30

Indonesia memiliki beragam khasanah budaya yang sangat mengagumkan. Keindahan dan keunikannya telah memberi warna indah di bumi pertiwi. Inilah salah satu kebanggan yang wajib kita jaga dan lestarikan. Karena ia adalah bagian dari harga diri dan identitas bangsa yang sangat berharga. Nah, salah satu kekayaan budaya yang sangat erat kaitannya dengan bangsa adalah kain batik.

Batik adalah sebuah kain bermotif indah yang dilukis, yang dibuat menggunakan canting dan lilin malam. Kata batik sendiri berasal dari dua kata bahasa Jawa, “amba” yang artinya menulis dan “tik” yang artinya titik. Sehingga makna batik adalah menuliskan titik-titik yang dilakukan pada selembar kain.

Meskipun identik dengan budaya Jawa, namun batik bukan hanya tentang budaya suatu suku atau golongan. Tapi batik adalah milik kita semua sebagai bangsa Indonesia. Karena itu kita patut bangga dan berupaya terus melestarikan warisan budaya ini. Terlebih kini batik telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia, dan ditetapkan sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan & bukan bendawi (Masterpieces of the Oral and Itangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO, yang dikukuhkan tepat pada tanggal 2 Oktober 2009.

Momentum sejarah 2 Oktober itu ditetapkan pula sebagai Hari Batik Nasional, dimana setiap tahunnya kita kembali diingatkan tentang betapa indahnya warisan budaya Indonesia; betapa berharganya setiap budaya yang kita miliki; dan betapa kita wajib bangga sebagai bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman.

Batik telah melewati rangkaian sejarah yang cukup panjang. Dan kita pun telah sering memperjuangkannya agar tidak diakui atau pun dicuri pihak lain. Terlebih batik berpotensi besar diakui pihak lain sebagai bagian dari aset budayanya. Seperti yang sempat terjadi beberapa tahun silam, dimana kita semua dibuat geram saat negara lain mengakui batik sebagai budayanya. Untuk itulah kita harus terus menjaganya. Karena semua perjuangan dan pengakuan itu akan sia-sia jika kita tidak menjaganya dengan baik.

Menjaga dan melestarikan batik tidak perlu perjuangan berdarah-darah, seperti saat kita memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah dulu. Kita hanya perlu terus melestarikannya dan menujukkan pada dunia bahwa batik adalah resmi milik Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan bangga memakai pakaian bermotif  batik .



Bangga dengan batik tidak perlu menunggu momen 2 Oktober untuk memakainya. Tapi kita bisa memakainya juga dalam berbagai kondisi. Karena batik sangat bisa dipakai dalam berbagai kesempatan. Misalnya saat menghadiri acara, ke kantor, atau dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini motif dan model pakaian batik sudah sangat beragam, sehingga tetap bisa mendukung penampilan meski bukan di situasi resmi sekalipun. Bahkan beberapa kepala negara dunia pun telah banyak yang memakai batik juga, lho.

Nah, Mengapa kita harus bangga memakai batik?  Berikut 6 alasan yang akan membuat kita semua tidak perlu lagi malu memakai batik.

Batik Adalah Aset Bangsa bernilai Tinggi

Kain batik telah makin dikenal sebagai ciri khas Indonesia. Terutama sejak ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia. Di dalamnya tidak hanya mengandung nilai seni dari sebuah lukisan kain saja, tetapi ada makna berharga yang lebih dari itu. Di dalam motif batik ada nilai sejarah dan seni yang sangat tinggi. Dan hingga saat ini, batik adalah warisan turun temurun yang masih sangat terjaga. Tidak ada satu negara pun yang memiliki karya seni budaya nan begitu indah seperti batik. Tak heran banyak negara asing yang sangat kagum dengan keindahannya.

Berperan Dalam Melestarikan Budaya Bangsa

Batik adalah salah satu aset berharga bangsa Indonesia. Dengan memakainya, maka secara tidak langsung kita telah ikut berperan serta dalam upaya pelestarian budaya tanah air. Kita telah menjadi pejuang budaya nusantara. Orang asing saja kini telah banyak yang memakai batik sebagai bagian dari fashion mereka. Lalu alasan apa yang membuat kita sebagai pemilik sah tidak mau memakainya?  

