32

Tips Menjaga Imunitas Keluarga Secara Alami

Setuju nggak kalau kesehatan itu aset paling berharga bagi kita? Mengapa bisa dibilang aset? Padahal dia bukan harta maupun simpanan investasi layaknya logam mulia. Well, karena dengan tubuh sehat, maka hidup akan lebih nyaman dan nikmat. Itulah mengapa menjaga kesehatan sangat penting. Apalagi di masa pandemi saat ini, dimana setiap orang rentan terserang virus. Menjaga imunitas keluarga tentu menjadi hal yang krusial agar virus apapun enggan mendatangi.


tips-menjaga-imunitas-keluarga

 

Sebenarnya ada atau tidak ada virus covid-19 kita tetap harus peduli dengan kesehatan. Karena hal ini akan berdampak juga pada orang-orang di sekitar kita. Misalnya nih kalau kita abai dengan hak tubuh untuk sehat, kemungkinan akan mempermudah serangan berbagai penyakit. Jika sakit yang diderita merupakan penyakit menular, maka akan sangat membahayakan orang lain, bukan? 

Jaga Daya Tahan (Imunitas) Tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah semua mekanisme yang terdapat pada tubuh untuk mempertahankan keutuhannya, dalam melawan bahaya dari luar maupun dari dalam tubuh itu sendiri. 

Pasti kita sudah paham bahwa di sekitar kita itu banyak terdapat patogen, virus, bakteri, jamur, dan parasite yang bisa masuk ke dalam tubuh. Jika tubuh tidak mampu melawan, maka akan menyebabkan timbulnya penyakit, kerusakan jaringan, bahkan bisa mengancam nyawa kita. semenyeramkan itu, ya?

Bagaimana cara melindungi diri? Jadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari ancaman penyakit adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Misalnya dengan rutin berolah raga dan menjaga pola hidup sehat. Dengan gaya hidup sehat dan daya tahan tubuh yang baik, maka tubuh pun akan lebih optimal dalam melawan berbagai serangan virus, bakteri, dan mikrooranisme lainnya.


menjaga-imunitas-keluarga-secara-alami

Selain itu, menjaga imunitas tubuh juga sangat berkaitan erat dengan asupan makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu kita harus memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi setiap makanan. Pilihlah makanan yang mampu mem-protect tubuh dengan baik, seperti buah, sayur, dan bahan-bahan alami lainnya. sebisa mungkin hindari jenis makanan instan yang kurang baik bagi kesehatan. 

Imunomodulator Herbal untuk Jaga Imun Tubuh

Pada webinar bertema “Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga” pada tanggal 22 Maret 2021 lalu, Ketum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania mengatakan bahwa imunomodulator adalah zat yang bisa memodifikasi sistem imun serta mengaktifkan mekanisme pertahanan adaptif dan alamiah untuk mengembalikan ketidakseimbangan pada gangguan sistem imun.


herbal-untuk-menjaga-imunitas-keluarga
dr. Inggrid Tania

Selain sebagai pelindung tubuh, imunomodulator juga punya peran penting sebagai imunostimulan (senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pada pertahanan tubuh), dan imunosupresif (menekan respon imun). 

Di lingkungan sekitar kita ternyata ada banyak imunomodulator untuk menjaga imunitas keluarga secara alami, yaitu berbagai macam tanaman herbal seperti kunyit, daun meniran, daun kelor, jahe, serai, dan lain-lain. 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, PT. Deltomed Laboratories memproduksi Imugard, kapsul herbal alami yang berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh. Di dalam setiap kapsul Imugard terkandung 3 jenis ekstrak tanaman asli Indonesia yang punya khasiat luar biasa, yaitu kunyit, daun kelor, dan daun meniran. 

Manfaat dan Kandungan Imugard

Sebagai herbal alami yang aman dikonsumsi, bahkan untuk pemakaian jangka panjang, imugard memiliki 3 komponen ekstrak herbal yang kaya manfaat.


cara-alami-menjaga-imunitas-keluarga

  1. Kunyit, bersifat antiradang dan berperan baik dalam memelihara serta memperbaiki sistem pencernaan tubuh.

  2. Daun Kelor, mangandung banyak nutrisi dan berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

  3. Daun Meniran, membantu dalam memelihara daya tahan tubuh.

Tidak seperti herbal lainnya, imugard ini memiliki kandungan imunomodulator yang sangat efektif dalam menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi sangat cocok untuk melawan berbagai ancaman virus, bakteri, parasit, maupun jamur yang ada di lingkungan sekitar kita. 

