membangun rumah, hingga dana pendidikan yang saat ini biayanya luar biasa. 

Hal yang membuatku memilih Dream Saver:

- Bunganya tetap berjalan meskipun Dream Saver ditunda sementara

- Tidak ada biaya pinalti

- Bunganya besar jadi uang tabungan lebih cepat bertambah

Demikianlah caraku mempersiapkan dana untuk wujudkan semua keinginan, mulai dari keinginan travelling, membangun rumah, hingga rencana pendidikan nanti. 

Posting Komentar

  1. Mau nabung tapi dapat bunga setara deposito? Ya ke Jenius aja dong. Flexi saver dan Dream Saver ini tabungan biasa di Jenius, tapi bunganya setara dengan bunga deposito

    BalasHapus
  2. Enak banget ya kak kalau mau beli barang, bisa beli pakai tabungan sediri. Rasanya beda, ada kepuasan dan rasa eman terhadap barang tersebut. Btw, Jenius memang banyak membantu menabung secara cerdas dan aman

    BalasHapus
  3. Nah kebetulan juga nih saya pakai Jenius. Memang lebih nyaman sih dalam menggunakan berbagai fitur nya. Apalagi setiap transaksi butuh konfirmasi PIN dan OTP. Agar transaksi nya lebih aman kan ya.

    BalasHapus
  4. Kak Rika terima kasih banyak tipsnya menyiapkan dana untuk mewujudkan semua impian ya kak. Betul sekali nih dengan adanya Jenius kita bisa Mewujudkan semua mimpi

    BalasHapus
  5. Saya juga pakai Jenius karena biaya perbankan yang murah, menguntungkan dan aman hehe

    BalasHapus
  6. Aku pengen nih coba buka dream saver buat merencanakan beli laptop yang lumayan. Kalau Jenius aman gini, nabung pun jadi ga khawatir masalah penyimpanan dananya ya

    BalasHapus
  7. Salah Fitur menarik dari Jenius ini memang kemudahan untuk menabung sesuai kebutuhan. Jadi kita bisa lebih "disiplin" dalam mengelola keuangan dengan membuat rekening tabungan sesuai kebutuhan. Apalagi di Jenius bisa bkin rekening tabungan sampai 3 jenis tabungan sesuai rencana dan alokasi dana yang kita butuhkan .

    BalasHapus
  8. sama mba saya juga punya tabungan impian di Jenius. Sekarang lagi fokus nabung buat impian umroh di dream saver ya Jenius. Suka sekali nabung disini, waktu dan jumlah setoran sesuai dengan kemampuan ibu rumah tangga seperti saya

    BalasHapus
  9. Selain aman, karena dilindungi oleh LPS dan diawasi OJK, Jenius juga tidak menetapkan saldo diawal saat pembukaan rekening, ini juga yang jadi alasanku memilih Jenius untuk tabunganku

    BalasHapus
  10. Nah, iya mba nabung di Jenius biayanya murah, biaya feesible cuma 10rb / bulan. Btw aku juga lagi saving di dream saver biar terencana membeli sesuatu.

    BalasHapus
  11. Enak banget ya kak kalau mau beli barang, bisa beli pakai tabungan sediri. Rasanya beda, ada kepuasan dan rasa eman terhadap barang tersebut. Untuk mencapai goal itu, tentunya butuh teknik menabung secara cerdas dan aman ya kak

    BalasHapus
  12. Menabung harus lebih cerdas ya kak. Aku penasaran nih dengan Jenius karena Jenius memfasilitasi nasabahnya untuk tarik tunai gratis di semua ATM. UWoowww

    BalasHapus
  13. Enaknya menabung di akun jenius milik PT Bank BTPN itu biaya potongannya hanya R10.000 per bulan. Jadi nggak memberatkan pengguna. Justru lebih banyak keuntungannya.

    BalasHapus
  14. Bener banget mbak untuk mewujudkan impian kita emang harus mengelola keuangan dengan baik salah satunya menabung di fitur tabungan yang terjamin keamanannya seperti Tabungan Jenius ini ya..karena system nya selalu diperbaharui

    BalasHapus

 
Top