0


Satu-satunya ibadah sholat sunnah yang Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an adalah sholat Tahajjud. Hal ini tentu sangat istimewa hingga Allah firmankan di dalam kitab suci-Nya. Dan sebagai seorang Muslim, kita pun meyakini bahwa amalan di waktu malam ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, baik bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak. 

“Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajjud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra’:79)

Tidak melaksanakan sholat ini memang tidak akan mendapatkan dosa. Karena hukum mengejakannya adalah sunnah. Namun apakah kita rela kehilangan kesempatan menadapatkan keistimewaan yang ditawarkan? Apakah kita tidak ingin merasakan nikmatnya berdialog dengan Sang Khalik, di waktu yang paling mustajab? Apakah kita sudah merasa cukup dengan ibadah wajib yang kita kerjakan? 

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya.” (HR. Al-Hakim)

Saat seorang mukmin menunaikan sholat di waktu sepertiga malam ini, maka ia akan memperoleh banyak keuntungan yang luar biasa. Diantaranya ada ampunan, pengabulan doa, kemudahan hidup, kebaikan-kebaikan, dan masih banyak lainnya. Hal ini juga sangat jelas diterangkan dalam Al-Qur’an maupun hadits.



Itulah mengapa sholat tahajjud ini memilliki keistimewaan yang luar biasa. Karena Allah hadir di waktu tersebut. Sang Pencipta berada begitu dekat dengan kita saat itu. Dan tentu saja ini menjadi kesempatan terbaik untuk memohon ampun dan mengharapkan pengabulan atas doa yang kita panjatkan. MasyaAllah sungguh sebuah nikmat yang tak terbantahkan lagi. Luar biasa, kan? 

Nah, buat kamu yang masih kesulitan atau malas bangun, sebaiknya mulai memantapkan diri untuk ibadah sholat malam. Kamu bisa terapkan beberapa tips agar mudah bangun yang sudah dibahas sebelumnya. Sayang sekali jika terlewat, lho. Karena ada 5 rahasia besar yang akan kamu dapatkan dari sholat tahajjud. Rahasia ini akan sangat berpengaruh bagi kehidupan dunia dan akhirat. 

5 Rahasia Besar di Balik Sholat Tahajjud


  1. Terjawabnya Penantian Akan Jodoh Terbaik

Mulai gelisah dengan pasangan hidup yang tak kunjung datang? Mengapa tidak memintanya pada Sang Maha Pemberi di waktu yang paling mustajab? Bukankah Allah adalah pemberi rezeki yang paling baik? Dan rezeki itu salah satunya adalah diberikan seorang jodoh yang terbaik buat kita. 




Mulailah perbaiki diri lebih baik lagi, perbaiki hubungan dengan manusia, dan terutama perbaiki hubungan dengan Allah. Bangun kedekatan yang lebih intens lagi dengan-Nya. Kuatkanlah doa  saat sholat tahajjud di waktu sepertiga malam. Karena di waktu ini Allah sangat dekat dengan hamba-Nya. Dan saat Allah memandang bahwa kita telah siap, maka Allah akan segera hadirkan seseorang yang terbaik pilihan-Nya untuk kita.


  1. Diberikan Limpahan Rezeki Berkah di Dunia dan Akhirat

Setiap manusia telah ditetapkan jumlah rezekinya. Namun apakah rezeki itu akan berkah dan bermanfaat, itu kembali kepada cara dan sikap kita dalam mendapatkan dan menggunakannya. 


Rezeki adalah nikmat dari Allah yang harus dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaiknya. Karena ia adalah titipan-Nya. Agar rezeki menjadi berkah dan makin berlimpah, maka hendaknya seseorang memperbanyak rasa syukur. Dan manfaatkan nikmat yang diberikan untuk kebaikan.InsyaAllah rezeki itu akan berkah dan membawa banyak manfaat baik di dunia maupun akhirat kelak. Karena Allah telah memberkahi rezeki seorang hamba yang senantiasa bersyukur dalam taat.


  1. Kesehatan Lebih Terjaga

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa, sholat di waktu sepertiga malam ini berdampak signifikan pada kesehatan tubuh seseorang. Karena sholat yang biasanya dilakukan di antara pukul 02:00 hingga pukul 04:00 tersebut sangat kaya akan kandungan oksigen. Hal ini tentu sangat baik dimanfaatkan untuk gerakan fisik agar tubuh sehat. Dan kita bisa melakukannya lewat gerakan sholat di waktu tahajjud. 



  1. Ketenangan Hidup

Manusia pasti tak luput dari berbagai permasalahan hidup. Nah, dengan rutin sholat tahajjud, maka kita akan mendapatkan ketenangan jiwa. Karena seseorang yang megerjakannya akan selalu merasa sangat dekat dengan Rabb-Nya. Ini artinya tidak ada sedikit pun keraguan dalam diri seseorang akan kuasa dan janji Allah pada hamba-Nya yang taat. Dengan kedekatan yang terjalin itu, ia yakin bahwa Allah akan selalu mencukupi, memerhatikan, dan menjaganya. 


  1. Penggugur Dosa

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Hendaklah kalian sholat malam. Karena itu kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian. Ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Al Baihaqi)


Merasa banyak melakukan dosa dan khilaf? Maka rajinlah sholat malam, bertaubat dan minta ampun sungguh-sungguh kepada Allah. Niscaya Allah akan mengampuni kita. Karena Allah menyukai hamba-Nya yang meminta pengampunan dan Allah suka memberi ampunan. 

Nah, bagaimana? Masih mau bermalas-malasan bangun malam untuk melakasanakan sholat tahajjud? Yuk, mulai kuatkan tekad untuk mudah menunaikan ibadah sunnah yang sangat mulia ini. Semoga Allah memudahkan kita semua untuk istiqomah bermunajat pada-Nya di waktu sepertiga malam yang mulia. Aamiin yaa mujiib. 


Posting Komentar

 
Top