0


 

Bagi umat Muslim, sholat di sepertiga malam (tahajjud) adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mengapa? Karena ada begitu banyak keistimewaan yang akan diraih, jika seseorang mampu melaksanakannya dengan rutin. Tidak hanya berpengaruh pada segala urusan dunia saja, tetapi sholat malam ini mampu menjadi obat penenang jiwa dan memberikan kebaikan di akhirat kelak.

Sayangnya meski terkesan mudah, sebagian orang justru menganggap sangat kesulitan untuk menunaikan ibadah malam yang satu ini. Rasanya begitu berat untuk bisa terjaga di saat waktunya telah tiba untuk sholat. Banyak yang akhinya kalah oleh rasa kantuk, hingga memilih kembali tidur. 

Nah, buat kamu yang ingin sekali bisa sholat di saat banyak orang sedang pulas dalam tidur, tapi masih terkendala sulit bangun di waktu malam, jangan khawatir. Sekarang kamu bisa terapkan 11 tips mudah bangun untuk sholat di waktu sepertiga malam. 



  1. Niat

Apapun urusannya, segala sesuatu itu berawal dari niat. Nah, jangan lupa mantapkan hati untuk menunaikan sholat malam. Beri sugesti pada otak bahwa kita mau sholat pukul sekian. Nah, otak biasanya akan menerima signal ini sebagai suatu perintah, yang akan membuatnya stand by di waktu yang kita mau.

  1. Berwudhu 

Tidur dalam keadaan berwudhu itu sangat baik. Para malaikat akan menjaga kita di saat tidur. InsyaAllah kita pun akan mudah terjaga. 

  1. Bertaubat

Kita tidak penah tahu apa dosa yang menghalangi kita untuk bisa bangun sholat. Nah, sebelum tidur, biasakan introspeksi diri dan mohon ampunan Allah. Hal ini juga yang sering dilakukan para sahabat sholih dulu.

  1. Berdoa

Amalkan doa sebelum tidur. Pasti sudah pada tahu kan doanya. Setelah itu minta pada Allah agar dimudahkan untuk bangun sholat di sepertiga malam. 

  1. Ritual Syar’i Sebelum Tidur

Ritual di sini bukan hal yang berhubungan dengan mistis. Tapi kebiasaan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu membaca ayat kursi, alfatiha, membaca masing-masing 3 kali surat an-nas, al-falaq, dan al-iklas. Kemudian meniupkannya ke telapak tangan dan diusapkan ke anggota tubuh yang bisa dijangkau. 

  1. Tidur Miring ke Kanan

Tidur miring ke kanan adalah posisi tidur yang diajarkan Nabi. Dengan begini, maka kita akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Karena posisi ini membantu otak kiri, jantung dan lambung beristirahat. Sehingga tubuh pun akan menjadi lebih rileks. 

  1. Stop Begadang

Begadang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan tidur terlalu larut, maka badan akan mudah lelah. Hal ini akan membuat kita sulit untuk bangun. Biasakan untuk tidur lebih awal, setidaknya 4 jam sebelum waktu tahajjud

  1. Kondisikan Kamar Senyaman Mungkin

Kamar tidur yang rapi dan nyaman untuk beristirahat, akan membuatmu mudah terjaga. Misalnya sprei dan sarung bantal yang bersih, jauhkan gadget dari tempat tidur, atau bisa juga meletakkan aroma terapi di pojok ruangan.

  1. Jangan Makan Berlebihan

Perut yang terisi penuh akan membuat kita malas untuk bergerak. Apalagi untuk bangun di saat dini hari untuk sholat. Jadi usahakan tidak makan terlalu banyak di saat malam, atau kamu juga bisa membatasi jam makan malam dan menu makanannya. Dengan begini pencernaan akan lebih rileks saat tidur. Dan tentunya akan memudahkan kita untuk bangun malam.

  1. Pasang Alarm

Setel alarm sesuai waktu yang diinginkan. Biasanya suara nyaringnya akan cepat membangunkan kita. Jadi pilih juga nada dering alarm yang tepat agar kita mudah untuk buka mata.



  1.  Minta Bantuan Orang Lain

Terkadang meski kita sudah memasang alarm, tapi justru kita bangun bukan untuk bangkit dari tempat tidur, kemudian berwudhu. Namun bangun untuk mematikan alarm dan kembali tidur. Nah, agar kita tetap bisa bangun, mintalah bantuan orang lain untuk membangunkan kita, misal ayah, ibu, adik, atau kakak. Jika ingin lebih mudah lagi, jangan tidur sendirian. Jadi saat alarm berbunyi, teman tidur akan ikut membangunkan dan mengingatkan kita. 

Insya Allah kamu akan mudah untuk bangun sholat di sepertiga malam setelah mengaplikasikan tips di atas. Jika belum berhasil juga, jangan menyerah. Terus berusaha. Karena tidak ada usaha yang sia-sia. Apalagi usaha untuk lebih dekat dengan-Nya. Semoga bermanfaat. 




Posting Komentar

 
Top