13

Bandung selalu memiliki kesan spesial di hati siapapun yang pernah mencicipi tinggal, atau sekadar berkunjung ke kota yang berjuluk kota kembang ini. Ya, kota Bandung memang punya begitu banyak keindahan yang mampu menghipnotis. Siapa yang tidak kenal dengan pesona keindahan alam Bandung. Kota ini punya begitu banyak pilihan lokasi menarik serta menakjubkan, yang mampu membuat pengunjungnya terperangah kagum. Belum lagi sajian kuliner khas daerahnya yang kerap menjadi buruan para pecinta kuliner. Selain itu, Bandung juga dikenal sebagai pusat mode di tanah air; cikal bakal lahirnya berbagai kreativitas anak negeri; serta kota dengan udara dan masyarakat yang bersahabat.

Jika diibaratkan sebagai seorang manusia, Bandung itu layaknya seseorang yang sangat spesial dalam hidup. Bagaimana tidak, kota ini membuatku gagal move on. Dan mungkin sebagian besar sobat jejak juga merasakan hal yang sama. Kenangan akan keindahan suasana alam, kesejukan, kuliner, masyarakat, sahabat, dan indahnya suasana malam kota Bandung, begitu sulit dilupakan. Setiap momen hari terakhir di kota Bandung, saat itu pula ada rasa tidak rela untuk pulang ke kota asal. I feel like home in Bandung. Selalu ada rindu yang tertinggal dan ingin kembali lagi secepatnya. Bandung, tabungan rinduku padamu rasanya semakin hari kian banyak. Well, apa sih yang membuatku begitu terpikat dengan Bandung?

7 alasan Jatuh Cinta Pada Bandung

 1.Udara dan Ligkungan yang Bersahabat
Bandung memang sangat terkenal dengan udaranya yang dingin namun sejuk. Hal ini karena Bandung dikelilingi oleh pegunungan. Nah hal pertama yang kurasakan saat menjejakkan kaki di kota ini adalah udara dingin yang rasanya sampai menusuk tulang. Perlu sedikit perjuangan untuk bisa beradaptasi dengan pergantian suasana udara dan air yang biasanya kurasakan di kota asal. Dingin … pasti. Namun rasanya tetap menyegarkan.


Dan Alhamdulillah udara di sini cocok denganku. Dan aku tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Inilah salah satu hal yang membuatku feel like home di Bandung. Terlebih selama perjalanan dan tinggal di Bandung beberapa saat, aku selalu disambut hangat dan dipertemukan dengan orang-orang yang friendly.

2. Banyak Pilihan Destinasi Wisata
Bandung merupakan salah satu kota yang menawarkan banyak pilihan tempat menghabisakan liburan, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, kuliner, budaya, belanja, hingga wisata artificial (buatan), yang mampu memikat pengunjungnya. Beberapa diantara destinasi wisata unggulan yang populer, yaitu: Tangkuban Parahu, Tebing Karaton, Kawah Putih, Situ Patengan, Trans Studio Bandung, Museum Asia Afrika, Teropong Boscha, Orchid Forest, Floating Market, Farm House, The Lodge Maribaya, Kampung Bambu, Ciwalk, dan banyak lainnya.


Sebagai pecinta traveling yang suka mengeksplor tempat yang kukunjungi, tentunya ini semua menjadi penawaran yang menarik sekaligus menyenangkan bagiku. Apalagi aku memang suka sekali untuk menjelajah alam, berwisata religi, sejarah, belanja, and the last but not least, wisata kuliner. Semua yang kubutuhkan saat berwisata telah tersedia lengkap di Bandung.

3.Banyak Bangunan Allah yang Menakjubkan
Alam adalah bangunan mahakarya Allah yang tak tertandingi keindahannya. Dan alam adalah lokasi terfavorit bagiku untuk memanjakan diri dan menghabiskan liburan. Bandung memiliki banyak memiliki tempat-tempat wisata yang mennyuguhkan panorama alam indah tak terbantahkan. Apalagi didukung dengan hawa sejuk, serta kealamian alamnya yang masih sangat terjaga. Cocok sekali untuk relaksasi dan me-refresh tubuh serta pikiran.


Let me give you some examples, Kawah Putih, yang menawarkan panorama alam menakjubkan akan membuat mata takkan pernah puas memandang. Ditambah dengan keindahan di sekeliling yang masih sangat asri, pepohonan hijau, bukit yang menjulang tinggi sekitar kawah, dan terutama adalah pesona air kawah yang berwarna hijau kebiru-biruan (saat sore). Ada juga pesona indah Tebing Karaton, yang sangat cocok sekali sebagai tempat menikmati pagi sambil menyambut sunrise dan sunset di senja hari. Tak hanya itu, masih banyak lokasi yang akan menghipnotis siapapun yang berkunjung. Misalnya keindahan Tangkuban Parahu, Sanghyang Heuleut, Gunung Putri, Bukit Bintang Moko, Curug Dago, Rancaupas, dll.

Membersamai alam dan menjelajahi setiap sudutnya dapat membuat pikiran begitu tenang, dan hidup seakan begitu ringan. That’s why, aku pun kadang sering tak merasakan lelah dalam setiap perjalanan. Tubuh dan kaki seolah paham bahwa aku tidak mau diusik. So, jalan terus hingg aku yang ingin berhenti sendiri. Apalagi begitu banyak lokasi indah di Bandung yang tidak akan pernah cukup puas rasanya jika hanya menjejak sebentar. Biasanya aku keluar penginapan sekitar pukul 06:00 WIB, dan baru kembali sekitar pukul 22:00 WIB.

