0

 

Pernah nggak kalian cobain menikmati live streaming di IDN App? Jangan-jangan belum tahu kalau sekarang IDN App ini punya fitur baru yang bakalan puasin kebutuhan hiburan kamu di internet.  Kalau gitu, yuk kita kita cari tahu info lengkapnya di sini.


live-streaming-di-idn-app

Kemajuan teknologi digital makin memanjakan pengguna internet dalam berbagai aspek, mulai untuk akses informasi, pendidikan, cari cuan, hingga sekadar cari hiburan pelepas lelah. Lebih seru lagi kalau bisa update informasi di portal berita, yang punya fitur keren live streaming yang sangat menghibur seperti punya IDN Media yang bisa dinikmati melalui IDN App.

Konten live streaming ini pun makin digemari masyarakat saat ini. Terlebih sejak pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, yang memaksa masyarakat banyak menghabiskan waktu di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja pun hanya di rumah. 

Melalui tayangan live streaming, kita bisa berinteraksi langsung dengan live streamer yang disukai dari berbagai genre, misalnya music, game, atau hal-hal simple yang kita anggap layak tonton.

Berdasarkan riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, disebutkan bahwa generasi Z makin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video.

Video live streaming adalah tayangan yang menempati peringkat ke-2 (13%) setelah video based content (75%). Live streaming banyak diminati karena penonton atau audiens akan merasa lebih dekat sebab mereka bisa berinteraksi langusng dengan para streamer.

“Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru,” kata COO IDN Media William Utomo.


live-streaming-di-idn-app

“Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.” Lanjutnya.

Konten live streaming ini juga mulai banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial agar bisa menjalin interaksi lebih dekat antara brand dan konsumen. 

Hal ini menunjukkan bahwa live streaming punya potensi besar yang menjanjikan untuk membangun popularitas konten maupun brand yang diperkenalkan kepada masyarakat.

Adanya potensi ini pulalah yang membuat banyak aplikasi mulai melirik dan mengintegrasikan format konten tersebut ke dalam fitur mereka. Salah satunya IDN App, lewat fitur IDN Live.

Fitur IDN Live Suguhkan Live Streaming yang Dapat Menjaring Audiens Loyal

Melalui fitur IDN Live yang merupakan wadah bagi para live streamer membagikan kontennya, memberikan kesempatan konten yang dibuat lebih dikenal hingga dapat menjaring audiens yang loyal.

Selama 1 tahun mengudara, fitur IDN Live telah sukses menjaring berbagai penonton dengan berbagai karakteristik tertentu saat mengonsumsi konten yang ditonton.

Para penonton live streamer ini bisa dibilang adalah sebuah micro community yang sangat loyal terhadap streamer favorit mereka yang ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka sukai.  

“Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” ujar William.

IDN Media Ajak Kolaborasi agar Live Streaming Makin Tumbuh

Melihat potensi besar yang ditunjukkan melalui pertumbuhan micro community, IDN live ingin agar ekosistem live streaming ini semakin bertumbuh dengan melakukan kolaborasi dengan banyak pihak di Indonesia.

Salah satu komunitas live streaming yang menjadi sasaran IDN Live adalah esport yang terkenal punya penggemar sangat loyal. Hingga saat ini tercatat sudah ada beberapa gamers seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports yang bergabung dengan IDN Live. 


live-streaming-di-idn-app

"Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apa pun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekadar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah," ujar William.

IDN Media Terus Berinovasi

Kehadiran IDN Live di aplikasi IDN App ini tentunya jadi sarana yang sangat baik bagi para streamer dalam menemukan komunitas yang loyal bagi para penggunanya. 

“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming,” kata William. 

Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” Pungkas William. 

Nah, kamu juga bisa menjadi live streamer di IDN Live. Asal konsisten dan terus berinovasi dalam membuat konten terbaik, bukan tidak mungkin nantinya kamu juga bisa jadi streamer profesional yang kontennya banyak disukai hingga bisa punya audiens yang loyal.

Untuk bisa jadi streamer di IDN Live, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika masih belum PD untuk live, kamu bisa jadi audiens dulu sambil membaca target audiens untuk mencari tahu konten seperti apa yang bisa kamu suguhkan agar mampu menjaring audiens yang loyal.

Posting Komentar

 
Top