10

Cara Agar Menjadi Seorang Blogger Konsisten Dan Produktif – Saat ini menjadi seorang blogger semakin digemari banyak orang. Banyak juga yang menganggap bahwa blogger merupakan salah satu pofesi prestise, diantara banyak profesi lainnya. Karena kini profesi ini juga semakin membuka banyak peluang menjanjikan. Bahkan kini banyak orang yang menjadikan profesi blogger sebagai pekerjaan sampingan di tengah rutinitas hariannya. Selain bisa menyalurkan hobi menulis dan berbagi informasi, blogger juga membuka kesempatan untuk mendapatkan pengasilan, mulai dari yang receh hingga yang bernilai fantastis. Kalau aku awal memutuskan jadi blogger karena memang suka sekali dengan dunia tulis menulis. Aku suka menanggapi isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan atau sekadar berbagi informasi seputar hal yang kugemari, seperti traveling, kuliner, film, kesehatan, dan lainnya. 
Seiring waktu aku pun mulai merasakan bahwa menjadi blogger tidak hanya sekadar bermanfaat menyalurkan hobi beropini, mengeluarkan ide serta gagasan dalam tulisan saja, tetapi masih banyak keuntungan lainnya. menjadi blogger telah mempertemukanku dengan banyak orang hebat dan menginspirasi. Aku pun berkesempatan hadir di berbagai event yang diselenggrakan lembaga pemerintah, perusahaan, atau pun seminar-seminar bermanfaat. Dan semua ini biasanya free. Tak hanya itu, sejak bergabung di komunitas blogger, aku pun mendapatkan banyak peluang kerjasama dari beberapa brand untuk me-review produk atau jasa mereka. Rasanya senang sekali bisa menjalankan hobi, menebar manfaat, serta menadapat banyak bonus keuntungan yang tak pernah kubayangkan sebelumnya. Berikut adalah video singkat dari beberapa kegiatanku selama menjalani aktivitas sebagai blogger.

Namun terkadang,di tengah semangat yang membara untuk terus konsisten dan produktif menulis, ada saja gangguan yang membuatku jadi malas. Bahkan sekadar membuka blog untuk membalas komentar pengunjung pun rasanya berat sekali. Padahal saat itu tidak sedang disibukkan dengan aktivitas lain. Serangan malas ini bisa menyerang kapanpun tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dan bagi korbannya yang tidak kuat, maka akan mudah untuk tenggelam lama di dalam ruang tak produktif. Tentunya hal ini akan merugikan diri kita dan juga nasib blog yang telah dibangun jadi taruhannya. Lama tidak update tentu akan berakibat pada performa dan trafik blog, yang perlahan bisa menenggelamkan blog hingga kehilangan nyawanya. 
Malas adalah sesuatu yang telah menjadi bagian sifat manusia. Namun bukan berarti kita tidak bisa menyingkirkannya. Malas boleh. Tapi jangan berlarut. Lantas bagaimana caranya agar tetap bisa terus konsisten dan produktif menjadi seorang blogger? Jangan khawatir, aku punya beberapa cara cukup efektif untuk menjaga kekonsistenan menjadi seorang blogger. Berikut cara-cara simple yang telah kupraktekkan. 
Cara Agar Tetap Konsisten dan Produktif Menjadi Blogger
Ingat Tujuan Awal Membuat Blog
Ingat kembali saat pertama kali memutuskan membuat blog. Dengan ini maka kita akan sadar bahwa kita punya tanggung jawab untuk merawat blog dengan baik. Caranya tentu dengan tidak mengabaikan blog itu sendiri. Jika tujuannya untuk menuangkan ide,opini, atau sekadar berbagi informasi, maka jangan berhenti. Karena berhenti sama saja dengan mematikan ruang berpikir dan menebar manfaat bagi orang banyak. Apalagi jika tujuannya juga diiringi untuk mendapatkan bonus-bonus lainnya yang menyertai, maka berusahalah untuk tetap eksis dengan menjaga kekonsistenan diri, untuk tetap produktif menerbitkan tulisan di blog. Tidak perlu setiap hari jika memang terkendala waktu atau hambatan lainnya yang tidak memungkinkan. Tapi usahakan bisa terus update blog secara berkala. Misalnya minimal update setiap tiga hari sekali. 
Kuatkan Motivasi Diri
Meskipun sepele, tetapi motivasi yang kuat mampu melawan rasa malas yang ekstrim sekalipun. Untuk itu kita perlu memotivasi diri dengan hal-hal yang membangkitkan semangat. Misalnya reward yang akan diraih jika terus konsisten menulis. Tanamkan dalam diri bahwa kemampuan menulis itu akan semakin terasah jika dilatih secara kontinu. Bukan tidak mungkin hal ini kelak akan mengantarkan kita pada sebuah level sukses dalam dunia kepenulisan. Tulislah hal yang dirasa menarik untuk diulas. Lakukan santai saja. Tidak perlu seperti orang yang sedang dikejar deadline. 

