2


Rasulullah SAW bersabda, "Ittaqillaaha haisumaa kunta wa atbi'issyayaatal hasanata tamhuhaa wa khooliqinnaasa bikhuluqin hasan (Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kamu berada, dan iringilah setiap keburukan dengan kebaikan, niscaya ia akan menghapuskan keburukan. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik" (HR At -Tirmidzi, Abu Daud, Ahmad, dan yang lainnya).

Taqwa mengandung arti menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa sebagai manusia kadang kadar iman selalu naik turun, ada kalanya terselip khilaf dalam perbuatan, melakukan hal buruk yang dilarang. Karena manusia rentan akan godaan,  dan syaitan punya jutaan tipu muslihat untuk memperdaya dan menjerumuskan dalam dosa. 

Allah ta'ala itu maha pengasih dan penyayang. Allah maha pengampun dan menyukai pengampunan. Untuk itulah jika kita khilaf dan berbuat buruk, segeralah bertaubat dan minta ampun pada Allah. Mintalah padaNya untuk meneguhkan iman kita agar selalu mawas diri dan terhindar dari godaan syaitan yang menyesatkan. Jika keburukan yang kita lakukan berhubungan dengan manusia, maka selesaikanlah urusan itu sehingga Allah ridho atas ampunanNya.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW diatas, bahwa keburukan akan terkikis dengan kebaikan yang kita lakukan. Perbanyaklah berbuat baik setelah bertaubat. Bahkan sebuah senyuman pun bernilai ibadah dan kebaikan. Lakukanlah dengan tulus. Perbaiki hubungan dengan sesama dengan berperilaku ramah, lemah lembut dan saling menghargai. Ingat tak ada manusia yang sempurna tanpa khilaf dan dosa. Kesempurnaan hanyalah milik Allah semata. Teruslah istiqomah menjadi insan taqwa yang dicintai Allah dan Rasulullah. 

Semoga kita menjadi lebih baik dan bermanfaat. Robbana taqobbal minna. Ya Allah terimalah dari kami (amalan) kami. Aamiin


#OneDayOnepost
#Muhasabah


Bandar Lampung, 10 Maret 2017




Posting Komentar

Make Up Simple Natural Untuk Momen Lebaran

Hari raya Idul Fitri (Lebaran) akan tiba sebentar lagi. Di hari yang fitri ini biasanya keluarga besar akan ramai berkumpul. Setiap Musl...

 
Top