0



Berkomunikasi dengan anak-anak itu menyenangkan. Tingkah mereka yang lucu dan tutur kata yang menggemaskan adalah hal yang membuatku betah membersamai anak-anak dalam tiap kesempatan. Rasanya senang mendengar celoteh mereka. Meskipun bagi orang dewasa ucapan yang keluar dari mulut mungil mereka hanyalah hal sepele. 

Gaya komunikasi anak-anak itu unik. Sehingga perlu suatu kreativitas agar komunikasi kita dengan mereka terjalin baik. Ada banyak hal kreatif yang bisa kita lakukan. Yang terpenting tetap jaga komunikasi secara produktif. Seperti hari ini, aku berusaha mengajak Sheena berkomunikasi produktif. Agar dia tidak bosan, kuajak berkomunikasi sambil bermain. Nah, Sheena itu kan suka sekali sama benda bernama boneka. Kebetulan aku mendapat hadiah boneka maskot Asean Games, dari panitia Asean Games kemarin sebagai hadiah tulisan di blog. Jadi kugunakan si boneka sebagai media berkomunikasi sambil bermain dengannya. Hasilnya sangat menyenangkan. 

"Sheena kalau makan harus dihabiskan ya. Kalau nggak habis nanti Allah sedih." 
Sheena tertawa gemas melihatku berbicara mewakili si boneka dan menggerak-gerakannya. Dalam komunikasi ini aku ingin Sheena menghargai setiap nikmat yang Allah hadirkan untuknya. Makanan adalah nikmat dan rezeki dari Allah. Maka aku ingin Sheena bisa paham bahwa menyisakan atau membuang makanan adalah tanda kita tidak bersyukur atas nikmat-Nya. Alhamdulillah Sheena paham akan hal ini. Bahkan tadi saat makan, dia sapu bersih isi hidangan di piringnya. Katanya tidak mau Allah sedih. MasyaAllah, semoga Sheena tumbuh menjadi generasi Muslimah yang tangguh dan mencintai Rabb-nya sepenuh hati. Aamiin. 


#Hari11
#GameLevel1
#Tantangan10H
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional


Posting Komentar

Kenangan Ramadhan Masa Kecil

Kehidupan masa kecil adalah bagian kehidupan yang paling menyenangkan. Karena setiap waktu banyak diwarnai dengan hal-hal menyenangkan. ...

 
Top