16

 


Saat ini aktivitas blogging bukan lagi sekadar sarana menyalurkan hobi menulis, atau buat tempat curhat saja. Tetapi kini blog adalah salah satu media yang bisa dijadikan sumber penghasilan yang menjanjikan. Kok bisa? Ya, selama kita mampu memaksimalkannya dengan baik.  Untuk itulah kita perlu cara yang tepat dalam mengoptimalkan peluang dunia blogging ini.

Awalnya aku pun nge-blog hanya untuk menyalurkan hobi menulis dan berbagi. Sudah cukup senang ketika ada yang datang berkunjung, membaca, dan meninggalkan komentar di kolom artikel yang diterbitkan. Namun ternyata blog juga bisa mendatangkan pemasukan, mulai yang receh hingga nominal besar.

Nge-blog dan dapat uang? Ya, hal ini telah kurasakan sejak kembali aktif menekuni dunia blogging 3 tahun terakhir. Terutama setelah bergabung di beberapa komunitas blogger tanah air. Lewat komunitas inilah banyak tawaran job berdatangan. Tidak hanya dari pihak pemilik usaha saja, tetapi juga hingga instansi pemerintah. Ada yang meminta review, content placement, undangan event, tawaran menulis, liputan, dan lainnya.

Sayangnya tidak semua blogger bisa dengan mudah mendapatkan job tersebut. Karena beberapa lembaga atau pun badan usaha memiliki kriteria tersendiri untuk bekerjasama dengan pemilik blog. Biasanya syarat yang harus dipenuhi adalah usia blog, jumlah postingan, blog harus TLD, domain authority (DA), Page Authority (PA), tingkat spam score, alexa rank, domain rate (DR), dan niche blog.


Nah, akhir-akhir ini banyak tawaran job yang terpaksa terlewat. Aku tidak bisa mendaftar untuk ikutan. Salah satu penyebabnya adalah karena masalah DA blog dan spam score. Ya, kurang lebih setahunan yang lalu DA blog-ku turun entah mengapa. Padahal aku merasa sudah maksimal blog walking yang katanya bisa membantu menaikan DA/PA. Aku juga selalu berusaha membuat konten yang berkualitas dan organik.  

Awal turunnya DA ini memang dipengaruhi oleh pembaharuan algoritma MOZ sejak 2019 lalu. Aku pun memilh cuek saat itu. Fokus menulis konten yang baik, lebih rajin BW, dan share link postingan. Tapi angka DA enggan kembali atau minimal mulai merangkak naik. Hal ini tentu saja membuatku baper plus geregetan.

Biasanya pede ikutan mendaftar campaign dan menawar rate card. Tapi sekarang kebanyakan skip form pendaftaran. Setelah mencari informasi di internet dan bertanya sana sini, ternyata permasalahan DA ini bisa disebabkan banyak faktor lainnya. Dan setelah diselidiki, ternyata performa blog menurun karena blog mulai dijalari spam score dan broken link di beberapa kolom komentar.

Usaha menaikkan DA memang tak mudah. Apakah aku menyerah? Tidak. Aku terus berusaha hingga akhirnya mendapat kabar dari grup komunitas blogger tentang serangkaian webinar yang diadakan Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN), bertajuk Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging. Tentu saja ini membuatku sangat sumringah. Terlebih ada beberapa webinar yang sesuai dengan apa yang kubutuhkn saat ini, yaitu mengoptimasi performa blog.

Webinar Series IIDN Bersama IM3 Oredoo

Ada 25 webinar keren selama sebulan penuh yang digelar komunitas IIDN, yang dimulai sejak tanggal 5 September sampai 2 Oktober 2020. Awalnya aku ingin ikut semua. Karena materinya benar-benar bagus. Sayangnya banyaknya aktivitas kelas daring membuatku harus mengalah. Alhamdulillah masih berkesempatan mengikuti beberapa webinarnya. Salah satunya adalah webinar tentang Mengenal dan mengoptimalkan Domain Authority bersama coach Irwin Andriyanto.