Menumbuhkan Semangat Nasionalisme

Di Indonesia batik memiliki beragam motif. Setiap daerah punya ciri khas batik yang indah. Dengan memakai batik, maka secara tidak langsung akan menunjukan identitas kita. Hal ini juga akan berdampak pada sikap dan perilaku kita saat memakainya. Karena pakaian akan menunjukkan karakter pemakainya. Dan, rasa bangga itu akan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada kita.

Ikut Mengangkat Nama Indonesia di Mata Dunia

Saat ini batik telah menjadi karya seni yang terkenal hingga ke mancanegara. Seni dan motif lukis batik yang indah telah berhasil memikat banyak orang, hingga ia berhasil besaing di pasaran internasional. Hal ini terbukti dengan tingginya ketertarikan wisatawan asing terhadap batik. Setiap datang ke Indonesia, batik selalu menjadi buah tangan mereka. Bahkan banyak dari mereka yang tertarik mempelajari cara melukis batik ini.



Mulai dari kepala negara hingga artis papan atas dunia pun kerap terlihat sedang memakai batik dalam kesehariannya, seperti aktris Julia Roberts yang pernah berkunjung ke Indonesia. Sudah selayaknya kita semakin bangga dengan warisan budaya ini. Karena setiap mendengar kata batik, tentunya hal pertama yang terlintas di pikiran orang adalah Indonesia.

Membantu Perekonomian Lokal

Dengan kita membeli serta memakai batik, maka kita telah ikut berperan dalam memajukan roda ekonomi rakyat. Kita telah ikut andil dalam memajukan dan meningkatkan taraf hidup semua orang, yang terlibat di dalam proses pembuatannya, mulai dari para pengrajin hingga para penjualnya. Dengan begitu roda ekonomi kita pun akan terus meningkat. Karena dengan menggunakan produk lokal, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jadi, jangan ragu lagi pakai batik, ya.

Batik Bernilai Seni Tinggi

Proses pembuatan batik memerlukan sebuah ketekunan, kesabaran, dan ketelitian. Selain itu ada beberapa tahapan yang harus dilewati, untuk menghasilkan sebuah kain batik yang indah. Karenanya pembuatannya pun memakan waktu yang lama.



Batik ini juga dibuat dengan pola dan motif yang di dalamnya mengandung makna filosofi. Biasanya hal ini disesuaikan dengan daerah asal pembuatan batik. Dan nilai filosofi itu mengandung suatu nasihat yang baik bagi kehidupan. Pada setiap guratannya, terkandung sebuah nilai seni yang tinggi. Tak heran jika batik sangat dikagumi dan bahkan mampu mencuri perhatian dunia.

Ayo lestarikan dan mulailah bangga memakai batik. Jangan mau kalah dengan orang asing yang sekarang menjadikan batik fashion mereka.

 

 

Posting Komentar

  1. Warisan leluhur yg satu ini emang istimewa, ya mbak. Bikin adem yang makai. Apalagi kalo batik ini kasih income buat lingkungan kita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Yoha, warisan yang sangat berharga bagi bangsa.

      Hapus
  2. Nah aku setuju batik ini adalah kekayaan budaya Indonesia yang besaaar sekali. Jangan sampai dong, jadinya batik ini menjadi kekayaan negeri jiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener banget tuh mbak. Nggak rela pokoknya kalau milik bangsa ini diaku-akui oleh negeri sebelah atau negara manapun.

      Hapus
  3. Jangan bangga dulu kalau bisa beli batik murah. Jangan jangan batik import china. Sedih ya kalau ada org yg lebih milih batik dgn harga murah pdhl itu dr negara lain, kan jd melunturkan rasa cinta pd tanah airnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini juga yang suka jadi masalah yambak. Seharusnya kita mendukung produk lokal. Produk cina memang murah, tapi merusak pasar dan nggak baik buat perekembangan industri lokal. semoga makin banyak yang lebih mencintai produk buatan negeri sendiri

      Hapus
  4. AKu bangga sekali memakai batik :) Sebagai warisan budaya bangsa tentu kita harus memakai batik. Sekarang orang ke mall aja batikan. Jenisnya juga sudah beragam ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dulu mbak. Aku jga bangga kalau pas pakai batik. Rasanya Indonesia banget:)

