9

 

Adanya internet, makin memudahkan banyak orang untuk melakukan berbagai hal, termasuk meningkatkan kemampuan diri agar siap bersaing di tengah kompetisi dunia global. Hal ini pun makin dipermudah dengan hadirnya kursus online gratis QuBisa sebagai solusi dan cara belajar efektif, efisein, dan belajar gak ribet.


kursus-online-gratis-QuBisa

Karena, tak bisa dipungkiri bahwa untuk dapat bersaing dan survive di zaman sekarang ini tidak cukup hanya dengan mengandalakan ijazah atau titel pendidikan yang berderet. Kita harus punya skill tambahan yang bisa menjadi nilai jual. 

Bagaimana agar kita bisa meningkatkan kemampuan hingga siap kerja dan bersaing? Manfaatkan aplikasi belajar online gratis yang kini banyak tersedia, jika memang belum punya dana lebih untuk mengikuti kursus yang berbayar. Salah satunya bisa diperoleh melalui kursus online gratis QuBisa.

Dengan meng-upgrade skill, maka kita pun akan lebih mudah dalam persaingan dunia kerja, hingga meraih jenjang karier yang lebih cemerlang ketika sudah masuk dunia kerja.

Pengalaman Pertama Masuk Dunia Kerja, Sudahhkan Siap Kerja?

Meskipun telah berbekal ilmu dan ijazah yang saat itu bagiku cukup untuk siap kerja dan meniti karier, namun kenyataannya aku masih dihadapkan pada berbagai tantangan dan masalah yang tak terduga.

Ternyata banyak perusahaan yang mencari pekerja bukan hanya mempertimbangkan gelar sarjana dan IPK Cum Laude. Tetapi mereka butuh seseorang yang punya skill lainnya. 

Jujur, awal-awal bekerja justru aku harus banyak belajar lagi. Terutama terkait bidang pekerjaan sebagai pengolah data. Banyak hal baru yang harus segera dikuasai, belum lagi harus bisa beradaptasi dengan ritme dan atmosfer lingkungan kerja. 

Sayangnya, bekerja sambil belajar tidak mampu memberikan hasil optimal. Sebab, fokus terbagi dan penyelesaian pekerjaan pun agak molor. Di sinilah aku menyadari bahwa aku membutuhkan media belajar lain agar bisa meningkatkan kemampuan dengan lebih maksimal untuk upskilling dan reskilling.

Aku pun mulai membeli buku-buku penunjang dan mempelajari isinya. Selain itu, aku juga kerap belajar dari YouTube. Namun tampaknya, hal ini belum cukup karena belajar sendiri kerap membuatku bingung memahami beberapa bagian.

Menemukan Pekerjaan Baru Sesuai Passion

Setelah menghabiskan hampir tiga tahun bekerja sebagai pengolah data, kuputuskan untuk mencari pekerjaan lain. Bukan karena aku mengalami kesulitan beradaptasi atau sulit menguasai bidang pekerjaan saat itu. Tetapi aku ingin menemukan apa yang benar-benar menjadi minatku. 

Berbekal pengalaman menulis di beberapa media online dan sebagai blogger, kuberanikan diri melamar pekerjaan sebagi content creator di sebuah jaringan media berita online nasional. Di luar dugaan, aku berhasil lolos sebagai salah satu content creator di media tersebut.

Di sinilah mulai terasa sekali bahwa meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling harus benar-benar dioptimalkan. Karena dengan upskilling dan reskilling akan memberikan manfaat baik bagi jenjang karier sebab kita punya keunggulan yang kompetitif.

Tugas yang dipercayakan padaku sebagai content creator adalah bagaimana caranya menghasilkan konten berkualitas yang mampu menarik minta pembaca. Selain itu, aku juga harus mampu menyuguhkan konten pendukung yang menarik, seperti infografis, foto, dan video.

Hal-hal tersebut mungkin terkesan mudah. Namun, faktanya untuk mendapatkan hati pembaca dengan konten yang dibuat memerlukan teknik tersendiri, yang bukan hanya sekadar menulis informasi yang dibutuhkan pembaca saja, tetapi juga kenyamanan mereka singgah berlama-lama di halaman yang kita buat. Inilah salah satu cara meningkatkan personal branding kita. 

Mengapa Meningkatkan Personal Branding Penting?

Personal branding adalah proses pembentukan opini masyarakat terhadap sesuatu yang dimiliki oleh seseorang, yang menjadi nilai jualnya. 