Mas Irwin menjelaskan bahwa jika ingin memiliki blog dengan performa luar biasa, harus memerhatikan beberapa hal penting, yang akan berdampak pada kualitas blog kita. Diantaranya adalah memerhatikan struktur blog, struktur on page, dan optimasi on page. Jika ketiganya dapat kita maksimalkan, maka performa blog akan meningkat pesat. Bahkan DA/PA bisa melejit tinggi.



Dalam menulis artikel, sebaiknya jangan hanya menulis saja. Tetapi perlu juga memerhatikan poin-poin penting, seperti jumlah karakter judul, panjang artikel, penggunaan heading dan sub heading, internal link dan external link, peletakan key word, jumlah karakter URL, Alt text pada foto, dan lainnya. Inilah yang dinamakan menulis dengan teknik SEO. Sehingga nantinya hal ini bisa memperbaiki performa blog kita. 

SEO adalah cara mengoptimasi sebuah website sehingga mampu menduduki halaman pertama dalam mesin pencarian. Manfaatnya tentu banyak sekali. Sebagiamana yang telah dipaparkan mas Irwin, diantaranya untuk investasi jangka panjang, mendatangkan pengunjung, menarik pihak yang ingin kerjasama, dan tentunya peluang pemasukan yang menjanjikan kelak.

Wahh…senangnya dapat materi ini. Jadi sekarang aku akan berusaha menerapkan ilmu SEO dalam menulis artikel, agar bisa mengoptimalkan blog yang kukelola. Tidak bisa lagi menulis judul sepanjang gerbong kereta api. Harus sesuai aturan SEO (Search Engine Optimation). Intinya terapkan ilmunya. Jangan Cuma ikut webinar tanpa take the action.

Rencana Dalam Mengoptimalkan Peluang Blog

Yang pertama harus kulakukan adalah mulai bersih-bersih lagi. Karena blog itu ibarat rumah. Kalau malas bersih-bersih tentu lambat laun akan banyak debu dan kotoran, dan membuat rumah tampak tidak indah. Nah aku akan cek lagi apakah masih banyak sampah di blog, seperti broken link misalnya.

Kemudian aku akan memperbaiki (update) artikel-artikel lama dengan menerapkan teknik SEO. Nah, kebetulan saat webinar, aku juga mendapat jatah gratis pengecekan struktur blog oleh mas Irwin. Sehingga aku jadi lebih paham bagian mana yang harus diperbaiki, dan apa masalahnya.

Nah, berkecimpung di dunia blogging tentu sangat erat juga kaitannya dengan yang namanya internet dan paket data. Terlebih yang telah menjadikan blog sebagai bagian dari rutinitas harian. Tentu sangat perlu suplai data yang cukup serta koneksi yang lancar dan stabil.

Kebetulan di webinar ini kami juga dikenalkan dengan beberapa paket terbaru dari IM3 Ooredoo, yang salah satunya adalah IMPreneur, yang merupakan paket khusus IM3 yang dirancang bagi pelaku SME (Small to Medium Size Enterprises) / setingkat UMKM. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan tunjangan dalam berkomunikasi bagi anggota karyawannya.

Kelebihan dari IMPreneur ini yaitu memudahkan untuk berbagi kuota internet dan nelpon ke seluruh anggota, bebas berbagi kuota pada siapapun hingga 20 orang, dan mencukupi kebutuhan akan kolaborasi antar tim dengan sangat mudah.

Paket yang Disediakan IMPreneur

1.     Max

Mendapatkan kuota hingga 320 GB dengan biaya hanya 1 juta Rupiah/bulan, dan dapat dibagi ke 20 orang anggota.

2.      Pro

Mendapatkan kuota hingga 130 GB dengan biaya Rp500.00/bulan, dan dapat dibagi ke 10 orang anggota.

