0


Salah satu penulis asal Brazil, Paulo Coelho pernah berkata, “Traveling is never a matter of money, is a matter of courage”, yang kurang lebih artinya adalah bahwa traveling itu bukan masalah uang tapi soal keberanian. Aku pun setuju dengan hal ini.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka

Ya, nyatanya aku bisa traveling ke beberapa tempat di Indonesia dengan budget yang buat sebagian orang mungkin tidak masuk akal.

Terlebih aku baru bisa bebas melakukan traveling ketika musim libur panjang, di mana saat momen ini beberapa biaya akan naik signifikan dari harga nomal, seperti harga tiket transportasi, harga tiket masuk lokasi wisata, biaya penginapan, hingga harga makanan. Terutama saat peak season, waktu puncak ramai pengunjung tempat-tempat wisata.

Namun jujur, tidak setiap momen liburan aku bisa traveling. Jadi jika dibandingkan dengan orang lain sudah pasti jumlah daerah dan tempat wisata di Indonesia yang kukunjungi masih kalah telak. 

Karena kadang aku harus melawan ego hobi traveling untuk hal lain yang lebih urgent, misalnya saat harus mengalokasikan dana liburan untuk bantu orang tua atau bayar kost. Ya, sejak kuliah hingga bekerja aku tinggal jauh dari orang tua. 

Jadi, kadang aku masih suka mengkhayal juga bisa liburan ke tempat-tempat impian suatu hari nanti. Salah satunya berkhayal bisa Malang sejak awal pandemi lalu dan hingga kini tempat indah di Jawa Timur ini masih jadi impian buatku. Doakan bisa terwujud ya, teman-teman.

Kendati demikian, sudah ada beberapa tempat impian yang berhasil aku kunjungi saat liburan. Ya, paling tidak aku sudah pernah ke Bandung beberapa kali hingga Pangandaran, bukan cuma mengkhayal.

Liburan ke Bandung ala Backpacker

Bandung adalah salah satu destinasi wisata yang sudah lama kuimpikan. Untuk mewujudkannya, aku sudah merencanakan segala sesuatunya jauh hari, mulai itinerary, budget, tempat menginap, hingga oleh-oleh yang akan dibeli.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka

Ini adalah traveling pertamaku ke Bandung dan saat itu aku nekat pergi sendirian dengan hanya berbekal restu orang tua. Dalam pikiranku waktu itu, selama masih ada Google Maps, dana liburan, dan jangan sungkan bertanya, pasti aku baik-baik saja dan bisa have fun mengisi liburan di Bandung.

Solo traveling ala backpacker ini sangat berkesan. Karena untuk pertama kalinya aku berhasil wujudkan khayalan wisata ke Bandung dengan usaha sendiri. 

Tak kupungkiri aku sempat sedikit worry saat trip sendiri ke Bandung yang baru pertama kali buatku ini. Tapi keyakinan yang tumbuh di hati dan niat baik untuk lebih mengenal Indonesia, membuat rasa itu perlahan pudar saat aku disuguhkan berbagai panorama alam Bandung yang memukau. 

Ternyata jalan sendiri juga asyik selama kita tahu cara menikmatinya. Dengan solo traveling, justru aku bisa lebih menikmati setiap tempat selama yang kumau. Inilah salah satu cara liburan yang kusuka, karena #LifeYourWay to get more happiness itu simple.

Sejak itulah aku juga susah move on dari kota Paris Van Java (PVJ) ini, karena Allah beri kesempatan padaku untuk merasakan pengalaman-pengalaman berharga tak terlupa, yang kelak bisa jadi cerita untuk anak cucu.

Lewat traveling pertamaku ini, aku jadi lebih paham budaya Indonesia, sejarah, belajar tentang orang-orang yang kutemui, hingga aneka kuliner khas daerah yang selama ini belum pernah kucicipi karena memang saat itu belum ada di kota asalku. 

Traveling ke Pangandaran

Pangandaran adalah destinasi wisata paling jauh di Pulau Jawa yang pernah kusinggahi. Sebenarnya tidak ada rencana sama sekali untuk ke sini.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Pantai Batu Hiu Pangandaran
Dok. Pribadi

Namun, karena saat itu penasaran dengan keindahan Green Canyon dan Pantai Batu Hiu, aku pun memutuskan lanjut perjalanan setelah dari Garut.

Ternyata perjalanan cukup jauh dan melalahkan. Namun, sesampainya di lokasi tujuan, semua terbayar dengan panorama Green Canyon dan Pantai Batu Hiu yang menakjubkan. 