Personal branding ini perlu ditingkatkan sebagai cara meningkatkan rasa percaya orang lain terhadap apa yang kita hasilkan, baik itu tulisan, karya, atau pun hal lainnya yang ingin kita kenalkan ke publik. 

Dengan adanya personal branding yang kuat, maka kita akan lebih mudah bersaing di dunia kerja. Selain itu, personal branding juga bisa meningkatkan kredibilitas dan membangun koneksi yang lebih baik ke depannya.

Orang lain atau publik akan mudah mengingat kita dalam berbagai kesempatan, apalagi jika kita mampu menciptakan image diri yang beda dan unik. 

Selain itu, hal ini tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri kita dalam menghasilkan karya dan meningkatkan kredibilitas diri, sehingga kita pun akan lebih mudah meraih level kesuksesan di dunia profesional yang penuh persaingan.

Caraku Meningkatkan Personal Branding dengan Kursus Online di Aplikasi QuBisa

Aku butuh insight yang lebih mumpuni sebagai bagian dari cara meningkatkan personal branding  yang kuinginkan. Karena bagiku yang kadang suka futur, tidak  akan bisa berjalan maksimal jika aku bergerak sendiri.


kursus-online-gratis-qubisa

Alhmdulillah Allah gerakkan untuk bertemu dengan salah satu platform belajar online yang menawarkan kursus-kursus keren sesuai kebutuhan, yaitu QuBisa.

Menariknya, di aplikasi belajar online ini tidak hanya tersedia kursus berbayar, tetapi ada banyak juga kursus yang gratis.

Pada kesempatan ini aku memilih mengikuti kursus Grooming and Professionalism di aplikasi siap kerja QuBisa bersama Pak Djunaidi Baharudin.

Kursus ini mengajarkan tentang bagaimana bersikap profesional dalam kegiatan kita termasuk dunia kerja. Pak Djunaidi mengatakan bahwa apa yang kita tampilkan (Appearance) akan memengaruhi cara pandang orang terhadap kita. Apapun yang kita tawarkan akan mudah diterima oleh orang lain.

Dalam kursus ini pak Djunaidi menganalogikan dengan situasi saat membawa anak ke rumah sakit, di mana kita sebagai pasien akan percaya sepenuhnya atas semua nasihat dan rekomendasi yang diberikan sang dokter. 

Karena apa? Karena saat itu kita berada di rumah sakit, tempat yang dipercaya menjadi solusi atas masalah penyakit dan bertemu dengan dokter dengan pakaian khasnya, yang akan membuat kita yakin bahwa sosok dokter inilah orang yang kita cari dan butuhkan.

Namun kasusnya akan berbeda jika kita bertemu dokter tersebut d luar tanpa pakaian kebesarannya dan memberikan nasihat atau rekomendasinya, pastinya kita tidak akan begitu saja percaya dan mengikuti. 

Di sinilah letak pentingnya profesionalisme dan penampilan yang kita tunjukkan kepada publik untuk mendapatkan image publik terhadap kita sesuai personal branding yang ingin kita bangun.

Bagi yang bergerak di bidang marketing, pak Djunaidi mengatakan bahwa diperlukan trik 4P untuk membangun image, yaitu: Product, Price, Promotion, dan Place. 

Nah, bagi aku yang bidang pekerjaannya banyak berhubungan dengan memberikan jasa dan menyuguhkan informasi bagi publik, maka hal yang diperlukan bukan hanya 4P saja, tetapi juga perlu adanya 3P, yaitu: People, Physical Evidance, dan Process.

Apapun yang berhubungan dengan bidang pekerjaan jasa ini, tampilan adalah hal yang sangat penting, bagaimana cara kita bisa menunjukkan kepada klien tentang image apa yang ingin kita bangun. 

Senangnya bisa belajar dan menambah ilmu terkait personal branding di aplikasi siap kerja QuBisa ini. Ditambah sistem belajarnya di kursus ini juga nyaman, mudah dimengerti, dan diaplikasikan.

 

kursus-online-gratis-qubisa

Bisa dikatakan, inilah aplikasi belajar online yang menawarkan cara belajar efektif dan belajar gak ribet, terutama bagiku yang butuh timing pas dan tepat untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan. 

Mengapa Memilih QuBisa?