3.      Fit

Mendapatkan kuota 65 GB dengan biaya Rp300.000/bulan, dan dapat dibagi ke 5 orang anggota.

Wah…menggiurkan juga nih paket khusus dari IM3Ooredoo ini. Bisa berbagi kuota internet dan nelpon sesuai kebutuhan. Apalagi sangat membantu dalam pemenuhan paket data bagi para penggiat usaha.

Well, demikianlah pengalamku mengikuti webinar dari IIDN dan IM3. Semoga semua ilmu yang didapatkan bisa kuterapkan dengan maksimal. Terutama dalam upaya mengoptimalkan peluang dunia blogging. Nah, teman-teman ada jugakah yang punya pengalaman mengikuti serangkaian webinar dari IIDN? Feel free to share, ya.

Tulisan inidiikutsertakan dalam Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN – Mengoptimalkan PeluangDunia Blog



Posting Komentar

  1. Ilmu dari coach Irwin memang mantap ya mbak. Orang hebat yg berilmu memang nggak pelit buat berbagi.

    Oiya, kegalauan DA ini memang bikin geregetan sih. Syarat DA klien makin tinggi sedangkan DA malah mandek ga naik2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren coach Irwin. Aku suka cara beliau menjelaskan. Mudah dipahami bagiku.

      Nah bener banget mba, DA ini bikin gregetan. Susah banget diajak naik kelas🤭

      Hapus
  2. Wah bermanfaat banget nih ilmunya....benar banget sekarang banyak peluang via blog dan kita juga bisa memanfaatkannya
    -Efiy-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Tinggal bagaimana cara kita memanfaatkannya dengan baik ya

      Hapus
  3. Alhamdulillah, webinar bisa bikin semangat berbenah ya. Btw kalau BW memang tidak menaikkan DA. Tempo hari juga tak disebutkan oleh Mas Irwin. BW lebih ke saling silaturahmi dengan sesama blogger dan untuk naikkan PV. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, aku pun tadinya berpikir kalau BW efektif buat naikin DA. Alhamdulillah sdh tercerahkan dari webinar ini

      Hapus
  4. Ini salah satu episode yang bikin pengen nangis karena aku berhalangan untuk hadir. Padahal jelas banget blog-ku punya masalah dengan DA yang jalan di tempat. Memang sih aku belum melakukan upaya yang signifikan. Soalnya nggak paham juga kudu ngapain. Mau dooong buat ulasan juga mengenai strategi meningkatkan DA ini, hihihi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. InsyaAllah nanti kalau sudah lengkap kutulis juga ttg DA. Terima kasih kunjungannya

      Hapus
  5. setuju banget dengan perumpaamaannya
    Blog ibarat rumah yang harus dirawat supaya tamu mau mampir dan betah
    Karena itu saya fokus mengisi "rumah " dulu sambil beres beres
    Lumayan lho, DAnya naik 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow...lumayan tuh bisa naik lima angka. Aku masih kayak siput naiknya. Tapi mulai mau beres2 lebih rajin biar rumahku ini bersih dan bisa naikin DA

      Hapus
  6. Senangnya bisa ikutan webinar im3 ooredo x IIDN. Jadi bisa upgrade ilmu blogging ya. DA saya nih masih mentok di angka 22, belum naik juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, thanks to IIDN dan IM3 Ooredo. Keren2 webinarnya

      Hapus
  7. Mba Rika semangaaattt!
    Keren banget strategi blogging dikau Mba
    Ikutan webinar ini beneran nambah ilmu yaa
    super duper berfaedah!

    BalasHapus
  8. Benar-benar bacaan yang bermanfaat ini. Saya jadi terus mengulang dan diingatkan untuk meningkat DA dan PA serta terus merawat dan meningkatkan kualitas blog saya sendiri. Perjalanan panjang tapi bukan gak mungkin untuk dijalankan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, masyaAllah..semangat mba. Kerja keras nggak akan mengkhianati hasil.

      Hapus

 
Top