15


Kulihat iklan sirup marjan sudah hilir mudik di televisi. Ya, tak terasa sebentar lagi seluruh umat Muslim akan melaksanakan ibadah wajib menempa diri dalam sabar, ikhlas, dan mengontrol hawa nafsunya. Menariknya, momentum ini kerap diwarnai juga dengan perubahan pola perilaku masyarakat, terutama dalam hal daya beli.


marketing-strategy-bulan-ramadan
IDN Media HQ Office
Foto: IDN Media

Ramadan memang sangat istimewa. Tak heran jika banyak orang yang menyambutnya dengan penuh suka cita, termasuk menyiapkan segala yang terbaik selama Ramadan. Salah satu yang paling menonjol adalah meningkatnya konsumsi masyarakat, yang membuat arus transaksi jual beli kian melonjak signifikan. Terlebih saat mendekati akhir bulan suci. 


Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan suci kali ini kita semua akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Karena situasi pandemi yang belum usai. Namun sisi baiknya, kita akan lebih punya banyak waktu untuk membangun kualitas kebersamaan dengan keluarga.


Melonjaknya waktu luang masyarakat akibat kebijakan selama pandemi, ternyata membuat aktivitas dunia maya pun makin meningkat tajam. Tak terkecuali saat bulan Ramadan. Banyak yang memanfaatkannya untuk melakukan penjelajahan di dunia digital (online surfing), mulai dari membangun aktivitas di media sosial, mencari ilmu dan pengetahuan baru seputar puasa, berbisnis aneka takjil dan menu sahur, hinggga berburu persiapan untuk lebaran nanti. 


Terlebih banyak brand yang menawarkan harga promo dan diskon besar selama Ramadan. Tentunya akan menjadi godaan tersendiri bagi konsumen. Banyak yang tidak bisa menahan diri untuk shopping till drop. 


Perubahan yang nampak pada pola perilaku saat Ramadan tersebut pastinya ditemukan juga di kalangan generasi milenial dan Z. Karenanya brand pun bersaing dan berlomba-lomba untuk dapat mencuri perhatian kelompok usia yang punya daya beli paling tinggi di antara generasi lainnya ini. 


Untuk membantu para pelaku bisnis maupun brand dalam mempertahankan relevansi serta mencuri perhatian para generasi milenial dan Z, berikut ada beberapa insight yang diberikan IDN Creative, digital agency multi-platform yang fokus terhadap brand storytelling, content creation, dan online activation. Apa saja, ya?


marketing-strategy-ala-idn-media
Rabiatur Rasyid, Head of IDN Creative
Foto: IDN Media

  1. Speak Their Language


Having a lot of spare time di rumah diperkirakan akan menciptkan beberapa perubahan terkait konsumsi digital para generasi milenial dan Z di tanah air. Untuk itulah brand pun harus mampu mengolah dan menyampaikan pesan brand (brand message) dengan tepat. 


Dalam hal ini, brand harus memberikan perhatian khusus pada topik-topik yang banyak dicari dan diminati oleh para generasi milenial dan Z selama bulan Ramadan. Dengan membuat terobosan baru yang dikorelasikan dengan hal-hal yan digemari dan dibutuhkan mereka, maka secara tidak lansung akan menarik minat mereka terhadap sebuah brand


Menghubungkan tema yang tengah hype ke dalam brand message dapat menciptakan sebuah hubungan dan kedekatan tersendiri dengan audiens yang ditargetkan. 


Dari hasil penelitian yang dilakukan tim IDN Creative, ternyata konten yang sifatnya ringan cenderung 2x lebih banyak dicari para generasi milenial dan Z. Selain itu, konten bertema hiburan juga banyak diminati. Selama Ramadan pencarian konten dengan topik ini bisa meningkat sampai 6x. 


Terkait hal ini, artikel berjudul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marriage’ Saat Puasa” yang disuguhkan IDN Media tentunya akan menjadi sumber bacaan yang menarik bagi mereka di sela-sela waktu menantikan saat melepas lapar dan dahaga ibadah puasa. 


  1. Tailor Made Your Stories 


Menurut IDN Creative, konten yang disajikan terlalu general tidak akan mampu memberikan output optimal. Penting untuk diingat bahwa para generasi milenial dan juga Z itu memiliki kesukaan dan perilaku yang tidak sama.


Oleh karena itu, membuat konten dengan metode pendekatan secara personal dipercaya mampu menyentuh mereka dengan lebih dalam lagi. Tak cukup sampai di situ saja, amplifikasi secara masif melalui penerbitan konten di beberapa penerbit (publisher) terbilang strategi yang cukup efektif untuk diterapkan. 


Sebagai contohnya adalah sebuah topik konten yang sama dari IDN Media tentang menu berbuka puasa. Konten ini bisa disuguhkan secara berbeda dengan memperhatikan tipe dan karakter audiens di setiap publisher. 


Konten berjudul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” yang diterbitkan di IDN Times, kemudian diubah penyajiannya ke dalam bentuk persfektif keluarga ketika diterbitkan di Popmama.com. Selanjutnya untuk mencapai output optimal, konten tersebut juga disuguhkan dalam bentuk konten video di Yummy. Dengan cara ini, maka pesan brand dapat menjangkau target audiens yang lebih beragam lagi. 