Setelah mencari informasi dan membaca beberapa review dari teman-teman di komunitas blogger, sepertinya belajar dan ikut pelatihan di QuBisa sangat cocok dengan kebutuhanku. Aku sangat tertarik karena cara belajar di sini lebih efektif, belajar gak ribet, dan waktu yang harus kuluangkan untuk  upskilling dan reskilling di QuBisa lebih fleksibel. 

Berikut keunggulan kursus online QuBisa:

1. Login cepat dan mudah

Untuk bisa mengakses aplikasi QuBisa dan mengkuti berbagai macam kursusnya itu sangat mudah menurutku. Kita tidak perlu menghabiskan waktu hanya untuk mengisi data registrasi. Jadi waktunya pun lebih singkat untuk bisa login dan menikmati kursus yang diinginkan.

2. Waktu belajar kapan saja dan di mana saja serta durasi yang singkat

Aplikasi siap kerja dari QuBisa ini menawarkan kegiatan belajar yang tidak terikat oleh waktu. jadi kita pun bebas menentukan kapan dan di mana akan belajar. Selain itu, durasi belajar di QuBisa ini terbilang singkat namun padat dan mudah dipahami.

3. Bisa menggunakan ponsel pintar

Ini salah satu keunggulan yang membuat aku makin tertarik, yaitu belajar lewat device yang mudah kujangkau. Aku pribadi memang lebih suka menggunakan ponsel untuk belajar. Karena nggak ribet dan bisa dibawa kemana saja. 

Nah, dengan ponsel ini aku tinggal mengundul aplikasi belajar online QuBisa di Play Store. Teman-teman juga bisa mengunduhnya melalui App Store

4. Materi bisa diakses kapanpun

Materi yang sudah pernah diputar atau dipelajari bisa juga diakses di waktu lain. Jadi kita bisa mengulang-ulang materi agar tidak mudah lupa.

5. Reward poin yang bikin semangat 

Dengan hanya rajin login ke aplikasi kita bisa dapat tambahan poin, yang nantinya bisa mendapatkan hadiah-hadiah menarik, salah satunya smartphone. Duh…aku pengen banget dapetin ini.

6. Tersedia banyak pilihan kursus hingga yang gratis

Di QuBisa ada bnayak pilihan kursus yang kita butuhkan. Selain itu, kita juga bisa menikmati berbagai pilihan kursus bebas bisaya atau gratis. Meskipun gratis, tetapi materi yang diberikan sangat luar biasa karena dimentori oleh instruktur profesional di bidangnya.

7. Dibimbing oleh mentor dan instruktur ahli

Aplikasi belajar QuBisa ini berkolaborasi dengan universitas dan juga profesional dalam menyediakan konten. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa materi-materi yang disajikan sangat berkualitas dan pembelajaran akan lebih optimal karena ditangani oleh para ahlinya.

8. Kaya konten

Aplikasi belajar online QuBisa setidaknya memiliki 300+ instruktur, 200+ kursus, dan 2000+ microlearning. Tak hanya itu, tersedia  juga banyak kelas yang mencakup hampir semua tema yang berhubungan dengan karier dan pengembangan pribadi. 

Materi-materi di QuBisa tersaji dalam bentuk webinar, microlearning, paket kursus, kursus, belajar kilat, dan sertifikasi, yang terbagai dalam Keterampilan Sukses Milenial (KSM) dan Keterampilan Digital Milenial (KDM)

KSM adalah keterampilan pengembangan diri untuk membantu seseorag sukses di berbagai bidang, yang terdiri dari: kemampuan dasar, kepemimpinan, agilitas, inovasi, dan keseimbangan diri.

Sedangkan KDM meliputi keterampilan digital terkini seperti perkembangan digital, analisis data digital, produktivitas digital, keamanan informasi digital, komunikasi dan kolaborasi digital, serta publikasi konten digital.

9. Belajar online yang sangat efektif seperti sedang tatap muka

Yang aku rasakan saat mengikuti pembelajaran di aplikasi belajar online QuBisa ini seperti mengikuti pembelajaran tatap muka. Jadi lebih mudah mencerna ilmu karena disajikan dnegan metode yang ringan namun berbobot.


Dari pengalamanku selama belajar dan mengenal QuBisa, aplikasi belajar online ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengembangkan diri denga cara yang fun dan mudah. 

QuBisa sangat cocok untuk menambah skill tanpa harus keluar biaya mahal. Karena selain harga kursus sangat terjangkau, di sini juga banyak pilihan kursus yang gratis. 

