6


Setan dan iblis adalah musuh yang nyata bagi umat manusia. Jadi sangat mengherankan jika ada manusia yang melakukan perjanjian kerjasama atau malah berteman dengan kaum mereka. It's totally ridiculous, right? Ingatlah kejadian terusirnya mereka dari surga. Saat itu mereka mengikrarkan sebuah janji abadi hingga akhir jaman, yaitu menggoda dan menyesatkan manusia. Bahkan dalam Al-Qur'an kita dapat menemukan pembicaraan  Allah dan iblis yang ingin menyesatkan manusia.

Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukumku tersesat, aku benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian aku akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat) ( Q.S Al'A'raf: 16-17).

Dari firman Allah di atas, terlihat jelas bahwa iblis, setan , dan rekan-rekan sejenisnya tidak akan pernah berhenti dan kehilangan cara untuk menggoda serta menyesatkan kita. Itu adalah misi besar mereka, wujud balas dendam abadi hingga akhir jaman. 

Kaum setan dan iblis bahkan turut mengikuti perkembangan jaman dan kehidupan manusia. Mereka juga selalu update dengan gaya hidup manusia, agar mereka bisa menyusun strategi untuk menggoda yang disesuaikan kondisi kehidupan kita. Setan tidak akan pernah membiarkan kita bebas dari buaiannya. Walaupun kini kita hidup di era modern, tidak serta merta menyulitkan mereka memperdaya manusia. Salah satunya adanya melalui fasilitas teknologi seperti ponsel (handphone). Terutama ponsel canggih yang kini banyak digunakan. 

Mengapa ponsel? Bukankah benda ini sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia? Sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia sudah sangat terlena dan bahkan mendewakan benda ini. Mereka cenderung lebih concern dengan ponsel dibandingkan hal-hal lain disekitarnya. Coba perhatikan disekeliling kita. Di mana-mana banyak orang yang lebih sibuk dengan ponselnya. Di angkot, di mall, di jalan, di tempat makan, di kelas, di halte, dan diberbagai tempat lainnya. 

Bahkan sebagian umat muslim sudah berani mengabaikan panggilan Allah (waktu sholat). Saat adzan berkumandang, yang seharusnya didengar dan berdoa setelahnya terabaikan dengan tetap asik bercengkrama dengan ponsel. Ada juga yang sampai menunda dengan dalih tanggung karena sedang bermain game di ponsel atau melayani keseruan chatting. Dan masih banyak tindakan yang melenakan lainnya sebagai efek kepemilikan ponsel canggih. 

Selain itu, setan yang punya banyak tipu muslihat telah berhasil masuk ke dalam ponsel tanpa kita sadari. Silahkan dicek ponsel masing-masing. Periksa apa saja yang ada di dalamnya. Aplikasi yang didownload, nomor telepon (mungkin ada nomor selingkuhan), atau bahkan ada video porno. Disisi lain, ada banyak tindak kejahatan yang kerap terjadi dengan menggunakan ponsel. Penipuan, pemerasan, penculikan, dan lain-lain. Inilah alasan saya menyebut ponsel sebagai setan gepeng. Bentuknya pipih dan sering membuat manusia terpedaya serta kerap disalah fungsikan. 

Itulah cara setan dan kaumnya menggoda dan menaklukan manusia melalu barang yang digunakan serta dibutuhkan manusia. Ingatlah, setan punya empat arah saat mendatangi kita: depan dan belakang, kiri dan kanan. Dan berbagai hal yang membuat kita cinta dunia adalah strategi arah belakang mereka. Ya Allah lindungilah kami dari godaan setan yang terkutuk. 

Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan kehadiran ponsel. Terlebih benda ini telah banyak mempermudah kehidupan manusia. Ia adalah wujud perkembangan teknologi yang sangat berperan dalam kehidupan kita. Semua kembali pada diri kita masing-masing. Tempatkanlah sesuatu dengan skala prioritas. Bagi muslim, jika saatnya beribadah, ada baiknya didahulukan dan abaikan semua hal tentang ponsel. Jika kita prioritaskan urusan dengan Allah diatas urusan lain, insyaAllah semua akan terlaksana dengan baik. Allah akan menjamin setiap urusan kita. 

Ponsel hadir untuk mempermudah bukan membuat kita terlena. Bersikap bijaklah dan berhati-hatilah menggunakannya. Jangan biarkan setan ikut hadir ke dalamnya dan memperdaya kita. Semoga Allah ta'ala senantiasa menjaga kita dari tipu muslihat setan dan kaumnya. Aamiin

Rabbi a'uudzubija min hama zaatisy syayaathini yahdhuruuna

Salam, Rika Altair


#OneDayOnePost

Posting Komentar

Sukacita Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah

Source: Canva Allahu akbar Allahubakbar, laa illaha illallahuwaallaahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. Senandung takbir tela...

 
Top