0


Komunikasi Produktif, Choose The Right Time – Komunikasi adalah aktivitas yang melibatkan tidak hanya pembicara dan pendengar. Tetapi dalam komunikasi ada faktor-faktor penunjang lainnya yang akan berdampak pada hasil atau pun atmosfer komunikasi itu sendiri. Misalnya seperti situasi atau kondisi saat komunikasi terjadi, waktu dan tempat berlangsungnya komunikasi, hingga hal yang melibatkan suasana hati (perasaan) ketika komunikasi terjadi.

Aku termasuk orang yang ekstrovert dan selalu tidak sabar ketika ingin menyampaikan atau menceritakan sesuatu. Terutama untuk hal-hal yang membuat suasana hatiku feel so happy atau hal yang mengganggu kenyamananku. Tetapi tanpa kusadari hal ini justru membuat lawan bicara kurang merespon baik apa yang kusampaikan. Karena di waktu tertentu, orang yang ingin kuajak berbicara sedang dalam kondisi yang belum siap menerima serbuan curhatan atau ceritaku. Alhasil, lawan bicara hanya terlihat mendengar tetapi seperti tidak mendengar dengan serius. At last, perasaan boring dan sedikit kesal menguasaiku. Karena mendapat respon yang tidak sesuai with my expectation.

Aku pun mulai menyadari bahwa caraku berkomunikasi seperti itu kurang efektif. Karena masih suka mengabaikan waktu yang tepat ketika mengajak lawan bicara berkomunikasi. Alhamdulillah, kini pikiranku tercerahkan setelah mendapat pelajaran berharga tentang cara berkomunikasi yang produktif, agar terjalin hubungan komunikasi yang baik dan menyenangkan.

Aku teringat saat pulang dari kampus dan langsung menemui adikku untuk memberitahunya bahwa esaiku lolos seleksi “Youth Exchange Programme” saat itu. Aku sangat bersemangat, namun reaksi adikku biasa saja. Bahkan terkesan malas mendengar ceritaku. Setelah kuselidiki, ternyata aku memang berdialog di waktu yang kurang tepat. Adikku sedang tidak mood berkomunikasi.

Hari ini kebetulan ada sesuatu hal yang ingin kubicarakan dengan adikku. Sebenarnya sudah tidak sabar ingin mengajaknya berkomunikasi. Tetapi kutahan karena kuperhatikan adikku sedang sibuk dengan urusannya. Kubiarkan dia sampai menyelesaikan kegiatannya. Dan setelah kupastikan adikku dalam kondisi ternyamannya, barulah kuajak dia berbincang-bincang. Dan … masyaAllah, aku mendapati bahwa komunikasi hari ini terasa begitu hidup, menyenangkan, dan membuat hatiku bahagia. Adikku terlihat antusias dan memberikan respon positif dengan hal yang kusampaikan.

Dari komunikasi hari ini aku kembali belajar bahwa dalam berkomunikasi itu tidak bisa seenaknya menentukan kapan kita ingin berbicara. Kita juga harus memerhatikan saat yang tepat untuk berkomunikasi, agar tercipta komunikasi yang produktif. Jika kita mampu menempatkan komunikasi di waktu yang tepat, tentunya lawan bicara kita akan lebih siap dalam menangggapi apa yang kita sampaikan.

#Hari2
#GameLevel1
#Tantangan10H
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional


Posting Komentar

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top