0


Sebagai seorang Muslim istilah tahajjud atau qiyamul lail, atau sholat malam, atau pun sholat di sepertiga malam, bukanlah hal yang asing lagi tentunya. Dan pasti kita semua sudah sangat paham kedahsyatan,manfaat, dan keutamaan-keutamaan di sepertiga malam tersebut.

Sholat tahajjud merupakan salah satu sholat sunnah yang mulia, dan sangat disarankan. Bahkan sholat ini adalah kebiasaan yang sangat digemari oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, para sahabat, dan tidak terkecuali para ulama saat ini.

Mengapa sholat di waktu malam tersebut begitu diminati? Mengapa sholat sunnah tersebut begitu menarik? Apa yang mendorong umat Muslim berlomba-lomba agar bisa menunaikan sholat itu?

Ternyata sholat di waktu ini bukan sekadar sholat sunnah biasa. Sholat ini bukan sekadar ibadah pelengkap ibadah yang wajib saja. Tetapi di dalam qiyamul lail ini ada begitu banyak keutamaan.

Sholat yang biasanya banyak dilakukan orang setelah tidur malam ini, tidak hanya menawarkan kebaikan dunia, tetapi juga kebaikan hingga kehidupan di akhirat kelak. Karena Allah telah menjamin kedudukan yang mulia di sisi-Nya, bagi hamba-Nya yang sungguh-sungguh dalam sholat tahajjud.

Allah ta'ala menyebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an, bahwa:

Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

( QS. Al-Israa’ : 79).

Keutamaan-Keutamaan Di Sepertiga Malam



Sholat di sepertiga malam akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Bahkan akan datang banyak keajaiban yang tak terduga sebelumnya, dengan hanya mengikhlaskan hati dan menjaga ke-istiqomaha-an sujud di saat malam. Berikut beberapa keutamaan sholat sunnah tahajjud yang sangat luar biasa:

1. Pelebur Dosa

Setiap keturunan Nabi Adam 'alayhisallam tidak akan pernah lepas dari yang namanya perbuatan dosa. Meski mungkin hal itu hanya sebuah dosa kecil sekalipun. Sekuat-kuatnya kita menjauhkan diri dari dosa dan khilaf, pasti ada masa di mana iman mulai drop, mulai terlena dengan rutinitas duniawi, yang membuat kita lalai akan kewajiban.

Namun Allah Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang menyediakan kita banyak jalan untuk menghapus dosa. Bahkan jalan-jalan yang Allah tabaaroka wa ta'ala berikan adalah, jalan yang cukup mudah untuk ditempuh dan murah tanpa biaya. Karena yang paling ditekankan adalah kerendahan hati kita untuk bertaubat, kemauan dan niat kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan keikhlasan dalam menjemput ridho-Nya

Nah, sholat sunnah di waktu malam adalah salah satu media yang sangat baik untuk menggugurkan dosa-dosa kita. Hal ini juga sebagaimana yang diriwayatkan dalam sebuah hadits shohih berikut.

"Hendaklah kalian melaksanakan salat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

2. Menjaga Kesehatan Rohani

Saat kita telah istiqomah menjalankan sholat di waktu malam, yang memang waktu sangat baik, tentu kita pun akan memperoleh kebaikan-kebaikan yang dibawanya.

Waktu di sepertiga malam adalah waktu dengan suasana yang begitu tenang, jauh dari hiruk pikuk aktivitas duniawi, waktu yang sangat syahdu untuk berdoa, dan waktu mustajab yang tak diragukan lagi.

Ketenangan dan kedamaian waktu ini akan merasuk ke dalam hati dan pikiran. Bahkan kita bisa mendapatkan manfaat, yang mungkin banyak diharapkan seluruh penduduk bumi, yaitu kesehatan rohani yang luar biasa terpelihara.

Hal tersebut telah ditegaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya, bahwa mereka yang rutin mengerjakan sholat di sepertiga malam, maka mereka akan mendapatkan ketenangan jiwa di dalam kehidupannya.

“ Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

3. Wajah Akan Terlihat Bercahaya dan Berseri

Rasulullah shallallahu 'alayhi wasallam mengatakan dalam sebuah hadist, “Orang yang melaksanakan sholat tahajud maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

MasyaAllah, siapa sih yang tidak ingin terlihat tampan dan cantik? Nah tampan dan cantik di sini bukanlah untuk perkara yang tampak saja, tetapi kecantikan yang akan terpancar dari dalam diri seseorang, atau yang sering disebut dengan istilah inner beauty. Jadi bukan karena make up mahal yang membuat kita cantik, tapi Allah yang memberikannya.

4. Mencegah Godaan Setan

Setan adalah makhluk penggoda paling berbahaya. Karena ia mampu membuat seseorang terlaknat, keluar dari iman & Islam, serta mendapat siksa neraka jahannam. Naudzubillah mindzalik.

Setan tidak pernah mengenal waktu dalam menggoda manusia. Karena setan ingin kelak punya teman sebanyak-banyaknya di neraka. 

Berdasarkan HR Bukhari, disebutkan bahwa, saat tidur setan akan mengikat di pangkal kepala dengan jumlah tiga ikatan. Masing-masing ikatan  itu tertulis: Malammu sangat panjang, maka tidurlah! Bila ia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas, bila ia berwudhu’ satu ikatan lagi lepas dan bila ia shalat satu ikatan lagi lepas. Maka di pagi hari ia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang baik. Namun jika ia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan ia menjadi malas.”

5. Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Allah paling suka dengan doa hamba-Nya. Untuk ituah kita jangan pernah sampai merasa putus asa dalam berdoa. Karena Allah tidak pernah mengecewakan setiap pinta. Namun yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana car berdoa yang baik dan kapan waktu terbaik untuk memohon pada-Nya. Nah waktu di sepertiga malam adalah salah satu diantara waktu mustajabnya doa.

Rasululllah Shallallahu “alaihi wasallam bersabda,  “Rabb kita Tabaaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

6. Penyelamat dari Siksa neraka dan Dapat Meringankan Hisab

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wasallam bersabda: “Ada 7 golongan yang akan dilindungi Allah dalam lindungan-Nya pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya: Imam yang adil, pemuda yang rajin beribadah, seorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai, bertemu dan berpisah hanya karena Allah, seorang laki-laki yang diajak oleh seorang perempuan terhormat dan cantik, lalu ia berkata aku takut kepada Allah, seorang yang menyembunyikan sedekahnya tidak ingin dilihat orang, dan seorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan airmata.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).


Betapa besar dan istimewa ibadah di sepertiga malam ini. Sungguh rugi jika kita enggan untuk mengerjakannya. Mungkin memang bukan hal yang mudah untuk terjaga di saat kita tengah terlelap. Namun tidakkah kita ingin meraih keutamaannya? Jika sulit untuk bangun malam, maka bermuhasabbah dirilah, mungkin ada dosa yang kita lakukan di siang hari. Kemudian bersungguh-sungguh serta minta Allah mempermudah kita untuk melaksanakannya.

Tidak ada satu amalan yang akan sia-sia. Meski amalan itu hanyalah amalan kecil. Bahkan sholat  di sepertiga malam sebanyak 2 rakaat saja bisa menjadi jembatan kita menuju surga-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu diberikan nikmat dalam ibadah dan kelak bisa berkumpul dengan orang-orang sholih. Aamiin yaa mujiib.

Posting Komentar

 
Top