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Green Canyon Pangandaran
Dok. Pribadi

Sayang, para pengunjung hanya bisa menikmati pantai dari atas tebing karang saat itu, penjaga pantai melarang untuk ke bawah pantai karena ombak laut yang cukup tinggi. Tetapi bagiku, sudah bisa menikmati panorama alamnya sudah sangat berharga. Berharap nanti aku bisa kembali ke sini dengan pasangan hahal. Aamiin.

Berkunjung ke Sumatra Barat

Akhirnya aku bisa kembali menjejakkan kaki di Sumatra Barat setelah belasan tahun tidak ke kampung halamanku ini. Ya, orang tuaku membawaku hijrah ke kota Lampung sejak aku masih balita. 


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Jalan-jalan di Padang, Sumatra Barat
Dok. Pribadi

Sehingga saat bulan juni 2022 aku ke sini, ini adalah momen penuh haru buatku. Senangnya akhirnya bisa melihat dengan nyata secara langsung berbagai panorama alam indah di Sumatra Barat. 

Arti Traveling Bagiku 

Bagiku traveling bukan sekadar senang-senang bisa berkunjung ke tempat wisata dan cicipi kulinernya. Tetapi ini adalah bentuk investasi berharga yang kelak bisa jadi cerita pada anak cucu serta kenangan di masa tua.

Tak hanya itu, traveling adalah obat bagi segala kepenatan selama menjalani rutinitas harian. Ada banyak manfaat yang bisa didapat, seperti pengetahuan baru, teman baru, hingga belajar tentang orang-orang di setiap perjalanan, dan sekaligus bisa jadi media bersyukur dengan memuji Sang Pencipta atas segala nikmat keindahan alam yang disajikan. 

Karena dengan bersyukur, hidup kita akan terasa lebih ringan dan nikmat, seperti nikmatnya melakukan traveling cara aku bareng Traveloka dengan mengikuti suara hati.

Hidup itu memang indah dan dia akan jauh lebih indah jika tidak mudah dipengaruhi opini orang lain. Karena untuk bahagia, kitalah yang menentukannya, termasuk untuk urusan traveling. Just #LifeYourWay seperti tagline terbarunya Traveloka untuk bisa liburan bahagia penuh makna dengan caramu.

Melalui tulisan ini aku akan membagikan salah satu itinerary liburan dan jalan- jalan saya di periode libur panjang kali ini, dalam rangka traveling cara aku bareng Traveloka untuk buktikan bahwa menjelajahi pesona alam Indonesia dengan #LifeYourWay is more beautiful as well as comfortbale.

#LifeYourWay untuk Wujudkan Traveling Cara Aku bareng Traveloka ke Malang

Mengapa aku punya wishlist untuk ke Malang dalam traveling cara aku bareng Traveloka #LifeYourway?


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka 

Jawaban pertama, karena aku sangat penasaran dengan keindahan alam Malang. Terutama berkunjung ke Bromo. Jujur ini adalah mimpi yang telah kubangun sejak lama sebelum pandemi. Karenanya, aku ingin bisa mewujudkannya di kesempatan liburan kali ini.

Selain itu, aku juga ingin merasakan serunya bertualang di berbagai wahana Jatim Park, berkunjung ke Museum angkut untuk melihat koleksi mobil keren pada masanya, melihat Kampung Warna-warni Jodipan, bertualang ala Alice in Wonderland di Taman Labirin Coban Rondo, dan masih banyak hal lainnya yang ingin kulakukan di kota wisata ini.

Kedua, Malang dikenal sebagai tempat yang punya udara dan iklim sejuk, terutama di daerah Batu. Tentunya ini akan sangat cocok untuk mere-charge tubuh dan pikiran dari penatnya rutinitas kerja dan hiruk pikuk kota. I do really need it.

Ketiga, Malang menawarkan beragam kuliner menggiurkan. Ya, rasanya memang tidak lengkap jika berwisata tidak mencicipi aneka kuliner daerah yang dikunjungi. Terlebih jika memang ada makanan tertentu yang viral di tempat tersebut. Taste it is a must, right? 

Di antara kuliner yang kuincar tentu saja bakso khas Malang, Nasi Pecel, Sate Kelinci (ini tidak ada di tempatku), Orem-orem , dan lainnya.

Keempat, akses transportasinya sangat mudah, sehingga akan sangat memudahkan wisatawan yang baru berkunjung untuk sampai di berbagai lokasi wisata Malang. 

Nah, yang paling ingin kucoba adalah MaCiTo (Malang City Tour), di mana wisatawan bisa berkeliling kota Malang dengan gratis menggunakan transportasi ini. 

Kelima, biaya hotel atau penginapannya terjangkau. Tidak bisa dipungkiri bahwa soal tempat menginap adalah salah satu faktor utama lancarnya setiap momen perjalanan kita di suatu tempat. 