Buat Jadwal Tetap
Jadwal akan membantu kita untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang telah kita targetkan. Misalnya berapa artikel yang harus ditulis dalam satu hari dan kapan deadline untuk menerbitkannya di blog. Atau bisa juga dengan menyesuaikan dengan jam sibuk dan rutinitas kita. Misalnya kapan saat yang paling tepat untuk fokus berada di depan laptop, dan menulis ide-ide yang sebelumnya telah ada dalam daftar notes. Aku biasanya selalu menuliskan setiap ide yang kudapat di notes, yang kemudian di saat ada waktu senggang aku akan mengembangkannya menjadi artikel di blog. Dan cara ini juga bisa dipakai agar waktu luang atau santai bisa lebih bermanfaat, yaitu dengan memanfaatkannya untuk melanjutkan tulisan atau mengembangkan ide yang telah tercatat. 
Bergabung Dengan Komunitas Blogger
Dalam hidup, segala sesuatu yang sendirian itu pastilah tidak asik dan tidak menyenangkan. Nah, hal ini juga berlaku untuk urusan blogging. Untuk itu carilah dan bergabunglah dengan komunitas yang menaungi para blogger. Dengan bergabung di komunitas, maka kita akan bertemu banyak blogger, mulai dari yang pemula hingga para masternya. Di sini kita bisa saling belajar dan bertukar ilmu seputar dunia blogging. Tak hanya itu, biasanya komunitas itu banyak mengadakan event yang akan semakin meningkatkan kemampuan kita sebagai blogger. Kita pun juga berkesempatan untuk membangun jaringan lebih luas, tidak hanya skala lokal tapi hingga nasional. Yang tak kalah penting, biasanya para anggota komunitas itu solid dan saling memotivasi rekan-rekannya untuk tetap semangat nge-blog. 

Blog Kita Adalah Aset Kita
Ingat kembali perjuangan masa-masa awal saat membangun blog. Pastinya semua proses yang telah dilakukan dan hasil yang telah dicapai selama ini bukanlah hal instan yang tanpa perjuangan lelah. Karena memang membuat dan membangun image blog itu tidaklah mudah. Pasti ada banyak hal, baik manis maupun pahit yang dirasakan. Misalnya perjuangan mendapatkan pengunjung atau mencapai Domain Authority (DA) dan Post Authority (PA) yang tinggi. Ini semua butuh perjuangan yang tidak mudah  tentunya. Jadi sangat disayangkan jika kita abaikan blog hanya karena malas. Terlebih jika blog telah memberikan penghasilan. 
Blog Bukan Hanya Tentang Tulisan
Biasanya rasa masal ngeblog sebagian besar disebabkan karena kita tidak menemukan ide untuk menulis. Nah jika hal ini terjadi, biarkan saja sejenak. Artinya bebaskan dulu diri dari aktivitas menulis. Namun bukan berarti kita mengabaikan blog. Alihkanlah dengan melakukan aktivitas lainnya, misalnya dengan memperbaiki tampilan blog, memperbaiki artikel, atau memeriksa trafik kunjungan dan komentar pengunjung. Nah biasanya saat memeriksa trafik atau komentar di blog, perlahan rasa ingin menulis itu akan muncul. Terlebih jika melihat tingkat trafik dan kunjungan di kolom komentar yang banyak. 
Itulah beberapa cara agar menjadi seorang blogger konsisten dan produktif. Semoga kita semua terus bersemangat untuk ngeblog. Dan jangan lupa untuk selalu menuliskan hal yang baik-baik dan bernilai manfaat. Karena apa yang kita tuliskan kelak akan kita pertanggungjawabkan. 


Posting Komentar

  1. Benerr.. kita harus tega mangkas malas, ide banyak, tapi nulisnya kadang lelah, hahaha... thanks banget tipsnya keren banget...

    BalasHapus
  2. Malas memang nyusahin mbak. Makanya kudu cerdas kitanya mengusir si malas. Semangat nulis ya mbak

    BalasHapus
  3. smoga dg mnulis, kita day kut mnyebarkn ilmu positif y kak. semangat bersama2 💪😍

    BalasHapus
  4. Terima kasih udah mengingatkan, kebetulan saya juga lagi malas nge-blog lagi. Kasihan, blog-nya jadi terbengkalai karena sibuk dengan urusan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak. Semoga tetep semangat ngeblognya. Kasian ntar jadi sarang laba-laba🙂. Pengingat juga buat diriku🙂

      Hapus
  5. Malas isi blog, itu saya banget klo lagi gak mood atau lagi banyak aktivitas luar :)
    Kadang sudah nulis draft separuh, terpaksa ditinggalkan dlu karena ngerjain yg lain. Nah, jadinya bisa keterusan gak dilanjutin klo bukan kita sendiri yg nyemangatin diri ini.
    Makasih tipsnya ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat ya mbak. Kita memang butuh strategi buat melawan malas. Kalau nggak bisa futur berkepanjangan soalnya

      Hapus
  6. Tipsnya mantap ini. Pas dengan saya yg kadang ngerjain blog tanpa terjadwal. Harusnya dijadwal kan ya :)
    Memang, menjadi blogger kudu siap konsisten. Sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat ya mbak. Kita memang harus konsisten terhadap setiap kegiatan yang kita tekuni. Karena sukses itu butuh kepastian ceunah🙂

      Hapus

Hadir Semakin Dekat, HokBen Antasari Lampung Tawarkan Keistimewaan Baru yang Wajib Dicoba

Kami di pembukaan HokBen Antasari Dok. Tapis Blogger Berbicara tentang makanan, pastinya tidak akan pernah bosan, ya sobat jejak ...

 
Top