4. Kuliner Lezat
Siapa yang tak kenal dengan kelezatan kuliner Bandung? Ya, di Bandung memang banyak sekali pilihan kuliner lezat yang siap memanjakan lidah. Pokoknya Bandung itu punya banyak penawaran jajanan lezat yang membuat kita tidak bisa berhenti mengunyah. Tak hanya makanan restoran saja yang banyak diburu, bahkan jajanan kaki lima pun menawarkan cita rasa yang menggiurkan. Diantara makanan khas Bandung yang paling kusuka adalah: gepuk, mie kocok, moci ice cream, kue balok, soerabi, soto Bandung, basreng, susu lembang, dll.



5.Tempatnya Wisata Belanja
Traveling tanpa belanja rasanya pasti kurang lengkap. Nah, Bandung ini menurutku salah satu pusat surganya belanja. Mulai yang tradisional hingga yang modern tersebar luas di kota ini. Dan soal harga, cukup terjangkau dengan kualitas barang yang bagus. Sebut saja diantara lokasi belanja favorit, yaitu Pasar Baru, Ciwalk, Kawasan Braga, PVJ, TSM, BIP, ITC Kebon Kalapa, dll.

6. Wisata Keren, Harga Bersahabat

Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di tanah air. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya objek wisata menarik yang ditawarkan. Terlebih kebanyakan tarif masuk lokasi wisatanya juga relatif murah. Tiket masuk rata-rata berkisar Rp20.000, dan biasanya ada penambahan Rp10.000 di saat hari libur. Dan ada juga tiket masuk yang bisa ditukarkan dengan makanan atau minuman. Misalnya seperti di Farm House, yang mana tiket masuk bisa ditukar susu segar atau sosis bakar. Jadi sangat murah, kan? Untuk Trans Studio Bandung tiket masuk memang lebih mahal. Saat weekday tiketnya adalah Rp170.000 dan Rp270.000 saat weekend atau hari libur. Namun harga dengan harga ini pengunjung bisa puas menikmati semua wahana tanpa biaya lagi. 



7. Penginapan Dengan Harga Bersahabat

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di tanah air, tentunya Bandung juga memiliki banyak tempat menginap yang tersebar di seluruh area wisatanya. Rata-rata penginapan di Bandung memasang tarif yang relatif terjangkau bagi wisatawan. Meskipun murah, namun fasilitas penginapannya sangat lengkap dan nyaman. Seperti salah satu tempatku menginap saat ke Bandung tahun lalu, yang berlokasi di daerah Geger Kalong, kawasan Setia Budi. Tempatnya nyaman dan fasilitas lengkap. Tarifnya hanya sekitar Rp220.000 per malam. 




Itulah 7 alasan yang membuatku jatuh cinta sejak pertama kali menjejakkan kaki di kota Bandung. Masih banyak kesan tak terlupakan lainnya yang sampai saat ini membuatku susah berpaling dari kota kembang ini. Tak heran setiap momen liburan tiba, aku selalu menyempatkan berkunjung ke Bandung. Meskipun kadang aku kerap mengunjungi tempat yang sana. Anehnya rasa bosan sedikitpun tidak pernah hadir. 

Posting Komentar

  1. Bandung memang asik buat menjelajah ... Ah tetiba kangen kota itu. Terakhir kesana udah lama bener pas anak2 bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku sampai sekarang susah pisan move on dari Bandung. Liburan kemarin juga masih nyambi ke Bandung lagi🙂

      Hapus
  2. Belum pernah ke Bandung, tapi baca tulisan mb Rika jadi tahu tentang Bandung. Thanks buat tulisannya mb^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu hari diberi kesempatan menikmati kota Bandung ya Mbak. Semangat

      Hapus
  3. Saya pernah ke Bandung saat ikut acara internasional youth gathering di gedung KAA dan menginap satu malam di puncak Lembang. Wah memang bener dinginnya lumayan, tapi pandangan sejuk menghijau, makanannya enak-enak. Kawan saya dari Afrika sampai bilang 'This is Jannah',hehe, wajar karena di negerinya hanya ada hamparan tanah dan pasir gersang.

    Memang gak berlebihan kalau banyak orang jatuh cinta pada Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah sampai dibilang "Jannah". Alhamdulillah Allah anugerahkan tanah air kita dengan keindahan menakjubkan ya Mas🙂

      Hapus
  4. Itu juga yang kurasakan saat ini :") Belum bisa move on dari Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu atuh. Kita sama-sama nggak bisa move on dari Bandung😁

      Hapus
  5. Dulu kepingin banget kuliah di Bandung, tapi waktu pemilihan kampus gak tau kenapa kok milih Semarang 😂. Yang jelas menurut aku pribadi yang bikin betah di Bandung karena Perempuan2nya geulis hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu ingin kuliah di Bandung. Qadarullah takdirnya kuliah di Lampung🙂. Hmmm...tahu aja mah ya mata lelaki😁

      Hapus
  6. Beneran Parisnya Jawa ya Bandung ini. Paling cocok sama poin cuaca yg adem dan kuliner lezat 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. So, kita kudu bangga sama Indonesia. Karena banyak tempat menyenangkan dan indah yang nggak kalah sama luar negeri.

      Hapus
  7. Saya belum pernah menjelajah Bandung. Baru sekali ke sana, itupun sudah lama sekali. Semoga suatu saat bisa menjelajah ke sana, berlibur bersama anak-anak dan suami

    BalasHapus

3 Tahun Tapis Blogger, Semakin Terdepan Mengenalkan Lampung

Squad Tapis Blogger A : Kamu tinggal di Lampung sudah berapa lama? B : Seperempat abad A : Selama itu apa saja yang sudah kamu laku...

 
Top