Pengalaman Berharga Kursus di Aplikasi Belajar Online QuBisa

Bagiku belajar di QuBisa itu menyenangkan. Banyak hal baru yang kudpatkan. Memang, bisa saja aku belajar hal-hal ini melalui YouTube. Toh sekarang sudah banyak berseliweran aneka macam pembelajaran dan tutorial.


kursus-online-gratis-qubisa

Ya, benar. Tetapi dari yang sudah kulalui, QuBisa inilah yang menawarkan belajar gak riet namun kaya manfaat dan ilmunya. 

Selain itu, materi yang disajikan juga sangat pas dengan kebutuhan yang kucari, terutama terkait personal branding, upskilling, reskilling, dan menciptakan karya yang khas.

Belajar di QuBisa juga tidak ada batsan waktu, bahkan materi yang sudah dipelajari juga bisa diakses kapanpun hingga seumur hidup. Jadi, kita bisa mengulang-ulang kembali jika mungkin lupa atau ingin lebih mengkhatamkan ilmunya.

Hal ini pun masih sering kulakukan. Karena kadang ada bagian-bagian yang kulupa dan aku harus kembali membuka video pembelajaran.

Yang paling membuatku senang adalah, aku tidak butuh repot buka laptop untuk belajar atau mengulang materi. Karena aku bisa menggunakan smartphone kapanpun aku butuh. Apalagi llain itu,pada dashboard-nya juga tidak rumit mudah untuk dioperasikan. 

Berikut 4 menu utama pada dashboard QuBisa:


kursus-online-gratis-qubisa

Home: Bersisi informasi terkini mengenai kelas terpopuler, jadwal webinar dalam waktu dekat, kelas siap kerja, kelas terbaru, dan ada tentang artikel menariknya juga.

Search: Menu cepat untuk mencari materi apa yang ingin dipelajari.

KursusQu: Berisi tentang kursus apa saja yang kita telah daftarkan.

Lainnya: Berisi mengenai akun profil kita, riwayat webinar, kebijakan privasi, syarat dan ketentuan, riwayat transaksi, FAQ.

Cara mudah meningkatkan kemampuan diri, baik upskilling maaupun reskilling, bisa dilakukan melalui aplikasi QuBisa. Belajar mudah, gak ribet, efektif, dan efisien, bahkan low budget hingga gratis. Hasilnya, kita akan lebih siap menghadapi persaingan dunia kerja.


lomba-blog-qubisa

Nah, QuBisa saat ini sedang mengadakan lomba menulis. yuk, ikutan lomba menulis ini. Lomba ini berlangsung hingga 10 Desember 2021. Yuk, segera kirim tulisan terbaik teman-teman.


Posting Komentar

  1. Wah bagus ini buat Fresh Graduate atau orang-orang yang mau mempertajam skill 😎💋

    BalasHapus
  2. Kursus online di QuBisa ini bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang ya kak, aq pernah ikut kursus gratisnya juga

    BalasHapus
  3. aku sudah punya akun di qubisa, pernah ikut kelas sekali. untung baca artikel ini, jadi inget utk belajar lagi

    BalasHapus
  4. Semakin banyak skill yang kita miliki, dan semakin mahir kita untuk menguasai skill tersebut, bisa jadi akan membuka lebar kesempatan kita untuk berkarir

    BalasHapus
  5. Tema bahasan di platform online QuBisa ini beragam banget ya. Kita jadi dimudahkan untuk mendapatkan informasi sekaligus untuk melatih skill juga.

    BalasHapus
  6. Setuju, penting banget untuk selalu upgrade skill
    Terlebih sekarang Tersedia aplikasi belajar online gratis QuBisa yang mempermudah kita mengupgrade skill

    BalasHapus
  7. Senangnya udah bisa upgrade diri cukup dari rumah saja. Memang di QuBisa ini banyak banget kelas yang bisa kita pilih untuk menunjang karir dan kehidupan.

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang enak ya .. semua serba online. Kalau dulu mau kursus/ les jaraknya jauh. Sekarang bisa dari rumah dan waktu bisa fleksibel

    BalasHapus
  9. mumpung semua bisa dilakukan di rumah saja, aplikasi qubisa dapat dimanfaatkan untuk membekali keterampilan saat masuk dunia kerja

    BalasHapus

 
Top