      Hapus
  5. Sekali pakai batik pasti jatuh cinta. Seperti alm Neslen Mandela yang saat KTT Non blok pakai batik selama di Indonesia. Pulang ke negara langsung bikin batik versi afrika dengan motif hewan afrika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang luar saja bisa sebegitu cintanya dengan batik, masa kita nggak ya mbak. Malu atuh

      Hapus
  6. Bangga dong dengan batik yang makin hari makin mendunia. Malah sekarang baju batik sudah lebih banyak yg fashionable dan nyamna bahannya jadi dipakai sehari-hari tetap oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sekarang batik bukan lagi fashion kuno atau dipakai kalangan tertentu saja. Tapi Batik adalah fashion fleksibel di setiap suasana

      Hapus
  7. Ngiri banget pada teman teman yang kemarin pakai batik
    Aneh banget, foto foto saya kok ga ada yang pakai batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah mulai besok-besok pakai batiknya ya mba. Biar nggak ngiri lagi. Yuk batikan kita

      Hapus
  8. Aku sangat bangga mengenakan batik. Hari-hari biasa pun sering sekali mengenakan batik, mulai dari gamis, kulot, tunik, celana panjang, sampai pakaian rumah.

    Betul loh, dulu teman-teman expat di kantor tuh ya, senang banget kalau hari Jumat tiba. Selain karena besoknya libur #Eh, mereka bebas berbatik ria di hari Jumat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, keren pisan mbak. Pasti koleksi batiknya banyak ya.

      Hapus
  9. Semangat pakai batik!

    Seneng deh motif batik kini makin beragam. Bisa dipakai dalam berbagai acara dan suasana

    BalasHapus
  10. Selalu bangga dan haru kalau memakai baju batik apalagi keluarga besar kau adalah keluarga yang pernah menjadi pengrajin batik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Naqi. Kalau nggak salah kakaknya mba pengrajin batik yang pernah dapet reward ya. Keren banget. Salut aku

      Hapus
  11. Daku juga pakai batik nggak hanya pas kondangan,karena kan biasanya batik identik dengan kondangan kan ya. Namun, batik juga asik digunakan pada acara lainnya, apalagi udah banyak motif yg menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Aku pun pakai batik nggak mesti saat hari jumat. Tapi kapanpun aku mau, ya kupakai. Karena batik cocok buat berbagai suasana

      Hapus
  12. Batik yang berkualitas harganya mahal karena pembuatannya memang rumit. Harus hati2 sekarang karena banyak baju batik tapi impor juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak, kalau nggak hati-hati bisa-bisa kita beli batik impor ya

      Hapus
  13. Batik favoritku biasanya yang motifnya abstrak (?) hehehe...ya bolehlah bunga-bunga, daun trus warnanya yang girly, warna pastel gitu. Kalo batik yang asli mungkin nggak ada ya yg sesuai keinginanku hehehe. So far sampe sekarang kain batik kukenakan pada pakaian santai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih suka semua motif, soalnya bagus-bagus dan menarik...heheh

      Hapus
  14. Benar banget mba, batik bisa dipakai dalam acara atau momen apapun, tinggal kita sesuaikan saja dengan model pakaiannya.

    BalasHapus
  15. Semakin mendalami Batik, kecintaan kita akan produk kreatif ini akan semakin meningkat. Saya pernah latihan membatik di bawah arahan seorang legenda Batik. MashaAllah, sungguh pengalaman yang luar biasa. Lewat kegiatan itu, saya jadi paham bagaimana seluk beluk membatik dan menjadikan satu lembaran batik sebagai sebuah hasil karya handmade yang sungguh sangat berharga.

    BalasHapus
  16. Batik bagus banget kalau dipakai, dan batik itu membuatnya butuh ketekunan dan kesabaran untuk membuatnya. Salut deh sama pengrajin batik ��

    BalasHapus
  17. Batik memang bisa menggerakkan ekonomi lokal ya mbak. Pun demikian dengan tenun dan sebangsanya. Apalagi waktu ASN diwajibkan berbatik. Sekarang sudah tidak wajib lagi, ya, sayangnya

    BalasHapus

 
Top