Imugard bisa dikonsumsi oleh anak dengan usia 12 tahun ke atas, dewasa, hingga para lansia. Karena imugard ini dapat membantu menurunkan tekanan gula darah, maka hendaknya bagi lansia yang ingin mengonsumsinya harus memperhatikan apakah ada penyakit penyerta, seperti kencing manis, dimana akan mengonsumsi obat diabetes pastinya. 

Sementara imugard juga bersifat menurunkan gula darah. Jika kedua obat dikonsumsi bersamaan, ditakutkan gula darah yang turun akan berlebihan. Hal ini tentu tidak baik dan bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu perlu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar mendapat arahan yang tepat. 

Bagaimana dengan ibu hamil dan menyususi? Kabar baiknya, imugard ini aman bagi ibu hamil dan menyususi. Tapi harus diperhatikan apakah bayi nyaman dan tidak terganggu ketika minum ASI. Jika bayi mendadak tidak mau minum ASI, maka sebaiknya jangan mengonsumsi imugard dulu. 

Imugard ini sudah tersedia di toko obat, apotek, dan bisa juga didapatkan melalui platform e-commerce. Jadi nggak bingung ketika kita butuh untuk ikhtiar dalam menjaga kesehatan anggota keluarga. Untuk saat ini memang masih tersedia dalam bentuk kapsul. Namun dari keterangan Brand Managere Imugard, kedepannya akan ada varian bentuk syrup agar lebih mudah dikonsumsi oleh anak-anak. 

Nah, teman-teman sendiri bagaimana? Apa saja yang sudah dilakukan untuk menjaga imunitas keluarga? terutama selama masa pandemi ini. Feel free to share, ya. 


Posting Komentar

  1. Mantap, smoga kluarga kta sllu shat2.

    BalasHapus
  2. Imunomodulator itu memang banyak terdapat pada jenis tanaman biofarmaka macam meniran, kunyit, kencur, ciplukan....bagus nih imugard disediakan selama bulan suci Ramadhan agar tetap fit tubuh selama menjalankan bulan suci Ramadhan. Thanks before ya kak informasinya.

    BalasHapus
  3. Wah saya nungguin banget tuh varian sirupnya berhubung ada dua anak SD dan balita juga di rumah yang butuh banget dijaga imunitasnya.

    BalasHapus
  4. Setuju banget, kesehatan itu nggak ternilai harganya. Makanya harus dijaga dengan baik. Berbagai cara dilakukan oleh para manusia untuk menjaga sistem imun, mulai dari berolah raga, makan-makanan bergizi, istirahat cukup hingga mengkonsumsi suplemen tambahan kayak Imugard ini.

    Bagusnya produk ini adalah dibuat dari bahan-bahan yang terbukti punya khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

    Sepertinya recommended nih ya. Produknya mudah dicari pula. Makasih info kerennya kakakkk...

    BalasHapus
  5. iya, kesehatan itu memang aset yang sangat berharga. Punya banyak harta, mampu membeli makanan lezat, kalau badan sakit, akhirnya juga nggak bisa menikmati.

    Kandungan imugard alami semua ya, daun kelor, meniran dan kunyit

    BalasHapus
  6. Emang daya tahan setiap individu berbeda beda ya mbak. nah biar lebih sehat apalagi mau puasa sebentar lagi maka ga ada salahnya sedia suplemen ya mbak

    BalasHapus
  7. Kesehatan itu paling penting. Apalagi masa pandemi kayak gini, imunitas harus terjaga dengan baik. Konsumsi suplemen diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh, pilih yang berbahan alami tentunya seperti imugard ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, sehat itu penting dan juga mahal. jadi emang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan konsumsi bahan herbal yang aman buat tubuh

      Hapus
  8. Kesehatan ini perlu banget dimasa pandemi ini. Perlu jaga imunitasnya.

    BalasHapus
  9. Di masa pandemi gini jadi lebih perhatian sama yang namanya imunitas, dijaga dengan berbagai cara. Pas banget mbak aku lagi cari rekomendasi suplemen yang bagus buat jaga kesehatan, Imugard ini punya kandungan dan manfaat yg cukup lengkap.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata daun meniran banyak juga khasiatnya ya. Saya kira hanya tumbuhan yg gak memiliki banyak khasiat. Hebatnya Imugard ini memiliki kandungan yang dapat menjaga imunitas tubuh, apalagi boleh dikonsumsi oleh anak-anak juga. Jadi lebih aman. Selain itu gak perlu repot-repot lagi bikin ramuan tradisional lagi, Semuanya ada pada Imugard ya..