  1. Go Hyper-Local, Go Hyper-Relevant


Marketing strategy yang baik adalah ketika kita mampu menempatkan segala sesuatunya dengan tepat, mulai dari ide cerita dan pesan yang ingin disampaikan, media yang digunakan, hingga waktu dan target audiensnya.


marketing-strategy-dari-idn-creative
Timmy IDN Creative
Foto: IDN Media


Contoh sederhananya adalah kondisi Ramadan saat ini, dimana waktu 1x24 akan banyak dihabiskan di rumah saja. Tentunya mereka akan punya waktu lebih untuk mengolah menu berbuka puasa di rumah. Secara tidak langsung, pencarian konten terkait menu berbuka dan hidangan lainnya pun akan meningkat. 


Ini pula yang pernah dilakukan IDN Creative saat membantu campaign susu indomilk pada bulan Ramadan tahun lalu. Saat itu IDN Creative mengkorelasikan brand susu indomilk dengan Yummy, salah satu unit bisnis dari IDN Media yang punya fokus pada konten bertema kuliner. Hal ini dilakukan untuk mendorong audiens mengeksplorasi resep makanan menggunakan produk indomilk. 


IDN Creative juga terus berupaya memenuhi keingintahuan audiens dengan mendorong terciptanya ide-ide baru, segar, inovatif, dan unik, bahwa susu kental manis tidak melulu hanya bisa diolah menjadi hidangan yang bercita rasa manis saja, tetapi juga bisa untuk makanan yang gurih. 


Apa Sih IDN Creative Itu?


IDN Creative merupakan digital agency multi-platform yang memiliki fokus pada brand storytelling, content creation, dan online activation


Lalu Apa Sih IDN Media Itu?


IDN Media adalah sebuah perusahaan media platform bagi milenial dan Gen Z di Indonesia, yang memiliki lebih dari 60 juta Monthly Active Users (MAU). Visi dari IDN Media ini adalah untuk mendemokratisasi segala informasi dan juga untuk membawa dampak yang positif bagi seluruh lapisan masyarakat. 


Kontak: 

Zefanya Deby (Head of Communication)

Zefanya.deby@idntimes.com

081315658052


Saraya Adzani (Senior PR & Partnership Associate)

Saraya.adzani@idntimes.com

081218862176


  

Posting Komentar

  1. Aku kok berasa pengen jadi muda lagi dan bekerja di IDN media. cocok banget perasaan samam aku hahaha. IDN media keren banget dan memang sekmennya sudah sesuai untuk para generasi Z.

    BalasHapus
  2. Emang bener kalo milenial dan Z suka banget sama konten yang sifatnya ringan dan hiburan Pasti dicari lebih banyak. Pusing kalo udah baca berita-berita berat yang bikin mikir kali ya hehe

    BalasHapus
  3. Bagi yang suka ngomong, bercerita macam story telling sepertinya cocok di IDN ini yaa kak.

    BalasHapus
  4. Mantaap banget idn ini memang. Jarangg ada berita hoax dari sini. Beritanya juga aktual dan bisa dipertanggungjawabkan. Ngga heran jadi rujukan siapapun

    BalasHapus
  5. Wah IDN kreatif sekali. Bener banget nih tulisannya. Kita memang harus mengikuti arus gen Z

    BalasHapus
  6. IDN emang keren banget kok Kak, lininya macem macem mau apa aja itu ada. Salut.

    BalasHapus
  7. keren ya IDN Creative ini, kehadirannya pastinya sangat membantu para brand untuk bisa mengekspresikan produknya karena dikemas dengan cara-cara yang tepat dan smart dan kreatif pastinya.

    BalasHapus
  8. IDN Media mengembangkan menjadi platform yang easy user, target dibanyak kalangan juga memudahkan pengguna banget

    BalasHapus
  9. Konsep storytelling ini merebak jadi konsep yg bnyk dipakai oleh agency ya skrg ini, bahkan perusahaan besar pun menggunakannya termasuk IDN ini. Sasaran gen Z memang lebih cocok dgn model agency yg tdk blak-blakan ya

    BalasHapus
  10. idn strateginya selalu uwuw, kemarin ada lowker di idn media pengen daftar tapi merasa belum mampu bagi waktunya...

    BalasHapus
  11. Bener-bener, apalagi lagi pandemi gini ya mba. Setiap orang marketing semakin di tuntut untuk lebig kreatif lagi ditengah persaingan yang semakin luar biasa

    BalasHapus
  12. Kayaknya aku emang salah satu dari user aktifnya IDN Media nih hihi. Suka banget dengan infonya yang variatif, nggak heran karena emang digodok secara maksimal banget yah

    BalasHapus
  13. Semoga Ramadhan kita dipenuhi barokah 🤲. Meski pandemi dan larangan mudik, semoga lebaran kita tetap ceria.

    BalasHapus
  14. wah ternyata dibalik idn media dan yummy app itu ada idn marketing strategynya ya, luar biasa kreatifnya. aku sempat lihat beberapa kali kompetisi yummy dan indomilk itu loh kak rika.

    BalasHapus
  15. Wah jadi intinya IDNCreative sedang oprec Tah kak? Yang berkompeten sesuai brand mereka?

    BalasHapus

 
Top