Oleh karena itu, penting juga mencari referensi dan rekomendasi penginapan atau pun hotel yang nyaman dan sesuai budget kita.

Nah, dari beberapa sumber bacaan yang kubaca tentang wisata Malang, kota wisata ini sangat ramah bagi semua jenis wisatawan, mulai dari wisatawan asing hingga backpacker sepertiku. 

Malang punya berbagai macam hotel dan penginapan mulai dari harga murah, standar, hingga tinggi. Bahkan ada juga lho hotel dengan fasilitas bisa tidur bersama hewan buas dan tidur di pohon. Kita tinggal sesuaikan budget-nya saja.

Jadi, tidak perlu  khawatir berlibur ke Malang meski dengan budget mepet yang harus dikelola dengan lebih cerdas.

Nah, untuk mencari informasi serta referensi hotel atau penginapan selama di Malang, aku gunakan fasilitas aplikasi Traveloka, yang sangat memudahkan. Terlebih tersedia berbagai metode pembayaran hingga ada juga fitur Pay Later.

Jadi rasanya ini sangat bermanfaat sekali bagiku yang suka traveling tapi ingin bisa dapat rekomendasi penginapan terbaik dari yang selalu memberikan yang terbaik bagi konsumennya.

Booking Hotel dengan Aplikasi Traveloka

Untuk melakukan booking hotel murah dalam perjalananku kali ini bersama Traveloka, itu sangat mudah sekali. Aku hanya perlu mengetikkan kota tujuan atau daerah wisata yang diinginkan, kemudian  beberapa rekomendasi akomodasi penginapan akan ditampilkan dan kita tinggal pilih sesuai budget.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Booking hotel dengan aplikasi Traveloka
Tangkap layar aplikasi Traveloka

Ketika memilih penginapan atau hotel di aplikasi Traveloka ini, kita juga bisa langsung melihat fasilitas penginapan, harga sewa, kamar, review dari pengunjung sebelumnya, lokasi dan beberapa tempat wisata terdekat. Sangat sangat memudahkan traveler ya Traveloka ini.

Berikut beberapa pilihan penginapan yang telah kupilih dari aplikasi Traveloka.

1. Royal Orchids Garden Hotel & Condominium

Hotel ini berlokasi di Jalan Indragiri 4 Batu, Malang, Jawa Timur. Sehingga sangat cocok dijadikan tempat menginap saat eksplor wisata Batu Malang.

traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka


View asri yang ditawarkan Royal Orchids Garden Hotel & Condominium Malang ini pastinya akan membuatku makin nyaman beristirahat. Terlebih suasana udara di sini juga sangat sejuk dan menyegarkan.

Hotel ini menawarkan pilihan cottage yang bisa menampung hingga 8 orang tamu. Jadi cocok juga untuk tempat menginap keluarga. 

Harga mulai dari Rp 382.500

2. Kontena Hotel

Kontena Hotel berlokasi di Jl. KH. Agus Salim No 106, Batu, Malang, Jawa Timur.  Jika dilihat dari ulasannya, Kontena Hotel ini punya view alam yang indah, dengan desain kekinian yang instagramable. Sehingga, bisa jadi pilihan tepat buatku menginap di sini.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka


Karena selain bisa istirahat dengan nyaman, bisa nambah koleksi dokumentasi apik untuk konten yang sewaktu-waktu kubutuhkan. 

Oh iya, hotel ini juga unik lho, sebab hotel kontainer dengan pemandangan alam ini  dirancang bergaya modern dengan sentuhan ala Jepang. Sehingga penampilannya benar-benar aestetik dan  instagramable. Wah, sudah pasti cocok banget nih buatku yang haus berburu foto keren. Setuju kan teman-teman? 

Hotel ini juga menyediakan fasilitas kolam renang anak dengan berbagai wahana permainan air dan ruang bermain anak yang nyaman. Pastinya staycation bareng si kecil jadi menyenangkan. 

Harga mulai dari Rp 420.000

3. Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel

Hotel ini berada di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Malang, Jawa Timur. Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel dilengkapi fasilitas menarik yang bisa membuat aktivitas menginap jadi lebih seru. Terutama saat bersama keluarga. 


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Hotel dengan pemandangan alam ini menawarkan pengalaman agrowisata yang asri dan juga dekat dengan destinasi wisata Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

Harga mulai dari Rp 452.290

4. Purnama Hotel

Purnama hotel yang menawarkan view gunung yang indah ini berada di Jl. Raya Punten 1-15 Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Sudah terbayang nikmatnya menginap di sini sembari menikmati pesona gunung yang indah. 