    BalasHapus
  11. Ini bisa menurunkan gula darah? Jadi kalau dikonsumsi
    penderita diabetes sebeanrnya bagus ya
    sekalian buat daya tahan tubuh

    BalasHapus
  12. kunyit, daun kelor dan meniran emang selalu jadi senjata ampuh leluhur kita untuk melawan penyakit dan meningkatkan imunitas

    Dan Imugard meraciknya agar kita bisa mengonsumsi dengan mudah

    BalasHapus
  13. Ibu hamil dan menyusui memang paling capek dan cepat lelah karena begadang terus.

    Kalau ada imugard aman nih

    BalasHapus
  14. Masa pandemi, ibu sebagai manager keluarga selalu yang terdepan dalam menjaga kesehatan anggota keluarga. Imugard bisa jadi suplemen tambahan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh kita ya

    BalasHapus
  15. Kebugaran tubuh disaat pandemi dengan salah satunya konsumsi imugard membantu menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  16. immunomodulator ini ternyata kandungannya herbal andalan aseli Indonesia yaa mba, memang khasiatnya juara utk jaga daya tahun tubuh

    BalasHapus
  17. Kandungan herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh emang lebih aman dikonsumsi segala usia ya kak. Asalkan mengikuti anjuran pakainya. Jadi, dengan herbal bisa jadi lebih sehat.

    BalasHapus
  18. Aku sendiri kalau disuruh memilih pasti cari yg bahannya alami dulu. Kalau ngga ngatasi baru deh pindah ke lain hati. Eaa.

    BalasHapus
  19. Aku biasa minum kunyit tiap pagi, ada imugrad lebih praktis nih. Jadi tinggal Lep aja biasanya tangan harus kuning dulu akibat kena warna kunyit

    BalasHapus
  20. Harus tetap diperhatikan penyakit penyertanya berarti ya. Jangan sampai gula darah yang turun akan berlebihan pada orang pengguna yang menderita diabet.

    BalasHapus
  21. Daun Kelor sama daun Meniran ini saya tidka pernah mencoba mengkonsumsinya. sering dengar namanya tapi belum pernah coba. padahal di lingkungan rumah banyak dan ada om yang suka konsumsi ini buat sakitnya. wajib coba ya produk herbal ini

    BalasHapus
  22. Menjaga imunitas tubuh di masa sekarang memang penting banget ya, mengingat kondisi saat ini. Aku sekeluarga sih sudah setahunan ini tak lepas dari produk herbal, kunyit, temulawak, jahe, sudah konsumsi tiap hari. Kalau Kelor dan meniran, nah ini yang aku belum coba.

    BalasHapus
  23. Aku tau daun kelor itu punya banyak manfaat untuk kesehatan, dan baru ngerasain klo dijadiin sayur ternyata enak banget.

    Tp aku blm nyoba untuk mengkonsumsi imunomodulator ini.

    BalasHapus
  24. Kombinasi yang keren nih antara meniran, kelor dan kunyit
    AKu taunya orang tua jaman dulu sering numbuk kunyit dan kelor dan dijadiin minuman atau sayur. Baru tau bisa dikombinasi dengan meniran juga
    Sekarang sih gak perlu repot2 numbuk lagi, udah ada imugard. Praktis banget

    BalasHapus
  25. Imugard ini kayaknya termasuk produk baru ya, mba? Tapi kalau lihat kandungan dan manfaatnya, emang kudu wajib punya di rumah ya!

    BalasHapus
  26. Yang alami gini bikin nggak khawatir ya Mbak dan lega.
    Alhamdullillah sudah ada Imugard, hepi banget karna kandungannya juga bagus. Rempah banget.

    BalasHapus
  27. Seneng dech imugard aman untuk busui, tp reaksi bayi harus tetep qt pantau yaa...

    BalasHapus
  28. Pakai Imugard sepertinya lebih praktis ya mba, kandungannya juga tetap alami. Nanti beli di marketplace aja deh

    BalasHapus
  29. Makin banyak rekomendasi tentang imugard ini makin yakin kalau suplemen ini bisa digunakan seisi rumah anggota keluarga

    BalasHapus
  30. Paling penting memang untuk menjaga kesehatan di masa seperti saat ini. Sebab virus, bakteri, dan patogen memang sudah ada dimana-mana sih sebelumnya, tapi jadi bikin ngeri di masa pandemi begini.

    BalasHapus
  31. Wah lebih praktis ya pastinya kalau minum imugard ini ketimbang meracik langsung kunyit atau daun kelornya

    BalasHapus

 
Top