2


Pernah mengalami yang namanya stuck menulis? Baru saja menghidupkan laptop, namun tak mampu menuliskan apa-apa, atau baru menulis satu atau dua kalimat, tiba-tiba jari sudah tak mampu lagi menari di atas keyboard laptop kesayangan. Bukan karena kesemutan atau kelelahan. Tapi karena diserang yang namanya writer's block. Sebagai seorang penulis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. 

Writer's block adalah kondisi dimana seseorang mengalami kebuntuan berpikir. Otak seakan berada di posisi sulit memproduksi ide. Hal ini bisa terjadi pada siapapun di waktu yang tak terduga. Writer's block yang datangnya tak diundang dan pulangnya harus diusir ini memang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak? Virus yang mematikan ide ini bisa dengan seketika membuat sang penulis mati gaya. Dan yang akan terjadi adalah hanya bisa terpaku memandang layar laptop. Beberapa menit kemudian akan terdengar teriakan "aaarrrgghhh", diikuti gerakan jari tangan yang menekan tombol turn off dengan wajah bete.

Lantas bagaimana jika kita terjebak virus ini? Tenang, setiap masalah pasti ada solusinya. Ingat kan janji Allah, "Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, maka dia akan menjadikan jalan keluar baginya,..." (QS. At-Thalaq: 2-3). Sepenggal ayat ini memberikan penjelasan bahwa Allah akan senantiasa membantu dan memberi solusi terhadap setiap kesulitan, dengan syarat bertaqwa pada-Nya. Dan saya yakin anda semua adalah orang yang bertaqwa. 

Kemudian, selanjutnya tentu saja berusaha mencari jalan keluar. Bukan lantas diam atau berlepas tangan. Saat diserang writer's block, biasanya saya suka buat tulisan asal di jurnal atau kertas apapun. Intinya jangan berhenti menulis. Lakukan free writing dengan mengabaikan EYD atupun kaidah kepenulisan. Dan ternyata kumpulan tulisan asal itu bisa memunculkan ide untuk bahan tulisan. 

Jurus lainnya adalah dengan menulis saat dini hari atau sehabis qiyamul lail. Cara ini sudah saya buktikan sangat ampuh menghalau writer's block. Mengapa? Karena otak sedang berada pada kinerja terbaiknya saat bangun tidur. Terlebih jika saat bangun tahajjud dulu curhat sama Allah. Dijamin yang namanya menulis akan mengalir terus tanpa gangguan. Well, itu strategi saya mengusir writer's block. Semoga bermanfaat.


#KelasFiksiODOPMateri5
#Writer'sBlock
#HijaberWriter

Posting Komentar

  1. Tips terakhir keren banget. Apalagi habis curhat. Catat! Wajib dicoba.

    Makasih banyak, mba. 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Rina Adriana.
      Semoga bermanfaat ya

      Hapus

Tubuh Lebih Sehat Bersama Yoforia Fresh Yogurt Drink

Badan yang sehat adalah sebuah kesejahteraan bagi tubuh dan jiwa. Kesehatan adalah hal yang paling diidamkan setiap orang. Namun masi...

 
Top