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: TravelokTraveloka

traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Harga mulai dari Rp 475.000

Itinerary Liburan ke Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya. Suhu udara di kota ini memang terkenal sejuk karena berada di wilayah dataran tinggi. Salah satu sektor yang cukup maju di sini adalah pariwisata. Tak heran jika banyak wisatawan yang suka berlibur ke Malang. 

Di antara objek wisata paling diminati dan jadi andalan Malang adalah wisata Gunung Bromo, wisata Batu, dan Kampung Wisata Jodipan. 

Sebagai informasi, Kampung Wisata Jodipan adalah pemukiman warna-warni yang pertama ada di Indonesia. 

Nah, aku pun juga ingin menjelajah Malang karena penasaran dengan eksotisme yang ditawarkan Bromo, Batu, dan Kampung Wisata Jodipan ini. Untuk merealisasikannya, aku bisa mengandalkan Traveloka, yang sudah pasti akan memberikan kepuasan #LifeYourWay dalam liburan cara aku.

Berikut itinerary liburan 5 hari ke Malang, yang insyaAllah akan segera terwujud dalam waktu dekat ini. 

Hari Pertama: Eksplorasi Kota Malang sambil Kulineran

Jalan-jalan ke Malang, Jawa Timur rasanya belum afdol kalau tidak mencicipi kuliner legendaris di kota ini, yakni Rawon Nguling, yang sudah beroperasi sejak tahun 1942 di Probolinggo, sebelum akhirnya membuka cabang di Kota Malang.

Setelah perut kenyang, check in hotel dan bersiap-siap menjelajahi kota Malang. Tempat pertama yang ingin kukunjungiadalah Kampung Warna-Warni Jodipan.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Kampung Warna-warni Jodipan Malang
Sumber: Traveloka

Kemudian berkunjung juga ke beberapa kampung tematik unik lainnya, yakni Kampung Tridi (3D), Kampung Biru Arema, hingga Kampung 1000 Topeng.

Hari Kedua: Jelajah Wisata Batu

Kota Batu merupakan salah primadona wisata keluarga andalan Provinsi Jawa Timur. Sejumlah fasilitas rekreasi dan wisata bertebaran di sini, oleh karena itu aku pun harus ke tempat ini di Malang.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Oh iya, aku juga penasaran dengan  sehari menjadi Hobbit. Jadi aku ingin mengunjungi Pujon, Malang.

Hari ketiga: Bertualang di tengah alam liar Jatim Park 2 

Sudah lama sih aku juga ingin ke Jatim Park ini sejak beberapa teman mengunggah momen liburan mereka ke Malang. Jadi, it a must buatku untuk bisa juga menikmati sensasi bersenang-senang ala aku di Jatim Park.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Setelah puas di Jatim Park, aku ingin ke Museum Angkut. Aku sangat penasaran dengan museum ini. Karena kabarnya ada banyak koleksi mobil langka di sini yang berasal dari berbagai masa dan negara.

Lalu, malamnya aku ingin lanjut sejenak menikmati Batu Night Spectacular.

Hari keempat: Menikmati pesona Bromo

Setelah puas menjelajahi Malang dan Batu, ada satu lokasi wisata yang wajib kukunjungi sebelum pulang, Gunung Bromo. Ingin menikmati sunrise dan sunset di sini.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Hari Kelima: Piknik sebentar di Bukit Teletubbies dan lanjut ke pusat oleh-oleh serta toko legendaris Oen Malang

Sebelum pulang, aku ingin bisa bersantai sejenak di padang savanna yang membentang indah di Bukit teletubbies ini.


traveling-cara-aku-bareng-traveloka
Sumber: Traveloka

Lalu barulah aku lanjutkan pergi ke Toko Oen Malang, sebuah restoran es krim yang sudah ada dari jaman Belanda, yang cukup legendaris. Setelahnya aku harus cari oleh-oleh khas untuk buah tangan orang-orang tersayang saat aku pulang dari Malang.

Penutup

Demikianlah itinerary traveling cara aku bareng Traveloka di Malang untuk nimati hidup dengan cara aku #LifeYourWay.

Yuk, kamu juga kapan lagi nih rencanakan liburan barenag Traveloka? Segera rencanakan juga, karena jelang liburan pasti akan ada banyak promo menarik dari Traveloka untuk liburan kita. 

Dengarkan kata hatimu dalam setiap langkah. Karena bahagia itu kamu yang ciptakan, atas maumu, dan impianmu. Tetap yakin pada diri sendiri dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay yang paling nyaman buatmu.


Referensi

https://m.traveloka.com

perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-besar/35



Posting Komentar

 
Top